TriwiraAvatar border
TS
Triwira
[MODIFIKASI] Menambahkan Port USB Pada MikroTik RB750
Pada eksperimen kali ini ane pengen berbagi cara modifikasi Mikrotik RB750 supaya bisa menggunakan USB Storage dan USB Modem.
Untuk mengetahui spesifikasi lengkap produk ini silahkan menuju web resminya di sini :

Quote:


Quote:


Aslinya, RB750 tidak dilengkapi dengan port USB, namun sebenarnya chip yang digunakan sudah memiliki fitur ini, demikian juga jika kita lihat pada bagian OSnya, RB750 sudah memiliki USB Driver terinstal di dalamnya.
Jika diperhatikan baik2, ternyata pada PCB RB750 juga telah tersedia lubang-lubang sebagai tempat untuk memasang port USB. Hanya saja mungkin ini digunakan untuk tipe RB yang lain.

Nah, sekarang bagaimana caranya kita memanfaatkan fitur tersebut…?

Pertama-tama tentu saja kita harus membongkar RB750 yang kita punya lalu menghubungkan titik-titik berikut dengan jumper yang disolder. Adapun jumper yang ane gunakan di sini adalah sebilah serabut isi kabel. Ini ini untuk memudahkan penyolderan agar tidak harus menyolder pada pin IC/chip. Yang sudah terbiasa merakit PC pasti tau bahwa satu port USB terdiri dari 4 kabel, sebagai berikut:

Quote:


Dua jumper ini adalah bagian yang berfungsi sebagai D- (kabel putih)dan D+ (kabel hijau).


Perhatikan gambar berikut:

Spoiler for "awas BWK":


Pada bagian ini buatlah jumper menggunakan kawat atau sebilah dari isi kabel serabut sesuai dengan garis putih pada L2 yang terdapat dalam lingkaran merah.

Kemudian untuk kedua kabel hitam, yakni satu dari port USB dan satunya lagi dari powersupply tambahan (bukan powersupply bawaan mikrotik), gabungkan keduanya lalu solder di bagian ini :

Spoiler for "awas BWK":


Untuk kabel merah atau +5V dari powersupply tambahan (bukan powersupply bawaan mikrotik), persis seperti gambar di atas langsung saja gabungkan dengan kabel merah yang menuju port USB, tidak perlu disolder ke mana-mana, langsung diisolasi saja.

Selanjutnya berarti tersisa tinggal 2 kabel, yakni kabel putih (Data -)dan hijau (Data +). Solder kedua kabel tersebut pada titik-titik ini:

Spoiler for "awas BWK":


Pada eksperimen ini ane hanya menggunakan bahan2 yang tersedia di rumah ane aja, jadi untuk uji coba kawan-kawan silahkan dibuat dengan lebih baik. Power supply yang ane gunakan pun berada di luar (eksternal). Ini karena ane belum sempat beli LM7805 sebagai regulator 5V untuk menurunkan tegangan 12V dari power supply bawaan MikroTik.
Jadi nantinya Router ini akan menggunakan 2 power supply, satu untuk Router itu sendiri, satu lagi untuk USB (dalam hal ini ane pake charger handphone 5V/1A).

Spoiler for "awas BWK":


Berikut adalah hasil modifikasi tersebut:
Spoiler for "awas BWK":


Agar powersupply tambahan bisa dilepas pasang, ane pake port model begini:
Spoiler for "awas BWK":


Dan ini hasil ketika sudah FINAL:
Spoiler for "awas BWK":


Beberapa hasil pengujian:
Spoiler for "awas BWK":


UPDATE 4 Juli:

Quote:


Quote:


Quote:


Index Thread ane:
Quote:
Diubah oleh Triwira 04-07-2014 13:20
0
45.1K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Internet Service & Networking
Internet Service & Networking
icon
21.2KThread3.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.