• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Gunung Paling Angker di Indonesia ini Wajib Agan Ketahui Sebelum Mendaki

ilhamcabak
TS
ilhamcabak
5 Gunung Paling Angker di Indonesia ini Wajib Agan Ketahui Sebelum Mendaki
Alhamdulillah HT Perdana ane selama ngaskus


Sungkem for Mimin,momod dan kaskuser. emoticon-Toast

Memang ada banyak alternatif untuk rekreasi, tapi tidak ada yang seenak mendaki. Bukan hanya tentang asupan oksigen segar, tapi juga pemandangan hijau bikin kepenatan sirna itu. Mendaki gunung adalah aktivitas yang menyenangkan, namun ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Tidak hanya fisik dan barang bawaan saja, tapi juga keberanian.

Gunung adalah tempat liar, maka ini jelas bukan buat orang penakut. Belum lagi lagi tentang hal-hal mistis di sana. Ya, beberapa gunung bahkan lekat dengan cerita mistis yang melegenda. Hal-hal ini harus kita ketahui agar nantinya tidak menjadi korban seperti orang-orang yang pernah mengalaminya. Hampir semua gunung di Indonesia memiliki kisah mistisnya sendiri. Tapi, deretan gunung inilah yang paling seram di antara semuanya.

1. Gunung Lawu, Mistis di Setiap Langkah Kaki

Gunung yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini adalah favorit pendaki Indonesia, namun juga jadi yang paling ditakuti. Pemandangannya eksotis membuatnya dikagumi, tapi ceritanya mistisnya bikin orang pikir-pikir lagi kalau mau ke sini. Gunung Lawu dikenal memiliki banyak cerita seram di berbagai pelosoknya.




Misalnya Bulak Peperangan yang letaknya sebelum puncak. Di sini konon sering didengar suara-suara gaduh seperti orang perang. Berkemah di sini akan jadi pengalaman mistis luar biasa. Di sini ada pula legenda Pasar Dieng, semacam pasar gaib yang bahkan bisa dikunjungi manusia. Sayangnya, jangan sampai tersesat jika berada di sini. Lengah sedikit, mungkin akan tinggal nama.

2. Gunung Arjuno dengan Alas Lali Jiwo-nya

Dinamakan Arjuno mungkin lantaran gunung satu ini tampan maksimal seperti tokoh pewayangan satu itu. Namun, di balik keeksotisan dan kegagahan Gunung Arjuno tersimpan kisah mistis luar biasa menyeramkan yang jadi buah bibir di kalangan pendaki.



Di salah satu spot di dalam gunung yang ada di Malang ini, ada yang bernama Alas Lali Jiwo. Ketika melintasi wilayah ini, pendaki diharuskan untuk selalu fokus dan jangan sampai terpencar. Fatal risikonya kalau sampai kejadian, karena mereka yang terpencar mungkin akan hilang untuk selamanya. Tak hanya itu, ketika melewati area satu ini, jangan sekalipun mengeluh atau malah memaki-maki. Sudah banyak yang seperti itu dan mereka biasanya mengalami pengalaman yang menyeramkan selama di gunung.

3. Mistis Segara Anak Gunung Rinjani

Kamu akan melihat surga kalau bisa menjejakkan kaki di puncak Rinjani. Menurut orang-orang yang pernah melakukannya, pemandangannya memang benar-benar aduhai. Sangat sesuai dengan usaha keras untuk menuju tempat ini. Namun, seperti deretan gunung di daftar ini, Rinjani juga menyimpan banyak cerita mistis. Salah satunya adalah tentang Segara Anak.



Segara Anak ini adalah danau yang ada di Gunung Rinjani. Konon dikatakan jika danau ini dihuni oleh bangsa jin yang dipimpin oleh seorang ratu bernama Enjeni. Kita dilarang untuk melakukan hal-hal yang negatif selama di sini. Berbicara kotor, bikin gaduh dan lain sebagainya. Bisa-bisa penunggunya marah dan mungkin akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Gunung Latimojong yang Terkenal Dengan Hantu Poppo

Gunung yang ada Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, ini konon juga indah dan menawan. Namanya makin terkenal di kalangan pendaki beberapa tahun terakhir, apalagi ditambah kabar pesawat Aviastar yang jatuh di bulan September tahun lalu itu yang juga ditemukan di sini. Namun, di balik keindahannya, Latimojong juga menyimpan cerita menakutkan. Ini adalah tentang hantu Poppo yang legendaris itu.



Masyarakat setempat percaya jika Latimojong adalah tempat bersemayamnya Hantu Poppo. Fisik hantu Poppo sendiri sering digambarkan mirip seperti manusia, bisa terbang dan matanya berwarna merah. Hantu ini konon gemar mencari mangsa di malam hari. Sebelum mendaki gunung ini sangat dianjurkan untuk berhati-hati. Selalu pasang telinga dan waspada kalau mendengar bunyi ‘Pok..pok..pok’ berulang-ulang. Itu adalah tanda jika Hantu Poppo keberadaannya sangat dekat.

5. Gunung Merapi Dengan Desa Mahkluk Halusnya

Alasan kenapa Gunung Merapi menyeramkan bukan hanya tentang fakta kalau tempat ini masih sangat aktif, tapi juga rumor-rumor gaib yang ada di sekitarnya. Salah satunya adalah desa gaib yang ada di lereng merapi. Konon dikatakan jika di sini ada sebuah peradaban gaib yang benar-benar mirip dengan dunia manusia. Manusia banyak berlalu lalang, ada pasar-pasar dan sebagainya.



Kemungkinan manusia untuk terjebak di kondisi ini sangat besar. Namun, kebanyakan penghuni gaib desa ini akan memperlakukannya bak tamu. Bahkan memberikan nasehat-nasehat khusus. Pantangan ketika berada di desa ini adalah jangan sekali mencoba memakan sesuatu yang ditawarkan atau mungkin berbuat keonaran. Akibatnya akan sangat fatal. Konon bagi orang-orang yang melanggar pantangan ini, mereka biasa sudah tak mungkin lagi kembali ke alam manusia.

Terlepas apakah agan percaya atau tidak dengan cerita-cerita ini, yang pasti tetap jaga perilaku di mana pun berada ya gans. Apalagi di tempat-tempat baru seperti gunung-gunung di atas. Memang susah dipercaya kalau masalah gaib-gaib seperti ini, namun sama sekali tidak ada salahnya untuk menjaga diri.

TAMBAHAN DARI PARA JURAGANS

6. Gunung Ciremai Dengan Jalur Mautnya

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 meter. Pada ketinggian sekira 2.900 meter dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.



Gunung Ciremai dengan jalur mautnya dan seringnya jatuh korban dari para pendaki ternyata menimbulkan berbagai kisah menyeramkan. Beberapa kawasan di gunung ini diceritakan memiliki aura mistik yang kental. Salah satunya situs Kuburan Kuda, yang merupakan kuburan kuda tentara Jepang di masa penjajahan. Jika melewati daerah ini sering terdengar ringkikan kuda tanpa ada wujudnya.emoticon-Takut (S)

7. Gunung Halimun , dengan Benteng Ghaibnya

Gunung yang sudah tidak aktif ini terletak di sebelah timur dari Gunung Salak, perbatasan antara Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Lebak. Gunung Halimun memiliki ketinggian 1.925 mdpl dan dikelilingi oleh Taman Nasional Halimun Salak.



Konon katanya, disekitar wilayah ini terdapat benteng-bentek milik Prabu Siliwangi yang tidak kasat mata dan dijaga oleh ratusan harimau Sang Prabu. Misteri Gunung Halimun ini tidak lepas dari sejarah kehancuran Kerajaan Siliwangi yang diserang Kesultanan Banten.

Karena mengalami kekalahan sisa-sisa pasukan kerajaan Siliwangi melarikan diri, laskar perang bubat melarikan diri ke Gunung Salak dan punggawa Siliwangi melarikan diri ke Gunung Halimun. Di sini ada sebuah cerita yang mengatakan apapun yang lewat di atas satu titik tanah yang sakral di Gunung Halimun akan jatuh dan mati.emoticon-Takut (S)

8. Gunung Salak Dengan Korbannya

Gunung yang berada di provinsi Jawa Barat ini memang cukup angker. Dalam dunia penerbangan tercatat sudah 7 pesawat yang mengalami kecelakaan di gunung ini. Yang terakhir terjadi pada 2012 lalu, pesawat secanggih Sukhoi Superjet 100 pun merasakan ke angkeran gunung ini. Gunung yang menjadi favorit bagi para pendaki ini mempunyai dua puncak. Puncak tertingginya mempunyai ketinggi 2.211 mdpl.



Banyak pendaki yang mengalami kejadian aneh saat pendakian di gunung ini, seperti mendengar suara gambelan hingga melihat penampakan makhluk halus. Yang menambah kesan mistis adalah pada puncak tertinggi dari gunung salak, di sini terdapat makam Mbah Gunung Salak.

Di makam itu ditulis peringatan dengan menggunakan bahasa Jawa kasar agar pendaki bersikap sopan dan perempuan dilarang mendekati. Selain di jalur pendakian, tempat lain yang dianggap angker adalah di Kawah Ratu dan Curug Seribu yang juga banyak menelan korban. Tak sedikit wisatawan tewas karena keracunan belerang di Kawah Ratu atau tenggelam saat berenang di kolam Curug Seribu. emoticon-Takut (S)



Para Juragans Bersuara

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:






sumur gans
Diubah oleh ilhamcabak 07-03-2016 08:55
0
120.8K
616
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.