mrtm09Avatar border
TS
mrtm09
Kenapa Visual Basic 6 Kenyataannya Masih Banyak Digunakan
Dari sekian banyak pemrogramman, baik yang lawas ataupun yang baru khususnya yang berbau deskop windows. Kenyataan dilapangan yang baik secara pengalaman yang buat thread ini mau pun pengalaman developer mitra mitra saya, ternyata visual basic 6 clasik masih banyak digunakan, baik diperusahaan maupun yang sekedar menambah isi dompet.
Mungkin dari pernyataan pandangan diatas timbul banyak pertanyaan, karena versi Visual Basic sudah sangat beragam. Bahkan sudah terdapat versi yang memiliki kelengkapan dari segi library, sehingga memudahkan programmer dalam membuat program. Microsoft telah mengeluarkan Visual Basic Net 2002 dan 2003 dengan NET Frameworknya. Selanjutnya pada tahun 2005 dan 2008 Microsoft juga mengeluarkan Visual Basic Net 2005 & 2008. Sekarang Visual Basic Net 2010 dengan berbagai perubahan dan perbaikan di sana-sini.

Pertanyaan pertama Kenapa VB 6 masih dipilih?

Berikut alasan-alasannya mengapa kita "masih" menggunakan Visual Basic 6 (VB6):

De Facto UMUM :
- VB 6 tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi, dan kenyataan di banyak perusahaan masih menggunakan spesifik yang minim, contoh masih ada juga yang menggunakan win89, winXP.
- Versi NET, terkadang masih lambat dalam loading dan compile nya meski menggunakan komputer/laptop dengan spek tinggi.
-Mereka menggunakan VB 6 untuk kepentingan yang menguntungkan maupun untuk kepentingan yang merugikan seperti pembuatan Virus, keylogger, dll. Tidak bisa kita pungkiri bahwa kurang lebih 65 % virus komputer yang menyebar di dunia maya dibuat dengan Visual Basic 6.0.

De Facto PENULIS :
- Masih banyak perusahaan swasta dan pemerintahan, yang dibuatkan VB6 baik untuk pengolahan sistem informasi database, atau sistem untuk yang mengendalikan hardware (RFID, Printer Handbook, Digital Display, SmartCard, Access Door,dsb)
- Eksistensi Client yang meminta dan dibuatkan aplikasi VB6 kpd penulis 40% dari tiap tahun. Selebihnya WebBase, terkadang overload (kalau lagi overload boleh kalau ada yang mau bantu, tentu ada fee hehe).

Mungkin ada tambahan dari para programmer vb6 yang masih eksis... atau yang mau nambahin .. atau sekedar ngasih cendol satu dua mah (ngareppp.... he) ...
nona212
nona212 memberi reputasi
1
9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer Forum
icon
20.2KThread4.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.