Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
515
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ccaa711ee5df8f258b4569/tayangan-di-sensor-jangan-salah-kaprah-ya-gan
Quote: Agan merasa kesal dan sebal saat menonton film atau acaraa yang disensor? Yang terbaru saat ini adalah disensornya siaran ulang Putri Indonesia. Nitizen pun ramai membicarakan dan mempertanyakan kenapa disensor, dan menyalahkan bahwa Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI salah. Bahkan banyak nitizen yang membuly KPI, nah tahukan agan bahwa wewenang sensor tersebut berada di tangan Lembaga Sen
Lapor Hansip
24-02-2016 01:52

Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!

Past Hot Thread
Quote:Agan merasa kesal dan sebal saat menonton film atau acaraa yang disensor? Yang terbaru saat ini adalah disensornya siaran ulang Putri Indonesia. Nitizen pun ramai membicarakan dan mempertanyakan kenapa disensor, dan menyalahkan bahwa Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI salah. Bahkan banyak nitizen yang membuly KPI, nah tahukan agan bahwa wewenang sensor tersebut berada di tangan Lembaga Sensor Film loh gan.
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!

Dikutip dari situs resminya KPI, kewenangan, tugas dan kewajiban KPI dalam rangka melakukan pengaturan penyiaran adalah sebagai berikut

KPI

Komisioner KPI Pusat Fajar Arifianto Isnugroho di dalam berita yang dirilis di situs resmi KPI menyatakan KPI memiliki wewenang dalam ranah perizinan Lembaga Penyiaran televisi dan radio. Meskipun demikian KPI ternyata tidak sepenuhnya menjadi regulator penyiaran. Bagian yang menjadi fokus KPI adalah pengawasan isi siaran Lembaga Penyiaran.

Beliau juga menekankan dalam pengawasan isi siaran, KPI tidak melakukan sensor sebelum tayang. Namun pengawasan setelah program acara ditayangkan. Ditambahkannya dalam mengawasi program siaran, KPI berpedoman pada Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Tayangan yang mendapat sanksi dari KPI adalah Lembaga Penyiaran yang menayangkan atau program acara yang keluar dari acuan P3SPS.


Nah bagaimana pula dengan Lembaga Sensor Film? Jika dijelaskan lebih rinci maka akan sangat panjang penjelasannya untuk itu ane ringkas saja tugas dan wewenang LSF ini gan. Berikut tugas dan wewenang Lembaga Sensor Film:
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!

LSF


Untuk pedoman penyensoran yang dilakukan adalah seperti dibawah ini ya gan
- Setiap film dan iklan film yang akan diedarkan dan/atau dipertunjukkan kepada khalayak umum wajib disensor terlebih dahulu oleh LSF.

Prosedur penyensoran dilakukan sebagai berikut:
Quote:a. Pemilik film dan iklan film mendaftarkan film dan iklan film ke LSF;
b. Film dan iklan film diteliti dan dinilai serta ditentukan kelayakannya oleh LSF dan dilabeli dengan surat tanda lulus sensor atau tidak lulus sensor;
c. Film dan iklan film yang tidak lulus sensor dikembalikan kepada pemilik film dan iklan film untuk diperbaiki; dan
d. Film dan iklan film sudah diperbaiki oleh pemilik film dan iklan film dapat diajukan lagi untuk diteliti dan dinilai kembali oleh LSF.


Untuk proses penyensoran ini dilaksanakan oleh dua kelompok penyensor gan yaitu anggota LSF; danTenaga Sensor. Nah jika terdapat perbedaan pendapat apakah disensor atau tidak, ini akan berlanjut ke sidang pleno gan. bila sudah diputuskan lulus sensor maka setiap film dan iklan film yang telah dinyatakan lulus sensor diterbitkan surat tanda lulus sensor.

Lembaga Sensor Film ini melakukan tugas penyensoran ini berdasarkan peratuan pemerintah gan yaitu pada Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1994, Bab IV : Pasal 17, Pasal 18, Pasal 19 dan Pasal 20. Ane kutip saja yang pasal 19, berhubung banyak yang komplen kenapa kok di blur, dipotong dan sebagainya.

LSF


Nah bagi agan yang mau lihat lebih rinci segala undang-undang, pedoman, prosedur, sejarah KPI maupun LSF silakan kunjungi situsnya gan di sini KPI dan LSF



Rujukan : KPI LSF

Masyarakat juga bisa berperan dalam memilih siaran yang dinilai layak untuk ditonton. Jika masyarakat melihat ada tayangan yang tidak layak bisa menyampaikan aduan ke KPI via sms di 0812-130-70000




TERGUNCANG
Diubah oleh sukafhoto
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 18 dari 27
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 05:24
ah bangs*at aja, gua gedeg bgt sm kpi atau sensor film. semua aja lu sensor sampe ke film kartun juga di sensor, dilarang tayang.
noh sinetron ta*i banyak di tayangin, itu baru merusak moral anak indonesia, ga mendidik as*u. korupsi aja banyakin emoticon-Marah
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 05:31
yg gue tau sih anak jalanan itu ga tinggal di rumah mewah apalagi punya motor trus balapan dan punya geng
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 05:34
LSF kan nyensor film gan..
Kalo KPI satpamnya stasiun tipi..
Jd kalo acara di tipi tu yg nyensor ya pihak tipi nya sendiri brdasarkan ketentuan dan peraturan dr KPI..



CMIIW
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 05:37
KPI... emoticon-fuck2
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 05:45
kartus spongebob aja disensor . gila.
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 05:47
mau siapapun badan yang bertanggung jawab, dengan makin maraknya penyensoran ini secara gak langsung mengajak masyarakat indonesia berlanggangan tipi kabel gan. konspirasi emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 05:51
Giliran ngelaporin ratusan kali tapi sendirian gak ditanggepin, hadeeh emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 05:55
Wah smoga sensor yg dlakukan tepat
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 05:58
pffftt... serah mau d sensor ato mo apa.. acara tv indo cuma beberapa biji aja yg layak di tonton.. jarang banget nonton tv, kalau iya pun cuma nonton stasiun luar yg berbau knowledge..sisanya buffer..
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 05:59
Kecewa dengan KPI menyensor yang tdk semestinya disensor dan membiarkan hal yg semestinya musti disensor emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh najib020
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 06:04
KPI jngn slalu disalahkan dalam segala penayanga di Indonesia..
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 06:07
Kartun juga disensor
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 06:14
ya gausah lebay juga kali sensornya , dulu film2 warkop DKI banyak yg ga disensor dan kartun banyak yang gak disensor toh akhirnya malah lebih bobrok generasi sekarang daripada generasi kita2 dulu
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 06:29
Quote:Original Posted By rizqiqiuzer


Kpi tebang pilih gan,yg rating tinggi kayanya nggak tersentuh sama kpi paling cuma peringatan abis itu tayang lagi & nggak ada yg dikoreksi imo

mungkin memang iya kurang tegas. perlu ada sanksi tegas ya gan biar kapok hehe
Quote:Original Posted By 0314


begitulah gan. tapi terakhir dengar KPAI kan sudah melarang acara tipi yang ada host "melambai?". baguslah kalo memang jadi kenyataan, gegara pelambai2 laknat itu jadi semakin banyak maho di indo emoticon-Mad (S)

dari KPI mengklaim sudah ada larangan utk menayangkan host yg kebanci2an di tv, ya itu lagi tidak tegasnya suatu pihak terkait jadilah menjamur host2 melambai.
Quote:Original Posted By digicrests
Ane gak salah kaprah gan. Kan yang buat wewenang KPI sendiri. Jadi kalau ada sensor berlebihan dan salah target ya wajar donk klo yang dibully itu KPI.

Dan ane udah beberapa kali bikin laporan di situs resmi KPI tapi sampai sekarang gak ada respon yang jelas...

bisa jadi gan
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 06:30
Untung Ane nontonnya OK Jek
Gak ada sensornya

emoticon-Cool

0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 06:45
banyak anak yang kekinian (oknum) contoh dalam meme... sensor adalah salah kpi sebenernya mereka masih cetek ilmunya menurut ane dengan sok tau...
emoticon-No Hope emoticon-No Hope boleh saja beraspirasi asalkan mengerti
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 06:45
film bagus di sensor.
sinetron tolol dibiarkan.
emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 06:47
Sebelum negara api menyerang tv indonesia mah asik" aja di tonton..
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 06:47
Quote:Original Posted By airmanforfit
ya gausah lebay juga kali sensornya , dulu film2 warkop DKI banyak yg ga disensor dan kartun banyak yang gak disensor toh akhirnya malah lebih bobrok generasi sekarang daripada generasi kita2 dulu



kalo gue rasa nih ya karna sensor bisa ambigu dan kita kepo makanya banyak yg bobrok emoticon-No Hope
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
25-02-2016 06:52
Doraemon aja dsensor tp kenapa sinetron jelas2 ngerusak gak kena sensor msih aja tayang...dasar KPI B*AJING*AN!!(Sorry Caps Jebol)..PNS makan uang gabut ini doank..
0 0
0
Halaman 18 dari 27
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia