Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
515
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ccaa711ee5df8f258b4569/tayangan-di-sensor-jangan-salah-kaprah-ya-gan
Quote: Agan merasa kesal dan sebal saat menonton film atau acaraa yang disensor? Yang terbaru saat ini adalah disensornya siaran ulang Putri Indonesia. Nitizen pun ramai membicarakan dan mempertanyakan kenapa disensor, dan menyalahkan bahwa Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI salah. Bahkan banyak nitizen yang membuly KPI, nah tahukan agan bahwa wewenang sensor tersebut berada di tangan Lembaga Sen
Lapor Hansip
24-02-2016 01:52

Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!

Past Hot Thread
Quote:Agan merasa kesal dan sebal saat menonton film atau acaraa yang disensor? Yang terbaru saat ini adalah disensornya siaran ulang Putri Indonesia. Nitizen pun ramai membicarakan dan mempertanyakan kenapa disensor, dan menyalahkan bahwa Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI salah. Bahkan banyak nitizen yang membuly KPI, nah tahukan agan bahwa wewenang sensor tersebut berada di tangan Lembaga Sensor Film loh gan.
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!

Dikutip dari situs resminya KPI, kewenangan, tugas dan kewajiban KPI dalam rangka melakukan pengaturan penyiaran adalah sebagai berikut

KPI

Komisioner KPI Pusat Fajar Arifianto Isnugroho di dalam berita yang dirilis di situs resmi KPI menyatakan KPI memiliki wewenang dalam ranah perizinan Lembaga Penyiaran televisi dan radio. Meskipun demikian KPI ternyata tidak sepenuhnya menjadi regulator penyiaran. Bagian yang menjadi fokus KPI adalah pengawasan isi siaran Lembaga Penyiaran.

Beliau juga menekankan dalam pengawasan isi siaran, KPI tidak melakukan sensor sebelum tayang. Namun pengawasan setelah program acara ditayangkan. Ditambahkannya dalam mengawasi program siaran, KPI berpedoman pada Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Tayangan yang mendapat sanksi dari KPI adalah Lembaga Penyiaran yang menayangkan atau program acara yang keluar dari acuan P3SPS.


Nah bagaimana pula dengan Lembaga Sensor Film? Jika dijelaskan lebih rinci maka akan sangat panjang penjelasannya untuk itu ane ringkas saja tugas dan wewenang LSF ini gan. Berikut tugas dan wewenang Lembaga Sensor Film:
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!

LSF


Untuk pedoman penyensoran yang dilakukan adalah seperti dibawah ini ya gan
- Setiap film dan iklan film yang akan diedarkan dan/atau dipertunjukkan kepada khalayak umum wajib disensor terlebih dahulu oleh LSF.

Prosedur penyensoran dilakukan sebagai berikut:
Quote:a. Pemilik film dan iklan film mendaftarkan film dan iklan film ke LSF;
b. Film dan iklan film diteliti dan dinilai serta ditentukan kelayakannya oleh LSF dan dilabeli dengan surat tanda lulus sensor atau tidak lulus sensor;
c. Film dan iklan film yang tidak lulus sensor dikembalikan kepada pemilik film dan iklan film untuk diperbaiki; dan
d. Film dan iklan film sudah diperbaiki oleh pemilik film dan iklan film dapat diajukan lagi untuk diteliti dan dinilai kembali oleh LSF.


Untuk proses penyensoran ini dilaksanakan oleh dua kelompok penyensor gan yaitu anggota LSF; danTenaga Sensor. Nah jika terdapat perbedaan pendapat apakah disensor atau tidak, ini akan berlanjut ke sidang pleno gan. bila sudah diputuskan lulus sensor maka setiap film dan iklan film yang telah dinyatakan lulus sensor diterbitkan surat tanda lulus sensor.

Lembaga Sensor Film ini melakukan tugas penyensoran ini berdasarkan peratuan pemerintah gan yaitu pada Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1994, Bab IV : Pasal 17, Pasal 18, Pasal 19 dan Pasal 20. Ane kutip saja yang pasal 19, berhubung banyak yang komplen kenapa kok di blur, dipotong dan sebagainya.

LSF


Nah bagi agan yang mau lihat lebih rinci segala undang-undang, pedoman, prosedur, sejarah KPI maupun LSF silakan kunjungi situsnya gan di sini KPI dan LSF



Rujukan : KPI LSF

Masyarakat juga bisa berperan dalam memilih siaran yang dinilai layak untuk ditonton. Jika masyarakat melihat ada tayangan yang tidak layak bisa menyampaikan aduan ke KPI via sms di 0812-130-70000




TERGUNCANG
Diubah oleh sukafhoto
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 27
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:30
masalah nya nih yeh kpi terlalu lebay ama stasiun tv
salah dikit aja langsung kena tegur
makanya stasiun tv pada was2 jadi mending sensor aja biar gak kena tegur emoticon-Big Grin
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:31
Quote:Original Posted By imran5
terkadang ditemukan sensor yang didasari dengan pemikiran konyol dan tidak rasional emoticon-No Hope

ada scene dimana seekor tupai di kartun hanya mengenakan bikini, itu kena sensor, kalo pun tidak ada yang mengalami ereksi ketika melihat tupai telanjang, kenapa harus dilakukan sensor pada scene itu ? itu malah membuatnya terlihat lebih buruk dan tidak berkesan lucu lagi buat penikmat kartun khususnya anak-anak.

dan ironis nya ada adegan dimana seorang sebut saja mahasiswi yang hanya menggunakan tanktop dan menampilkan belahan dada serta mengenakan celana pendek sekitar 5 cm diatas lutut, malah terhindar dari yang namanya sensor,

sungguh kejadian yang aneh bukan ?


Emang aneh banget LSF ini. Mending bubar aja. Dulu ane waktu kecil nonton kartun itu ga bikin ane jadi kelainan dan berperilaku menyimpang. Kita kan diajarin dari sd, bedakan budaya yang baik dan buruk. Itu orang2 di LSF ga pernah tamat sekolah mungkin, makanya main sensor aja.
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:31
Quote:Original Posted By ladeedah
kalo disensor gitu bukannya orang malah jadi ngeres ya -_-
daripada sensor2an mending atur ulang jam tayang dan ratingnya deh, mana yang harus siang, mana malem, mana yang R, PG, Adult dsb.

btw, Putri Indonesia apanya yang di sensor gan? emoticon-Hammer (S)
maap ane belom liat Putri Indonesia.



busana batiknya
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:31
yang disensor malah berpikiran yang tidak2 hahaha , sinetron indonesia ini penuh adegan yang perlu disensor kayak si anjal emoticon-Wakaka
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:31
tapi selalu saja ada yang pantas untuk di sensor tapi ga disensor
dan ga perlu disensor tapi tetep disensor
emoticon-Cape d...
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:32
KPI oh KPI anak jalanan kapan dicabut acaranya? emoticon-Cool
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:32
Sandy kok di sensor terus emoticon-Frown
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:33
1. Menjamin masyarakat untuk memperoleh informasi yang layak dan benar sesuai dengan hak asasi manusia

ganteng-ganteng srigala?anak jalanan?layak dan benar?

3. Ikut membangun iklim persaingan yang sehat antarlembaga penyiaran dan industri terkait

metro tv dan tv one sehat persaingan nya? emoticon-Thinking

5. Menampung, meneliti, dan menindaklanjuti aduan, sanggahan, serta kritik dan apresiasi masyarakat terhadap penyelenggaraan penyiaran

selama ini masyarakat yg punya wawasan luas dan cerdas udh banyak yg kritik tentang jeleknya siaran indonesia, apa cuma di tampung trus di buang kaya emoticon-Tai ?

-Adegan, gerakan atau suara persenggamaan atau yang memberikan kesan persenggamaan, baik oleh manusia maupun oleh hewan, dalam sikap bagaimana pun, secara terang-terangan atau terselubung;

pantes kemaren2 meres susu sapi di sensor emoticon-thumbsup

-Penggambaran kebobrokan mengenai pribadi seseorang yang masih hidup atau yang sudah meninggal, sesuatu golongan dan/atau lingkungan di dalam masyarakat secara berlebih-lebihan.

di sinetron banyak tuh penggambaran kebobrokan pribadi, lulus sensor?apa lulus duit? emoticon-Ngacir Tubrukan
apalagi banyak cerita geng2 anak sekolah yg tiap hari kerjaannya cuma dandan, nyinyirin orang, dan fitnah orang lemah, kok lolos sih? emoticon-thumbdown


udah lah, kita udah sama2 tau, kpi macem macan ompong, buas tapi jinak kalo udh ada duit emoticon-Ngakak (S)
bubarin aja, gk guna emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:34
Gara2 sensor kartun dragonball dan naruto pun genrenya berubah jadi drama, dafuq lah mending baca ajalah, klo streaming, payah!
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:36
Kadang sensor membuat hal biasa menjadi taboo.dada rata sandy di film spongebob yang di blur malah buat penonton berfantasi lebih liar lagi.
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:37
kartun aja skrg di sensor juga gan..

parah

:tepar
Diubah oleh givenrox
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:37
ga ngerti cm bbrp bln terakhir lagi gencar2 nya gan, emoticon-Hammer
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:39
Ah tapi sensornya kebangetan gan, masa iya tupai pake bikini aja disensor, lah dikira ane napsu ama tupai kali ya

Terus pas ada film action, adegan action nya di cut, lah gw cuma disuruh nonton orang ngomong ngomangan doang
Diubah oleh azziizz
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:40
Quote:Original Posted By obietags
denger denger spongebob dan tom&jerry ga boleh tayang ya gan apa benar ?



gak gan masih tayang diglobal tv tiap sore
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:41
Sejauh ini sih ane ga terlalu permasalahkan sensor yang dilakukan KPI maupun LSF, karena ane berpikir kalo mereka sudah preventif dan melakukan tugas semestinya.

Kayak contoh sensor LSF yang dilakukan ke film Deadpool, wajar2 aja adegan nudity/sex nya dihilangin dan gore nya di zoom karena nyesuain sama budaya maupun tipikal penonton disini. Kalo ga digituin yg ada bisa jadi tontonan anak dibawah umur, lah wong ga ada jaminan bioskop melarang anak dibawah umur ataupun orang tua yang menonton tapi ga bawa anak anaknya. Itung2 LSF sudah melakukan tindakan preventif dan meminimalisir dampak buruk yang bisa aja terjadi, lagipula masih untung juga tuh film ditayangin dan lulus sensor dimari. Ga kayak di Tiongkok sana yang bener2 di banned sampe warga nya kalo mau nonton sekarang harus download bajakan kualitas CAM atau bagi yg berduit sampe harus ke luar negeri.

Ane malah mempersalahkan "sensor" yang dilakukan pihak kepolisian, masa tersangka2 macam kasus curanmor/pembunuhan/asusila/narkoba pas diliput media malah tuh tersangka2 dikasih masker ala ninja. Ya walaupun ane tau sih alesan logis nya untuk agar keluarga tersangka gaikut dimusuhin/dibenci masyarakat.
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:41
Jgn salah kapra ya gan?
Kalau lagi memerah susu sapi itu pun disensor termasuk jgn salah kapra
Hebaaat
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:45
Terus buat apa ada jam malam? emoticon-Hammer2
Dulu kan biasanya tayangan2 yang agak mengundang ditayanginnya di jam malam emoticon-Betty
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:45
Olala emoticon-EEK!
Yg ane heran ntu, knp kartun jg kena sensor bray
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:46
LSF gan, bukan KPIemoticon-Traveller
0 0
0
Tayangan di sensor? Jangan Salah Kaprah ya gan!
24-02-2016 22:47
Quote:Original Posted By markon13
Kalo misalnya tayangan tv yang disensor LSF sih ga masalah. Karena banyak mata yang bisa lihat. Tapi sekarang, film bioskop kena juga. Ane rugi banget kalo nonton film dengan rating dewasa di bioskop. Sensor sana sini. Dulu kayaknya ga ada sensor fine2 aja. Makanya masyarakat di kasih penjelasan rating film biar ga salah nonton dan orang tua juga jangan ajak anak nonton film yang ada rating dewasa.

LSF mending bubar diganti jadi Lembaga Rating Film lah.



film apa gan???
bisa bangkrut bioskop kalo apa2 film masuk bioskop disensor
0 0
0
Halaman 10 dari 27
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia