idjoAvatar border
TS
idjo
Cara-Cara Menabung dari Masa ke Masa, Yang Mana Favorit Agan?
Bang bing bung yoook kita nabung!



Anak-anak jaman sekarang mungkin gak akrab dengan lagu itu, tapi kayaknya anak-anak seangkatan ane sering banget denger tu lagu jaman kecil dulu! Ane ingat sejak kecil ane diajarin menabung, sama orang tua, guru, bahkan sama penyanyi-penyanyi cilik itu melalui lagu-lagunya. Menabung emang banyak manfaatnya, ane gak perlu lah jelasin ke agan-agan karena pasti udah pada ngerti. Tapi tetep aja, seiring bertambahnya usia, berkembangnya jaman dan kebutuhan yang juga udah meningkat dari sekedar sandang pangan papan, menabung jadi hal yang lumayan sulit ane lakukan Gan. Padahal, makin gede, harusnya ane lebih banyak nabung nih untuk bekal hari tua nanti. Inilah yang saat ini sedang ane tekadkan Gan. Nabung nabung nabung yok!

Jaman berubah, yang pasti tempat penyimpanan uang juga semakin beragam ya Gan. Kali ini ane mau jabarin cara-cara menabung yang pernah ane lalui dari masa ke masa, dan ane akan coba jabarkan kelebihan dan kekurangannya serta trik untuk memaksimalkannya. Cekidot Gan!

1. Menabung di Bawah Kasur



Nabung di bawah kasur adalah cara yang diajarin emak ane dulu Gan. Kasurnya yang model ranjang gitu, jadi agan bisa nyelipin uang di bawahnya. Menabung di bawah kasur ini emang mudah, ada duit tinggal selipin, tapi tingkat bahayanya juga besar Gan. Kurang aman karena bisa diakses siapa pun yang bisa masuk ke kamar tidur, lebih bahaya lagi karena gampang diambil sama Agan sendiri. Gak nambah-nambah deh tu tabungan karena diambilin mulu tiap kali Agan pengen jajan emoticon-Wakaka. Itulah mengapa metode ini sudah mulai ditinggalkan Gan. tapi kalau Agan masih pengen memakai metode ini, ane cuma bisa kasih saran untuk pilih kasur yang seberat mungkin. Biar Agan agak males ngangkat-ngangkat tu kasur tiap kali ada niatan ambil duit.

2. Menabung di Celengan



Menabung di celengan memiliki tingkat keamanan satu level di atas menabung di bawah kasur, karena butuh usaha lebih buat Agan untuk ngambil uang dari dalam celengan. Meskipun begitu, kalau lagi kepepet selalu ada aja cara Agan untuk ngambil uang dari celengan, dari mulai dicongkel, dibongkar, sampe dipecahin aja udah. Salah satu cara mencegahnya, Agan bisa pilih celengan yang bentuknya lucu-lucu. Biar agan semakin semangat untuk nabung, dan sayang untuk ngerusak atau mecahin celengan itu. Menabung di celengan masih ane lakukan sih Gan, meskipun cuma buat simpen receh-recehan biar gak tercecer.

3. Menabung di Bank



Yah yang ini sih kayaknya Agan-agan udah pada praktekkin dong. Menabung di bank ini adalah metode masa kini, praktis, aman, semua transaksi keluar masuk uang pun terekam. Jadi Agan gak akan lupa kalau abis ngambil uang dari tabungan, dan gak akan merasa udah rajin nabung, padahal uang yang masuk cuma lewat aja emoticon-Stick Out Tongue . Tapi karena administrasi, ada beberapa hal yang memang merepotkan sih Gan, kayak antrian bank yang lumayan panjang, dan waktu operasional bank yang gak setiap hari, jadi Agan gak bisa nabung setiap saat. Triknya adalah memilih bank dengan cabangnya ada paling dekat dengan rumah Agan, atmnya banyak dan tersebar di mana-mana, juga pantau letak atm setor tunainya Gan. Jadi Agan tetep bisa menabung meskipun bank tutup lewat atm tersebut.

4. Menabung di Brankas



Menabung di brankas juga menjadi satu pilihan yang aman karena brankas punya sistem keamanan dari mulai kunci, pin, sampe bahan penyimpanan yang kuat. Tapi yaaa harganya kan mahal Gan. Gak semua orang punya brankas dan rada ribet juga kalau agan mau nabung musti membuka kuncinya. belum lagi kalau lupa pinnya. Waduh, amsyong dah! Saran ane, brankas buat nyimpen barang-barang berharga lainnya aja, kayak sertifikat rumah atau koleksi perhiasan misalnya.

5. Menabung Bukan di Bank, Tapi Rasanya Kayak Menabung di Bank



Bingung Gan ama metode yang ini? Yaaa maklum aja, ini emang metode baru yang paling kekinian Gan. Istilahnya itu Branchless Banking. Branchless banking itu jenis perbankan di mana Agan gak perlu ke bank untuk melakukan transaksi perbankan, kayak nabung atau bahkan transfer uang Gan. Lah kok bisa? Ya bisa, karena branchless banking ini emang udah mulai diterapin di Indonesia sejak tahun lalu. Cara ini lebih ngandelin perangkat internet, sms, dan atm Gan, jadi lumayan efektif untuk menembus wilayah-wilayah yang gak bisa dijangkau sama kantor cabang dari bank itu.
Jadi ada agen yang tersebar di seluruh penjuru sebagai tempat agan menabung. Tentunya agen itu udah melalui pelatihan dari bank, dan terdaftar, jadi rasanya sama aja kayak nabung di bank: aman, dapet kartu, bisa ditransfer, bisa setor dan ambil uang, dan bisa buat bayar tagihan-tagihan juga. Metode yang sangat praktis menurut Ane, salah satunya tuh produknya Branchless Banking BCA. Tapi ane belum bisa jabarin lebih lanjut juga, karena Ane baru baca-baca sekilas aja sih, soalnya tadi nemu thread nya officer yang bahas soal ini, kalau mau tau lebih lanjut ikutan aja acaranya BCA di sini Gan, soalnya bakal dikupas soal Branchless Banking BCA di sono katanya.

Yak udah kelar ane kupas mengenai cara-cara menabung dari masa ke masa. Kalo agan sendiri paling suka cara yang mana tu Gan? Kalau ada cara yang kelewatan ane sebutin, komen aja Gan nanti ane tambahin di pejwan.

Akhir kata, ane cuma mau kasih satu saran biar Agan semangat menabung, yaitu "Temukan Motivasi Agan". Maksudnya, kalau agan punya tujuan untuk apa menabung, biasanya lebih semangat dan lebih tahan dari godaan berfoya-foya tuh Gan. Tapi harus yang spesifik Gan. Misalnya pengen ngebahagiain orang tua, dengan cara apa misalnya, beliin rumah harga sekian? berangkatin haji? atau apa? Kayak motivasi ane untuk menabung kali ini misalnya, untuk melamar pujaan hati taun depan, tanggal 7 bulan 7 emoticon-Malu

Semangat menabung Gan!


Diubah oleh kaskus.infoforum 22-02-2016 14:16
0
61.6K
577
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.