News
Batal
KATEGORI
link has been copied
477
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56c94ad8d89b091a148b4569/antara-mata-najwa-dan-ilc-inilah-perbandingan-kualitasnya
Sebelumnya ane mohon jangan ada yang nyinyir di thread ane, disini bukan ajang tempat membuly ataupun nyinyir, etc... Pake otak sebelum komen macam-macam, ane hanya sekedar share berita di BP section To momod please hapus kalau thread ane bertentangan, asal jangan di banned :berdukas . :) Coba, mari kita bandingkan dengan Najwa Shihab. Karni Ilyas ini bertanya sedikit/pendek, dan memberi peluang p
Lapor Hansip
21-02-2016 12:27

Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya

Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya


Sebelumnya ane mohon jangan ada yang nyinyir di thread ane, disini bukan ajang tempat membuly ataupun nyinyir, etc... Pake otak sebelum komen macam-macam, ane hanya sekedar share berita di BP section
To momod please hapus kalau thread ane bertentangan, asal jangan di banned emoticon-Berduka (S)
. emoticon-Smilie

Quote:Coba, mari kita bandingkan dengan Najwa Shihab. Karni Ilyas ini bertanya sedikit/pendek, dan memberi peluang pada narasumber untuk mengungkapkan semua jawaban

Quote:Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
Source Image hello-pet.com

Di Indonesia, program televisi dengan tema politik semakin berkembang. Tema dan packaging nya pun sudah semakin berani dan kreatif. Faktanya, sekarang ini program televisi dengan tema politik tak hanya sekedar dialog dengan topik yang normatif, namun sudah berani menggunakan topik yang menggelitik, variatif, kreatif dan menghibur.

Lima belas tahun sejak hadirnya Metro TV, sebagai televisi berita pertama di Indonesia, pada tahun 2000, berbagai program televisi politik pun turut hadir menghiasi layar televisi Indonesia. Banyaknya tayangan televisi bernuasanya politik makin menunjukkan tingkat ketertarikan pemirsa terhadap politik semakin meningkat.

Bisa dibilang program talk show yang berbau politik paling hits saat ini adalah Mata Najwa yang disiarkan METRO TV dan Indonesia Lawyers Club (ILC) yang ditayangkan TV ONE. Kedua program ini disebut-sebut mampu mengalahkan acara-acara hiburan di stasiun TV lain.

Najwa Shihab “Mata Najwa”
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
Source image: Anisbaswedan

Di peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada 9 Februari 2016 lalu, salah seorang sastrawan Tanah Air, Sirikit Syah memberikan catatan untuk kedua program tersebut. Sastrawan kelahiran Surabaya ini pun memberikan penilaiannya terhadap kedua program yang tengah bersaing ini.

Berikut CATATAN HARI PERS yang ditulis Sirikit Syah di laman facebooknya:
Quote:Catatanharipers

Dulu saya sebel banget sama Karni Ilyas yang ke-PD-an jadi host di ILC TVOne. Sampai aku sms produsernya: “Emang gak ada orang lain ya?”
“Banyak mbak, tapi dia news director, dia yang menentukan. Kalau dia memilih diri sendiri utk jadi host, lalu bagaimana dong?” begitu kira-kira jawabannya.
Menurut teori ilmu komunikasi, jurnalistik, broadcasting, public speaking, Karni Ilyas itu gak dapat semuanya: mukanya gak menarik, suaranya buruk, retorikanya terbata-bata/tersendat-sendat.
Orang boleh jelek dan suaranya tidak bagus, tapi at least kalau ngomong lancar, gak gagap gitu loh. Nah, tapi lama-lama aku mulai suka. Mengapa? karena dia betul-betul menjalankan fungsi HOST.
Coba, mari kita bandingkan dengan Najwa Shihab. Karni Ilyas ini bertanya sedikit/pendek, dan memberi peluang pada yang ditanya (narasumber) untuk mengungkapkan semua jawaban/penjelasannya. Itulah yang ditunggu pemirsa di rumah bila nonton talk show. Jawaban narasumber. Bukan pertanyaan
“cerdas” host, apalagi yang kepanjangan pertanyaannya, lalu ketika narsum menjawab sering dipotong-potong, dan dia ikut-ikutan jadi ahli/narsum dengan mengemukakan argumennya, atau malahan jadi interogator, yang tidak pernah puas pada jawaban narsum.
Yang nonton capek, kesal, jengkel! Switch channel. Na, sekarang paham, kan, mengapa Karni Ilyas terpilih sebagai the best host pada perhelatan insan pertelevisian tahun 2015.
Era Najwa Shihab telah lewat. Karni Ilyas mengingatkan saya pada Larry King, Barbara Walters, Oprah Winfrey, yang semuanya bertanya sopan, pendek, dan siap mendengar. Bravo Karni Ilyas dan TVOne.


Tak bisa dipungkiri bahwa perang udara antara TV One dan Metro TV hingga kini masih berlanjut. ‘Mata Najwa’ adalah pesaing terberat acara ‘Indonesia Lawyer Club (ILC)’ yang dipandu oleh Karni Ilyas di TV One.

Karni Ilyas “Indonesia Lawyers Club”
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
Source: Agung-gunandjarsudarsa

Kehadiran mereka seakan ikut melengkapi persaingan antara Metro TV dan TV One, Surya Paloh dan Aburizal Bakrie, Partai Nasdem dan Golkar, pendukung pemerintah dan oposisi. Kedua televisi tersebut telah menjadi corong informasi bagi masing-masing kubu.

Apa yang menjadi catatan sastrawan kondang yang namanya susah di eja, Sirikit Syah, tidaklah sepenuhnya benar. Setidaknya ada beberapa hal yang membuat program Mata Najwa yang dipandu Najwa Shihab lebih nge-hits dari ILC. Selain tak pernah terkena teguran KPI seperti yang sering dialami ILC, Mata Najwa selalu mengahdirkan nara sumber orang-orang pilihan dan kompeten.

Berbeda dengan ILC yang kerap mengundang nara sumber seadanya hingga acara tersebut menjadi ajang adu “kepandaian” berbicara, hingga seringkali para tamu juga beradu sindiran dan ejekan halus. Bahkan tak jarang mereka melontarkan ancaman yang kasar dan melecehkan.

Tak sulit rasanya menilai mana yang terbaik diantara keduanya. Kalau menurutmu yang mana? Pernah nonton acaranya kan?



Gimana menurut ente semua gan? silahkan berikan opini agan-agan dimari, jangan ngerusuh ya emoticon-Bata (S)

Jangan lupa gan emoticon-Rate 5 Star

BACA DULU NIH BIAR GAK SALAH PAHAM KAYAK AGAN INI emoticon-Big Grin
Salah paham


Komentar agan-agan bijak #
BIJAK


Gara-gara ane gak berat sebelah akhirnya ada yang kasih bata sma abu gosok emoticon-Hammer (S)
Coba kalau berat sebelah pasti lebih rame bata emoticon-Ngakak (S)
bata


Sumur 1: Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya #1
Sumur 2: Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya #2
Diubah oleh kang28ivan
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 16 dari 25
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 15:49
bang karni ane ngakuin netral...bos besar mungkin juga gak berani nyenggol bang karni..selain brandingnya bagus dan slot iklan yg menggiurkan emoticon-Ngakak

selain itu bang karni pernah bilang di salah satu episode kenaikan bbm jaman pak sby "kalo ada yg mengontrol pers saya yg pertama melawan" coba najwa ngomong gitu berani gak? emoticon-Malu (S)

bagusnya najwa acaranya bisa dibawa ke kampus2,tapi yah bintang tamunya "itu2 aja"...apalagi pas pilpres emoticon-Ngakak
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 16:01
Ane prefer ilc gan, kalo mata najwa keliatan tendensius banget
Diubah oleh penakutbener
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 16:06
Lonte gorong2
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 16:06
Quote:Original Posted By daffarjuna
ane lebih suka ngeliat orang debat gan,seru rasanya, apalagi kalo sampe tampol2an kata-kata. seru dah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
gw dulu pernah baca kalo acara kaya mata najwa itu, sebelum narasumber di wawancara secara live di tv beberapa hari sebelumnya si narasumber dikasih pertanyaann2 yang bakalan di tanyain sama si host. cmiiw dulu pernah kejadian salah satu mentri pernah atau pejabat negara gw lupa siapa, dia gak jadi diwawancarin soalnya dia kurang berkenan buat ngejawab pertanyaan yang di berikan cmiiw

Emang begitu gan, apalagi kalo pejabat tinggi negara.. Nanti dipilah2 dulu pertanyaannya sama ajudannya
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 16:15
kalo ane sih terserah aja, keduanya bagus sih emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 16:15
Quote:Original Posted By kureno23q


doi berani lakuin itu ke kakanda paloh? emoticon-Big Grin


Ane ndak bilang metro berimbang cuma ane menilai metro sedikit lebih baik dari tvone skrg (ndak tau kalo suatu saat metro jadi media oposisi)

0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 16:34
suka kedua-duanya. dari segi host, seperti yg diungkapkan sastrawan tsb, Karni sedikit bicara sedang najwa lebih banyak. Karena memang kemasan acara yg berbeda dan juga kuantitas narasumber yg berbeda. Dari segi keilmuan dan profesionalitas keduanya tidak diragukan, sedang dalam hal menggali jawaban dari nara sumber, kemampuan verbal Najwa lebih dibanding Karni. Tentunya karena banyak faktor, terutama sisi energik Najwa yg berusia lebih muda. emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 16:38
hmm keduanya sih sama menarik
tapi menurut ane konsepnya beda yak, seperti dikatakan kaskuser lainya
kalau najwa lebih seperti menginterview narasumber sedangkan ilc
lebih kepada debat antara narasumber satu dengan yang lainya
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 17:14
Ane lebih suka nongton ILC. Soalnya seneng aje denger para prof bicara. Secara wawasan ane jdi nambah.
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 17:16
ngga pernah nntn sih gan emoticon-Malu (S)

lebih suka nntn film turki, tapi saya baca kok ulasan tritnya. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 17:17
Quote:Original Posted By lavizta
suka kedua-duanya. dari segi host, seperti yg diungkapkan sastrawan tsb, Karni sedikit bicara sedang najwa lebih banyak. Karena memang kemasan acara yg berbeda dan juga kuantitas narasumber yg berbeda. Dari segi keilmuan dan profesionalitas keduanya tidak diragukan, sedang dalam hal menggali jawaban dari nara sumber, kemampuan verbal Najwa lebih dibanding Karni. Tentunya karena banyak faktor, terutama sisi energik Najwa yg berusia lebih muda. emoticon-Ngakak (S)


najwa cuma duduk dan acara sebentar, karni berdiri durasi lebih panjang dari mata najwa walaupun tanpa iklan sekalipun.

Jelas saja jawaban narsum di Mata najwa lebih siap karena:
Mata najwa pertanyaannya sudah diketahi beberapa hari oleh narsum sebelum di wawancara di MN, Sementara ILC spontan saat itu juga tanpa setingan apapun.

Jadi bukan karena kehebatan verbal najwa melainkan kesiapan narsum yg telah menyiapkan jawaban
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 17:17
ilc udah dibikin cosplaynya ilk ... mata najwa ampe rela bego2in narsum tetap aja kalah rating
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 17:19
Quote:Original Posted By sivaruck6


mata najwa ga berimbang, narasumber yg anti pemerintah atau paloh sering dipotong omongannya ama najwa ketika ngasih jawabanemoticon-Cape d... (S)

ga punya attitude tuh najwa demi bos besaremoticon-Entahlah


haha ane cmn seneng liat Pejabat PSSI dibully habis - habisan emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 17:20
ditggu kolaborasi kedua pembawa acara tsb gan , bagaimana ?
kalo ILC tanpa Hotman Paris kurang mantaap krn beliau pengacara handal
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 17:30
Bingung, tp klo masalah selera ane milis najwa shihab ,itu sudah :beers:
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 17:42
ane mba najwa gan, cantik enak diliat,
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 18:01
Quote:Original Posted By calonmualaf
Di ILC membuat mahasiswa fakultas hukum jd tolol, krn sesama guru besar Hukum aja tdk satu pendapat mengenai sebuah tafsir.... Lalu apa panduan yg hrs dipercaya mahasiswa? Semua merasa paling benar. Apalagi kalau pengacara saor dan razman ikut... Makin tetlihat tololnya penggiringan opini hukum tsb. Beda dgn mata nazwa yg bisa mengimbangi dgn tusukan.Justru guru besarnya jd terlihat tolol.



Mestinya Najwa jadi guru besar ya gan. Hampir semua narasumber jadi tolol didepan Najwa.
emoticon-Cool
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 18:01
Ane lebih suka ilc gan.lebih rame kalo pas lagi debat.
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 18:06
Quote:Original Posted By kalisengge
najwa cuma duduk dan acara sebentar, karni berdiri durasi lebih panjang dari mata najwa walaupun tanpa iklan sekalipun.

Jelas saja jawaban narsum di Mata najwa lebih siap karena:
Mata najwa pertanyaannya sudah diketahi beberapa hari oleh narsum sebelum di wawancara di MN, Sementara ILC spontan saat itu juga tanpa setingan apapun.

Jadi bukan karena kehebatan verbal najwa melainkan kesiapan narsum yg telah menyiapkan jawaban



Karena pertanyaan udah disetting dan jawaban udah bisa diprediksi, maka sang pemberi pertanyaan dan penjawab hanya menambahkan bunga-bunganya saja saat tampil.
0 0
0
Antara Mata Najwa dan ILC Inilah Perbandingan Kualitasnya
22-02-2016 18:25
yap mereka bagus, tapi emang beda jenis acaranya kalo menurut ane cmiiw emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Halaman 16 dari 25
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia