alfareziiAvatar border
TS
alfarezii
Asal Mula Nama Rupiah, Duit dan Perak
Spoiler for No Repost:



Mengapa seribu rupiah sering disebut seribu perak?
Lalu dari mana asal nama Rupiah itu?
Dan mengapa uang sering disebut Duit?
Mari kita simak Sejarahnya emoticon-I Love Indonesia


Konon, nama ini berasal dari bahasa Sansekerta, dari kata
Rupyah yang berarti perak tempaan. Mungkin juga juga hubunganya dengan mata uang india,yaitu Rupee.
Sebelumnya rakyat menggunakan gulden belanda dari tahun 1610 sampai tahun 1817. Sampai kemudian Gulden Hindia-belanda diperkenalkan.

Nama Rupiah pertama kali digunakan secara resmi dengan dikeluarkannya mata uang Rupiah zaman pendudukan Dai Nippon pada Perang Dunia II.
setelah perang selesai, Bank Jawa, pelopor Bank Indonesia, mengeluarkan Rupiah. Sedangkan Tentara Sekutu mengeluarkan Gulden Nica.

Tetapi mata uang rupiah baru ditetapkan secara resmi sebagai mata uang indonesia, pada tanggal 2 November 1949. Hal ini merupakan
salah satu tindak lanjut dari hasil konferensi Meja Bundar yang berlangsung di Den Haag tanggal 23 Oktober - 2 November 1949.

Di daerah kepulauan Riau dan Papua , kala itu masih digunakan mata uang lain , yaitu Dollar Malaya dan Netderland Niauw Guinea.
Baru pada tahun 1976 dan 1971 Rupiah digunakan disana . Di daerah Timor Timur , Rupiah digunakandari tahun 1976 - 2001. Semenjak tahun 2001 sampai sekarang digunakan Dollar As.

"Kenapa Dang diebut juga Duit?", hal ini yang jarang diperhatikan orang-orang. Dikota-kota besar di indonesia sering mengunakan istilah Duit untuk menyebut Uang, terutama di pulau jawa. Kemungkinan besar istilah iniberasal dari kata "DOIT", yakni sebutan uang receh kuno Eropa dari abad XIV.

Doit pada awalnya dibuat dari bahan perak dengan nilai tukar =1/8 Stuiver. kalau 1 Gulden pada abad XIV senilai 20 Stuiver, maka 1
Gulden senilai dengan 160 Doit. Doit menjadi satuan uang terkecil di negeri Belanda seperti halnya Penny Di Inggris. selanjutnya pada tahun
1573 Doit dibuat dari bahan tembaga.

Doit masuk ke kepulauan Nusantara sejak 1726. Semula Doit yang beredar di Nusantara harus didatangkan dari negeri Belanda. Ketika pengiriman dengan kapal sering mengalami hambatan, sedangkan kebuthan akan uang kecil in iterus meningkat, terutama untuk gaji pegawai. Akhirnya pemerintah Belanda mengizinkan VOC untuk menempanya sendiri di Batavia dan Surabaya.

Spoiler for Halve Duit:


Spoiler for 5 gulden Hindia-belanda:


Doit yang Dibuat Di Nusantara itu sendiri ada dua Jenis. Doit yang pertama terbuat dari bahan tembaga dengan ciri-ciri berbentuk bundar, berwarna coklat tanah, bertuliskan JAVA dan angka tahun pembuatan. Karena itu jenis ini sering disebut Javanese Doit.

Doit jenis kedua terbuat dari bahan timah berkadar 100%, bentuknya bundar, memiliki berat 6,18 gram , pada sisi muka bagian atas ada inisial LN dan lambang VOC , sedangkan sisi belakangnya terdapat tulisan Arab Melayu berbunyi Duyit dan juga tahun pembuatannya. Doit jenis ini memang sering disebut Duyit.

kedua jenis ini mudah dipalsukan dan juga sering menghilang dari peredaran karena timahnya dilebur orang ketika harga timah nya naik. lama kelamaan istilah Doit dan Duyit ini menjadi populer di dalam masyarakat Nusantara sebagai Duit.

Begitulah mengapa kita sering menyebut uang sebagai Duit.


Salah Satu Dari bonus ini adalah uang buatan indonesia loh emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for BONUS :


"Kaskuser yang baik selalu meninggalkan Jejak emoticon-Big Grin"
Spoiler for cek:

Spoiler for kalo jelek:




Sumber
Diubah oleh alfarezii 27-05-2014 09:21
ARKANA168
tien212700
tien212700 dan ARKANA168 memberi reputasi
2
10.8K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.