Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
189
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56c6d506947868a7038b456a/gatsuone-info--tips-sukses-membangun-teamwork-dalam-bekerja
Memasuki dunia kerja, tentunya akan berbeda dengan dunia sekolah ataupun kuliah. Di dalam dunia kerja, kita akan dituntut untuk lebih mandiri serta dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, kan? Nggak jarang nih, berbagai macam jenis pekerjaan menuntut kita untuk dapat bekerja dalam tim dengan baik. Namun, apa jadinya kalau kita adalah karakter orang yang nggak suka bekerja dala
Lapor Hansip
19-02-2016 15:40

[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja

Past Hot Thread
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja

Memasuki dunia kerja, tentunya akan berbeda dengan dunia sekolah ataupun kuliah. Di dalam dunia kerja, kita akan dituntut untuk lebih mandiri serta dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, kan? Nggak jarang nih, berbagai macam jenis pekerjaan menuntut kita untuk dapat bekerja dalam tim dengan baik. Namun, apa jadinya kalau kita adalah karakter orang yang nggak suka bekerja dalam tim? Wah, bisa-bisa jadi masalah nih. Sebagai makhluk sosial, kita nggak boleh lho nggak berinteraksi dengan orang lain. Sebisa mungkin harus diusahakan untuk bisa bekerja sama dalam tim. Sebagian besar pekerjaan yang ada membutuhkan skill teamwork yang baik.

Nah berikut tips jitunya!

Quote:
Menentukan Tujuan Bersama dan Individu

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk mendapatkan teamwork yang baik adalah menentukan tujuan bersama. Hal ini dikatakan penting karena dengan menentukan tujuan bersama dalam tim, anggota tim akan lebih mengetahui “arah” yang harus mereka tuju. Mau kemana mereka menentukan langkah selanjutnya untuk Perusahaan, Target yang akan dicapai, hal-hal yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut. Dan nggak cuma tujuan bersama yang harus ditentukan, tujuan setiap individu juga harus ditentukan. Tujuan individu disini berarti tujuan setiap anggota bergabung dalam tim. Apakah mereka memiliki tujuan untuk sukses atau malah tujuan awal ia masuk ke dalam tim hanya sekedar untuk mendapatkan tempat kerja semata.
Ajak berbincang dengan topik-topik ringan akan membantu anggota tim mengetahui tujuannya. Selain itu, kita juga bisa membangun komunikasi yang baik dengannya. Harus selalu kita ingat, untuk mendapatkan teamwork yang baik, kita harus menyamakan visi atau nafas agar apa yang kita dan tim impikan tercapai.


Quote:
Selalu Ingat Pada Tugas dan Kewajiban dan Mulailah Untuk Fokus

Hal yang nggak kalah pentingnya dengan menentukan tujuan bersama adalah fokus pada tugas dan kewajiban masing-masing. Jika dalam sebuah tim terbagi menjadi beberapa tim kecil lainnya, ada baiknya setiap tim kecil mengetahui apa tugas dan kewajiban mereka. Hal ini harus dilakukan agar semua pekerjaan dan semua masalah yang ada dapat dengan cepat diselesaikan.
Jika posisi kamu sebagai seorang atasan yang mengepalai mereka, nggak salah kok buat kamu untuk terus mengecek progress pekerjaan karyawan kamu. Jika ada satu atau dua orang yang mulai melenceng dari tugas dan kewajiban mereka, disarankan buat kamu untuk langsung berkomunikasi dengan mereka. Dengan seperti itu, kamu bisa membantu meluruskan kembali “jalan”-nya agar tetap fokus dalam pekerjaan.


Quote:
Saling Terbuka Dengan Anggota Tim

Sikap terbuka adalah salah satu hal yang harus dimiliki setiap anggota tim untuk membangun teamwork yang lebih baik lagi. Jika kamu memiliki sebuah informasi, nggak ada salahnya kok untuk membagikannya kepada anggota tim. Tapi, dengan catatan informasi yang kamu berikan bukan gosip. Perlu diketahui, jika ada banyak informasi yang disembunyikan di antara anggota tim, hal ini bisa mengganggu produktivitas dan moral tim. Karena biasanya informasi yang disembunyikan akan salah diartikan sebagai gosip. Namanya juga gosip. Jarang deh ada gosip yang positif, kebanyakan pasti negatif. Oleh karena itu, disarankan untuk setiap anggota tim saling terbuka satu dengan yang lainnya.


Quote:
Saling Percaya Adalah Kunci Sukses

Jika kamu memiliki keinginan untuk sukses, harus banget lho memiliki sikap saling percaya. Dengan kamu memiliki sikap saling percaya, segala macam ketakutan yang ada dalam dirimu akan hilang. Nggak lagi deh takut kalau si A begini atau si B begitu. Ciptakan pikiran yang positif terhadap setiap anggota tim mu.
Jika kamu ada di posisi atas, sikap saling percaya ini penting untuk kamu miliki. Dengan kamu mempercayai anggota tim kamu, disana mereka akan memiliki pikiran bahwa kamu sebagai atasan menghargai mereka dan memandang mereka berada ditingkatan yang sama denganmu, bukan seperti bawahan kamu. Jika ada pekerjaan yang nggak bisa kamu handle sendiri, kamu bisa kok untuk meminta tolong anggota tim kamu untuk membantu. Dengan begitu, kamu bisa membangun relasi yang baik dengan setiap anggota tim.


Quote:
Tebarkan dan Tularkanlah Energi Positif

Wah, kalau yang satu ini nih, penting dimiliki oleh setiap anggota tim. Kemampuan untuk menularkan energi positif. Diketahui bahwa jika kamu “mengeluarkan” energi positif ke orang lain, dengan cepat orang tersebut akan menerima dampaknya. Punya impian menjaga teamwork dalam lingkungan kerja? Jangan lupa untuk selalu menularkan energi positif ke anggota tim yang lainnya. Dengan suasana kerja yang positif, dijamin deh segala macam kerjaan dan masalah akan teratasi dengan baik. Jika kamu berada di posisi atasan, nggak ada salahnya juga buat kamu untuk menularkan energi positif ke anggota tim kamu. Jangan selalu ngomel karena kesalahan yang mereka lakukan, cobalah untuk merembukkan solusinya bersama. Dengan membicarakannya baik-baik, masalah selesai, hubungan baik pun terjalin. Keren kan?


Quote:
Jadilah Pendengar yang Baik

Untuk kamu yang sudah berada di tingkat managerial, skill untuk mendengarkan pendapat dari bawahan kamu sangat penting. Percaya atau nggak, dengan kamu mendengarkan semua pendapat bawahan kamu, mereka akan merasa sangat dihargai. Nggak cuma itu aja, jika pendapat mereka bisa membawa perubahan positif bagi tim atau mungkin untuk perusahaan, nggak ada salahnya lho buat kamu untuk mempertimbangkan idenya. Karena, nggak jarang anak buah memiliki pengetahuan yang lebih mengenai problem yang terjadi. Nggak cuma harus menjadi pendengar yang baik, kamu juga harus bisa memberikan pujian kepada mereka yang memang pantas untuk mendapatkannya ya! Dengan begitu, mereka akan bisa lebih loyal lagi dengan kamu. Nggak susah kan untuk menjadi pendengar yang baik?


Quote:
Membuat Kegiatan Untuk Meningkatkan Teamwork

Membangun teamwork yang baik ternyata bisa dimulai dari hal yang sangat kecil. Sebagai contoh aja nih, makan siang bersama, dipercaya bisa meningkatkan teamwork. Karena, disini kalian nggak cuma makan siang aja, tetapi kalian juga bisa berbincang mengenai topik-topik ringan sampai topik yang berat. Disarankan saat makan siang bersama, kalian hanya membicarakan topik ringan saja. Karena, jika membicarakan topik berat, kalian nggak bisa refreshing di jam istirahat. Nggak cuma makan siang bersama, bisa saja dalam satu bulan sekali, kalian merencanakan untuk nonton bareng atau jalan-jalan bareng. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan simple ini, dijamin teamwork kalian akan semakin bagus. Bisa juga nih, kamu dan anggota tim merencanakan liburan Tahun Baru bersama anggota tim. Membicarakan apa yang sudah kalian lakukan di tahun ini dan apa yang akan kalian lakukan di tahun depan untuk membuat tim semakin kuat.


Quote:
Membuat Sistem Penghargaan

Wah, kalau yang ini kayaknya harus diterapkan oleh setiap tim nih. Membuat sistem penghargaan. Dengan adanya penghargaan, nggak mungkin deh ada anggota tim yang kerja malas-malasan. Namun, harus diingatkan nih buat seluruh anggota tim, mereka harus berkompetisi dengan sehat. Mereka juga bisa diarahkan untuk saling memberikan dukungan satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, nggak menutup kemungkinan setiap anggota tim mendapatkan penghargaan karena kerja keras mereka. Penghargaan yang diberikan bisa berupa intensif atau mungkin plakat penghargaan.


Quote:
Memberikan Dukungan yang Tulus

Sebagai seorang leader, kamu harus bisa memberikan kebebasan kepada anggota tim untuk mengembangkan skill mereka. Namun, jika ada dari mereka yang menemukan jalan buntu, kamu, sebagai seorang leader harus dengan cekatan membantunya. Berikan masukkan-masukkan yang positif agar dia dapat “bangkit” lagi. Penting untuk diingat selalu, sebagai leader yang baik, kamu harus memahami anggota tim kamu. Baik kekuatan serta kelemahan mereka. Jangan biarkan mereka putus asa dan “jalan” di jalan yang nggak benar. Selalu berikan dukungan yang tulus kepada mereka. Dengan begitu mereka akan merasa selalu diperhatikan dengan kamu. Nggak susah kan untuk selalu memberikan dukungan serta bantuan untuk anggota tim?


Quote:
Buatlah Suasana yang Menyenangkan

Selain harus memberikan dukungan yang tulus dan menjadi pendengar yang baik, kamu juga harus bisa membuat suasana yang menyenangkan. Dengan membuat suasana kerja yang menyenangkan, kamu bisa membantu anggota tim untuk bekerja lebih maksimal lagi. Jangan sampai kamu dicap sebagai leader yang galak dan nggak bisa berbaur dengan anggota tim yang lainnya. Dengan begitu nggak menutup kemungkinan lho bisa banyak gosip yang beredar karena sikap kamu yang acuh dengan anggota tim lainnya. Nggak mau kan sampai suasana kerja nggak fun karena hal yang sangat sepele? Oleh karena itu, ada baiknya kamu bisa membuat suasana yang menyenangkan di lingkungan kerja. Kerja senang, hasil kerja memuaskan. Gimana? Perlu banget kan buat dicoba?



Yap, itu dia Gan tips yang bisa kamu terapkan dalam lingkungan kerja. Nggak susah kan? Semoga setelah membaca artikel yang satu ini, teamwork di lingkungan kerja kamu semakin bagus ya. Perlu diingat nih, jangan lupa untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman.

Boleh dong gan minta emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star dan emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) hehe ,Kalau bermanfaat yuk Bantu Share Gan! ありがとうございます

SUMBER
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 10
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 14:05
ane sukanya memang kerjain sendiri sih
kurang untuk teamwork
nice share gan
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:02
harus selalu saling support intinya emoticon-2 Jempol
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:04
wah lha ini gan, yg penting satu tujuan, kalo udah beda pasti akan susah
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:09
harus selalu dinikmati setiap prosesnya. kunci utama!
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:11
tipsnya sangat bermanfaat gan emoticon-Jempol
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:18
jadi kangen sm team work gue dah
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:19
Harus jaga komunkasi ..
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:22
Nice info gan
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:26
saling terbuka dan saling percaya. tul gak gan?
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:29
Leadernya harus bijaksana gan
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:32
Mantab gan, kerja memang butuh team work

emoticon-2 Jempol
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:33
Okey mancap gan
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:36
nanti ane coba praktekin gan emoticon-thumbsup
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:41
ane gk suka ngobrol gan gmn bs gk kerja gituan kira2 ? emoticon-Mewek
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:45
Gatsuone artinya apa sih gan
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:45
Mantaapp. emoticon-Cool
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:47
Nice inpo Gan

emoticon-2 Jempol
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:53
menambah ilmu nih gan, ditambah mulustrasi gambarnya lebih mantep gan emoticon-Jempol
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:54
langsung di praktek kan
0 0
0
[ GATSUONE INFO ] Tips Sukses Membangun Teamwork Dalam Bekerja
20-02-2016 18:56
mau share dikit emoticon-Malu (S)

waktu itu ane lg jadi ketua tim untuk penugasan audit cabang. ane punya 2 anggota, yg satu ga gitu kenal, yg satu lagi ga kenal samasekali emoticon-Hammer (S) . akhirnya besokannya pas jam istirahat, abis makan siang, ane ajak mereka jalan2 ke sekitar lokasi kantor cabang yg kebetulan ada beberapa tempat yg asik di sana. beberapa kali selama 2 minggu kita jalan2 sebentar abis makan siang. akhirnya kita bisa dekat sampe skrg, meski udah gak satu penugasan lagi. emoticon-Malu (S)
0 0
0
Halaman 2 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia