kjji3Avatar border
TS
kjji3
Ingin Tahu Bagaimana Perbatasan antara Cina dengan Korea Utara?


Cina dan Korea (baik Korea Utara ataupun Korea selatan) merupakan sama-sama negara yang berada di Asia bagian timur. Dan terlebih lagi, Cina mempunyai perbatasan darat secara langsung dengan Korea Utara. Sebagai sesama negara yang masih mengusung paham komunis, tentu saja hubungan antara Cina dan Korea utara cukup baik. Hal itu bisa dilihat dengan sangat mudah pada wilayah perbatasan kedua negara.


Prasasti batu penanda perbatasan Cina dengan Korea Utara di Provinsi Jilin (kredit: Wikipedia)

Perbatasan antara kedua negara ini membentang sejauh 1.420 kilometer. Dari barat ke timur adalah Yalu River, Paektu Mountain serta Tumen River. Dandong yang terletai di delta Yalu River merupakan kota terbesar yang ada di perbatasan Cina dan Korea Utara. Dan di sini juga bisa dijumpai landmark yang menandai perbatasan antara kedua negara, yakni Jembatan Persahabatan Cina-Korea Utara.

Jembatan Persahabatan Cina-Korea Utara

Kedua negara ini mempunyai sebuah perbatasan berupa jembatan yang disebut dengan nama Jembatan Persahabatan Cina-Korea Utara (China–North Korea Friendship Bridge). Dulunya sih, jembatan ini mempunyai nama Yalu River Bridge namun namanya diubah menjadi Jembatan Persahabatan Cina-Korea utara pada tahun 1990. Dan meski namanya sekarang adalah Jembatan Persahabatan Cina-Korea Utara, pihak yang membangun jembatan tersebut bukan Cina ataupun Korea Selatan lho!


Jembatan persahabatan Cina-Korea utara (kredit: Wikipedia)


Jalur kendaraan serta kereta di dalam Jembatan Persahabatan Cina-Korea Utara (kredit: Wikipedia)

Pembangunan jembatan ini bisa dirunut ke belakang pada rentang antara bulan April 1937 hingga Mei 1943. Pada saat itu, pembangunan jembatan ini dilakukan oleh Prajurit Militer Jepang. Pada saat itu, jembatan ini pun mempunyai peran penting bagi Jepang dalam upayanya untuk menjajah negara Korea. Dan saat ini, jembatan tersebut pun menghubungkan antara kota Dandong di Provinsi Liaoning Cina dengan kota Sinuiju (Korea Selatan).

Selain itu, jembatan ini juga menjadi salah satu sarana penting untuk transportasi antara kedua negara. Setiap harinya, terdapat kereta yang melewati jembatan tersebut, berangkat dari ibukota Beijing menuju ke ibukota Pyongyang di Korea Utara. Jadi, kalau ingin melanjutkan perjalanan dari Cina menuju ke negara tetangganya, Korea Utara, bisa menggunakan fasilitas kereta tersebut.

Jembatan ini sendiri telah berulang kali mengalami perbaikan. Dan kini, jembatan tersebut pun menjadi salah satu daya tarik wisata yang cukup populer di perbatasan CIna. Bahkan saat ini Jembatan Persahabatan Cina-Korea Utara ini dilabeli sebagai China's national tourist scale dengan rating AAAA.

Tembok Besar Hushan

Nah, kota Dandong yang terletak di perbatasan antara Cina dengan Korea Utara ini tak hanya mempunyai Jembatan Persahabatan Cina-Korea Utara. Di sini juga terdapat salah satu bagian dari Tembok Besar Cina lho! Tembok besar tersebut bernama Tembok Besar Hushan yang dikenal sebagai Tembok Besar yang terletak di kawasan paling timur. Nama Tembok Besar Hushan ini diambil dari lokasinya yang berada di Gunung Hushan (Tiger Mountain).


Pintu gerbang Tembok Besar Hushan di Dandong (kredit: Wikipedia)


Kondisi Tembok Besar Hushan di Dandong (kredit: Wikipedia)

Keberadaan Tembok Besar Hushan ini berguna sebagai tembok pertahanan pada masa Dinasti Ming (1368-1644). Penemuan Tembok Besar Hushan sebagai Tembok Besar yang terletak di kawasan paling timur Cina ini baru dilakukan pada tahun 1989. Dan Tembok Besar Hushan ini lokasinya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Dandong. Untuk menuju ke Tembok Besar Hushan ini bisa menggunakan bus yang bisa dijumpai di Dandong Railway Station. Biaya masuk dari Tembok Besar Hushan ini adalah sebesar 60 RMB dan buka dari mulai pukul 7:00 hingga 17:00.

Tumen

Perbatasan berikutnya antara Korea Utara dengan Cina adalah di kota Tumen yang terletak di Provinsi Jilin. Meskipun menjadi wilayah dari negara Cina, ternyata lebih dari setengah penduduk dari kota Tumen adalah keturunan orang Korea. Bahkan di sini terdapat dua bahasa yang digunakan, yakni bahasa Mandarin serta bahasa Korea. Selain itu, pusat pendidikan pun terbagi menjadi sekolah Korea dan sekola Cina.

Seperti halnya di Dandong, di sini juga terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan antara Cina dengan Korea Utara. Jembatan tersebut diberi nama Tumen Border Bridge. Jembatan ini lagi-lagi ternyata dibangun oleh Pemerintah Jepang pada tahun 1941 dengan panjang 515 meter setinggi 6 meter dengan lebar 6 meter.

Ji'an Yalu River Border Railway Bridge

Perbatasan berikutnya antara negara Cina dengan Korea Utara adalah Ji'an Yalu River Border Railway Bridge yang terletak di kota Ji'an di Provinsi Jilin. Jembatan ini menghubungkan antara kota Manp'o di Provinsi Chagang Korea Utara dengan Ji'an. Jembatan ini juga dibangun oleh Pemerintah Jepang pada tahun 1939 sepanjang 589 meter dengan tinggi mencapai 16 meter.

SUMBER
abdurrahman19
abdurrahman19 memberi reputasi
1
100.5K
357
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.