fleacoolAvatar border
TS
fleacool
Pesona Kearifan Lokal Kota Cirebon yang Masih Terjaga
Travel Blog Reservasi – Untuk kalian para backpacker, Cirebon adalah salah satu destinasi yang bisa kalian pilih untuk dikunjungi. Kota yang berasitektur klasik ini memang selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk kalian kunjungi. Belum lagi destinasi Sejarahnya yang dikenal sebagai salah satu pilar kerajaan di Jawa Barat.

Tak harus menginap untuk pergi ke Cirebon, jika kalian ingin menjelajah kota yang satu ini. Karena dengan kereta api, perjalanan Jakarta-Cirebon hanya membutuhkan waktu 3,5 jam. Cukup dekat dan cepat kan?
Nah, Jika kalian penasaran ingin menjelajah kota ini. Jangan sampai terlewatkan ya, tempat-tempat yang satu ini. Karena tempat-tempat ini akan memberikan kesan tersendiri bagi kalian, untuk datang kembali ke kota Cirebon.

Napak Tilas Sejarah Cirebon di Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman
Dua buah patung macan putih akan menyambut kalian, ketika sampai di Keraton Kasepuhan Ini. Dua buah patung macan putih ini tidak begitu saja di pajang di halaman Keraton. Patung ini memiliki makna, yaitu sebagai lambang keluarga besar Pajajaran keturunan Prabu Jaya Dewata.



photo credit: dhini_

Keraton Kasepuhan Cirebon adalah keraton yang paling megah dan masih terjaga hingga saat ini. Pemandangan tembok berbata merah dan pendopo, akan kalian dapati ketika memasuki wilayah Keraton Kasepuhan.


photo credit: cirebonjeh

Tak hanya itu, di dalam Keraton Kasepuhan Cirebon juga terdapat Museum yang berisi benda-benda pusaka serta lukisan peninggalan bersejarah dari keluarga kerajaan. Kalian juga bisa melihat langsung seperti apa kamar tidur kerajaan, singgasana, ruang tamu bahkan kereta kencana milik raja yang hanya dikeluarkan setahun sekali pada saat 1 Syawal. Cukup dengan Rp15.000 kalian sudah bisa menikmati suasana Keraton Kasepuhan Cirebon.

Bergeser sedikit dari Keraton Kasepuhan, Kalian bisa berkunjung ke Keraton Kanoman. dulu Keraton Kanoman ini didirikan oleh pangeran Mohamad Badridin atau yang lebih dikenal dengan nama Pangeran Kertawijaya.
Sama halnya dengan isi dari Keraton Kasepuhan Cirebon, didalam Keraton Kanoman juga masih tersimpan benda-benda peninggalan bersejarah serta dua buah kereta yang bernama Paksi Naga Liman dan Jempana.

https://igcdn-photos-e-a.akamaihd.ne...13620810_n.jpg
photo credit :dwikyfaldi
0
2.8K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.