jiu.guiAvatar border
TS
jiu.gui
Anak Muda Tionghoa Tetap Patuhi Tradisi
Generasi muda sudah sepatutnya berkontribusi melestarikan budaya para leluhur. Sayangnya, beberapa di antaranya cenderung cuek dan justru mengikuti arus gaya hidup dari luar yang masuk lewat beragam media.

Sebagai generasi muda dari etnis Tionghoa, seorang mahasiswa bernama Eric masih berpegang terhadap budaya yang diajarkan keluarganya. Mahasiswa Universitas Tarumanagara (Untar) itu mengatakan, beberapa tradisi masih rutin diikuti, meskipun keluarganya sudah menganut gaya hidup modern.

"Tradisi yang masih dijalani itu salah satunya Ceng Beng atau berziarah ke kuburan leluhur. Itu setiap tahun pasti dijalani, dan disuruh ikut," ujarnya kepada Okezone, belum lama ini.

Eric mengungkapkan, walaupun sering merasa malas dan kurang antusias, orangtuanya selalu memaksanya ikut untuk kegiatan setahun sekali tersebut. Menurut dia, hal tersebut dilakukan untuk menghormati para leluhur yang sudah tiada.

"Selain Ceng Beng, paling Imlek. Pokoknya intinya kita tidak boleh lupa sama keluarga," terangnya.

Cowok yang juga eksis menjadi MC tersebut menceritakan, orangtuanya sudah memahami bahwa seiring berkembangnya zaman, tradisi akan mulai pudar. Namun, para generasi muda wajib tahu supaya budaya tersebut tidak putus ke generasi selanjutnya.

"Minimal tetap berpegang sama tata krama. Kalau lagi ngumpul sama keluarga besar yang muda harus memberi salam dengan yang lebih tua. Jadi, anak muda minimal harus tahu supaya generasi di bawah saya juga tahu," imbuhnya.

Hal serupa juga diungkapkan mahaiswa Untar lainnya, Teddy. Meski hidup di zaman modern dan terpengaruh oleh berbagai budaya yang masuk, terdapat beberapa tradisi Tionghoa yang masih dia ikuti bersama orangtuanya.

"Budaya Tionghoa yang masih dilakukan itu kalau ada orang meninggal pasti ikut ke rumah altar. Biasanya yang meninggal itu jenazahnya dibakar, terus dupanya untuk sembahyang. Di situ aku ikut, ya setahun satu atau dua kali," tukasny

http://news.okezone.com/read/2016/02...patuhi-tradisi

dimanapun kita berada , kita tetap harus ingat selalu Tradisi Budaya Kepercayan Leluhur
Tionghoa itu ada dimana2 di dunia ini
Diubah oleh jiu.gui 10-02-2016 02:59
0
17.5K
230
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.