Terimakasih semuanya buat cendolnya, sorry ane belum bisa bales karena belum ISO. Ane masih berusaha ngejar ampe 2000 post buat bales cendol kalian. Yang ngasih bata semoga bisa menjaga kepercayaan karena ente udah ISO.
oke bray, ane mau bahas soal jalanan gunung (touge pass) tapi di Indonesia, bukan Jepang. Ternyata negara kita ini juga punya jalanan gunung yang menantang walaupun tikungannya tak se ekstrim touge pass di Jepang. Ane buat thread ini ampe pala botak, ane berusaha mengingat kembali kenangan masa lalu ane, saat mencari spot gunung karena terobsesi kembali sama Initial D. Tertarik buat ngepot disini pas malem? Atau cuma sekedar lewat sambil menikmati pemandangan alamnya yang memukau? Suka suka ente aja bray, langsung aja cekibrot!
Quote:
1. Irung Petruk (Ambarawa)
Spoiler for "irung petruk":
Irung Petruk (hidung petruk) adalah tikungan yang menjadi ikon jalur Semarang-Jogja, tikungan ini terkenal angker dan kejam. Setiap tahun pasti aja ada yang masuk jurang, entah itu truk, motor maupun mobil pribadi. Bahkan bus!
Dari pengalaman ane dulu nyupir bus bumel Semarang-Jogja sebagai pekerjaan sambilan, trek ini sangat cocok untuk ajang semacam Hill Climb Masters, cuma perlu ada perbaikan di penerangan dan pembatas jalan yang ane rasa kurang.
Pengalaman ngepot? Ada, tapi sekali. Lawan S2000 dari Surabaya, itu adalah pertandingan paling menegangkan buat ane. Waktu itu power mobil kalah, ane lebih muda, dan settingan kurang pas. Tapi bisa menang juga bray.
Quote:
Keknya ane punya rekaman onboardnya bray, tapi kemana ya?
Quote:
2. Alas Roban (Batang)
Spoiler for "alas roban":
Ente yang suka sliweran Surabaya-Jakarta pasti tahu jalur ini. Jalur yang terkenal akan aura mistisnya ini ternyata menyimpan potensi lain. Tikungan gandanya siap membunuh drifter yang lalai. Sebenarnya jalan ini cocok buat stage ajang drifting, tapi menurut ane jangan, pasti jatuh korban banyak.
Pengalaman ngepot? Gimana ya, dibilang balapan cuma touring, dibilang touring kok malem-malem kek balapan. Dibalik itu ane punya pengalaman mistis 2 kali saat melewati jalur ini.
Quote:
1. Pas ane nyetir parwis karyawisata anak SMP, bemper depan bus yang ane kendarai menabrak sesuatu, ane keluar dan bemper depan penyok, tapi nggak ada apapun yang ane tabrak, ane dan supir 2 menengok ke kolong bus, dan supir 2 itu teriak nggak jelas. Katanya ada sosok hitam gede. Beruntung supir 2 itu masih sehat ampe sekarang.
2. Pas ane touring ke Jakarta buat nonton event drift ama mekanik & temen-temen ane, waktu itu ada 10 mobil yang konvoi. (1 EVO 6 TME (ane), 2 S2000, 1 AE92, 3 EVO 4, 2 S13, 3 EVO III)
Kami bersepuluh mencoba memangkas waktu dengan ngepot disana, awalnya sih gapapa, tapi pas ampe sebuah warung yang janggal, kami berhenti. Kami bersepuluh pesen minuman anget waktu itu. Dan pas kami meninggalkan warung tsb, ane tengok kebelakang nggak ada apa-apa, malahan kami hampir aja masuk ke jurang. Alhasil kami kembali dan nggak jadi nonton. Sampe sekarang ane bolak-balik di Alas Roban, nggak ada pasak warung tsb
Quote:
3. Cadas Pangeran (Bandung-Sumedang)
Spoiler for "cadas pangeran":
Jalur ini sangat greget bray, apalagi malem. Ane pernah touring lagi ampe sini. Biasa waktu itu masih bujangan. Sebenarnya ane sering lewat sini pas nyupir bus parwis, tapi belum tahu namanya, ane tanya kernet jawabnya jalur cacing . Yaudah karena nggak tahu apa-apa ane nurut aja.
Well, jalur ini cukup cadas, kalau di Initial D ini mirip trek gunung Akina. Tapi jangan sekali-kali ngepot disini kalau belum mahir, trek ini bener-bener techical, salah dikit jurang menanti.
Quote:
4. Kelok 44 (Sumbar)
Spoiler for "kelok 44":
Kita bergeser di Pulau Sumatra bray, disana ada jalur dengan tikungan terkenalnya, kelok 44. Jalurnya sempit, kira-kira 2 minibus mepet banget. Keknya sih 1 jalur lebarnya 2m jadi 2 lajur lebarnya cuma 4m.
Kanan kiri jurang, pembatas minim, dan ekstremnya lagi jalannya menurun, pas bener kek di Anime Initial D.
Pengalaman ngepot sih cuma buat seneng-seneng aja, soalnya nggak ada satupun mekanik ane yang berani ngepot ampe ngebul disini. Ane kesini bukan tanpa tujuan, padahal mampir dikit tapi bagian dari perjalanan ke Medan. Karena waktu itu temen ane ada yang
Quote:
5. Tikungan Amoy (Sumut)
Spoiler for "tikungan amoy":
Kita beralih ke Sumatra Utara, ada sebuah tikungan yang terkenal banget, namanya tikungan Amoy. Ane kesini karena kesasar pas pulang dari Medan. Jangan sekali-kali bawa mobil ceper kesini bray kalau nggak mau bodykit ente rusak, kayak bempernya temen ane, alhasil dia pulang dengan bemper depan yang di plester.
Bisa kita lihat di pic, tikungan kekanan sambil turun, itu butuh teknik, apalagi buat motor. Kalau pake mobil, tekanan suspensi kanan depan sangat besar sehingga sering mentok dan mengeluarkan bunyi gemuruh, ane saranin saat lewat tikungan ini, mendingan pake suspensi yang agak keras.
Quote:
6. Alas Bonggan (Blora)
Spoiler for "alas bonggan":
Ini udah cadas, serem lagi . Mungkin keangkerannya sama kayak Alas Roban, ane sendiri belum pernah kesana, tapi kata temen-temen ane yang coba-coba disana malah digangguin sama makhluk halus.
Setiap bulan pasti ada aja kejadian mistis disini, yang paling terkenal bus yang terjebak di hutan jati. Kata warga sekitar jalur ini kerap digunakan orang untuk ritual pesugihan dan konon ada kota ghaib yang megah disini, tentu aja hanya orang tertentu yang bisa melihatnya.
Itulah 6 jalur ter ekstrem di Indonesia, sebenarnya ada juga yang di NTT dan Sulawesi, tapi ane dan temen-temen nggak pernah sampai sana.
Oke, semoga thread ini bisa menambah wawasan ente dan selalu berhati-hati saat mengemudi. Ingat bray, saat mengemudi mata harus fokus ke jalan. Apalagi pas lewat depan SK atau Taman Lawang, jangan sekali-kali nengok kanan kiri.
Juga selalu pasang sabuk pengaman bray biar tamvan varokah. (tamvan varokah)
Ingat keluarga selalu menanti di rumah. Ane cabut dulu, selamat merayakan Imlek bagi yang merayakan
0
116.1K
Kutip
896
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!