Mungkin saya menulis kasus yang sudah amat sangat sering terjadi. Dan mungkin pembaca disini sudah bosan melihat kasus serupa dari customer Sony yang lain. Kasus dimana customer Sony diterlantarkan oleh pihak Service Center Sony. Kali ini korbannya adalah saya.
Untuk kronologi dan updatenya, silakan simak dibawah. Terima kasih sebelumnya sudah mau membaca dan menanggapi kasus saya.
Spoiler for Kronologi:
Akhir Mei 2015 saya membeli satu unit ponsel Sony Xperia Z3. Ketika pemakaian memasuki bulan kedua, ponsel saya mengalami beberapa masalah, yaitu layar sentuh tidak berfungsi di beberapa bagian, kamera tidak buka fokus sama sekali, dan bagian layar bawah menguning. Karena tidak ada ponsel pengganti, maka saya terpaksa menggunakan ponsel tersebut dalam keadaan rusak, dan barulah pada 31 Oktober 2015 saya memutuskan untuk menggunakan garansi ponsel tersebut dan mengirim ponsel saya ke Service Center Sony Bandung. Dan saya mendapatkan surat dengan Repair Order: GE00130855.
Sesampainya di sana, ponsel saya dilakukan pengecekan, dan benar, mereka menyatakan ponsel saya ada kerusakan sesuai dengan apa yang saya laporkan. Lalu saya tanya, kira2 kapan selesai, mereka menjawab "30 hari kerja". Oke, gak masalah saya pikir, yang penting ponsel saya bisa berfungsi dengan baik kembali.
Setelah lewat 30 hari, belum ada kabar dari pihak Sony, saya pun memutuskan untuk menunggu beberapa hari. Di hari ke 44 (14 Desember 2015), saya mulai kesal dan berinisiatif untuk menanyakan status ponsel saya via fan page Sony Mobile ID di Facebook. Beruntung, adminnya menanggapi, dan katanya keluhan saya akan disampaikan ke pusat. Benar saja, selang 1 hari (15 Desember 2015) saya mendapat SMS dari pihak Sony yang mengabarkan bahwa ponsel saya sudah selesai.
Hari itu juga saya pergi ke Sony Bandung. Menunggu antrian kira-kira 30 menit, akhirnya giliran saya tiba. Ponsel saya katanya sudah selesai, dan saya minta untuk melakukan cek di tempat, karena malas bolak balik kalau ternyata ada yang salah. Saya memutuskan melakukan pengecekan di ruang tunggu karena takut menghambat antrian lain.
Di situ saya melakukan pengecekan layar sentuh, dan ternyata sudah kembali normal. Lalu saya melakukan pengecekan pada warna layar, dan sudah normal juga. Tetapi saya kaget dan kecewa ketika melakukan pengecekan pada kamera, ternyata kamera ponsel saya MASIH RUSAK. Lalu saya kembali mengambil nomor antrian untuk melakukan komplain ulang. Saya jelaskan di situ bahwa ponsel saya masih rusak, dan mereka melakukan lagi pengecekan, dan setuju bahwa kamera ponsel saya masih rusak.
Kali ini saya agak tegas kepada CS yang melayani saya,
- Saya tanya: "Kalo masuk service lagi, kapan selesainya? Harus nunggu 45 hari lagi?"
- CS: "Tidak pak, bisa lebih cepat karena surat Repair Order bapak masih menggunakan surat yang sama, jadi di Jakarta tidak akan masuk antrian".
- Saya: "Oke, tapi kalau sampai lebih lama, saya minta diganti dengan ponsel baru dengan tipe yang sama".
- CS: "Baik pak, kami usahakan".(Sambil menulis catatan kecil di surat Repair Order saya: Minta penggantian unit baru).
Akhirnya saya harus menunggu lagi. Sudah kesal, tapi saya agak bisa bersabar karena CS-nya bilang kalau kali ini waktu perbaikan tidak akan selama waktu perbaikan yang awal. Saya pikir omongan mereka dapat saya pegang, tapi ternyata hari ini (29 Januari 2016), ADALAH HARI KE-90 PONSEL SAYA BELUM KEMBALI DARI SERVICE CENTER. Dan kali ini pengaduan saya tidak ditanggapi.
Entah apa yang mereka lakukan selama 90 hari ini. Dimana tukang service abal-abal dapat menyelesaikan pekerjaannya hanya dalam beberapa hari, sedangkan mereka yang katanya teknisi professional dengan menyandang nama besar Sony, tetapi kerjanya payah. Sangat payah!
Mungkin lain kali jika saya datang ke Service Center Sony, lebih baik saya tidak memilih untuk bicara baik-baik, sepertinya datang dengan wajah marah dan langsung gebrak meja itulah cara yang benar. Haha
Semoga tulisan saya menjadi informasi yang berguna, dan bisa menjadi pertimbangan bagi anda para calon pengguna produk Sony. Sekian, semoga pihak Sony membaca tulisan saya, meskipun saya ragu dengan respon mereka.
Salam.
Update 1: Senin, 1 Februari 2016 (Hari ke-93)
Spoiler for Update 1:
Tadi sore saya berkunjung ke SSC Sony Bandung untuk menanyakan gimana nasibnya HP saya ini. Sudah saya duga, ternyata memang belum beres dan mereka menolak untuk mengganti HP saya dengan unit full baru (Dus segel). Katanya mereka akan mengganti mesin dari HP saya. Pas saya tanya kapan selesainya, mereka bilang HP saya sudah dikirim dari Jakarta tanggal 26 Januari kemarin, dan tinggal menunggu tiba di Bandung. Kali ini saya tekankan kepada CSnya bahwa kalo sampe ngaret lagi, saya akan paksa gimana pun caranya agar saya dapat unit baru tanpa harus menunggu lagi. Mudah2an omongan mereka kali ini bisa dipegang. Doakan semoga lancar ya agan2..
Update 2: Jumat, 5 Februari 2016 (Hari ke-97)
Spoiler for Update 2:
Tadi sore saya berinisiatif untuk langsung datang ke SC karena kayaknya saya gak akan dihubungi duluan. Setiba disana saya kebetulan dapat CS yg Senin lalu melayani saya, yg menjanjikan HP selesai minggu ini, yg menjanjikan HP diganti baru jika terjadi ketidaktepatan waktu. Langsung saya kasih kertas RO tanpa berbicara sedikitpun, saya ditinggal sekitar 10 menit, lalu si CS datang lagi dan bilang "Mas, HPnya masih error. Langsung ketemu sama atasan saya saja ya mas".
Gila, pas saya cek keadaan HP saya, ternyata sama persis dengan ketika saya datang 15 Desember 2015, SAMA PERSIS! GAK ADA YANG BERUBAH! Saya menunggu 52 hari sejak Desember dan HP saya gak ada yg berubah sedikitpun, masih rusak! Saya jadi curiga, jangan2 HP saya gak kemana2 dan hanya disimpan di SC Naripan Bandung.
Kemudian saya diundang masuk ke ruang meeting untuk ketemu atasan disana yang bernama Pak Burhan. Saya ceritakan semua kronologi dari awal, dan dia cuma bilang "Maaf, kami tidak berwenang untuk melakukan penggantian unit, dan HP mas harus kami kirim lagi ke Jakarta, dan kami tidak bisa menjanjikan lamanya waktu pengerjaan". WTF..!! 97 hari mereka gak ngerjain apa2 berarti?? Sialan, garansi HP saya bakal habis di service center. Dan barang yang saya beli seharga Rp. 6.850.000, belum sempat saya nikmati betul2.
Akhirnya saya terpaksa menyerahkan HP saya untuk dikirim ke Jakarta lagi. Dan atasan SC itu menjanjikan bahwa HP saya akan dikirim Sabtu, 6 Februari 2016, dan akan memberi kabar pada hari Kamis, 11 Februari 2016.
Saya sebenernya sudah gak percaya dengan semua yang dikatakan pihak Sony, semua omong kosong. Tapi saya merasa berhak memperjuangkan properti saya, dan mereka berkewajiban untuk mengurus properti saya.
Mohon kepada agan2 untuk tetap bersedia memantau thread ini. Terima kasih.
Update 3: Kamis, 11 Februari 2016 (Hari ke-106)
Spoiler for Update 3:
Jumat lalu dijanjikan bahwa HP saya akan selesai ditangani di Jakarta (lagi), kenyataanya hp saya belum sampai Jakarta dan masih dalam perjalanan ke Jakarta. Gila ya, mereka gak ada peduli2nya sama desakan customer. Enteng banget ngasih janji. Padahal kalo niat ngirim cepet mah banyak caranya. Pengiriman macam apa yang makan waktu sampe 6 hari perjalanan Bandung - Jakarta. Berengsek bukan main Sony, omongannya gak ada yg bisa dipegang. Ini percakapan saya dengan org yang katanya petinggi Sony Naripan:
Siapa tau ada yg mau marah2 sama beliau, dengan senang hati saya share nomornya via PM.
Update 4: 17 Februari 2016 (Hari ke-112)
Spoiler for Update 4:
Rabu pagi saya dapet sms, HP saya sudah selesai. Siangnya langsung saya ambil. Saya cek setiap fungsinya dengan teliti dan ternyata mrmang sudah berfungsi dengan baik, tapi sayang ada baret kecil di back door. Waktu masuk hp saya mulus banget. Pas nanya kalo mau ganti back door harus disini atau ke Jakarta lagi? Mereka jawab harus ke Jakarta, saya males, ya udah langsung dibawa pulang. Penantian panjang dan merasakan pelayanan yg busuk akhirnya berakhir di hari ke 112.
Sekian rangkaian kisah pengalaman buruk saya dengan Sony Mobile Indonesia, semoga saya gak akan pernah berurusan lagi dengan mereka, semoga anda semua juga. Cari referensi sebelum memutuskan membeli sebuah produk itu penting.
Terima kasih kepada agan2 yang sudah berpartisipasi di thread ini, saya jadi banyak banget dapet ilmu dan informasi. Terima kasih sekali lagi.
NB: Thread ini tidak akan saya hapus meskipun nanti kasusnya sudah selesai. Biar menjadi bukti dan track record atas kinerja Service Center Sony Mobile Indonesia selama ini.
Diubah oleh chandrarock 18-02-2016 06:47
0
20.8K
Kutip
150
Balasan
Thread Digembok
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Surat Pembaca