SENSORpan
TS
SENSORpan
Ahok atau Ridwan Kamil, Apa Kata Warga Jakarta?
Ahok atau Ridwan Kamil, Apa Kata Warga Jakarta?

JAKARTA, KOMPAS.com — Ridwan Kamil dianggap sebagai calon lawan tangguh untuk Basuki Tjahaja Purnama pada Pilkada DKI Jakarta. Berbagai survei pun menyebutkan demikian. Lalu, bagaimana tanggapan warga Jakarta?

Nurul, warga Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, mengatakan, Basuki pantas untuk kembali menjadi gubernur DKI Jakarta untuk periode selanjutnya. Ia beranggapan, kinerja pria yang akrab disapa Ahok itu sukses selama menjabat DKI 1.

Salah satu kinerja Ahok yang dianggap berhasil adalah mengurangi banjir, menertibkan bangunan liar, dan mengatasi permasalahan birokrasi Ibu Kota yang dahulu dinilai lamban.

"Pak Ahok saja deh. Semenjak dia jadi gubernur, ngurus apa saja jadi gampang, cepat, sudah gitu gratis lagi," kata Nurul, Kamis (28/1/2016).

Menanggapi Ridwan Kamil, Nurul beranggapan, Ridwan belum pantas memimpin Jakarta. Sebab, permasalahan di Jakarta lebih kompleks dari Bandung.

Masyarakat di Jakarta, menurut dia, lebih majemuk ketimbang Bandung. Selain itu, kemampuan Ridwan belum teruji di Jakarta.

"Mungkin di Bandung dia (Ridwan Kamil) cocok kan, belum tentu kalau di Jakarta. Ahok kan sudah terbukti," ujarnya.

Senada dengan Nurul, salah satu warga Jembatan Besi, Jakarta Barat, Akbar, juga masih berharap Ahok melanjutkan kepemimpinannya di Jakarta.

Selain karena kinerja Ahok yang terlihat signifikan di Jakarta, Akbar belum pernah melihat hasil kerja Ridwan Kamil. Dia hanya tahu sosok pria yang akrab disapa Emil itu dari pemberitaan di media massa.

"Masih ragu kalau Ridwan Kamil jadi gubernur, belum banyak tahu dia orangnya gimana. Kalau Ahok kan kita sudah tahu sendiri, dia sudah pecat-pecatin pejabat yang nakal," ujarnya.

Yadi, salah satu pedagang yang berjualan di depan Rusunawa Tambora, Jakarta Barat, mendukung Ridwan Kamil tetap di Bandung. Sebab, Ridwan masih dibutuhkan di "Kota Kembang".

"Jangan dulu deh, nanti kalau dia ke sini (Jakarta), Bandung siapa yang ngurusin. Lagian dia juga belum tentu sukses seperti di sana kalau di Jakarta," ucapnya.

Berbeda dengan tiga pendapat di atas, Dwi (31), warga Lenteng Agung, Jakarta Selatan, menilai, Ridwan Kamil layak diberi kesempatan memimpin Jakarta. Sebab, dia sosok yang santun dan kinerjanya terlihat memajukan Bandung.

"Setuju kalau Pak Ridwan gantiin Pak Ahok. Gaya bicara dia santun, enggak seperti Pak Ahok yang bicaranya terlalu blakblakkan. Selain itu, dia kan ahli tata kota, semoga dipimpin dia Jakarta lebih baik lagi," ujar Dwi saat diwawancara Kompas.com di Halte Lenteng Agung.

Dwi menambahkan, walaupun gaya bicara Ahok blakblakkan, kinerjanya selama memimpin Ibu Kota dinilai cukup berhasil.

"Pak Ahok sebenarnya kinerjanya bagus. Urusan birokrasi di Jakarta sekarang lebih mudah dan cepat. Hanya gaya bicaranya saja yang saya kurang suka," ujarnya.

Sementara itu, Jamaludin, warga Tanjung Barat, Jakarta Selatan, menginginkan keduanya memimpin Jakarta, Basuki menjadi gubernur DKI dan Ridwan Kamil menjadi wakilnya.

"Keduanya bagus, akan lebih bagus lagi jika mereka dipasangin. Ahok ngurusin pejabat-pejabat yang bandel, nah Ridwan yang turun blusukan ke warga. Kan cakep tuh, satunya galak, yang satu lagi ramah," ujarnya.

Meski pendapat mereka beragam, siapa pun pemimpin Jakarta kelak harus bisa membawa Jakarta menjadi lebih baik.


http://megapolitan.kompas.com/read/2...arta.?page=all

0
24K
319
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.