News
Batal
KATEGORI
link has been copied
966
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a88793947868cd178b4569/presiden-jokowi-tolak-sentul-gelar-motogp-indonesia
Quote: Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia Liputan6.com, Jakarta - Sirkuit Internasional Sentul yang terdapat di Bogor, Jawa Barat dipastikan batal menggelar balapan MotoGP tahun 2017 hingga 2019. Mahalnya renovasi menjadi masalah utamanya. Juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto mengatakan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah memerin
Lapor Hansip
27-01-2016 16:02

Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia

Past Hot Thread
Quote:

Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia


Liputan6.com, Jakarta - Sirkuit Internasional Sentul yang terdapat di Bogor, Jawa Barat dipastikan batal menggelar balapan MotoGP tahun 2017 hingga 2019. Mahalnya renovasi menjadi masalah utamanya.

Juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto mengatakan, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah memerintahkan untuk mengkaji ulang gelaran MotoGP di Sentul.

"Kata Presiden, gelaran MotoGP harus ditinjau ulang, bukan berarti dibatalkan. MotoGP tetap jalan, tapi tidak di Sentul," ucap Gatot di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Batalnya Sentul menjadi sirkuit gelaran MotoGP Indonesia karena biaya renovasi yang mahal. Dana renovasi Sirkuit Sentul hampir Rp 200 miliar, itu sudah termasuk biaya penyelenggaraan musim 2017-2019. Selain itu, Sentul juga milik swasta, bukan milik negara.

“Soal renovasi itu sulit mencari model bisnis yang diupayakan. Simulasi dari beberapa sudut sulit dilakukan karena berpotensi melanggar peraturan. Terkait infrastruktur misalnya, Pak Tinton Soeprapto (Direktur Umum Sentul) ingin adanya perluasan akses tol. Hal itu sulit dilakukan karena secara tidak langsung terkait dengan APBN juga,” katanya.

Setelah Sentul dipastikan batal, Kemenpora menyiapkan dua sirkuit sebagai opsi, yakni di Palembang dan Jawa Barat.

"Yang di Jawa Barat, tempatnya belum boleh kami publish. Yang di Jawa Barat ini bikin sirkuit baru, kata yang paham buat sirkuit waktu satu tahun cukup. Sedangkan yang di Palembang bisa saja karena memenuhi syarat, yakni BMN (Badan Milik Negara). Sirkuit di Palembang itu milik Pemerintah Daerah," jelas Gatot.

http://bola.liputan6.com/read/242215...togp-indonesia




Quote:


Jokowi Tegaskan MotoGP 2017 Tidak di Sentul


VIVA.co.id - Sirkuit Internasional Sentul yang berada di wilayah Bogor, Jawa Barat, dipastikan batal menggelar MotoGP Indonesia yang rencananya digelar pada 2017 mendatang. Ini menyusul perintah dari Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Seperti yang dilansir situs resmi Kementrian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Presiden meminta untuk dikalkulasi beberapa alternatif sirkuit dan segera diputuskan. Persiapan perlu secepatnya dilakukan mengingat kepercayaan yang diberikan untuk jadi tuan rumah MotoGP.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan Presiden. "Selain memacu prestasi olahraga, tapi juga harus jadi magnet baru pariwisata nasional," tutur Presiden.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto. Namun, yang pasti Indonesia tetap akan menggelar balapan motor kasta pertama ini.

"Presiden ingn MotoGP harus ditinjau ulang, bukan berarti batal. (Persiapan) MotoGP akan tetap jalan tapi tidak di Sentul,” ujar Gatot di kantor Kemenpora, Rabu 27 Januari 2016.

Pembatalan Sirkut Sentul tak lepas dari mahalnya biaya renovasi, yang mencapai hingga Rp200 miliar. Belum lagi sirkuit yang dibuka pada 1993 itu membutuhkan renovasi hingga 60 persen, selain itu Sentul merupakan milik swasta.

“Soal renovasi itu sulit mencari model bisnis yang diupayakan. Simulasi dari beberapa sudut sulit dilakukan karena berpotensi melanggar peraturan,” kata kerap memakai kacamata ini.

“Soal infrastruktur, Pak Tinton (Soeprapto) ingin perluasan akses tol. Hal itu sulit, karena secara tidak langsung akan terkait juga dengan APBN,” sambung Gatot.


http://sport.viva.co.id/news/read/72...idak-di-sentul



Quote:


Dengan demikian, Sirkuit Internasional Sentul sudah bukan lagi tempat gelaran MotoGP Indonesia. Pengambilalihan ini juga sudah diketahui oleh promotor MotoGP, Dorna Sport SL.

"Deadline yang sudah ditetapkan pada 30 Januari tidak perlu dikhawatirkan lagi, karena Dorna memperpanjang. Kami sudah komunikasi dengan mereka."

"Ini adalah mandat Presiden yang mengatakan gelaran MotoGP harus ditinjau ulang, bukan berarti dibatalkan. MotoGP tetap jalan, tapi tidak di Sentul. Dorna sudah tahu tidak di Sentul," Gatot menambahkan.


"Sentul tidak pakai dana APBN. Sifatnya sewa. Kita tahu APBN masuk swasta itu tidak mungkin," kata Tinton saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (27/1/2016).

Mengenai hal tersebut, Tinton menambahkan, usulan dana itu muncul dalam rapat-rapat yang dilakukan bersama Kemenpora. Menurut Tinton, kalaupun pemerintah bersedia mengucurkan dana, sistem kerjasama yang akan diberlakukan adalah sistem sewa.

"Saya hanya menawarkan saya punya sirkuit. Mau dipakai ya terserah. Tapi tolong diperbaiki. Kalau ada yang perbaiki sifatnya sewa. Kalau gak bisa, ya kita perbaiki sendiri. Murni swasta," ujar Tinton.

"Bukan saya yang kasih ide. Kalau gak bisa ya sudah. Kita swasta murni," Tinton melanjutkan.

Sebagai pengganti Sentul, Pemerintah berencana membangun sirkuit baru. Rencananya, sirkuit itu akan dibangun di Jawa Barat atau Palembang, Sumatera Selatan.

Menurut Tinton, hal itu terlalu berisiko. "Janganlah coba-coba. Karena ini panggung seksi," kata Tinton.

Terkait kemungkinan bertemu Presiden Jokowi, Tinton mengatakan pihaknya akan mencoba langkah tersebut. "Ya saya mau coba. Biar clear semuanya," ujar ayah dari pembalap Ananda Mikola ini.


http://bola.liputan6.com/read/242221...elar-di-sentul

http://bola.liputan6.com/read/242224...omentar-tinton




Apakah dari awal belum dikalkulasi dulu nich budget yg diperlukan, sebelum menawarkan diri dan megirimkan LOI kepada Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP ??
Nah agan2 ada yg punya ide/saran kah dimana bagusnya sirkuit untuk event kebanggaan Indonesia ini sebaiknya dibuat ??


==========
Dari Kaskusers

Quote:Original Posted By qbadoq
gan inpo keren nih.

Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia


"Palembang bisa mempersiapkan sirkuit baru, jika Sirkuit Skyland di Musi Banyuasin, tak memenuhi standar kelayakan untuk balapan MotoGP. Kemenpora akan segera membahas Instruksi Presiden (Inpres) untuk alokasi anggaran yang berkaitan dengan infrastruktur seperti sirkuit serta Keputusan Presiden (Keppres) yang ditunggu-tunggu."




Quote:Original Posted By Gangeaster
ane share aja nih gan..
pemerintah ga bisa nyuntik APBN ke swasta..
kecuali k BUMN.
klo ngerenov sentul pake APBN, bisa pada sekolah semua tuh yg ngasih kebijakan.
mending bikin sirkuit baru di asetnya pemerintah (BMN) bnyak kok tanah pemerintah. dicari daerah yg bener2 mendukung untuk pariwisatanya.
untuk biaya pembangunan sirkuit bisa dikerjasamakan dengan swasta, menggunakan skema KSP (kerja sama pemanfaatan) dengan swasta selama 30thn ada sharing ke pemerintah tiap tahun (kontribusi tetap namanya) setelah 30thn itu sirkuit bisa jadi milik pemerintah. yg penting lahan milik pemerintah.
klo untuk RIO itu pertamina BUMN nyeponsorin karena business to Business.
Kemenpora mungkin pake dana sejenis Bansos or apalah. itu ada kok mata anggarannya. untuk atlet2.
mohon di koreksi kalo ada salah..


Quote:Original Posted By ghifarnm


Mari bersama-sama kita gunakan kacamata optimisme

Bagi yang baru mengenal F1, silahkan berkunjung ke tiny.cc/IndonesiaF1 dan mohon dibaca sampai tuntas jika belum

Jika tiny.cc/IndonesiaF1 terlalu panjang bagi Anda, berikut kutipan yang paling penting:

Jangan salahkan pemerintah atau siapapun yang telah mengapresiasi putra bangsa yang mengabdi kepada tanah air dengan mencetak prestasi di kompetisi internasional. Justru Anda harusnya senang jika ada seseorang mendapat apresiasi yang baik dan dananya tidak dipakai korupsi. Jika Anda sendiri atau Anda mengenal seseorang yang memang pantas diapresiasi oleh pemerintah atau siapapun, silahkan sampaikan langsung ke bagian terkait. Jika Anda mengetahui seseorang yang memerlukan santunan atau menemukan jalan raya yang perlu diperbaiki, silahkan hubungi instansi terkait. Jangan salah sambung.

Berhentilah menghabiskan energi Anda dengan hanya mengirimkan komentar-komentar tanpa melakukan aksi nyata bagi kemajuan bangsa.

Adapun beberapa cara untuk melakukan aksi nyata adalah:

1. Hubungi langsung pihak yang terkait, misalnya mulai dari Ketua RT/RW hingga gubernur setempat.
2. Jika tidak sempat, gunakan fasilitas lapor.go.id
3. Ikut berkontribusi langsung kepada mereka yang membutuhkan melalui kitabisa.com
4. Tidak membuang sampah sembarangan walau "hanya" sebatang puntung rokok atau sebungkus permen.
5. Tidak menerobos lampu merah di jalanan walau hanya satu detik.
6. Dan lain-lain...

Kejuaraan Dunia Formula 1 adalah ibarat Piala Dunia FIFA yang digelar setiap tahun. Ia merupakan kompetisi balap mobil paling bergengsi di dunia. Hanya sekitar 20 orang terpilih dari 7 miliar warga dunia yang dapat bertanding mewakili negaranya di F1. Di ajang internasional, pembalap bukan hanya kompetitor, tapi juga duta bangsa.

Coba bayangkan, kapan lagi kita dapat berpartisipasi di kejuaraan sekelas Kejuaraan Dunia Formula 1 ataupun Piala Dunia FIFA?

Kita harus memberikan pesan kepada masyarakat Indonesia supaya tidak pernah sekalipun mengabaikan bakat putra bangsa yang luar biasa di bidangnya. Kita harus memberi contoh kepada generasi berikutnya bahwa jika mereka memang benar-benar berbakat dan terus berusaha, maka tidak perlu khawatir akan kurangnya dukungan. Jangan sampai anak cucu kita jadi malas berjuang untuk negaranya karena merasa tidak akan diapresiasi oleh siapapun di tanah kelahirannya sendiri.

Sepanjang sejarah Indonesia, tidak ada pembalap nasional yang memiliki catatan gemilang seperti Rio. Dan sampai saat ini baru rio yang bisa mencapainya


Quote:Original Posted By FajarNugraha86
VOTE for bali dimana culture udah solid, infrastruktur solid, hospitality solid, pariwisata banyak. Untuk pilot project event dunia sih. Dan yang kadung terkenal di mata dunia adalah Bali yang jadi primadonanya, walaupun kota lain juga banyak. Cuma pride Bali diatas semua, cukup untuk mewakili Indonesia. Baru pada saat event tersebut digelar, disitulah jor-joran kita perkenalkan kekuatan pariwisata kita. Untuk memperkenalkan sesuatu yang baru buat dunia luar perlu sesuatu daya tariknya, nah Bali itu sebagai anchornya.

Buat yang mikir masih banyak kebutuhan lain yang lebih penting, berarti agan bukan orang yang memiliki pemikiran revolusioner jauh kedepan. Coba agan pikirkan multiple effectnya gan. Ekspos dunia terhadap Indonesia dan potensi bisnis di sini, effectnya lapangan kerja akan bertambah, investor masuk. Namun perlu dipersiapkan segala sesuatunya dengan baik regulasi investor, dan sikap kita yang harus diubah jangan kita butuh dunia luar namun kita buat agar mereka yang tertarik terhadap kita. Jangan mure lah. pasang pride dikit lah. Saat itulah kita cekokin kelebihan Indonesia.


Quote:Original Posted By creztian

pertama: MotoGP nggak boleh balapan di jalanan umum macam F1 (CMIIW)
kedua: DI JAKARTA GAN? emoticon-Ngakak (S)


sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk membangun sirkuit taraf internasional layak F1/MotoGP dalam waktu setahun, beberapa sirkuit di kalender F1/MotoGP saat ini pun ada yang dibangun dalam jangka waktu segitu
tapi pertanyaannya memang, apa Indonesia mampu? emoticon-Big Grin

Ini yang ane benar2 sayangkan, bangsa ini selalu terkesan tergesa2 dan tidak berpikir panjang dalam membuat perjanjian. Nggak ada sirkuit yang layak tapi berani memberikan deal untuk 2017 yang sudah mepet
pihak Dorna juga agak aneh sih kok bisa2nya setuju


Quote:Original Posted By Balziev
menurut info nya

1. Presiden blm mau tandatangan keppres krn surat pernyataan dr pemilik sentul, tinton sbg direktur dan tommy suharto sbg komisaris blm ada. surat pernyataan adalah surat utk bertanggungjawab apabila adanya masalah hukum mengenai sirkuit sentul.

2. Sirkuit Sentul blm menyerahkan masterplan motogp nya ke pihak Dorna. sirkuit setelah diperiksa kabarnya pihak Dorna kurang sreg dgn kondisi sirkuit sentul.

3. LOI tidak menyebut sirkuit mana yg dipakai utk penyelenggaraan motogp.

Kontrak hrs ditandatangani maksimal tgl 30 Januari 2016...apabila blm dittd..maka otomatis BATAL


Quote:Original Posted By Balziev
komen tinton ttg batalnya sentul

"5-6 bulan lalu sirkuit saya diperiksa, apalagi yang diragukan. Kasihan pemerintah kalau dijeburin seperti ini‎, karena waktu juga mepet tinggal setahun," tambah Tinton.

Meski demikian Tinton mengakui bahwa di dalam Letter if Intent (LOI) antara pemerintah dengan Dorna, Sentul tidak disebutkan sebagai calon venue MotoGP tersebut. Tapi, pihak pengelola merasa selama ini ikut berkomunikasi dengan Dorna.

"Dorna tidak mau ke Sentul silakan saja, tapi harusnya komitmen ‎lebih awal," sahut Tinton.


Quote:Original Posted By lhieenzhi


ane coba jawab pertanyaan agan ya dgn ala kadarnya emoticon-Ngakak (S)

kenapa sirkuit singapura yg sirkuit jalan raya bisa buat F1??
dr awal pembuatan jalan rayanya udh di design khusus untuk F1 dan di jamin aspalnya untuk balapan oleh pemerintah singapura

kenapa singapura ada F1 tp MotoGP tidak ada?
sirkuit MotoGP bisa buat F1, tp sirkuit F1 belum tentu bisa buat MotoGP, tanya kenapa?
krn sirkuit F1 ada yg sempit seperti singapura dan monaco yg perpaduan jalan raya
sedangkan sirkuit MotoGP itu harus luas, untuk sirkuitnya aja wajib luas dan lebar tanah untuk motor jatuhnya pun harus luas dan lebar
beda dgn F1 yg sirkuit sempit nabrak tembok orangnya msh idup, klo MotoGP sirkuit sempit nabrak tembok ya mati

Kok Sepang bisa F1 bsa MotoGP??
Sirkuit Sepang udh di Design bisa keduanya, balik lg ke jawaban di atas Sirkuit MotoGP bisa untuk F1 tp sebaliknya

maka dr itu total balapan F1 dalam 1thn bsa mencapai 20 tp klo MotoGP 17 saya lupa tepatnya brp
krn gk smua sirkuit balap bisa untuk MotoGP

klo mau ngomongin sirkuti Sentul knp gk bsa?
1. Sentul itu Swasta, beda cerita klo tinton mau serahin sirkuitnya ke pemerintah dan di kelola full oleh pemerintah dan tinton tidak ikut campur tangan. apakah Tinton mau??

2. menggelar MotoGP,F1,Superbike,A1 itu smua bayar
jd kita bayar ke mereka lalu keuntungan kita dr pengunjung lokal dan turis2 yg dateng ntn
klo pemerintah mau serius punya sirkuit yg serba guna seperti Sepang, ya kenapa gk bikin baru aja?? drpd setengah2 ntr ujung2nya gk jadi??

trs knp pada pokus 2017??
buat saya mah mau 2017 2018 2020 ato berapapun gk masalah yg penting kita punya cukup 1 Sirkuit saja yg mumpuni untuk semua ajang kejuaraan internasional

ya semoga dgn ini pemerintah punya niat untuk bikinin sirkuit baru ntah dimana itu yg pariwisatanya bagus cukup 1 sirkuit saja dan layak untuk semua ajang balap internasional

klo ada salah2 dr jawaban saya mohon di koreksi ganemoticon-Shakehand2
emoticon-I Love Kaskus (S)




==============


Pemerintah ”Take Over” Penyelenggaraan MotoGP


KompasOtomotif — Penyelenggaraan MotoGP di Indonesia dipastikan bakal ditangani pemerintah, bukan swasta. Kepastian tersebut disampaikan melalui siaran yang ditayangkan di situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Senin (25/1/2016).

Sesmenpora Alfitra Salam, didampingi Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Gatot S Dewabroto serta Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Faisal Abdullah memimpin rapat lintas kementerian untuk membahas mengenai Draf Keputusan Presiden tentang Rencana Penyelenggaraan MotoGP tahun 2017-2019 Indonesia di ruang rapat lantai 3 Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Senin (25/1/2016).

Rapat itu diikuti oleh beberapa perwakilan dari Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Pariwisata, Kementerian Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan, serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dan kementerian/lembaga lainnya.

Intinya, menurut Sesmenpora, pemerintah yang akan menyelenggarakan Moto GP. Menariknya, pemerintah juga menyiapkan beberapa opsi lokasi penyelenggaraan ajang balap motor terpopuler sejagat ini, yakni di Jakarta atau di Palembang.

”Dibahas pula perlunya inpres (instruksi presiden) alokasi anggaran untuk Kemen PU, Kemenpar, dan Kemenpora berkaitan dengan infrastruktur serta perlunya keppres (keputusan presiden) untuk panitia penyelenggara 2017. Bulan ini selesai dibahas mengenai infrastruktur dan kepanitiaan,” ujar Alfitra.

Rapat mengenai hal ini dilanjutkan di kantor Menko PMK, Selasa (26/1/2016), dengan target hasil minimal finalisasi keputusan. Belum diketahui hasil dari finalisasi rapat ini. Namun, jika memang pemerintah menyetujui opsi penggunaan sirkuit lain, peluang Sirkuit Sentul untuk jadi tuan rumah terempas.

Sebelumnya, pihak Sentul sudah menyampaikan keberatannya jika dana penyelenggaraan sepenuhnya dibebankan kepadanya. Hal itu disebabkan dana APBN tidak mungkin disalurkan begitu saja ke pihak swasta.

http://m.kompas.com/otomotif/read/20...enyelenggaraan
Polling
976 Suara
Menurut Agan, Di Mana Sebaiknya Sirkuit MotoGP Di Indonesia ?? 
Diubah oleh ReiraMoreloze
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 49
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:22
smg aja diplmbng emoticon-Ngakak
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:22
Quote:Original Posted By zoelop4
ya kalo emg blm pantes dan emg pny swasta ga ada slh nya sih pak jokowi ngebatalin, cmn ane heranin msh ada aja yg bahas rio, bersyukur aja kali ada org yg bsa harumin bangsa lo sendiri juga, lo bsa berbuat apa? nyinyir di kaskus? gw ga bermaksud membela tu org, gw msh heran aja ada org bakat bsa ada kesempatan buat harumin nama bangsa, tp lo malah nyinyir apasih yg udh lo perbuat slm ini? emoticon-Hammer2


Ane setuju sama agan..
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:22
Hmm, sudah kuduga... Sebenernya duitnya ada, lahanya jg ada, tinggal kita niat ato enggak?
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:22
Yaaah.. belum jadi di Indonesia nih?
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:22
mending uangnya untuk masyarakat miskin aja dah emoticon-linux
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:22
Quote:Original Posted By lanank.jagad
Mentang2 punya kubu seberang pemerintah gak mau ngerombak sentul nih, padahal kemaren kan sempet muncul bocoran design dari arsitek ternama buat sentul...
#RIPsportifitas
emoticon-Ngakak (S)


itu masih issue gan blom resmi emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By Lord.Dexvils
bikin sirkuit di papua aja... biar keliatan hasil revolusi mentalnya

emoticon-Traveller



bukanya keliatan revolusi mental tar malah masalah sama warga sekitar
beberapa orang disana pegangan senjata api :serem
Diubah oleh robert1995
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:23
padahal udah berharap bisa nonton motogp langsung di indonesia...
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:23
Quote:Original Posted By Lord.Dexvils
bikin sirkuit di papua aja... biar keliatan hasil revolusi mentalnya

emoticon-Traveller


Wah. Saran paling cerdas. Lahan juga pasti sangat dan suangat luas ya gan. Skalian biar papua jadi rame. Tapi keamanan bisa di jamin gk ya??? Masak iya nanti pas tiba hari balapanya pasukan t*i pol*i siaga 1. Seperti mau perang antar negara. Squadron pesawat tempur. Tank. Artileri. Kapal perang semua musti merapat ke papua.
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:23
kalo bisa Di sumsel lah. sekalian promosi parawisata
kalo Di bali kan udah terkenal
Diubah oleh blitz.fire
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:23
pertimbangan yang bagus..
1. mending bangun baru drpd ngasih cuma2 duit buat swasta.
2. karena milik swasta berarti keuntungan buat swasta pdhl biaya itu uang pajak rakyat indonesia (yg belum bayar pajak jangan ngaku2)
3. untung bgt kalo pemerintah bikin sirkuit baru, jadi ada tambah sirkuit di Indonesia
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:23
SETUJUUUUUU emoticon-Big Grin

udah gak jamannya bawa2 tinton ke dunia balap Indonesia, ni orang cuma mau nyari untung sendiri. dari awal juga gua udah kesel pas dia bilang sentul masih milik swasta walau pemerintah yg renovasi, ajiigillee banget.

hayodah bikin sirkuit baru, dimana aja boleh asal jangan bawa2 tinton dan keluarga..
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:24
Daripada bikin atau renov sirkuit moto gp mending dananya buat mensejahterakan petani dan nelayan. mereka yg kasih makan kita perlu kesejahteraan.

Indonesia gagal jadi tuan rumah motogp. #KamiTidakTakut

emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:24

alhamdullilah

Ane pencinta Motogp

Tp menurut ane Dari pada buat sirkuit ga jelas mendingan buat renovasi sekolah di pedalaman

0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:24
tahun 2017 uda deket tapi nasib sirkuit mana yg dipake belum jelas..??emoticon-Cape d... (S)

coba minta sumbangan ke ahm ato yimm.. ntar nama sirkuitnya pake nama mereka..emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:24
wuih sayang banget di sentul ditolak sama pak jokowow emoticon-Cape d... (S) tp semoga di palembang tetep jadi biar motogp indonesia tetep jalan gan emoticon-Cool

btw gan bagi cendol dong emoticon-Blue Guy Cendol (L) hehe
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:25
Ia kalau cepet direalisasi, klo molor gak akan cukup setahun pasti mepet bikin sirkuit, bikin mrt aja molor
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:25
baguslah , mending bikin baru sirkuit di daerah sumsel
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:25
moga2 klo ada pembangunan dijauhkan dari KKN. emoticon-Big Grin
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:26
Cikal bakal proyek wiwi

Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia

PROYEK MEROKET GAN! emoticon-Wakaka
0 0
0
Presiden Jokowi Tolak Sentul Gelar MotoGP Indonesia
27-01-2016 21:26
Kwkwkwkwkk... renovasi ampe 200 Milyar, nih otak proyek pengelola sentul tuh... Dah bener tuh Pemerintah, pindah aja ketimbang gemukin orang2 tuh..
0 0
0
Halaman 12 dari 49
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia