News
Batal
KATEGORI
link has been copied
179
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a732fd14088d05028b456d/mustahil-lengan-mesin-tawan-dikendalikan-otak
Karangasem, CNN Indonesia -- Lengan mesin karya I Wayan Sumardana alias Tawan mustahil digerakan berdasarkan perintah dari otak yang mengadopsi metode EEG atau Electroencephalography. Apalagi ada cip lie detector menjadi sensor perintahnya yang dipasang di kepala. Dalam kaidah ilmu robotika, seperti diungkapkan Dosen Teknik Mesin Universitas Udayana I Wayan Widhiada, ST, Msc, PhD. EEG itu adalah a
Lapor Hansip
26-01-2016 15:49

'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'

Karangasem, CNN Indonesia -- Lengan mesin karya I Wayan Sumardana alias Tawan mustahil digerakan berdasarkan perintah dari otak yang mengadopsi metode EEG atau Electroencephalography. Apalagi ada cip lie detector menjadi sensor perintahnya yang dipasang di kepala.

Dalam kaidah ilmu robotika, seperti diungkapkan Dosen Teknik Mesin Universitas Udayana I Wayan Widhiada, ST, Msc, PhD. EEG itu adalah alat pendukung yang digunakan untuk menangkap sinyal listrik di otak dalam bentuk gelombang-gelombang, seperti alfa beta, teta dan lain sebagainya.

"Jadi sebelum menangkap sinyal (EEG) harus ada translater ke mikrokontroler, dan sebelum ke mikrokontroler itu harus melalui inverter. Apa itu inverter? Semacam program untuk membaca pikiran ke dalam bentuk bahasa. Dan cara memprogramnya, ya harus dengan coding menggunakan software," katanya, saat ditemui CNN Indonesia, di ruang kerjanya.

Widhiada yang sempat menemui Tawan, juga mengetahui kalau lengan mesin buatan pria asal Karangasem, Bali, itu tak berfungsi karena rusak. Dia pun sempat berbincang untuk mengetahui kemana sinyal EEG itu dikirimkan.

"Saya sempat tanya itu mikrokontrolernya darimana, apa dari RaspBerry Pi atau buat sendiri. Katanya Pak Tawan dari amplifier radio. Ya, itu mustahil disebut mikrokontroler," katanya.

Menurut, Widhiada, hal tersebut mustahil menggerakan mesin apabila tidak ada yang disebut mikrokontroler.

"Mikrokontroler inikan semacam otak di manusia. Jadi, bagaimana mungkin dia bisa merekam dan mengirimkan perintah apabila tidak ada 'otak' yang menyampaikannya," sebutnya.

Secara garis besar, ada tiga bagian tak terpisahkan yang saling beririsan di dalam membuat lengan robot, yakni mikrokontroler, mekanika dan terakhir program komputer.

Dia mencontohkan, mobil remote control itu bisa diperintahkan maju atau mundur karena sudah ada inferter yang sudah diprogram terlebih dahulu. Jadi bila dia menolak respons, maka akan di-feedback atau mengalami error. Idealnya 2 sampai 5 persen error biasa terjadi.

"Kalau sampai 100 persen itu tidak mungkin, dan lengan robot Pak Tawan itu seperti sudah sempurna," katanya.

Keraguan pun juga semakin menguat, di kala Pak Tawan menyebutkan bahwa lengan mesinnya itu mampu menahan beban hingga 15 sampai 20 Kilogram. Dia pun bertanya kepada Tawan dan menurutnya karena digerakan dengan gir yang didapatkan dari printer.

"Itukan tegangannya kecil sekali. Bagaimana mungkin dia bisa mengangkat beban seberat itu," tambahnya.

"Apalagi tangannya lumpuh hingga ke sebagian jari-jari, sedangkan lengan robotnya hanya sampai pergelangan. Menurut Hukum Newton 2, semakin berat beban semakin besar gayanya. Artinya kalau tidak sampai ke telapak tangannya, itu harusnya tidak kuat untuk menggengam," tandasnya.

"Ini lengan robot apanya. Saya mau ralat itu. Ini tidak secanggih itu. Dibuatnya simpel. Alatnya sederhana, dari barang rongsokan juga. Dan saya buat ini bukan untuk terkenal, buat alat bantu kerja saja. Buat makan, buat cari nafkah," katanya saat ditemui tim CNNIndonesia.com.

Dia pun mengaku langsung menghindar begitu tahu ada medianya yang mencoba menanyai mengenai asal mulai alat bantu kerjanya tersebut. Tapi terkadang dia sedih sekaligus minder mengenai kondisinya, yang membuatnya tak mau berbicara ke media.


http://www.cnnindonesia.com/teknolog...ndalikan-otak/

nah loh ???

ada yg mau bantah omongan nih dosen ??? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Diubah oleh planet70
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:12
Cuma orang goblok yang masih yakin sama alat itu.

Itu juga kalau boleh dibilang alat.

emoticon-Big Grin
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:25
Waktu pertama kali diwawancara,si tawon ini berakting seakan akan hebat banget sampai menantang ahli,sekarang ciut kek anak anjing,hahaha,,, dasar indon ngomong kosong...
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:30
Quote:Original Posted By capcayster


Gan numpang saran, mending kalo emang mau bahas beneran dan serius tentang alat2 ini, di forum iptek dan sejenisnya aja.. Kan kmaren ane udah sempet bilang, jangan terlalu di expose.. Soalnya kalo menurut ane malah kasian tawan nya, malah makin terpojok.. Tapi cuman saran looo emoticon-Malu (S)


coba di buat aja di SF saintek tar wa mampir sana emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By Biocell97


ini kok jadi kemana2....
intinya sebenarnya... apapun argumentasinya... perangkat yang dibuat Tawan tidak mungkin bekerja sesuai dengan yg tawan jelaskan...
kecuali Tawan yang salah paham... dia pikir menggunakan EEG padahal yg sebenarnya tanpa dia ketahui sebenarnya dia memiliki kekuatan supranatural seperti profesor X...


keren lu bru, kreasi orang yang dianggap tidak mungkin dalam pemikiran lu jika terbukti dapat bekerja langsung dipastikan kreasi tawan hanya dapat bekerja secara supranatural emoticon-Hammer (S)

andai lu hidup di jaman albert einstein hidup dan lihat albert einstein ngebacot newton, forgive me disaat hukum newton masih di anggap ilmu pengetahuan paling up to date saat itu , mungkin sudah dicaci maki si einstein sama lu yah emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By sweetjulia


sudahlah..
jangan diteruskan lagi emoticon-Smilie
nanti ga ada bedanya kamu ama nastak/fansboy pks.
sadar ya emoticon-Smilie


saran lu wa tampung emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By ulatbulugatal


Agan sudah yakin bli tawan memang memakai EEG?
Semua meributkan masalah tangan robot, eeg, lie detector, rusak kena air, rusak karena peneliti dan bla bla bla.

Tapi ndak ada yg bertanya sesuatu yang simple tapi langsung bisa bermakna sebenarnya.

Q : Beli eeg dari mana bli?
Bli : saya beli melalui internet tepatnya di ebay.

Q : Bagaimana cara bli membelinya (maaf secara kondisi bli tidak akan memungkinkan megang kartu kredit)
Bli : saya beli di ebay di bantu sama teman.

Q : oh dibantu teman, resi pengirimannya ada bli?
Bli : hmm oooo ee ?????

Q : kenapa bli ndak sekalian mengundang teman bli yang sudah membantu bli membeli alat EEG ini di ebay?
Bli : saat ini saya juga ndak tahu dimana teman saya itu.

Q : ndak coba dihubungi bli melalui telepon mungkin?
Bli : saya sudah ndak simpan nomornya lagi.

Q : uhuk uhuk oh gitu yah bli, ok kalo begitu terima kasih yah bli atas waktunya salam buat keluarganya bli.

Mudah mudahan ada yang mengerti maksud saya.


sementara yang sudah terbuka perangkat yang dipake adalah microcontroler amplifier audio jadi wa sekarang masih lihat tawan punya alat eeg emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By rohma.ambarukma


Tak perlu dipastikan. Ente pasti tak pernah belajar teknik


apakah kemasyuran teori relatifitas membuatnya menjadi pasti dan tak perlu lagi dipastikan atau di buktikan , inget di tahun 1962, wa pernah baca para fisikawan telah menguji kebenaran teori relativitas dengan melakukan eksperimen.

dan eksperimen itu dilakukan menggunakan dua buah jam yang memiliki tingkat akurasi sangat tinggi. Jam yang satu ditempatkan di permukaan bumi, sedangkan yang lain diletakkan di atas sebuah menara yang tinggi. Ternyata jam yang letaknya di permukaan bumi berjalan lebih lambat daripada jam di atas menara tinggi.

so.. ilmiahkah komentar lu sekarang setelah baca komentar wa emoticon-Smilie
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:34
Muke gile om gubernur kena tepu emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:39
Quote:Original Posted By nusalano
Waktu pertama kali diwawancara,si tawon ini berakting seakan akan hebat banget sampai menantang ahli,sekarang ciut kek anak anjing,hahaha,,, dasar indon ngomong kosong...


Bener gan, waktu pertamakan doi ngomong bagi siapa saja yang ingin mengetahui robot ini maka datanglah datanglah datanglah kemari emoticon-Hammer (S)
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:39
yang gua heran itu si tawan udah ngaku itu rongsokan masih aja lanjut dibahas lagi itu tangan robot atau bukan, emang media bodrex lah sama wartawannya itu emoticon-Najis
Diubah oleh hhendryz
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:44
ya bener dong dikendalikan pikiran, kalo ngga mikir ya gimana bisa nggerakin

emoticon-Ngakak
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:46
kang tepu emoticon-Ngakak dari awal udah ga percya bos.
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:50
udah bosan lah gan, tukang tipu di indonesia bisa terkenal, ada juga yg nekat jadi presiden ternyata kepilih juga, ada yg salah dengan media saat ini gan emoticon-Cool
Diubah oleh mcmisterious
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:51
Quote:Original Posted By nerokae1001


kreasi cosplay iya?

kreasi engineering nope!!!
cara manfaatin eeg paling masuk akal secara computing itu
data eeg masukin ke embedded system yg nantinya ngasih perintah ke electric motor. Embedded systemnya mau pisah ama µC yg ngurusi controlnya motor apa nga terserah.

embedded system ini harus bisa evaluasi data eeg, caranya?
pake neural network, gw ga ngerti raw datanya dari eeg sensor itu sensifitiasnya setinggi apa yg pasti harus tinggi nodes di input layernya harus banyak. Ini juga harus testing / learning sangat lama kalaupun beneran pattern dari eeg bisa sampe dimapping ke suatu perilaku / perintah ke tangan seperti yg diclaim tawan katanya ngarang2x di kepala.

trus dari gambar si tawan, circuitnya kek pake motherboard pc ga jelas ngasal tancep usb, tanyain dia ngerti protocollnya transfer data lewat usb? klo nga ditancep gitu buat apa? apa sim salabim langsung jalan sendiri?? use your head!

gerakan mechanik yg si tawan lakukan jelas2x ga mungking dari tangan robot tsb, tangan robot tsb axisnya sedikit sekali.


loe ngira, asal tancep semua gitu bisa jalan sendiri? di mind control? keep dreaming...


konsepnya otaklah yang memancarkan gelombang - ada fitur buatan tangan manusia yang bertindak sebagai penerima gelombang - lalu hasil yang diterima dirubah jadi sinyal pengendali gerak objek - objek dapat bergerak , nah yang wa pengen tau apakah kreasi tawan ini dapat meringkas sistem kerja dan bisa berkerja dengan baik , karena teknologi eeg sekarang emang sudah lebih simpel tapi kita sebagai manusia harusnya masih mau dong teknologi berkembang menjadi lebih mudah dan user friendly emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By iwanlah44
Setidaknya imajinasinya sudah banyak bikin orang bangga.... dia tidak bohong ... mungkin dia cuma gagal diawal...


mantap kawan emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By IpinUpinUnyil
Geli gw liat orang bikin Cosplay tangan robot dianggap jenius.....
lebih geli ada yg bela belain mati matian kya id kalsiddon......sampe seolah2 penjelasannya ilmiah bingit (sorry baca beberapa halaman depan)
gampang banget dibodohi ... sekolah lagi yang bener broooo
Gw akui tawan itu orang kreatif bikin Cosplay......tp jauh dari jenius...emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk


nampaknya lu gagal faham apa yang wa omongin dari kemarin , wa dukung tawan karena wa ga mau terjebak dalam sikap skeptis , palagi selagi dia berkreasi untuk teknologi yang berguna dan sifatnya apa yang di kreasikannya tidak merusak kehidupan emoticon-Smilie

0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:52
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

emoticon-Ngakak (S) liat pembelaannya kalsiddon

- einstein dibawa2, padahal si einstein mengusulkan waktu itu relatif ya dengan bukti (matematika),
sementara si tawan ini kasih skema alatnya ga bisa, jangankan skema, prinsip kerja alatnya sendiri dia bingung (mulanya mengklaim pake gelombang otak, kemudian berubah menjadi pendeteksi kebohongan).
- ampli audio bekas dibilang mikrokontroler


emoticon-Nohope
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
26-01-2016 23:54
mungkin doi sedang berusaha mempertahankan 50jt biar jgn di kembalikan.
soalnya masih banyak masyarakat lainnya yg lebih layak dibantu daripada cosplay conartis begini.
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
27-01-2016 00:08
kayaknya tawan ni ga lumpuh deh, coba tes tempel paku panas ke tangan kirinya secara tiba2 tanpa dia tau, gw yakin tanganya pasti ngerespon...
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
27-01-2016 00:10
Yah anggap saja ini sbagai motivasi, siapa tau kedepannya kreasi pa tawan ini sungguh" terjadi... dan penyandang cacat bisa dibantu oleh alat semacam ini...
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
27-01-2016 00:10
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

emoticon-Ngakak (S) liat pembelaannya kalsiddon

- einstein dibawa2, padahal si einstein mengusulkan waktu itu relatif ya dengan bukti (matematika),
sementara si tawan ini kasih skema alatnya ga bisa, jangankan skema, prinsip kerja alatnya sendiri dia bingung (mulanya mengklaim pake gelombang otak, kemudian berubah menjadi pendeteksi kebohongan).
- ampli audio bekas dibilang mikrokontroler


emoticon-Nohope


Penipu ya jelas membela penipu mbak. Hahahahahahaha. Kalsiddon itu memang bakatnya nipu. Jd sesama penipu saling mendukung hahahahah
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
27-01-2016 00:31
Quote:Original Posted By kalsiddon


nampaknya lu gagal faham apa yang wa omongin dari kemarin , wa dukung tawan karena wa ga mau terjebak dalam sikap skeptis , palagi selagi dia berkreasi untuk teknologi yang berguna dan sifatnya apa yang di kreasikannya tidak merusak kehidupan emoticon-Smilie



Sorry bung, loe lulusan/kuliah/sekolahnya jurusan apa sih?
Dalam dunia sains n teknologi, sifat skeptis tu klo menurut gw diperlukan untuk melakukan uji ilmiah. Klo dia mau disebut sebagai penemu/pencipta ya harus rela untuk melakukan pembuktian2 logis/rasional.
Kalo dari awal mr Tawan mengaku dia pembuat Cosplay tangan robot dari rongsokan ya okelah (sy yakin ga bakal ada yg protes) ... yang jadi masalah kan dia ngaku menciptakan teknologi tangan robot dengan kendali otak.

Paham ga brooo? loe masih gagal paham? emoticon-Hammer (S)



0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
27-01-2016 00:58
Quote:Original Posted By MG1
Yah anggap saja ini sbagai motivasi, siapa tau kedepannya kreasi pa tawan ini sungguh" terjadi... dan penyandang cacat bisa dibantu oleh alat semacam ini...


Sudah banyak mas, sudah banyak lembaga penelitian diluar negeri yg sdg serius mengembangkan teknologi utk org penyandang disabilitas. Banyak2in wawasan ya.
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
27-01-2016 01:21
ya...ya...ya...kalo saya jadi tawan saya bakalan keluar dari Indonesia dan pindah ke Zimbabwe karena malu


emoticon-Traveller
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
27-01-2016 01:27
DOSEN SIRIK!!!!

Kata penboy

ngakaks emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Kalo di masa mendatang ada tangan mekanik yang dikontrol otak, pasti penboy nyangka idenya dari tawan emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Padahal udah dari dulu ada tangan robot, cuma masih terus dikembangkan, soalnya baru bisa melakukan gerakan2 dasar, misal megang gelas.

Jangankan tangan robot, cangkok jantung juga udah ada yang riset.

Makanya langganan TV berbayar biar pinteran dikit emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh Pangoentji
0 0
0
'Mustahil Lengan Mesin Tawan Dikendalikan Otak'
27-01-2016 01:34
Quote:Original Posted By murdaniLaw
Emang udah ngaku boong gan?? Quotein bwritanya dong emoticon-Malu (S)


ngaku bohong sih kagak, ya secara tersirat mungkin bisa dibilang ngaku.

die menutupi dengan kata2 "meralat" klaim2 yg sdh tersebar. ada kok trit nya di bp juga gan.
0 0
0
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia