Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
629
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a2d462925233960f8b4586/mahalnya-tarif-internet-di-indonesia
Selamat Pagi Agan-agan dan Aganwati sekalian. Maaf sebelumnya kalo thread ane ini masih berantakan. :shakehand2 Oke kita ngga usah lama2 lagi kita bahas topik ane. Di jaman sekarang ini siapa sih yang ngga butuh akses internet? Di jaman Sosmed, pencari berita bahkan hanya untuk berselancar sekarang ini kita butuh yang namanya akses internet ya ngga gan? Tapi dibalik itu semua harga paket internet
Lapor Hansip
23-01-2016 08:16

Mahalnya Tarif Internet Mobile Di Indonesia

Selamat Pagi Agan-agan dan Aganwati sekalian.
Maaf sebelumnya kalo thread ane ini masih berantakan. emoticon-Shakehand2

Oke kita ngga usah lama2 lagi kita bahas topik ane. Di jaman sekarang ini siapa sih yang ngga butuh akses internet? Di jaman Sosmed, pencari berita bahkan hanya untuk berselancar sekarang ini kita butuh yang namanya akses internet ya ngga gan?

Tapi dibalik itu semua harga paket internet yang ditawarkan oleh provider mobile telekomunikasi di Indonesia itu saya anggap cukup mahal. Kenapa begitu? Selain pelayanan masih kurang memuaskan, kuota yang didapatkan juga termasuk sangat kecil dibandingkan yang diberikan oleh provider2 yang ada di luar negeri.

Kemarin ini ada kawan ane yang pelesiran ke negara tetangga kita yaitu Singapura. Ane sempat chating sama dia klo dia baru aja beli kartu perdana salah satu provider disana yang kebetulan bekerja sama dengan salah satu maskapai penerbangan di negara itu.
Harga yang ditawarkan juga cukup fair menurut ane, Dengan harga $15 Dollar Singapura yang jika dikalikan Rupiah kita sekarang Rp. 9645,- itu sekitar Rp.144.645,- selain itu kita dapat pulsa berbicara $18 dan free 100GB untuk 5 hari. Ane anggap itu sangat murah walaupun kuota 100GB hanya untuk 5 hari karena masuknya paket promo untuk turis yang sedang berkunjung ke negara itu dan membutuhkan akses telepon dan internet. Belumlagi koneksi 3G disana lebih kenceng dari koneksi 4G indonasia yang kadang angin2an.

Penampakan Bundle Kartu Perdana Operator Singapura


Penampakan Bundle Kartu Perdana Operator Singapura


Disamping itu terlalu banyaknya paket date internet yang ditawarkan oleh operator telekomunikasi mobile di indonesia ini banyak membuat pengguna layanan cukup kebingungan. Belum lagi ada yang dibagi tarofnya dengan zona- zona. Ada yang membagi jumlah kuota menjadi beberapa jam tertentu, dan kebanyakan memberikan kuota berlebih di saat umumnya jam manusia istirahat.
Tentunya ini cukup aneh bukan? Kita membeli Paket data internet yang sebagian kuotanya tidak kita pakai karena jam untuk menggunakan kuota itu adalah jam dimana kita tertidur.

Sekalian ane tampilin perbandingan tarif paket internet beberapa operator Indonesia saja.

Telkomsel


Telkomsel


Telkomsel


Indosat Oredoo


Bolt


Bolt


XL


XL


XL


XL


XL


XL


XL


XL


XL


Belum lagi kendala yang sempat ane alami dari salah satu operator adalah buruknya konektivitas. Sinyal Full bar, koneksi yang didapat HSPA+, tetapi sama sekali tidak dapat konektivitas internet. hal ini disebabkan karena Trafic internet full emoticon-Cape d.... Menurut kawan ane yang bekerja di bidang teknis salah satu operator di negeri ini Ya Trafic internet full karena di beberapa daerah itu menara BTS yang tersedia sedikit, perlu di ketahui dalam 1 menara BTS itu hanya dapat menampung sejumlah user saja. Jika agan/aganwati mendapat sinyal full dan koneksi HSPA+ tapi konektivitas lemot atau tidak bisa menggunakan sama sekali jangan heran ya. Itu mungkin disebabkan oleh karena slot di menara BTS yang ada di dekat anda mungkin sudah overload menampung user.

Mengenai kendala yang ane alami itu saya sudah melaporkan kepada operator tersebut, tetapi sampai 8 bulan ini belum ada perubahan yang signifikan. Teknisi sempat didatangkan ke tempat tinggal ane, tetapi tidak menyelesaikan masalah karena daya tampung menara BTS itu sudah penuh. emoticon-Cape d...

Pihak operator mungkin bisa berdalih mahalnya data internet itu karena biaya operasional yang cukup mahal. Kita hanya bisa berharap Operator di negara kita ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan juga menurunkan tarif untuk data Internet. Kita doakan saja itu dapat terwujud ya...

Ane mengharapkan agan dan aganwati yang sudah membaca memberikan rate emoticon-Rate 5 Star biar thread tidak tenggelam. ane ngga akan mengemis emoticon-Blue Guy Cendol (L) ato minta jangan di lempar emoticon-Bata (S) silahkan memberi dengan nurani agan dan aganwati saja.

Terimakasih sebelumnya sudah membaca thread ane yang masih berantakan ini. emoticon-Shakehand2

UPDATE!!!
Karena ada yang minta dibandingkan dengan negara besar seperti China, ane update lagi.
Sebagai perbandingan gaji rata-rata di china sekitar ¥3000 - ¥5000 perbulan, jika dikalikan harga rupiah sekitar Rp.2100,.-Rp.2200,. ane rasa internet disana masih lebih murah dan koneksi disana juga kenceng banget. Hanya saja di China itu internet dibatasi Facebook, Google, Twitter, itu diblokir pemerintah dan jika ingin mengakses website yang di blok pemerintah maka harus menggunakan VPN.
Infrastruktur di China sudah cukup baik, dan pemerintah sana cukup memperhatikan dan mengawasi dengan baik dan terus berkembang lebih baik jika kita perhatikan.

Dibawah ini ane tampilin Tarif internet beberapa operator di China saja.

China Unicom


China Mobile


Kumpulan Komentar agan2 dan aganwati

Curhatan kaskuser daerah luar jawa
Quote:Original Posted By dodykn
Sepengalaman ane, daerah di Pulau Jawa kayaknya lebih beruntung banyak pilihan koneksi data dari berbagai provider baik seluler maupun kabel/fiber. Secara infrastruktur juga paling lengkap Pulau Jawa. Coba lirik daerah di luar Jawa, apa sama seperti kalian? Yg di Jawa aja sudah teriak mahal, gimana kami di luar Jawa? Trus peralihan dari infrastruktur kabel tembaga ke fiber itu ga gampang dan ga murah. Butuh investasi besar yg belum tentu balik 10-20 tahun karena penetrasi internet ke masyarakat belum maksimal. Masyarakat lebih mikir gimana nyari duit buat makan dulu baru mikirin koneksi. Di kota besar mungkin bisa, tp daerah pinggiran belum tentu. Koneksi data biasanya banyak terkonsentrasi di sentra perkantoran/pemerintahan, pusat bisnis dan pusat pendidikan. Jadi selama infrastruktur belum rata, say goodbye internet murah dan cepat. Kecuali dari Sabang sampe Merauke sudah nyambung fiber optik baru deh bisa teriak internet murah dan cepat.


Agan ini pengalaman pakai salah satu operator di Singapura
Quote:Original Posted By barongs4i
gan, itu istilahnya mobile internet..

Saya pernah beli kartu SingTel Tourism seharga 15$ dapat Free 100GB kuota Internet/5hari, local call 500 minutes, interlokal 30 menit,
dalam 5 hari, terus menerus kirim images ke WA, tinggal sisa 19GB pas hari ke 5 nya. Masih murah di bandingkan beli paket internet-roaming provider mobile internet lainnya di Indonesia.

memang di SG itu sangat murah, sistemnya juga oke, kemarin beli kartu simcard harus tunjukin passport, terus di scan passportnya, terus di input ke database yang terkoneksi online sama singtelnya untuk di aktivasikan langsung, jadi tinggal pakai, tidak input nama & nomer ID lagi.

tadinya mau beli paket 3 in one roaming+internet gratis telkomsel Rp. 450.000,-, akhirnya mikir" dan bandingkan lagi, akhirnya jadinya singtel cuma 15$ + 1$ (pajak)

Paket 3 in one 5 Hari, Internet Free, 30 menit telepon ke indonesia, gratis 30 sms = Rp. 450.000,-

SingTel Tourism 5 Hari, internet Free 100GB kuota, interlokal ke negara lain 30 menit, local 100 sms, local call 500 menit = SGD$ 15

internet indonesia mahal, karena jual produknya di gabungin jadi satu emoticon-Cape d... (S)


Komentar Kaskuser dari Taiwan
Quote:Original Posted By aruzzyira
Ane tambahin gan...d taiwan hampir semua operator mematok harga NT$.500(kurs kira2 NT$.1 = Rp.400) per 30hari Dan itu sudah unlimited


Komentar kaskuser dari Saudi Arabia
Quote:Original Posted By CahNdlogok
Iya seh gan. Mang termasuk mahal kalo di itung sama rasio quota. Ane sekarang di Saudi Arabia, di sini ane pake provider lokal. Ada paket full 4G unlimited 90hari. Harganya 320 SAR, itung dah kurs berapa sekarang ke rupiah. Jadi no problemo tiap malem download film sambil streaming radio.
Jadi kalo diitung quota dibanding Indo ya murahan sini gan


Komentar kaskuser dari Kuwait
Quote:Original Posted By Jebol2
ane tinggal di Kuwait gan dan disini ane pake provider ooredoo, untuk pake 100GB ane cuma bayar 400rb/bulan..itu udah termasuk routernya gan.. dan enaknya lagi, kalo kuota gak abis bisa di akumulasi kebulan berikutnya..


Komentar agan ini paling masuk akal, mungkin agan ini kerja di salah satu operator
Quote:Original Posted By ZENTH406
mungkin dari sisi teknis jumlah pemakai ama bts ga seimbang. tapi kalo dicermarti masalahnya bnyak gan.

1. Masalah jumlah penduduk
Pengalaman ane kos, serumah itu ad 4 anak pake prov yg sama, bisa dibayangin ga tuh internetnya rebutan, belum lagi rumah yg lain, indonesia udah over populasi.

2. masalah bts yang tersedia tdk mencukupi untuk menghandle jumlah pemakai. kayaknya provider nambah bts oke2 aj, msalahnya ijin dari pemerintah yg belum dapet/sulit, belum lagi penolakan dari warga sekitar. karena efek buruk dari pembangunan bts.

3. terlalu murahnya harga kartu perdana, dan tidak ada pembatasan jumlah nomor. jadi tiap orang bgtu mudahnya ganti nomor hp, sampe2 ada yg punya beberapa hp. udah penduduk banyak, masing2 punya hapi lebih dari satu emoticon-Ngakak

4. Keslahan pembangunan jaringan internet. kalo dari awal pemerintah ngeh dengan kondisi geografis indonesia, harusnya sejak dlu dibangun internet berdasarkan kabel, bukan bts. ga ada critanya tuh sinyal ilang gara2 ketutup gunung emoticon-Mewek. jadi tiap kota ada wifi yg bisa tersambung dg kecepatan yg stabil.

4. kurang tegasnya pemerintah membuat aturan pertelekomunikasian. tidak ada batasan harga maksimal buat tiap2 paket data/telp/sms. belum lagi paket yg buanyaknya minta ampun dan membingungkan, ujung2nya menjebak konsumen.


Agan ini pake paket super murah banget, tapi kenapa provider ga gembar-gembor lewat iklan di TV ya? Mungkin provider takut merugi kalau banyak orang yang beli paket ini kali ya.
Quote:Original Posted By ruds91
ane lagi adain penelitian, skr ane lg pake paket yang Limited dan paket yg ane pake TruLyUnlimited dari XL, knp Limited? Karna promo paket tsb sudah tdk ada lg di pop up XL, atwpun di Web (hanya ada di akhir tahun doang, bln dessember tepatnya).

Harga normal Paketnya Rp. 550.000/2bln.
yg berarti 1bln = Rp. 275.000.
Ane mengibaratkan harga sebuah kuota Internet 1GB yang ada di Indonesia = Rp. 10.000
Maka, Nilai Rp. 275.000 ane seharusnya mendapatkan kuota 275GB, that is true? IMO true if you make it self. Ane skr udh batas pemakaian kuota 150GB lebih, dan ane udam stuck harus dowbload apa lagi, udh byk film (berkualitas BluRag) yg ane download, tp blm ditonton. Anggap ane Stuck
Yang artinya apa? Dengan nilai 275GB dalam sebulan, ane harus menghabiskan dalam sehari download 9GB rata2. Bayangkan gan, bila ente dikasih Limit kuota 9GB setiap hari? Untuk hari pertama adalah iya, ente mngkin bisa menghabiskan kuota tsb, karna keinginan yg tertahan karna batasan kuota yg blmnya dimiliki, akhirnya sudah tidak terbendung lagi. Lalu bagaimana dengan hari2 berikutnya? Apa keinginan ente spt hari2 sebelumnya? Adalah tidak seperti hari pertama. Itu aja dulu dari ane.


Paket baru tapi untuk stabilitas koneksinya belum tau dah
Quote:Original Posted By antokoplak
Angkut ane pejwan gan...


Ane pake smartfren TRUE UNLIMITED.
Sebulan cuma 75k, pemakaian bulan lalu sampe 30gb. Penggunaan wajar. Ini bisa dibilang mahal/murah?

Knapa pake smartfren? Sinyal gsm tsel, isat bahkan xl jelek.di rumah, iseng2 pake smartfren. Eh malah cepet. 4g pula. Merata di pulau jawa. Dr pantura, telaga sarangan jatim, jogja. Sinyal kenceng, apalagi pas di telaga sarangan. Wush2...

Mampir aja di trit khusu bhs smartfren
http://m.kaskus.co.id/thread/5689211...fren-livesmart

Kalo bisa murah dan cepet knapa harus byr mahal

Agan ini sudah makmur isi kantong dia rupanya
Quote:Original Posted By 9en
orang2 miskin lagi pada ngeluh Kuota..emoticon-Wakakak
Biarpun mahal, tapi tetep aja di beli emoticon-Wkwkwkwkw
idiot..emoticon-Ngakak
emoticon-I Love Indonesia <<<--- Emot Tolol macem isi trid dan TS2nya..


Diubah oleh lego_iris1
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 32
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 07:30
spore warganya cuma seiprit gitu emoticon-Cape d...
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 07:33
jangan bandingin dg negara tetangga,
jelas bedalah
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 07:33
Indonesia cuman ngambil untung gan
nggak mementingkan kenyamanan rakyat
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 07:34
pasti ada pihak2 yang korupsi data
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 07:42
ane lagi adain penelitian, skr ane lg pake paket yang Limited dan paket yg ane pake TruLyUnlimited dari XL, knp Limited? Karna promo paket tsb sudah tdk ada lg di pop up XL, atwpun di Web (hanya ada di akhir tahun doang, bln dessember tepatnya).

Harga normal Paketnya Rp. 550.000/2bln.
yg berarti 1bln = Rp. 275.000.
Ane mengibaratkan harga sebuah kuota Internet 1GB yang ada di Indonesia = Rp. 10.000
Maka, Nilai Rp. 275.000 ane seharusnya mendapatkan kuota 275GB, that is true? IMO true if you make it self. Ane skr udh batas pemakaian kuota 150GB lebih, dan ane udam stuck harus dowbload apa lagi, udh byk film (berkualitas BluRag) yg ane download, tp blm ditonton. Anggap ane Stuck
Yang artinya apa? Dengan nilai 275GB dalam sebulan, ane harus menghabiskan dalam sehari download 9GB rata2. Bayangkan gan, bila ente dikasih Limit kuota 9GB setiap hari? Untuk hari pertama adalah iya, ente mngkin bisa menghabiskan kuota tsb, karna keinginan yg tertahan karna batasan kuota yg blmnya dimiliki, akhirnya sudah tidak terbendung lagi. Lalu bagaimana dengan hari2 berikutnya? Apa keinginan ente spt hari2 sebelumnya? Adalah tidak seperti hari pertama. Itu aja dulu dari ane.
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 07:44
belom lagi pake superwifi yg gak kepake gan, mungkin ada kartel internet yak
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 07:49
Kenapa tarif internet di Indonesia mahal?

Karena Indonesia ini negara Kepulauan gan, butuh infrastuktur jaringan yang banyak dan pasti dana yang dibutuhkan juga banyak. Ya wajar aja harga yang didapat end customer juga tinggi.
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 07:51
bonus 100gb 5 hari . . mampu dah ngabisin emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 07:53
Quote:Original Posted By lego_iris1
Tolong di rate ya biar ga tenggelam


udah..



kadang saya suka senyum sendiri lihat tagihan internet kok bisa berkali2 lipat dari biaya listrik dan air padahal pemakaian lumayan jarangemoticon-Mewek
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 07:58
ysetuju bgt ama trid ente gan, kualitas 0 harga selangit
tapi yg paling murah 3 gan, ane pake 3, hehe emoticon-Peace
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 08:05
tapi itu kartunya yg agan beli bisa di pake di indonesia gak gan , kalo bisa boleh tuh gan emoticon-Malu (S)
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 08:08
Kampret emang, ane pake halo 150rb 5gb gara2 di ternate, pas balik kalimantan ternyata di rumah ada indihome, wifinya dah kya orang gila kencengnya..akhirnya halo ane tinggalkan
Mahalnya Tarif Internet Di IndonesiaMahalnya Tarif Internet Di Indonesia

0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 08:12
itu harga rupiah kapan gan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 08:13
itu harga rupiah kapan gan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 08:13
100gb/5hari.. buka torrent pasti puas tuh emoticon-Big Grin
Diubah oleh nandongong
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 08:15
Quote:Original Posted By .z5.


Ane setuju sama ente bray emoticon-Recommended Seller


Bray, terima kasih buat kiriman cendolnya yaa.. Trs mau dibarter pake cendol apa bata nihh..
emoticon-Bingung
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 08:18
Quote:Original Posted By ruds91
ane lagi adain penelitian, skr ane lg pake paket yang Limited dan paket yg ane pake TruLyUnlimited dari XL, knp Limited? Karna promo paket tsb sudah tdk ada lg di pop up XL, atwpun di Web (hanya ada di akhir tahun doang, bln dessember tepatnya).

Harga normal Paketnya Rp. 550.000/2bln.
yg berarti 1bln = Rp. 275.000.
Ane mengibaratkan harga sebuah kuota Internet 1GB yang ada di Indonesia = Rp. 10.000
Maka, Nilai Rp. 275.000 ane seharusnya mendapatkan kuota 275GB, that is true? IMO true if you make it self. Ane skr udh batas pemakaian kuota 150GB lebih, dan ane udam stuck harus dowbload apa lagi, udh byk film (berkualitas BluRag) yg ane download, tp blm ditonton. Anggap ane Stuck
Yang artinya apa? Dengan nilai 275GB dalam sebulan, ane harus menghabiskan dalam sehari download 9GB rata2. Bayangkan gan, bila ente dikasih Limit kuota 9GB setiap hari? Untuk hari pertama adalah iya, ente mngkin bisa menghabiskan kuota tsb, karna keinginan yg tertahan karna batasan kuota yg blmnya dimiliki, akhirnya sudah tidak terbendung lagi. Lalu bagaimana dengan hari2 berikutnya? Apa keinginan ente spt hari2 sebelumnya? Adalah tidak seperti hari pertama. Itu aja dulu dari ane.


kuota internet apa yang per-gb nya 10rb gan?
banyak loh yang 2gb aja diatas 50rb, ada sih yang murah tapi ada batas waktu pemakaian (kalong)
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 08:20
setuju gan.. terlalu mahal banget Internetan di Indonesia.. Kadang ane lebih memilih menggunakan wifi.id telkom.. cuma 5rb rupiah bisa sepuasnya Download hahha emoticon-Sundul
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 08:28
yang ngeselin itu..
dapat 2 GB tapi jam 05.00-23.59 itu cuma dapat 600 MB, yang 1.4 GB jam 00.00 - 04.59 ( kalau g salah sih gan ) emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
sumpahh,, niat banget pokoknya emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Mahalnya Tarif Internet Di Indonesia
24-01-2016 08:32
Jangan salahin operatornya lah

Salahin pemerintahan yg skrg

Operator kan ngikutin regulasi pemerintah

Kalo di suruh murah dan cepat
pasti di kerjain
0 0
0
Halaman 12 dari 32
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia