karaksaAvatar border
TS
karaksa
TAHUN BARU PERTAMA KITA DI KANSAI!
Maido!


[Pucchan]
Hi, Gan. Gimana acara tahun baru-annya? Seru ga?
Ini taun baru pertama ane di Jepang. Kalau di Indonesia biasanya ane taun baruan sama teman deket & keluarga, taun ini ane taun baruan sama temen kantor. Menurut ane, perbedaan yang paling mencolok dari taun baru di sini & di Indonesia itu SUHU UDARA, Gan. emoticon-Wakaka

Tapi selain suhu masih ada beberapa perbedaan yang ane share nih, Gan. Misalnya bebersih rumah besar-besaran, Bahasa Jepangnya OOSOUJI. Selain itu, mereka juga punya budaya mengunjungi kuil pas hari pertama taun baru (HATSUMOUDE) dan saling kirim kartu pos ucapan taun baru (NEN-GAJYOU).

Terus nih, Gan. Hal yang paling menarik itu suasana kota dari akhir November sampe taun baru. Di akhir November suasana kota jadi rame sama illumination. Jadi illumination itu mereka bakalan menghias atau pasang lampu-lampu kecil di gedung-gedung atau pohon di sekitar kota. Yang niat banget dan lumayan gede eventnya itu malah bisa nutup jalan dan bikin iluminasi karakter, misalnya bentuk rusa, tokoh kartun kayak Mickey Mouse, dan lain-lain. Menarik banget.

Salah satu contohnya nih, Gan;
Spoiler for :


Abis itu, kalau udah masuk minggu pertama bulan Desember, dimana-mana ada pohon natal. Acara music di tv juga udah natalan abis. Bener-bener cantik deh kotanya selama akhir tahun.


Dan anehnya nih, begitu tanggal 24 Desember berakhir, itu semua pohon natal menghilang dan berubah menjadi hiasan bambu tahun baru, yang biasanya disebutKADOMATSU. Kadomatsu itu dipasang untuk mendatangkan keberuntungan.

Spoiler for :


Selain itu, pas tahun baruan, ada juga makanan khas tahun baru yang disebut dengan OSECHI. Jadi orang-orang akan bikin hidangan khusus tahun baru yang keliatannya enak banget dan mewah buat dimakan barengan sama sanak saudara. Makanya kenapa banyak juga tradisi pulang kampung di akhir tahun. Makna makan Osechi itu untuk panjang umur, kesehatan, dan buang sial.

Spoiler for :



[Rizu]
Nah, beda versi nih, Gan!
Kebetulan tahun baru kemarin ada teman dari Indonesia yang nengokin ane di Jepang. Jadilah kita muter-muter Kansai. Sebenernya hampir berasa kayak tantangan aja sih (berasa kayak travel guide beneran deh HAHAHA) emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Ga gampang buat ngenalin daerah baru ke orang dan berharap dia suka (padahal kita bukan orang lokalnya). Cuma menurut ane ini sih jadi kesempatan aja buat ngebuktiin kalo daerah Kansai lebih kece dibandingin Tokyo, walaupun ane ga perlu banyak ngejelasin ini dan itu.


Nah, akhirnya jadilah ane pergi ke KYOTO sama KOBE. Pas mau ke Kyoto, ane nanya beberapa temen yang emang ahli buat urusan jalan-jalan. Setelah denger saran, akhirnya ane putusin buat ke kuil indah banget tapi ga seterkenal Kinkakuji sama Kiyomizudera. Jadilah kita pergi ke DAIKAKUJI sama NANZENJI. Dan ternyata gak nyesel karena baguuuuuuusss banget asli!

DAIKAKUJI
Terkenal sama keindahan pohon sakura yang banyak di sekeliling danau yang ada di belakang kuilnya. Cuma sayang kita ke sana pas musim dingin, jadi ga ada sakura. Tapi biarpun begitu, emang dasarnya itu kuil bagus banget, tetep aja pas nyampe sana senengnya bukan main plus foto-foto (selfie. eaaaa…) pemandangan alam. Tapi beneran deh ini alamnya indah banget dan kuilnya cuwaantiikk jungkir balik! Kebayang deh kalo pas musim semi bagusnya kayak gimana. Cantik banget pasti.

Spoiler for :



NANZENJI
Puas sama keindahan Daikakuji plus bangunan kuilnya, kita langsung jalan lagi ke Nanzenji. Lokasinya masih di Kyoto juga. Buat yang ini sama, Gan. Jangan ditanya. Baguuusss banget. Pohon sakuranya itu ada di pinggiran jalan yang kita laluin buat ke kuilnya. Ga ada abis-abisnya foto di situ. Hahahhaa. Kyoto emang paling-paling deh kalo soal keindahan alam sama kuilnya yang cantik. Super keren dan super romantis! Tapi karena kita dateng pas musim dingin, kita cuma bisa ngerasain damainya ada di kuil itu. Ehehehhee..

Spoiler for :



IJIN-KAN
Terakhir nihh, ane pergi ke Kobe. Nama tempatnya terkenal dengan sebutan “Ijin-Kan”. Jadi kota ini merupakan kota tua bernuansa Eropa yang emang khas kota pelabuhan. Namanya juga kota persinggahan ya. Berasa kayak ngga di Jepang gitu, soalnya bangunan gedung sama perumahannya bukan kayak di Jepang pada umumnya. Di sini juga ada gedung sulap, atau trick museum. Nah, selain itu, mereka punya ruang terbuka (outdoor) yang biasa dipake buat pertunjukan sulap di jam-jam tertentu. Kebetulan pas ane ke sana, pas banget ada pertunjukan jadi bisa nonton deh. Lucu gitu sulap pantomime.

Spoiler for :


Hasilnya pas balik dari jalan-jalan, temen ane seneng banget diajak ke dua tempat tadi. Syukur deh! BERHASIL! emoticon-Betty (S)

Tahun baruan ane emang simple, Gan.. Tapi bisa ngeliat sesuatu yang bisa muasin mata dan hati, plus bukan cuma pemandangan “kota” aja kayak Tokyo itu menyenangkan banget.

Kayak misalnya Kyoto, masih banyaak banget surga tersembunyi yang harusnya lebih banyak dikunjungin orang Indonesia. Makanya ane pengen banget nyampein ke semua, jangan terlalu sering pergi ke tempat-tempat yang main stream. Karena kalua pas rame sama turis, perjalanan wisata kadang jadi kurang menyenangkan.

Mulai sekarang kalo mau ke Jepang, gausah ragu. Ke Kansai aja yaah! Jarak tempuh dari Osaka ke Kyoto itu 45-50 menit naik kereta biasa, 15 menit naik shinkansen. Sementara kalo ke Kobe sekitar 30 menit dari Osaka. Sippiriliiii! Ga jauh, tapi bisa pergi nikmatin beberapa tempat dalam satu hari.
Kansai emang paling cihuy deh!

Btw, tahun baru kemaren gimana, Gan? Serukan yaaa..

Ps:
Maido: dalam bahasa daerah Kansai, artinya “Halo, terima kasih selalu!”
Ookini: dalam Bahasa daerah Kansai, artinya “Terima kasih!”

Follow dan Like SNS kita yuk!
Facebook: karaksa.id
Instagram: karaksa.id
Twitter : karaksa_id
Diubah oleh karaksa 22-01-2016 15:26
0
2.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Japan
JapanKASKUS Official
1.3KThread637Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.