News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1352
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56a0ccb25a5163c1258b4567/netizen-pastikan-tangan-robot-iron-man-dari-bali-adalah-hoax
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX. Saat ini ramai memberitakan kisah Wayan Sumardana yang tangan kirinya lumpuh dan berhasil membuat tangan elektrik seperti robot layaknya di film bioskop. Alat-alat yang dia gunakan pun dari bahan bekas yang diklaim digerakan langsung dari perintah otaknya. Netizen yang merasakan ada kejanggalan mulai melakukan analisa dari sudut p
Lapor Hansip
21-01-2016 19:18

Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX

Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX. Saat ini ramai memberitakan kisah Wayan Sumardana yang tangan kirinya lumpuh dan berhasil membuat tangan elektrik seperti robot layaknya di film bioskop. Alat-alat yang dia gunakan pun dari bahan bekas yang diklaim digerakan langsung dari perintah otaknya.

Netizen yang merasakan ada kejanggalan mulai melakukan analisa dari sudut pandang ilmiah. Dari kalangan dokter sampai pengamat yang mengerti tentang teknologi.

Bantahan pertama muncul dari akun facebook M Asad Abdurrahman,

Inilah foto mesin dari pencipta tangan robot yang dijuluki Iron Man itu..

Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX

Sangat jelas kelihatan kalau itu hanya perangkat palsu untuk membuat hoax.. Di kanan bawah ada USB port, untuk apa pakai port begituan? lalu disamping USB port itu ada port audio pink dan hijau.. Ngapain ada port audio? buat denger mp3 dari tangannya? Ini sudah kelihatan kalau dia hanya ambil bagian dari motherboard komputer.. Lalu port itu berdiri sendiri tanpa koneksi ke sirkuit apapun..
Juga perhatikan papan sirkuit (PCB) di kiri atas.. PCB itu sudah butek minta ampun, artinya itu rongsokan yang dia ambil dari tempat sampah, bukan buatannya sendiri.. Dari PCB itu kelihatan ada port PS/2 berwarna putih, jadi teridentifikasi PCB itu dari suatu device yang terkoneksi ke PC..

Lalu PCB merah di atas batere itu PCB mouse

Yang jelas.. saya salut pada orang ini… dia berhasil membual dan banyak yang percaya…

Tidak cukup hanya disitu, seorang Netizen bernama Neko Daisuki mulai menganalisa dari video yang tersebar saat ini.



Setelah lihat videonya, kok banyak yang janggal ya?

1. Persendian lengannya masih bisa dibilang longgar, keliatan waktu dia lagi masang lengannya. tapi lucu nya respon ke pergerakan tangannya cepat + pasti (ga salah2 gerak). Ini ga mungkin. Ibarat tarikan motor yang rantainya kendor sama yang pas. Pasti ngerti lah maksud saya.

2. Gear nya banyak di luar, bisa dibongkar pasang. Ajaib, gerakannya cepat + leluasa. Yang lebih ajaib lagi, gear nya ga lepas…

3. Pergerakan tangannya terlalu biologis. Sedangkan dimana2 yang namanya benda mekanis itu gerakannya masih kaku. Banyak jeda pergerakan walaupun cuma beberapa milidetik. Bahkan asimo yang didevelop langsung oleh orang2 ahli dengan sarana mendukung pun, gerakannya juga masih bener2 terasa kayak robot kan? Nah dia saya lihat di bagian2 akhir video, gerakannya leluasa banget persis tangan asli.

4. Sensor otak? HAHAHA bahkan perusahaan2 teknologi besar aja, dengan sarana yang benar2 mendukung untuk riset ke teknologi ini, masih belum mampu. Bahkan untuk teknologi sensor-sensoran kaya gini ini ruang lingkupnya udah nanotech. Ga bakalan bisa dibikin secara DIY. Gak akan pernah bisa… Apalagi pake rongsokan.

5. Dan ngomong masalah sensor, sensor yang udah ada di seluruh smartphone sekarang: accelerometer, masih butuh waktu untuk baca sinyal bhwa hpnya dipake secara landscape (dari sebelumnya: portrait). Padagal ini sensor sederhana, ga pake sinyal2 frekuensi tertentu. Asli sensor untuk baca fenomena alam, masih butuh waktu beberapa mili detik untuk ganti mode ke landscape setelah hapenya diputar. Bahkan teknologi ini pun udah dikembangkan langsung sama ahlinya, sarananya mendukung, duitnya mendukung. Lah ini duit ga ada, sarana ga ada, pengetahuan mendalam tentang ini juga ga ada. Eh udah bisa nangkep “sinyal otak” tanpa lag?

barusan liat lagi videonya dan makin kesini makin yakin kalo ini 100% HOAX hahaha

6. Itu katanya tangannya lumpuh dari lengan atas. Berarti seharusnya gear2 nya udah dimulai dari bahu. Dan disana kayanya hampir ga ada gear persendian sama sekali. Padahal disana bagian paling vital. Persendian di bahu ke lengan atas itu perputarannya hampir 180 derjat secara 3D (ga cuma 2 arah). Lah, kok dia di bagian sana kosong? Ga keliatan ada susunan gear yang rumit? Padahal lengan atasnya leluasa banget lho itu…

7. Ini bisa dibilang exoskeleton. Tapi ga ada batang besi/logam bener kuat yang menopang lengan atas + lengan bawah dengan kuat yang berfungsi sebagai tulang seperti namanya.

8. Ternyata jarinya juga bisa gerak! Bisa genggam batang logam! Tapi masih ga ditemukan tulang2 mekanis buat diikat ke jari2nya. Malah cuma ada sarung tangan longgar yang ga tau itu dalamnya kayak apa.

9. Kayaknya ga ada baterai atau semacamnya. Anggap deh “sinyal otak” ini beneran berfungsi, tapi itu cuma buat kontrol, bukan sebagai power supply. Nah itu kok bisa hidup? Bisa gerak? Dispenser yang fungsi nya buat panasin air aja masih harus dicolok ke listrik kan?

Saya bukannya gak mendukung kreatifitas, saya cuma nggak mau terbawa eforia tapi ternyata semu. Ini beda sama mobil listrik kmrn, yang itu dia emang punya ilmu di bidang itu, karya nya pun sesuai sama siapa dia sebenernya. Tapi ini terlalu banyak kejanggalan. Lagian teknologi kayak gini udah banyak di luar negeri kok. Tapi kalo ga salah sumber sensornya ke saraf, bukan ke otak.

Gimanapun juga, lengan “robot” ini terlalu fantasi untuk jadi realita. Bahkan kalo boleh jujur, JARVIS nya Iron Man terasa jauh lebih masuk akal, karena JARVIS itu basic teknologinya AI, armor ironman pun berfungsi berdasarkan gerakan tangan si Stark, sensor gerakan di setiap kaki sama tangan untuk nambah kekuatan + daya tahan, tapi roket laser, missile dan segalanya itu emang masih jauh dari logika hahaha (LOL)

Seorang Netizen yang mengaku dokter, Arga Aditya juga mencoba mengklarifikasi apa yang dilihatnya.

Hai, saya adalah seorang dokter yg sering menangani masalah stroke dan kelemahan anggota gerak.

Saya sangat setuju dengan pendapat mas Neko Daisuki, teknologi ini sangat HOAX.

Kenapa?

Pertama, proses motorik menggerakan tangan itu merupakan masalah neurologis yg kompleks. Tidak bisa diselesaikan oleh “sensor” seperti itu.

Butuh sensor yang bisa menerima semua sinyal saraf dari berbagai arah seperti halnya pada pemeriksaan EEG.

Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX

Kedua, alat tersebut adalah exoskeleton.

Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX

Jika dilihat dari desain alat tersebut, alat tersebut hanya dibuat untuk mengangkat bahu dan lengan saja.

Tetapi pada video ini terlihat jari2 lengannya masih bisa bergerak bebas.

Seharusnya jika lengannya betul lumpuh atau mengalami kelemahan otot, jari2nya juga harusnya mengalami lumpuh atau kelemahan otot, tapi pada kasus ini tidak.

Ketiga, teknologi saat ini yg mendekati alat gerak otomatis adalah adalah i-limb dari Amerika yg bekerja dengan mencari sinyal saraf dari otot, bukan dari otak.

Dan juga produk eksobionic yg bekerja menopang tubuh

Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX

Keempat, masalah exoskeleton ini masih sangat diteliti oleh para ilmuwan di seluruh belahan dunia. Riset terakhir adalah pada jurnal medis bulan januari 2016. Selanjutnya bisa dilihat disini.

Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX

Semoga informasi ini membantu untuk meluruskan simpang siur yg ada. Tanggapi dengan lapang dada, bukan dengan emosi saling menghujat.

Tidak percaya dengan argumen-arggumen tersebut? silahkan coba sendiri Robot Iron Man tersebut, hehee

Entah apa tujuannya, jika benar hal ini adalah HOAX atas ketidak tahuan dari para reporternya. Mungkin saja pengalihan isu ketika media besar macam Kompas TV, Net TV, media seperti Tribun, Merdeka,Tempo, Republika, dan Harian mulai mengangkatnya.

sumber: http://bidhuan.com/2016/01/21/netize...i-adalah-hoax/

wah, wah.. media jaman sekarang yang penting heboh duluan tanpa ada penyelidikan lebih lanjut.
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 20 dari 69
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:01
saya gak tau ya tentang kebenarannya, tapi jujur saya gak pernah sekali pun buka berita tentang tangan robot ini. saya tau berita ini pun dari teman yang ngeshare dari 1cak, tp saya gak nyari2 ini berita sama sekali. dan yang buat aneh itu pas dia nyoba mensinkronkan sensor dari otak ke tangan kok itu kayak ngejut banget
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:01
Argumen Bantahannya hanya sekedar Opini, Gak meyakinkan, Tolong Ts buktikan Langsung dong emoticon-Cool
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:01
Pertama Gafatar, lalu bom Sarinah, sekarang Ironman.
Combo banget pengalihan isu bulan ini, sepertinya ada isu besar yg benar2 ingin ditutupi.
Ada sesuatu yg besar dibalik kintrak freeport kah?
Sampai combo gini
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:01
Hahaha masuk akal juga ternyata kalo diliat dari fakta2 emoticon-Big Grin
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:02
Hmmm ada benar nya juga bnyak kejanggalan ...
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:02
Quote:Original Posted By wongkito11
baca nih di 9gag, pada gak percaya semua emoticon-Ngakak (S)
"bullshit from asian"
"ïs this bali ? or indonesia ?" emoticon-Hammer (S)
http://9gag.com/gag/aYexpZm

padahal 9gag yg notabennya adalah situs jokes pembacanya lebih teliti dan pinter
berita hasil share di beranda facebook emang perlu diteliti lagi
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:02
haduh, ga akurat beritanya kok diberitain emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:03
bukannya mau jelek2in karyanya ya,
tapi emang keliatan janggal, dan klo emang terbukti hoax, mau berapa ton nanggung malunya?
termasuk media2 yang penting rating tanpa liat fakta, atau sekedar review dengan ahli
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:05
Ketika baca,bahwa teknologinya pakek sensor otak, wihhhhh kaget juga antara percaya sama gk percaya ( jujur lebih banyak tdk percayanya) Tapi saya tetep salut akan usaha kreatifitas dari pak Tawan, semoga ini bukan termasuk pengalihan isu juga ....
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:07
gagal jd iron man deh :sudahkuduga
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:10
kalo ane sih dari awal nangkepnya ini cuman buat bantuin dia ngelas aja sih. Gak mikir kalo kerjanya kayak robot atau gimana2, tapi media yang terlalu memblow-up ini.
kita tunggu aja masuk ke hitam putih/kick andy :v
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:10
ini sih 100% keboglogan kolektif, antara si pembuat berita (media tv yg meliput, ataupun portal berita) dan si penerima berita yang nelen mentah2 info yang dikasih sama media tanpa disaring dan di cerna dulu, di indonesia portal2 beritanya makin kesini makin ngawur gan, udeh gtu user nya juga kagak pinter-pinter, capek juga ane klo liat timeline pesbuk....
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:11
ga usah nyalahin pak wayannya dia kan ga salah, pemberitaan netizen dan media massa itu yg salah terlalu berlebihan.
dia buat alat itu cuma buat bertahan hidup cari nafkah.
At least dia punya kreatifitas lebih buat alat bantu tangannya, kenapa kita ribet buat analisa ini itu ?? itu kritis apa nyinyir karena ga mampu?emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:13

haha

ciri ciri org indonesia yg sellau ambil kesimpulan seblum mau meneliti terlebih dahulu, biarkan si tawan mengembngkn ny jika ia mampu, dan jika ia tak mampu mana mungkin ia menerima tawaran dari kab xxx, memang sulit utk dipahami / dimengerti, tp bknkah selalu ada kemungkinn dlm setiap hal
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:13
Ternyata...
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:14
Dia pikir niru kerja otak koordinasi in anggota tubuh itu gampang kali
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:15
Jangan cuma ulas yg itu saja donk, coba ulas yg ini juga

https://www.facebook.com/57082172960...0/?pnref=story

emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:15
Quote:Original Posted By cloneheart
Bukan maksud percaya sama si Tawam ya
ane juga pas pertama liat udah agak skeptis, dan terlebih pas liat langsung gambarnya secara POV

tapi mau kontra komentar si TS bahwa yang kek begituan ngga bisa DIY
http://www.instructables.com/id/DIY-...d-ECG-Circuit/

Bisa kok, banyak malah kalo maen2 ke instructables

salah satu ahli hardware komentar, boleh dijadikan acuan
https://www.facebook.com/notes/yohan...3431195263108#

tapi ane tetep masih agak skeptis


Membuat alat perekam gelombang otak seperti EEG adalah SANGAT JAUH BERBEDA dengan
1. Menerjemahkan gelombang otak tersebut sampai sedetail per jaringan otot (sampai gerakan jari),
2. Membuat / meneruskan perintah yang sudah diterjemahkan itu kepada setiap alat yang dapat membuat gerakan sebenarnya,
3. Membuat alat yang dapat melaksanakan bergerak tersebut.
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:17
peratama liat foto beritanya dari sharingan facebook juga udah yakin murni hoax
eh malah media berlomba2 nampilin berita beginian. gak beda sama TV yg nayangin sinetron
0 0
0
Netizen Pastikan Tangan Robot “Iron Man” dari Bali Adalah HOAX
22-01-2016 14:17
terlepas dari karyanya tawan hoax apa nggak, tapi kalo pemanfaatan EEG untuk menggerakkan sesuatu itu udah lazim gan, teknologi lama. jadi ga cuma untuk memindai sinyal elektronik otak aja. sejak mulai ada berita ini, ane udah sempet cek juga sih di youtube, di channelnya TED yang jelas2 channel pendidikan, terverifikasi, itu ada yang demo EEG, tapi ada yang masi ga percaya (at least di kolom komentar). Ada lagi yang buat gerakin karakter di game, gerakin kursi roda. bentuknya ya semacam bando, tapi gak sesimpel dan semerawut bikinan tawan.



emang yang bikin heran kan tawan ini bikin dengan perangkat2 seadanya, dan udah berkarat gitu. terus kok bisa bagus (gerakannya natural)?!?!?
Diubah oleh athlonnerz
0 0
0
Halaman 20 dari 69
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia