- Beranda
- The Lounge
KUSKUS Januari Dateng Lagi, Yok Ikutan Gan!
...
TS
KASKUS.Editor
KUSKUS Januari Dateng Lagi, Yok Ikutan Gan!
Quote:
UPDATE GAN!
Tepat di hari Rabu, 20 Januari 2016 kemarin, KUSKUS diselenggarakan di KASKUS Playground. Kayak yang TS bilang di thread ini, para Seller yang dateng bisa bertukar pikiran, curhat, makan siang, dan bahkan bisa saling mengenal satu sama lain. Nah, ada beberapa pertanyaan dari para seller yang bisa Agan liat. Siapa tau bisa menjawab rasa penasaran akan hal-hal yang juga ada dipikiran Agan-agan semua. Yok kita cekidot!
Eits, liat dulu muka-muka para Seller yang hadir kemarin Gan!
Tepat di hari Rabu, 20 Januari 2016 kemarin, KUSKUS diselenggarakan di KASKUS Playground. Kayak yang TS bilang di thread ini, para Seller yang dateng bisa bertukar pikiran, curhat, makan siang, dan bahkan bisa saling mengenal satu sama lain. Nah, ada beberapa pertanyaan dari para seller yang bisa Agan liat. Siapa tau bisa menjawab rasa penasaran akan hal-hal yang juga ada dipikiran Agan-agan semua. Yok kita cekidot!
Eits, liat dulu muka-muka para Seller yang hadir kemarin Gan!
1. Apa benefit BranKas dengan direct transfer?
Bagi Buyer, BranKas akan memberikan rasa lebih aman untuk belanja online di KASKUS karena seluruh proses dapat dipantau dan dapat dibantu juga oleh Resolution Center jika ada masalah.
Bagi Seller, BranKas selain dapat membuat Buyer lebih yakin untuk berbelanja karena keamanan yang terjamin, Seller juga bisa dengan tenang untuk mengirim barang karena uang sudah dipegang oleh pihak ketiga yang terpercaya, yakni KASKUS itu sendiri
2. Bagaimana cara KASKUS untuk mengenalkan fitur?
Jika yang dimaksud adalah cara promosi, maka jawabannya yaitu :
- Membuat thread pengumuman
- Menjelaskan secara langsung kepada Kaskuser (contoh : KUSKUS ini)
- Mengirim email kepada Kaskuser
- Membuat online activity dan seasonal promo
3. Apa keamanan fitur dari BranKas?
Untuk menjawab ini, akan ane jelaskan dengan flow dari BranKas sendiri :
- Buyer transfer dana ke rekening KASKUS
- Setelah diverifikasi oleh KASKUS, maka Seller akan diberi notifikasi dan saatnya Seller mengirim barang
- Jika barang telah diterima dan Buyer mengonfirmasi barang sampai, maka dana akan diteruskan ke Saldo BranKas Seller
- Seller dapat mencairkan dana ke rekening pribadi
Keamanan Bagi Buyer : Jika ternyata barang tidak sampai atau barang tidak sesuai, maka Buyer bisa mengadu kepada Resolution Center dan dana bisa di-refund ke Saldo BranKas Buyer setelah ada kesepakatan bersama.
Keamanan Bagi Seller : Seller dapat mengirim barang tanpa sedikitpun kekuatiran bahwa uang belum ditransfer sama sekali.
Muka-muka serius mau ngasih pertanyaan
4. Bagaimana cara membuat lapak yang baik (step by step)?
a. Survey & pilih judul lapak yang jelas, menarik, dan tetap relevan dengan produk yang dijual. Perhatikan juga kata-kata yang dipakai, usahakan pakai keyword yang sering dicari Buyer karena hal ini dapat mempengaruhi SEO (Search Engine Optimization) sehingga dapat mempermudah pencarian di mesin pencari seperti Google.
b. Masukkan image produk semenarik dan sedetil mungkin dari berbagai angle.
c. Masukkan deskripsi produk selengkap mungkin
d. Masukkan info kontak Agan termasuk lokasi pengiriman
e. Lengkapi info Jasa Pengiriman, berat barang, dan tag dari barang. Tag yang dimaksud itu kurang lebih sifatnya mirip dengan hashtag di Twitter atau Instagram, Gan.
Jika sudah oke, maka tugas Agan selanjutnya adalah memantau dan menyundul lapak, dan jangan lupa respon jika ada pertanyaan atau pesanan dari Buyer ya
5. Kenapa di Kaskus lapak tidak bisa deskripsi produknya sama?
Hal ini terkait dengan masalah spammer di KASKUS Gan. Kita sama-sama tahu bahwa para spammer ini merugikan karena kebanyakan mereka membuat lapak yang sama persis hingga puluhan bahkan ratusan kali sehingga menenggelamkan lapak dari Seller yang beneran berjualan. Nah salah satu cara menumpaskan para spammer adalah menjalankan sistem “anti duplikat”, sehingga jika ada konten lapak yang terdeteksi mirip atau berulang oleh algoritma sistem (sebagimana yang biasa dilakukan oleh spammer, maka data akan ditolak dan diminta untuk mengubah konten.
6. Sebenarnya yang jual cendol di forum itu officer dari Kaskus yang resmi atau bukan?
Bukan Gan, KASKUS maupun Officer tidak pernah menjual cendol
Ini abis KUSKUS, kita jalan-jalan di KASKUS Playground
7. Bagaimana cara beli sundul?
Sundul sudah otomatis dimiliki oleh seluruh pembuat lapak di KASKUS dengan kuota 3x sundul per hari. Nah jika ingin menambah kuota hingga 8x sundul, silakan dibeli KASKUS Plusnya Gan
8. Bagaimana cara menyikapi seller (yang tidak diundang) yang muncul di komen postingan tapi belum tentu menjual produk asli.
Nah untuk yang ini, sebenernya ini akal dari Seller lain untuk numpang promo nih
Sebenernya kita bersikap supportive aja Gan, toh gak mungkin dan ga ada gunanya juga kan kita caci maki :P Kalau memang lapak kita lebih bagus dari dia harusnya gak perlu khawatir, jadi intinya memang tingkatin value dari lapak kita dan personal kita sebagai Seller aja dari segi komunikasi ke calon Buyer sampai barang sampai ke tangan Buyer.
9. Bagaimana cara un-banned akun yang sudah ter-banned?
Silakan kontak ke https://cs.kaskus.co.id/
10. Bagaimana cara Kaskus memberi award ke seller?
Selama ini, KASKUS memberikan award dalam bentuk promo gratis ke Seller Gan. Bisa di cek pada bagian Hot Review, KASKUS Online Bazaar, ataupun Success Stories. Selain Hot Review khusus brand, mereka semua adalah Seller KASKUS biasa yang tidak membayar apapun untuk tampil disana, murni dipilih KASKUS karena produk dan lapak yang berkualitas. Jika Agan berminat, boleh banget isi FORM Ini
11. Apakah rekber Kaskus sudah jalan? Bank apa saja yang sudah bisa dilayani?
Nahlooh ternyata ada Agan yang belum paham toh hihi
Jadi BranKas ini adalah “rekber” resmi dari KASKUS itu Gan, dengan BranKas ini seluruh transaksi antara Seller dan Buyer dapat dimonitor. Singkatnya gini proses transaksi di BranKas Gan :
Dan terkait bank yang dipakai, saat ini untuk mencairkan dana ke rekening pribadi (Seller maupun Buyer) bisa ke seluruh bank yang terdaftar di Bank Indonesia, GRATIS!
12. Apakah ketika melakukan sundul, iklan langsung naik ke halaman pertama?
Yap betul Gan, jika melakukan sundul maka lapak Agan akan naik ke halaman pertama Search Result dan halaman pertama kategori yang terkait.
13. Apakah Saldo BranKas bisa digunakan sebagai media penyimpanan uang seperti bank? Apakah uang yang disimpan dipotong?
Saat ini Saldo BranKas berfungsi sebagai penyimpan dana dari transaksi BranKas, belum bisa ditambahkan (top-up) dari luar BranKas. Dan penggunaan Saldo BranKas baru bisa dicairkan ke rekening pribadi dan belum bisa digunakan lagi untuk transaksi lainnya.
14. Fitur apakah yang menjadi andalan Kaskus dalam menghadapi persaingan MEA? Apakah akan ada fitur baru yang dirilis tahun ini?
Terkait MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) atau pasar bebas Asia Tenggara, KASKUS Jual Beli tetap akan mengutamakan Seller-Seller lokal yang memang telah menjadi keluarga dari KASKUS selama belasan tahun ini. Fitur-fitur yang dirilis termasuk BranKas-pun pasti bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan dari pihak Seller maupun Buyer sehingga bisnis online anak negeri akan tetap ramai.
Dan yapp bakalan banyak kejutan untuk Kaskuser untuk fitur-fitur baru, ditunggu ya Gan!
15. Saya ingin jual barang, tapi beda gambar, detail/warna, bisa gak 1 lapak dibuat banyak 1 foto dikasih deskripsinya per barang?
Sebenarnya tujuannya satu lapak satu barang adalah untuk memudahkan Buyer dalam berbelanja karena satu lapak hanya memiliki satu harga saja. Dengan begini, diperkirakan tidak akan ada kesalahan dalam penghitungan akhir harga barang yang harus dibayarkan. Tapi jika memang Agan berjualan barang yang berbeda varian (misalnya beda warna) tapi harga sama, boleh kok memasukkan foto-fotonya.
16. Mengapa di fitur JNE shipping, berat 1,2 kg dihitung 2 kg?
Perhitungan berat yang harus dibulatkan adalah kebijakan dari JNE, bukan dari KASKUS. Pada dasarnya KASKUS bergantung pada respon elektronik dari JNE (secara realtime) pada saat seorang Buyer memasukkan alamat dan memilih JNE sebagai metode pengiriman. Harga akan tergantung pada JNE.
Dari waktu ke waktu JNE akan melakukan update kepada perhitungan biaya pengiriman.
17. Bagaimana upaya Kaskus untuk menanggulangi id baru yang sering nyampah dengan membuat banyak thread di JB?
KASKUS sudah menjalankan beberapa hal :
a. Verifikasi nomor HP bagi Seller yang baru mulai membuat lapak di KASKUS. Hal ini menurunkan jumlah spammer yang membuat ID hanya untuk “menyampah”.
b. Sistem “anti duplikat”, sehingga jika ada konten lapak yang terdeteksi mirip atau berulang oleh algoritma sistem (sebagimana yang biasa dilakukan oleh spammer, maka data akan ditolak dan diminta untuk mengubah konten.
c. Hansip 24 jam yang secara aktif mengawasi KASKUS Jual Beli.
Gimana Gan? Sudah cukup menjawab segala pertanyaan kah? Kalau belum, nantikan KUSKUS selanjutnya yah!
Oiya, KASKUS enggak lupa untuk berterima kasih kepada semua seller yang hadir serta masukan dan pertanyaan yang diberikan saat KUSKUS kemarin. Semoga dengan dukungan dan perhatian yang kalian berikan selama ini, akan membuat KASKUS semakin maju, aman, dan nyaman.
Sampai ketemu di KUSKUS selanjutnya, Gan!
Oiya, KASKUS enggak lupa untuk berterima kasih kepada semua seller yang hadir serta masukan dan pertanyaan yang diberikan saat KUSKUS kemarin. Semoga dengan dukungan dan perhatian yang kalian berikan selama ini, akan membuat KASKUS semakin maju, aman, dan nyaman.
Sampai ketemu di KUSKUS selanjutnya, Gan!
Udah kenal sama logo diatas? Kalau Agan seller dan cukup aktif di KASKUS, pasti udah kenal sama acara yang satu ini. Karena ini adalah tempat dan waktunya kalian ngumpul bareng bersama para seller, bertukar pikiran, dan masih banyak lagi deh yang bisa Agan lakuin. Untuk itu, KASKUS mengundang Agan untuk ikutan:
Kumpul Seller KASKUS
a.k.a
KUSKUS
Quote:
Apa sih KUSKUS?
KUSKUS adalah sebuah kegiatan yang diadakan untuk mengundang Agan-agan para seller yang sudah berkecimpung di dunia jual beli KASKUS. Buat Agan yang udah profesional dalam sundul menyundul ataupun kalian yang baru punya niatan dan masih setengah hati untuk jualan, diperbolehkan banget untuk ikutan KUSKUS. Di sini kita bakal bahas apa aja yang menjadi keperluan kalian para seller. Enggak cuma itu, kita juga bakal sama-sama bahas fitur rekening bersama KASKUS alias BranKas. Sesi sharing-sharing sesama seller juga enggak bakal ketinggalan deh, Gan.
KUSKUS adalah sebuah kegiatan yang diadakan untuk mengundang Agan-agan para seller yang sudah berkecimpung di dunia jual beli KASKUS. Buat Agan yang udah profesional dalam sundul menyundul ataupun kalian yang baru punya niatan dan masih setengah hati untuk jualan, diperbolehkan banget untuk ikutan KUSKUS. Di sini kita bakal bahas apa aja yang menjadi keperluan kalian para seller. Enggak cuma itu, kita juga bakal sama-sama bahas fitur rekening bersama KASKUS alias BranKas. Sesi sharing-sharing sesama seller juga enggak bakal ketinggalan deh, Gan.
Quote:
KUSKUS bakal hadir dan diadain pada:
Rabu, 20 Januari 2016
11.00-13.00
di
KASKUS Playground
Menara Palma - Annex Building P11
Jl. H.R. Rasuna Said Blok X2 Kav. 6, Kuningan, Jakarta 12950, Indonesia
Rabu, 20 Januari 2016
11.00-13.00
di
KASKUS Playground
Menara Palma - Annex Building P11
Jl. H.R. Rasuna Said Blok X2 Kav. 6, Kuningan, Jakarta 12950, Indonesia
Quote:
Ada beberapa kegiatan yang bakal dilakukan nih. Cek dulu yuk susunan acaranya!
1. Presentasi fitur baru yang pasti bakal ngebantu jualan seller-seller KASKUS
2. Q&A
3. Makan siang bareng
4. Tour de KASKUS
5. Bagi-bagi Goodie Bag
1. Presentasi fitur baru yang pasti bakal ngebantu jualan seller-seller KASKUS
2. Q&A
3. Makan siang bareng
4. Tour de KASKUS
5. Bagi-bagi Goodie Bag
Jadi, makin pengen main dan ikutan KUSKUS dong? Nah, mending buruan deh daftar
DIMARI!
Sampai ketemu di KASKUS Playground ya, Gan!
Diubah oleh KASKUS.Editor 22-01-2016 10:34
0
29.9K
Kutip
338
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.8KThread•89.6KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya