- Beranda
- Surat Pembaca
Tokopedia: kok bisa seller2nya dibiarin cuek bebek & tak peduli pembeli ya?
...
TS
arrinknight
Tokopedia: kok bisa seller2nya dibiarin cuek bebek & tak peduli pembeli ya?
WELCOME TO MY THREAD
Quote:
Disclaimer:
*thread ini pengalaman pribadi saya berbelanja di tokopedia.
*saya domisili Jakarta.
*Tokopedia punya aturan 5 hari barang di proses, lewat dari 5 hari akan cancel otomatis.
*SHIFT X = BUKA SEMUA SPOILER
*maaf ya gambarnya gede2
*untuk membuka link, silakan tanda * dihilangkan.
*thread ini pengalaman pribadi saya berbelanja di tokopedia.
*saya domisili Jakarta.
*Tokopedia punya aturan 5 hari barang di proses, lewat dari 5 hari akan cancel otomatis.
*SHIFT X = BUKA SEMUA SPOILER
*maaf ya gambarnya gede2
*untuk membuka link, silakan tanda * dihilangkan.
Quote:
Ceritanya...
Quote:
Jadi, cerita ini dimulai ketika ada seorang pelanggan saya pada hari Jumat, 15 Januari 2016 memesan sebuah flatshoe kepada saya, seharga IDR 50.000 dan ongkir IDR 42.000 untuk tujuan ke Sumatera, karena tidak ada JNE YES, dia memilih JNE REG. Dia lalu mengatakan pada saya bahwa "saya butuh hari Kamis minggu depan, tanggal 21 Januari". Saya langsung buka akun Tokopedia saya, untuk memesan flatshoe yang dimaksud, dengan dropshipper atas nama saya.
Namun di toko langganan saya, ketika saya diskusi produk bertanya masih ada atau tidak barang tsb, penjualnya langsung memasukkan produk tsb ke gudang (alias kosong dan tidak ada stok), tanpa membalas diskusi produk saya. Saya kaget, padahal pembeli saya sudah membayar kepada saya. Saya lalu berinisiatif untuk mencari toko lain di Tokopedia, dengan produk yang sama.
Di sini malapetakanya dimulai...
Namun di toko langganan saya, ketika saya diskusi produk bertanya masih ada atau tidak barang tsb, penjualnya langsung memasukkan produk tsb ke gudang (alias kosong dan tidak ada stok), tanpa membalas diskusi produk saya. Saya kaget, padahal pembeli saya sudah membayar kepada saya. Saya lalu berinisiatif untuk mencari toko lain di Tokopedia, dengan produk yang sama.
Di sini malapetakanya dimulai...
Pengalaman #1: Clarisse Shoes @Tokopedia (tokop*edia.com/clarisseshoes/info)
Quote:
Saya mendapatkan toko ini dari fitur search. Saya melihat reviewnya bagus dan produk yg dijual sudah banyak sekali, bahkan ratingnya sudah tinggi, bahkan mendapatkan trofi (sebagai profile picture): ROOKIE OF THE YEAR 2015 TOKOPEDIA, dan tanpa ragu lagi, saya mencoba diskusi produk bertanya apakah masih ada size 37, namun tidak dijawab, dan beberapa pembeli lain yang diskusi produk juga tidak dijawab setelah sekian lama.Saya pikir okelah mungkin ada stoknya, sehingga saya beli dan langsung saya bayar pakai saldo saya. Oh ya, saya beli 2 buah produk yang sama dengan alamat berbeda, dan yg 1 sudah diproses langsung dikirim. Saya langsung berpikir hebat sekali penjualnya respek.
Namun...
Transaksi kedua ini yang bikin ribet, padahal saya pesan di hari yang sama walaupun jam berbeda.
Oke, saya kira besok hari Sabtu masih sempat kirim lah JNE kan tutup jam 2 siang di beberapa agennya, ya udah saya biarin, toh saya pesannya kesorean jam 15.42.
Sampai hari Senin-pun saya masih menunggu, saya lalu komplain di diskusi produk barang tsb, "sudah dikirim belum, soalnya customer saya butuh Kamis." tidak pernah ada balasan, dan saya terus menerus bertanya di diskusi produk sampai hari Selasa. (NB: saya belum sempat screenshot diskusi produknya, namun sudah dihapus oleh si seller clarisse shoes ini) karena saya terus menerus bertanya sampai hari Senin, 18 Januari 2016, saya masih bertanya, saya juga menyarankan cancel saja jika tidak ada barangnya atau belum dikirim, soalnya customernya butuh Jumat ini. saya mulai tidak tenang karena punya keyakinan seller ini tidak akan mengirimkan barang saya, jadi saya komplain ke Tokopedia:
Tokopedia lalu membalas:
Oke, saya pikir saya terlalu tidak sabar dan deg2an serta tidak tenang, saya mencoba untuk tenang dahulu. (walaupun entah kenapa hati saya berkata dana saya ditahan seller, karena sellernya tidak punya barang/belum kirim).
Esokan harinya, 19 Januari 2016 hari Selasa, saya mendesak pihak seller di diskusi produk lagi untuk mengirimkan barang, lalu dibalas:
Okelah, saya pikir dia punya admin resi/bagian resi, soalnya ada juga seller yang barang sudah sampai di tempat saya namun belum dimasukkan nomor resinya ke tokopedia, saya takut dananya tidak sampai ke seller jadi saya pesan untuk segera masukin resi nanti saya langsung konfirm penerimaan barang.
PADA AKHIRNYA, HARI RABU 20 JANUARI 2016..
SELLER CLARISSE SHOES MASIH BELUM MEMASUKKAN RESINYA, TIBA2 SAJA DICANCEL DENGAN ALASAN YANG MENURUT SAYA LUCU SEKALI, KONTRADIKSI DARI ALASAN SEBELUMNYA DI ATAS (DISKUSI PRODUK):
Oke, saya kena 'bohong' si seller yang tadinya bilang udah kirim, lalu menahan dana saya, dan akhirnya hari terakhir (batas waktu 5 hari proses, dari tanggal pembelian 15 Januari - 20 Januari sekarang) dicancel oleh seller, bukan sistem (karena belum jam 00.00), dengan alasan yang sangat lucu.
Kenapa bukan dari awal di cancel ya? Lucu sekali seller tidak profesional ini. Diskusi produk tidak dibalas sama sekali, sekalinya di balas malah kebohongan, lalu dana buyer dipermainkan, lalu di cancel dengan alasan yg mungkin bohong juga (saya pikir stoknya habis mungkin namun seller tidak mau memberitahukan sama sekali)sebagai dropshipper saya tidak enak hati oleh customer saya soalnya butuhnya Kamis malah di cancel sekarang, Rabu. Nama saya sebagai dropshipper jadi jelek di mata customer yang ini. Parah sekali.
Spoiler for 1:
Namun...
Transaksi kedua ini yang bikin ribet, padahal saya pesan di hari yang sama walaupun jam berbeda.
Spoiler for 2:
Oke, saya kira besok hari Sabtu masih sempat kirim lah JNE kan tutup jam 2 siang di beberapa agennya, ya udah saya biarin, toh saya pesannya kesorean jam 15.42.
Sampai hari Senin-pun saya masih menunggu, saya lalu komplain di diskusi produk barang tsb, "sudah dikirim belum, soalnya customer saya butuh Kamis." tidak pernah ada balasan, dan saya terus menerus bertanya di diskusi produk sampai hari Selasa. (NB: saya belum sempat screenshot diskusi produknya, namun sudah dihapus oleh si seller clarisse shoes ini) karena saya terus menerus bertanya sampai hari Senin, 18 Januari 2016, saya masih bertanya, saya juga menyarankan cancel saja jika tidak ada barangnya atau belum dikirim, soalnya customernya butuh Jumat ini. saya mulai tidak tenang karena punya keyakinan seller ini tidak akan mengirimkan barang saya, jadi saya komplain ke Tokopedia:
Spoiler for 3:
Tokopedia lalu membalas:
Spoiler for 4:
Oke, saya pikir saya terlalu tidak sabar dan deg2an serta tidak tenang, saya mencoba untuk tenang dahulu. (walaupun entah kenapa hati saya berkata dana saya ditahan seller, karena sellernya tidak punya barang/belum kirim).
Esokan harinya, 19 Januari 2016 hari Selasa, saya mendesak pihak seller di diskusi produk lagi untuk mengirimkan barang, lalu dibalas:
Spoiler for 5:
Okelah, saya pikir dia punya admin resi/bagian resi, soalnya ada juga seller yang barang sudah sampai di tempat saya namun belum dimasukkan nomor resinya ke tokopedia, saya takut dananya tidak sampai ke seller jadi saya pesan untuk segera masukin resi nanti saya langsung konfirm penerimaan barang.
PADA AKHIRNYA, HARI RABU 20 JANUARI 2016..
SELLER CLARISSE SHOES MASIH BELUM MEMASUKKAN RESINYA, TIBA2 SAJA DICANCEL DENGAN ALASAN YANG MENURUT SAYA LUCU SEKALI, KONTRADIKSI DARI ALASAN SEBELUMNYA DI ATAS (DISKUSI PRODUK):
Spoiler for 6:
Oke, saya kena 'bohong' si seller yang tadinya bilang udah kirim, lalu menahan dana saya, dan akhirnya hari terakhir (batas waktu 5 hari proses, dari tanggal pembelian 15 Januari - 20 Januari sekarang) dicancel oleh seller, bukan sistem (karena belum jam 00.00), dengan alasan yang sangat lucu.
Kenapa bukan dari awal di cancel ya? Lucu sekali seller tidak profesional ini. Diskusi produk tidak dibalas sama sekali, sekalinya di balas malah kebohongan, lalu dana buyer dipermainkan, lalu di cancel dengan alasan yg mungkin bohong juga (saya pikir stoknya habis mungkin namun seller tidak mau memberitahukan sama sekali)sebagai dropshipper saya tidak enak hati oleh customer saya soalnya butuhnya Kamis malah di cancel sekarang, Rabu. Nama saya sebagai dropshipper jadi jelek di mata customer yang ini. Parah sekali.
Kembali ke customer saya...
Quote:
Saya dengan berat hati memohon maaf kepada customer saya. Customer saya agak marah. Ya sudahlah, terima kasih Clarisse Shoes sudah membuat saya jelek jadinya.
Oke, di hari yang sama ketika saya dimarahin oleh customer pertama saya, tiba2 ada customer baru, namun masih produk yg sama. Dia berdomisili Jakarta, memesan flatshoe tersebut kepada saya untuk hari Sabtu. Oke, saya sudah kesal dengan Clarisse Shoes, saya mencari toko lain (karena toko langganan saya masih habis stoknya).
Di sini mulai lagi, sudah jatuh ketimpa tangga pula..
Oke, di hari yang sama ketika saya dimarahin oleh customer pertama saya, tiba2 ada customer baru, namun masih produk yg sama. Dia berdomisili Jakarta, memesan flatshoe tersebut kepada saya untuk hari Sabtu. Oke, saya sudah kesal dengan Clarisse Shoes, saya mencari toko lain (karena toko langganan saya masih habis stoknya).
Di sini mulai lagi, sudah jatuh ketimpa tangga pula..
Pengalaman #2: Bryan's Shoes @Tokopedia (tokop*edia.com/bryan-shoes/info)
Quote:
Saya lihat reviewnya bagus, bahkan dapat trofi "TOP COMMITMENT SELLER 2015"dari Tokopedia juga. Ya sudah, saya pesan di toko ini. Saya bayar via klikpay.
Bodohnya saya adalah alamatnya salah, harusnya di Jakarta malah ke Sumatera (customer yg pertama yg marah tadi), haduh, bodohnya saya tidak cek dulu, baru kali ini saya melakukan kesalahan fatal ini, karena terlalu buru2. Saya inisiatif menelpon Tokopedia di nomor CS nya untuk membatalkan pesanan, lalu dijawab mereka tidak bisa melalukan apa2 karena itu sudah hak seller yg cancel. Oke, saya lalu menghubungi sellernya untuk meminta agar cancel dulu nanti saya order lagi dengan alamat yang baru, sambil saya meminta maaf atas kecerobohan saya (saya kirim pesan berkali2 karena tidak ditanggepin sellernya):
Sama sekali tidak dibalas!!
Saya lalu ke layanan pelanggan Tokopedia, namun sama sekali tidak dibalas juga oleh pihak toped:
Saya sangat merasa kena sial, karena tiba2 saja pesanan sudah di proses (berarti penjualnya tidak membaca surat2 saya sama sekali loh):
Iseng, saya lalu melihat diskusi produk toko ini, lalu mengejutkan memang, TIDAK ADA SATUPUN DISKUSI PRODUK YANG DIBALAS, SILAKAN CEK LINK BERIKUT-> tokop*edia.com/bryan-shoes/talk
bahkan ada yg mengatakan..:
TIDAK ADA REVIEW YANG DIBALAS JUGA -> tokope*dia.com/bryan-shoes/review
Ya, memang ada "aturan sendiri" dari toko tsb: no cancel.
Jadi mau apapun alasannya, seller ini seakan berkata: kalian udah beli ya jangan cancel dan saya sbg seller juga tidak akan menerima pesan/diskusi produk/apapun itu, saya sbg seller hanya fokus pada keuntungan dan pesanan yg masuk, mau alasannya apapun juga kalian tidak akan bisa cancel karena saya sbg seller yg punya kuasa, kalau salah alamat, tetap diproses dan dikirim ke alamat tsb, kalian beli lagi dengan alamat yg benar (alias 2x kirim). persetan kalian salah alamat yg penting saya untung.Oke, pantas saja tokopedia memberikan trofi TOP COMMITMENT SELLER.
Spoiler for 7:
Bodohnya saya adalah alamatnya salah, harusnya di Jakarta malah ke Sumatera (customer yg pertama yg marah tadi), haduh, bodohnya saya tidak cek dulu, baru kali ini saya melakukan kesalahan fatal ini, karena terlalu buru2. Saya inisiatif menelpon Tokopedia di nomor CS nya untuk membatalkan pesanan, lalu dijawab mereka tidak bisa melalukan apa2 karena itu sudah hak seller yg cancel. Oke, saya lalu menghubungi sellernya untuk meminta agar cancel dulu nanti saya order lagi dengan alamat yang baru, sambil saya meminta maaf atas kecerobohan saya (saya kirim pesan berkali2 karena tidak ditanggepin sellernya):
Spoiler for 8:
Sama sekali tidak dibalas!!
Saya lalu ke layanan pelanggan Tokopedia, namun sama sekali tidak dibalas juga oleh pihak toped:
Spoiler for 9:
Saya sangat merasa kena sial, karena tiba2 saja pesanan sudah di proses (berarti penjualnya tidak membaca surat2 saya sama sekali loh):
Spoiler for 9:
Iseng, saya lalu melihat diskusi produk toko ini, lalu mengejutkan memang, TIDAK ADA SATUPUN DISKUSI PRODUK YANG DIBALAS, SILAKAN CEK LINK BERIKUT-> tokop*edia.com/bryan-shoes/talk
bahkan ada yg mengatakan..:
Spoiler for 10:
TIDAK ADA REVIEW YANG DIBALAS JUGA -> tokope*dia.com/bryan-shoes/review
Ya, memang ada "aturan sendiri" dari toko tsb: no cancel.
Jadi mau apapun alasannya, seller ini seakan berkata: kalian udah beli ya jangan cancel dan saya sbg seller juga tidak akan menerima pesan/diskusi produk/apapun itu, saya sbg seller hanya fokus pada keuntungan dan pesanan yg masuk, mau alasannya apapun juga kalian tidak akan bisa cancel karena saya sbg seller yg punya kuasa, kalau salah alamat, tetap diproses dan dikirim ke alamat tsb, kalian beli lagi dengan alamat yg benar (alias 2x kirim). persetan kalian salah alamat yg penting saya untung.Oke, pantas saja tokopedia memberikan trofi TOP COMMITMENT SELLER.
Jadi, Tokopedia atas dasar apa bisa memberikan trofi kepada kedua seller yg tidak profesional serta cuek bebek tersebut?
Atau jangan2 seller yg memakai profil picture trofi dari tokopedia secara sengaja?
Padahal mereka berdua sudah ribuan transaksi, masa tidak ada yg care pada pembeli?
Dan hebatnya setiap kali saya tanya tokopedia, pihak tokopedia selalu berasalan: itu hak seller, kami tidak bisa melakukan apa2, silakan diskusikan dengan seller.
LAH WONG SELLERNYA AJA BALES JUGA KAGA DICUEKIN IYA..
Terima kasih tokopedia, you made my bad luck day. Rugi nama baik sbg dropshipper, rugi waktu dan pulsa buat nelpon tokopedia yg solusinya sama saja: itu hak seller, kami tidak bisa berbuat apa2.
0
30.8K
Kutip
100
Balasan
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
13.1KThread•2.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok