efrayim28Avatar border
TS
efrayim28
Mengenal Operator - operator TransJakarta Busway
Para Sobat Kaskuser sudah tahu kah kalau Transportasi kebanggaan masyarakat Jakarta ini dikelola berbagai macam operator ? Berbeda dengan Commuter Line yang hanya single operator. Operator TransJakarta terdiri atas konsorsium Bis Kota (Operator seperti Mayasari Bakti, PPD, Steady Safe, dll), maupun Bis AKAP (Lorena, Primajasa, dan DAMRI). Lantas bagaimana cara kita mengetahui operator - operator tersebut ? Oke
perhatikan gambar berikut :




Perhatikan kotak merah yang ada pada gambar tersebut, disitu tertulis BMP 061. Itu artinya armada itu adalah armada milik PT. Bianglala Metropolitan dengan nomor body 61. Lalu, apa saja operator - operator di TransJakarta itu ? Akan saya paparkan di bawah ini :

1. PT. Jakarta Ekspress Trans (JET), sudah tidak menjadi Operator sejak bulan Juni 2013

Yang pertama ialah PT. Jakarta Ekspress Trans (JET), mulai beroperasi pada tahun 2004 dan pensiun pada tahun 2013. Dahulu, PT. Jakarta Ekspress Trans merupakan operator TransJakarta Koridor 1 (Blok M - Kota). Karena keterbatasan jumlah bus, armada PT. JET ini sering diperbantukan untuk melayani Koridor 6 (Ragunan - Dukuh Atas) dan Koridor 10 (PGC - Tanjung Priok), serta Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) ketika hari minggu bertukar dengan BMP / TMB. Armada yang dimiliki oleh PT. JET adalah Mercedes Benz OH 1521 Intercooler dan Hino RG. Saat ini armada - armada eks PT. JET dioperasionakan sebagai AMARI (Angkutan Malam Hari) TransJakarta yang dioperatori oleh PT. Bianglala Metroplitan (BMP).

2. PT. Trans Batavia (TB), habis kontrak pada Januari 2016

Operator kedua TransJakarta yaitu PT. Trans Batavia (TB), mulai beroperasi pada tahun 2006 dan pensiun pada tahun 2016 karena kontraknya yang telah habis. PT. Trans Batavia merupakan Operator Konsorsium yang terdiri dari PT. Mayasari Bakti, Perum PPD, PT. Steady Safe.Tbk, PT. Bianglala Metropolitan, dan PT. Metro Mini. Dahulu, PT. Trans Batavia merupakan operator TransJakarta Koridor 2 (Pulogadung - Harmoni). Koridor 2A (Pulogadung - Kalideres), dan Koridor 3 (Kalideres - Pasar Baru). Armada yang dimiliki oleh PT. TB adalah Bus Daewoo BH115E dan Bus Hino RK1JSML.


3. PT. Jakarta Trans Metropolitan (JTM)


Selanjutnya adalah PT. Jakarta Trans Metropolitan (JTM), mulai beroperasi pada tahun 2007. PT. JTM merupakan Operator Konsorsium yang terdiri dari PT. Mayasari Bakti, Perum PPD, PT. Steady Safe.Tbk, dan PT. Bianglala Metropolitan. PT. JTM merupakan Operator TransJakarta Koridor 4 (Pulogadung - Dukuh Atas), Koridor 6 (Ragunan - Dukuh Atas), dan Koridor 6A (Ragunan - MONAS). Pada tahun 2015, PT. JTM mendapatkan hibah 30 armada baru dari Perum PPD bermerk Hino RK8 R260 berbody Trisakti Ultima yang sejatinya dioperasikan pada layanan TransJabodetabek. Armada yang dimiliki oleh PT. JTM adalah Daewoo BH115E, Hyundai Hi Class, dan Hino RK8 R260.


4. PT. Jakarta Mega Trans (JMT)


Operator selanjutnya adalah PT. Jakarta Mega Trans (JMT), mulai beroperasi pada tahun 2007. PT. JMT merupakan Operator Konsorsium yang teridri dari PT. Mayasari Bakti, Perum PPD, PT. Steady Safe.Tbk, dan PT. Pahala Kencana. PT. JMT merupakan Operator TransJakarta Koridor 5 (Kampung Melayu - Ancol), Koridor 7A (PGC - Harmoni), dan Koridor 7B (PGC - Ancol). Armada yang dimiliki oleh PT. JMT adalah Daewoo BH115E, Hyundai Hi Class, Bus Gandeng Huanghai, dan Bus Gandeng Komodo.


5. PT. Ekasari Lorena Transport (LRN)

Selanjutnya adalah PT. Ekasari Lorena Transport (LRN), mulai beroperasi pada tahun 2008. Lorena meupakan Operator TransJakarta Koridor 5 (Kampung Melayu - Ancol) dan Koridor 7 (Kampung Rambutan - Kampung Melayu). Armada yang dimiliki oleh Lorena adalah Hino RK1JSNL dan Bus Gandeng Komodo.


6. PT. Primajasa Perdanaraya Utama (PP)

Operator selnjutnya adalah PT. Primajasa Perdanaraya Utama (PP), mulai beroperasi pada tahun 2008. Primajasa merupakan Operator TransJakarta Koridor 8 (Lebak Bulus - Harmoni) dan Koridor 8A (Grogol - Harmoni). Armada yang dimiliki oleh Primajasa adalah Hino RK1JSNL.


7. PT. Trans Mayapada Busway (TMB)


Selanjutnya adalah PT. Trans Mayapada Busway, mulai beroperasi pada tahun 2010. PT. TMB merupakan Konsorsium yang terdiri dari PT. Mayasari Bakti dan Perum PPD. PT. TMB merupakan operator TransJakarta Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit), Koridor 9A (PGC - Grogol), dan Koridor 10 (PGC - Tanjung Priok). Armada yang dimiliki oleh PT. TMB adalah Hyundai Aero dan Bus Gandeng Komodo.


8. PT. Bianglala Metropolitan (BMP)

Operator selanjutnya adalah PT. Bianglala Metropolitan (BMP), mulai beroperasi pada tahun 2010. Bianglala merupakan Operator TransJakarta Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit), Koridor 9A (PGC - Grogol), Koridor 10 (PGC - Tanjung Priok), Koridor 12 (Penjaringan - Tanjung Priok), dan AMARI (Angkutan Malam Hari). Armada yang dimiliki oleh Bianglala yaitu Hyundai Aero, Bus Gandeng Komodo, Bus Gandeng Ankai, Bus Gandeng Inobus, serta Bus eks PT. JET yaitu Hino RG dan Mercedes Benz OH 1521 Intercooler.


9. Perum DAMRI (DMR / DAMRI)

Selanjutnya adalah Perum DAMRI, mulai beroperasi pada tahun 2011 sebagai Operator TransJakarta Koridor 11 (Pulogebang - Kampung Melayu). Dua tahun kemudian, DAMRI membeli armada sendiri bermerk ZhongTong dan menjadi Operator Koridor 1 (Blok M - Kota) dan Koridor 8 (Lebak Bulus - Harmoni). Armada yang dimiliki oleh DAMRI yaitu Bus Gandeng Inobus (Bus Milik Pemda DKI), serta Bus Gandeng ZhongTong (100% milik DAMRI).


10. PT. Transportasi Jakarta (TJ)

BUMD berntukan Pemprov DKI Jakarta ini mulai menjadi operator pada tahun 2014, sebelum menjadi PT, operator ini sempat bernama BLU TransJakarta, kemudian berubah menjadi UP TransJakarta, kemudian menjadi BUMD dan berganti nama menjadi PT. Transportasi Jakarta. Hampir tiap Koridor telah dioperatori oleh PT. TJ. Armada yang dimiliki oleh PT. TJ yaitu Hino RK8 R260, Ankai Single, Bus Gandeng Ankai, Bus Gandeng Yutong, Bus Gandeng ZhongTong, dan yang terbaru Bus Gandeng Scania.

11. PT. Koperasi Angkutan Jakarta (KOPAJA)

Operator KOPAJA mulai menjadi Operator pada tahun 2015. KOPAJA merupakan operator BKTB / Feeder Busway, Koridor 4 (Pulogadung - Dukuh Atas), dan Koridor 6 (Ragunan - Dukuh Atas). Armada yang dimiliki oleh KOPAJA adalah Toyota Dyna, Isuzu NKR71, Mitshubishi Fuso Canter.


12. Perum PPD

Perum PPD mulai bergabung menjadi operator pada tahun 2015. Sebelumnya, Perum PPD merupakan operator TransJabodetabek yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Perhubungan. Selang beberapa bulan, Perum PPD mengikatkan kontrak dengan PT. Transportasi Jakarta dalam hal pengoperasian TransJakarta Busway dan TransJabodetabek, serta sistem pembayaran Rupiah per Kilometer. Saat ini Perum PPD menjadi operator TransJakarta Busway Koridor 2 dan 3 serta operator untuk layanan TransJabodetabek.

Armada yang dimiliki oleh Perum PPD adalah Hino RK8 R235 (Untuk operasional APTB), Hino RK8 R260 (Untuk operasional TransJabodetabek dan TransJakarta Koridor 2 & 3), Inobus Single 290 PS (Belum beroperasi), Ankai HFF6180G02D Articulated Bus (Belum beroperasi), dan BCI FBC6181BLNZ2 (Belum beroperasi)


13. PT. Mayasari Bakti (MB)


PT. Mayasari Bakti mulai menjadi operator TransJakarta Busway pada bulan April 2016 dengan mengoperasikan Bus Gandeng Scania K320ia. Awalnya PT. Mayasari Bakti menjadi operator Koridor 1, namun sekarang PT. Mayasari Bakti telah resmi menjadi operator Koridor 2B (Pulogadung - Kalideres), Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit), Koridor 9A (PGC - Grogol), dan Koridor 10 (PGC - Tanjung Priok).



Sekian postingan kali ini, tak lupa saya mengharapkan Kritik dan Saran yang membangun untuk postingan ini. Terima kasih telah mengunjungi thread saya dan membaca postingan ini.

DAFTAR PUSTAKA :
Sumber Armada bus
Sumber Armada bus
Sumber blog

Jangan lupa Rate & Cendolnya gan hehe emoticon-Smilie emoticon-Toast

Diubah oleh efrayim28 13-05-2016 13:29
0
27.8K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.