Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
876
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5613c43a56e6afbc558b4595/saat-siswa-mem-bully-pahlawan-tanpa-tanda-jasa
Gan, ada yang berkecimpung di dunia pendidikan, nggak? Kalau ada, apakah agan merasakan hal yang sama? Jujur ane belum lama berkecimpung di dunia pendidikan. Tapi, ada hal yang membuat hati seperti
Lapor Hansip
06-10-2015 19:53

Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Past Hot Thread
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Quote:
Gan, ada yang berkecimpung di dunia pendidikan, nggak? Kalau ada, apakah agan merasakan hal yang sama?

Jujur ane belum lama berkecimpung di dunia pendidikan. Tapi, ada hal yang membuat hati seperti tersayat. Sebegitu bejadkah perkembangan zaman?

Ane menggunakan kata bejad setelah melihat dan merasakan sendiri bagaimana drastisnya perubahan siswa siswi era kekinian. Dulu, zaman ane SD tahun 90an, murid-murid sangat khidmat terhadap guru. Tapi, siswa zaman sekarang malah menjadikan guru mereka sebagai bahan bullyanemoticon-Berduka (S)

Berikut beberapa hal yang ane alami dan rasakan selama menjadi seorang pengajar di sebuah sekolah dasar, gan:


Quote:
Murid menertawai kekurangan guru

Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Agan masih ingat pepatah "guru kencing berdiri, murid kencing berlari"?

Pepatah di atas nampaknya menekankan bahwa guru harus sempurna karena ia digugu dan ditiru. Lantas ketika seorang guru sudah berusaha bersikap baik, tapi perilaku murid (maaf) berantakan, apakah guru masih harus dipersalahkan? Mungkin saja perilaku tidak baik itu diwariskan oleh guru informal macam orangtua di rumah.

Di tempat ane mengajar, ada seorang guru yang memiliki kekurangan fisik. Beliau bertutur bahwa dirinya sempat menjadi bahan tertawaan siswa saat sedang upacara. Hal itu berlangsung cukup lama. Sungguh miris keadaan siswa yang seperti itu. Mereka tidak bisa belajar berempati terhadap kekurangan orang yang ada di sekitarnya.


Quote:
Menulis kalimat ejekan

Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Tidak hanya menertawai kekurangan fisik gurunya, siswa juga berani menuliskan kalimat ejekan secara terang-terangan di lembar jawaban ujian tengah semester.

Bisa agan bayangkan bagaimana hancurnya moral anak bangsa jika terhadap gurunya saja mereka nggak punya tata krama. Maka nggak aneh juga jika belakangan ini marak pemberitaan murid membunuh teman satu sekolahnya karena terhadap yang lebih tua saja mereka berani menunjukkan sikap seperti itu.


Quote:
Mengejek guru secara lisan

Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Rupanya tulisan kurang cukup buat anak murid zaman sekarang dalam mengekspresikan rasa tidak suka mereka terhadap guru. Seringkali mereka mengejek guru di dalam kelasemoticon-Frown

Ejekan itu berupa panggilan tidak hormat seperti Mr Bean atau mengganti nama panggilan dengan kata tidak pantas.


Quote:
Sekian dulu tret ane, gan. Semoga tret singkat ini bisa jadi gambaran singkat buat agan sekalian bahwa kondisi generasi penerus bangsa sangatlah memprihatinkan. Dan semua kejadian di atas (sekali lagi) dilakukan oleh siswa sekolah dasar, gan. Jadi bisa dibayangkan juga kemungkinan yang terjadi di level yang lebih tinggi.

Jangan cuma jadi pembaca sunyi, ya! Komen agan sangat berarti buat menciptakan sebuah diskusiemoticon-Smilie
So, ditunggu komen dan share pengalamannya, gan!

Jangan lupa ritual Kaskuser untuk emoticon-Rate 5 Star dan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) serta HINDARI pelemparan emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh anwar04
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 45
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 08:59
murid kurang ajar emoticon-Mad
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 09:02
pas ane sma dulu temen ane sring ngebully sama perkataan tpi ga diucapin langsung emoticon-Ngakak ngedumel
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 09:06
Quote:Original Posted By dolphins.27


ente berbicara konteks satu guru gan? kalo ya, ane gak masalah... kenapa gan dgn generasi 90an yg jadi guru?
ane guru gan... main ke tempat mengajar ane sini, akan ane kasih tau sesunggugnya di lapangan kejadian bagaimana... oknum guru yg menganiyaya murid? kita bicara 1 guru yaaa jd jangan sama ratakan...
hukum coak rambut pun di sekolah ane gak ada, di skolah ane murid di kasih kesempatan mencukur rambutnya dan di talangin dr uang kas atau guru, kekerasan macan coak rambut itu yg biasanya melekat di ingatan peserta didik...


Satu guru dan beberapa guru disini.bukan menyamaratakan.sejak renumerisasi guru banyak anak yg kuliah di ikip.tapi bkn krn mrk mau ngabdi lbh kepada disuruh ortu krn gajinya gedi klo jd pns.guru yg lahir thn 90 an keatas.bkn kekerasan dlm mengajar tapi lebih kepada tdk peduli dengan yg diajar.mungkin tahun2 pertama ngajar masih semangat selanjutnya uda capek dan lebih kpd mementingkan nilai akademis.beratnya sekolah sekarang.anda ngajar dimana?pasangan saya dan mertua juga guru.
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 09:13
anak jaman skarang kbanyakan nonton sinetron sm anime
bnyk anime yang bertemakan pemberontakan untuk mendapat pengakuan
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 09:19
Yah mungkin muridnya sudah tidak kenal takut sama gurunya
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 09:27
Alhamdulillah ane gak pernah ngebully guru dan ane jg mengajarkan anak2 ane supaya sayang jg sama gurunya emoticon-Smilie
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 09:28
Quote:Original Posted By xelouw


Pertama yg harus ente tau ., ane bukanlah orangtua..
Ane gak ngejudge semua guru itu goblok , baca lagi dan pahami emoticon-shakehand
Ane kira udah cukup debat sama ente..
Dari tulisan ente aja ane udah bisa nilai guru macem apa ente ini.. emoticon-Cape deeehh
Lebih bagus ente berhenti jadi guru klo udah gak sanggup ngedidik murid daripada ente ngeluh di dumay emoticon-fuck



ane gak ngerasa debat gan sama ente emoticon-Ngakak
kata2 ane apa ada ngeluh dr td emoticon-Ngakak
ente nyuruh berhenti ane jd guru.. emg ente bisa cari kerjaan baru ke ane? emoticon-Cape deeehh
kerja yg bener
berdoa yg banyak biar suatu saat bisa mendidik anak juga di rmh
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 09:42
jadi guru emang musti sabar
dlu ane dan temen2 di sekolah punya julukan buat beberapa guru
tapi skrg setelah kita dewasa, kita sangat menghargai guru-guru tersebut
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:09
Quote:Original Posted By dolphins.27


ane gak ngerasa debat gan sama ente emoticon-Ngakak
kata2 ane apa ada ngeluh dr td emoticon-Ngakak
ente nyuruh berhenti ane jd guru.. emg ente bisa cari kerjaan baru ke ane? emoticon-Cape deeehh
kerja yg bener
berdoa yg banyak biar suatu saat bisa mendidik anak juga di rmh

Hadeh guru macem ape si luh emoticon-Cape deeehh

0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:12
ane masih SMA gan. dan temen2 ane terutama anak tongkrongan ya so pasti ngelakuin hal tsb emoticon-Marah

ane nggak gitu lho gan emoticon-Cool
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:21
ane pernah ngebully guru gan.... taun 2004 ... dia cewek, masih muda, cantik pula...

pernah ane berpapasan pas jalan ke kantin.... ane panggil "Mari bu guru cantiiik"

gitu gan... ane dosa nggak? emoticon-Mewek
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:21
ane jadi ngerasa bersalah, dlu guru IPS smk ane slalu ane bully
tp ane sama dia saling bully sih wkakakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:25
kalo ane dulu pling ngedumel dalem ati kalo lagi kesel ama guru... gak berani ngebully
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:32
dulu jaman ane sekolah pernah gitu gan, biasanya hal itu terjadi lantaran siswanya kesel sama cara mengajar. paling banter ngasih julukan ke guru, tapi ga sampe ngata2in ke gurunya langsung.
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:33
jaman sekarang gan... semuanya pasti dicontoh dari media... di tv (sinetron) sering digambarkan guru yang dikerjain (dibully) sama muridnya... makanya itu banyak "ababil" yang mencontoh... emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:33
Sebenernya ini masalahnya mulai dari ortu, sampai guru sendiri. Kalau ortu sama guru gak mengajarkan anak dengan kata2 kasar atau merendahkan, dan lebih mengapresiasi anak, anak-anak juga akan belajar dari sana.

Makanya di suatu sekolah ada guru yang di sebelin, dan ada yang disukain kan. Karena guru2 ini meng-encourage siswa, bukan bikin down kaya ulangan jelek dibilang goblok, atau disuruh maju dan dipermalukan di depan kelas. Kalau bahkan attitude guru masih suka mem-bully, maka siswa juga begitu dan bisa lebih parah.

Guru kencing berdiri, murid kencing berlari
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:40
Pahlawan tanpa tanda jasa itu mereka yg mengabdi di pedalaman demi cerdasnya anak Indonesia, dan yg sering terlambat menerima rapelan gaji. Kalau yg dikota2 besar, ya gitu deh..... Jd kalau di bully ya udah resiko. Kalau gak mau dibully jadilah guru yg cerdas & bijaksana.
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:45
jadi guru mesti 100% passion gan! kalo ga, bisa kurus kbanyakan makan ati busuk terus tiap hari... murid2 mah dari dulu juga gitu cuman sekarang emg makin parah
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:46
beda dulu sama sekarang gan, dulu misalnya kita nakal di kelas kalau di tegur guru dan di hukum pasti kita nurut karena kita menyadari kita emang salah, nah sekarang kalo ada kasus kaya gitu bisa bisa guru nya yg kena tuntut padahal siswanya yg salah emoticon-No Hope
0 0
0
Saat Siswa Mem-bully Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
20-01-2016 10:48
ya gan.. dulu kan jamannya pakdhe harto yang di benci orang2 ya jelas lah didikannya kayak gimana.. disiplinnya kayak gimana.. emoticon-Betty

dulu guru nampol muridnya gpp gan.. gak di gembor2in emoticon-Cool sekarang nyubit dikit jewer dikit udah masuk koran di kecam banyak orang.. di pidana lagi emoticon-Cool

sekarang ya bebas.. gan.. situ juga harus ngikutin jaman.. gak bisa ngikutin jaman pakdhe harto yang di benci orang2 lagi.. emoticon-Cool
0 0
0
Halaman 10 dari 45
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia