jawamotorsportAvatar border
TS
jawamotorsport
Rekrutmen AKR Corporindo ini asli atau palsu?
Permisi gan, pagi ini jam 6 ane dapet email undangan test dari PT. AKR Corporindo,
begini isinya:

Halaman 1:


Halaman 2:


Halaman 3:


Halaman 4:


Halaman 5:


Halaman 6:


Halaman 7:


Ya, awalnya saya senang menerima email ini, lalu saya tanyakan telpon ke nomer bersangkutan langsung pagi ini juga. Katanya harus konfirmasi kehadiran dulu sesuai dg isinya. Setelah saya konfirmasi kehadiran lalu saya disuruh konfirmasi ke pihak travel yg ada di undangan tsb. Nah oleh pihak travel saya disuruh transfer biaya tiket, akomodasi, hotel untuk reimbursment dulu, lalu setelah sampai di lokasi akan diganti oleh panitia katanya tujuannya biar panitia gak rugi setelah tiket dikirim dan hotel dibooking tapi tiba-tiba peserta tidak bisa hadir dll. Oke saya transfer tiket 1.630.000 untuk tiket PP ke lokasi di Balikpapan. Oke setelah saya transfer, lalu pihak travel menghubungi saya lagi untuk transfer biaya hotel dan akomodasi selama test di Balikpapan sebesar Rp. 2.250.000, oke saya sudah tranfer semuanya.
Nah setelah saya transfer semuanya lalu saya dihubungi oleh pihak travel agar dilakukan pengecekan dan print tiket lewat ATM. Karena semua biaya tiket dan hotel serta akomodasi lain sudah diurus dan buktinya akan dikirim email ke saya. Nah disini saya lalu dipandu untuk melakukan pengecekan tiket dan print tiket lewat ATM. Pada saat dipandu itu masuk ke menu transfer ke rekening sesama bank yg saya pakai dg kode2 tertentu yg katanya tidak akan mengurangi saldo.
Sebagai informasi sebelumnya saya transfer ke nomer rekening B*I sedangkan saya pakai atm bank lain. Dia si orang travel tanya saldo saya berapa (kok aneh?) dan ini menurut saya kok mengarah ke transfer uang lagi dg nominal angka lebih besar. Ketika saya tanyakan ke orang travel, itu hanya kode bukan transfer. Behubung saya pakai bank lain selain B*I, maka dia nyaranin masukkan kode di menu nominal transfer, yg kodenya 0019225600 katanya ini memang kode dari tiket agar bisa melihat dan print tiket di ATM. Nah dari sini saya merasa janggal, memangnya saya semudah itu dibodohin agar transfer uang lebih besar kode itu kan berarti nominal transfer uang senilai Rp. 19.225.600 nah loh. Langsung saya cancel saja dan saya beralasan ATM sedang error, dia sepertinya ngotot dan tidak percaya mana mungkin ATM bisa error.
Lalu kemudian si orang travel ini nelpon saya lagi sambil dipandu katanya. Lalu saya tanya, kenapa kok tiket dan bukti akomodasi lainnya tidak diemail ke saya? kan sesuai yg tercantum di undangan katanya tiket bakalan diemail ke saya.
Tapi si orang travel itu ini memang sudah prosedur dan dia tetep ngotot meminta saya agar memasukkan kode tersebut ke menu transfer agar dapat melihat dan print tiket di atm, baru kemudian dia kirim email ke saya. Nah loh tambah makin gak percaya ini, lalu saya tanyakan lagi hal yg sama ke dia "ini kan sama saja dg transfer uang ke sesama bank" dia jawab "bukan, ini hanya kode check agar dapat melihat dan print bukti tiket dan tidak akan mengurangi saldo", lalu saya jawab lagi "ya sudah saya mundur saja dari test ini dan tolong kembalikan uang saya." Lalu si orang travel itu menjawab "ya sudah tidak apa-apa, tapi nanti biaya akan dipotong karena telah membatalkan tiket" saya jawab "oke gpp" dia jawab lagi "biaya akan direfund dalam 7x 24 jam". Dia bilang lagi "semua peserta selain anda bisa kok melakukan check tiket dan print lewat ATM,dan ini memang prosedurnya karena memang ini bukan perorangan dan ini perusahaan besar"

Jadi uang saya tiket dan hotel serta akomodasi yg telah saya transfer, Rp.1.630.000 + Rp.2.250.000 = Rp.3.880.000 pagi ini ke rekening 0448-01-001182530 atas nama pribadi Zamilah bank BRI. Katanya akan direfund dalam 7x24jam karena saya telah mengundurkan diri, tapi bakal dipotong karena tiket telah dicancel. Sebagai informasi posisi saya di Jawa dan tempat test di Balikpapan Kaltim. Satu hal lagi yg janggal dari surat undangan ini, kalaupun ini perusahan besar kenapa tidak mencantumkan nomor telepon dan email resmi perusahaan di kop suratnya, tetapi hanya mencantumkan nomer telepon perorangan? Setelah saya check alamat emailnya yg saya terima adalah berasal dari: hrd@akr-corporindo.com tapi saya check di google alamat emailnya beda, yaitu : hrd@akrcorporindo.info dan alamatnya bukan di Balikpapan seperti yg tercantum dalam undangan, tapi di Wisma AKR 8th Floor Jl. Panjang No. 5 Kebon Jeruk Jakarta Barat 11530. Awalnya saya pikir itu cabang Balikpapan gan.

Saya taunya dari laman FB ini gan:


Asumsi ane ini penipuan gan...
ane udah dapat SMS kode booking pesawatnya dan ane check di web lion:


Lalu kemudian saya dapat sms dari panitia yg nomer pertama saya hubungi, bukan dari pihak travel lho ya isinya surat undangan telah dikirim ke email anda mohon dipelajari dan ditunggu konfirmasi kehadirannya maksimal hari ini jam 17.00 wib. Nah loh kok WIB? bukannya Balikpapan itu WITA ya? ni beneran apa nipu sih? Maaf gan ane gak bisa tampilin screenshoot dari sms hp ane, karena hp ane nokia jadul gak ada fitur tsb. Ane juga sering ke Balikapapan gan karena punya sodara di sana, ane warga jawa gan.

What dipelajari lagi? ya udah ane pelajari lagi kok di halaman terakhir tentang e-ticket begini:


emang lu kata gua gak pernah naik pesawat? gua juga sering naik pesawat dan beli tiket lewat travel gak gini juga kali prosedurnya, biasanya sih kalo udah bayar langsung dikirim tiketnya ke email ane, nah ini disuruh kode-kode check lewat menu transfer. Kode sih kode, tapi kenapa harus dipandu oleh orang travel dan harus lewat menu transfer cuma buat ngelihat tiket pesawat dan ngeprint tiket di ATM? dan dia nanya saldo saya berapa. Ini keanehannya dan langsung saya cancel...

Ya ini sih kesalahan ane gak ngechek dulu kop suratnya ada nomer telpon resminya gak, ada nomer faxnya gak.
Kan biasanya perusahaan kelas besar pasti cantumin nomer telpon kantor bukan perorangan, dan cantumin juga nomer faxnya di kop suratnya. Itu baru namanya perusahaan gede.
kesalahan ane langsung transfer aja sih ane karena termakan omongan orang tsb takutnya peserta membatalkan kehadirannya mendadak setelah tiket diissued dan dikirim email, katanya bisa rugi tiket tu panitia.
Pesen ane, hati-hati gan. Ane rencana mau laporin polkis gan kalo emang ni penipuan. untungnya sih jumlahnya gak terlalu besar gan buat ane...

Sekian gan, trit curhat ane dan bagi semua orang jangan mudah tertipu dg tansfer uang dulu atau bayar dulu gan. Kita itu cari kerja buat cari duit, bukan malah bayar ke panitia gan....

Kalo ini beneran penipuan, berarti sumber dari laman FB itu palsu juga ya?
Karena tahun 2014 lalu pada bulan Mei kalo gak salah inget saya dapet kiriman email juga dari AKR ini, tapi dulu saya gak respon karena wakti itu saya masih ada kerjaan projek yg gak bisa ditinggal di Samarinda. Padahal kalo dipikir-pikir jarak Samarinda ke Balikpapan cuma 3 jam kalo gak ngebut. Nah saya sekarang lagi posisi di rumah jawa gan, dan beberapa hari lalu saya dapat info dari laman FB diatas dan saya kirim ulang cv saya..


*
update jam 14.50 WIB barusan saya nelpon kantor HO AKR Corporindo Jakarta kalau ini memang benar penipuan. Email resmi perusahaan belakangnya @akr.co.id dan tidak pernah melakukan rekrutmen di Balikapan.


Buat temen2 kaskuser semua mohon disebarkan jgn sampai keluarga atau temen kita jd korban. Mungkin buat agan kaskuser kali aja ada yg polisi atau bisa ngelacak nomer hp pelaku dan nomer rekening pelaku biar gak nambah korban lagi.
Tu nomer hp ada di undangannya, saya ketik lagi
- nomer hp travel : 085343894442
- nomer hp panitia : 085756752487
- no. rekening BRI a.n. Zamilah :
0448-01-001182-530
Diubah oleh jawamotorsport 21-12-2015 09:03
0
11K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.