• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Buat yang Suka Nyimpulin Isi Thread Cuma dengan Baca Judul, Masuk Sini!

richardketneyAvatar border
TS
richardketney
Buat yang Suka Nyimpulin Isi Thread Cuma dengan Baca Judul, Masuk Sini!
Hey, gan! Selamat datang di trit pertama ane.

Sebelumnya sori nih kalo ane bikin tritnya bakalan berantakan dan gak sistematis. Soalnya ane nggak yakin juga bakal dibaca ama Kaskuser yang mampir.

Di trit ini juga ane kagak mao berpanjang kata, cuman pengen ngasih seruan dowank buat nte yang pada gemar nyimpulin isi trit dari ngebaca judul dowank! Lagian ane juga bukan dosen yang dapet bayaran buat bikin orang paham akan suatu ilmu.

Okeh, langsung ke poin pertama aja dah.

1. Judul Penting, Tapi Bukan Segalanya!

Judul itu emang penting buat dibaca gan. Tapi, bukan berarti dengan HANYA MEMBACA JUDUL, lantas nte bisa paham apa yang sebenarnya pengen disampein ama si TS melalui tritnya. Selama ini ane cuma SR ajah, mantau trit orang-orang. Dan kebanyakan ituh komennya pada fokus ama judul. Padahal si TS tuh ngebahas tema lain selain yang dia tonjolin di judulnya. Perbandingannya mungkin 100:1 kali antara yang komenin judul dan yang secara keseluruhan.

2. Letak Pesan Terselubung

Kalo nte pernah diajarin bahasa Indonesia, pasti nte tahu dong tipe-tipe paragraf semisal induktif dan deduktif. Iya, itu adalah cara penempatan pokok pikiran di suatu paragraf.

Sekarang anggap ajah trit si TS ituh suatu paragraf. Nah, kalo agan cuman baca judul dowank, belom tentu isinya tuh sama. Banyak TS yang demen nyimpen pesan terselubung di akhir trit tujuannnya biar nggak dibilang antiklimaks tuh hasil karyanya. Tapi sayangnya, sebagian besar Kaskuser udah dengan pedenya menganggap bahwa judul itu mewakili isi trit.

Trus gimana kalo judul yang dibikin si TS cuma buat umpan supaya orang pada nongol?

Mampus kagak tuh yang udah komen panjang lebar dan maki-maki pake bahasa binatang, padahal ada info yang lebih berharga dari sekedar judul yang dibikin si TS.

3. Komen Spesifik vs Komen Menyeluruh

Gw yakin kalo TS bikin trit pasti ada pertimbangannya. Mereka bakalan bikin riset kecil-kecilan tentang tema yang dibahas biar nggak kelihatan bego. Supaya setiap poin bisa saling mendukung atau saling kontra juga bisa.

Nah, kalo nte pada komen spesifik cuma satu poin doang, padahal si TS sendiri udah bikin sanggahan akan pendapat yang diutarakan di awal, kan jadi kelihatan arogan. Percuma tuh TS udah nyusun kata-kata bagus tapi intinya malah dihujat ama Kaskuser yang demennya baca sepotong-sepotong dan komennya juga nggak jauh dari si otong.


Oke deh, sementara segitu dulu tret gw.
Semoga lu berkenan pada baca meski akun gw baru seumur jagung.
Dan gw sengaja kagak pengen ngehias isi trit ini dengan berbagai ornamen karena belom tentu juga lu pada nyimak apa isinya.
emoticon-I Love Indonesia:
0
2K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.