News
Batal
KATEGORI
link has been copied
4427
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529152a51f0bc3772f000007/share-amp-diskusi-dunia-semut-rangrang-amp-budidayanya
Ane bukan "expert" bidang per-semut-an gan. Namun ane akan share pengetahuan yang ane punya tentang Dunia Semut Rangrang dan Budidaya-nya. Ane harap dengan men-share pengetahuan yang ane punya, kita bisa bersama-sama menambah pengetahuan tentang budidaya-nya. Paling tidak, sedikit pengetahuan ini mampu meminimalisir kegagalan dalam berbudidaya Semut Rangrang. Langsung aja ya gan ... A. D
Lapor Hansip
24-11-2013 08:13

[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~

Ane bukan "expert" bidang per-semut-an gan. Namun ane akan share pengetahuan yang ane punya tentang Dunia Semut Rangrang dan Budidaya-nya. Ane harap dengan men-share pengetahuan yang ane punya, kita bisa bersama-sama menambah pengetahuan tentang budidaya-nya. Paling tidak, sedikit pengetahuan ini mampu meminimalisir kegagalan dalam berbudidaya Semut Rangrang.

Langsung aja ya gan ...

A. Dunia Semut Rangrang

"Peta Sebaran Semut Rangrang"


(Semut) Rangrang atau kerangga (Oecophylla) adalah semut berukuran agak besar yang dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya. Karena hal inilah maka ia disebut sebagai weaver ant atau "semut penganyam". Di dunia dikenal dua jenis rangrang yang pertama adalah Rangrang Asia (O. smaragdina) yang tersebar luas dari Pakistan sampai Australia bagian utara dan Rangrang Afrika (O. longinoda) yang menghuni kawasan tropis di Afrika.

Sebagaimana banyak semut lainnya, semut rangrang adalah serangga sosial dan membentuk koloni. Dalam kelompok sosial tersebut, pekerjaan dibagi sesuai dengan tipe individunya (kasta). Populasi dalam satu koloni semut rangrang bisa sangat banyak sekali. Semut Rangrang juga bersifat teritorial (menjaga tempat hidupnya) dan bertemperamen "galak". Rangrang tidak segan-segan menyerang apa pun yang mendekati kawasan aktivitasnya.

B. Struktur Sosial Semut Rangrang

"Struktur Sosial Semut Rangrang"


1. Ratu Semut
Ratu semut mudah dikenali karena tubuhnya lebih besar, berwarna hijau hingga coklat dengan perut yang besar dan menghasilkan banyak telur. Ratu semut ini pada mulanya mempunyai sayap seperti halnya semut jantan, tetapi setelah kimpoi sayapnya lepas.
Ratu semut banyak ditemukan pada tempat-tempat yang tidak terganggu. Mereka menyukai tempat yang aman untuk meletakkan telur. Jika merasa terganggu, mereka akan berpindah ke tempat lain yang lebih aman.
Ratu semut umumnya berada pada sarang yang tidak terlalu kecil, dengan daun-daun yang masih segar dan hijau. Apabila daun-daun pembentuk sarangnya mengering, sebagian semut bahkan ratunya akan meninggalkannya dan berpindah ke sarang baru

2. Semut Jantan
Semut jantan lebih kecil daripada ratu semut, berwarna kehitam-hitaman dan hidupnya singkat. Setelah mengawini ratu ia mati.

3. Semut Pekerja
Semut pekerja adalah semut betina yang mandul. Mereka tinggal di dalam sarang dan merawat semut-semut muda. Namun pada kondisi dimana satu koloni Semut Rangrang tidak memiliki Ratu Semut, maka semut pekerja akan bertelur.

4. Semut Prajurit
SSemut prajurit merupakan anggota yang paling banyak jumlahnya dalam koloni dan bertanggung jawab untuk semua aktivitas dalam koloninya. Mereka menjaga sarang dari serangan pengacau, mengumpulkan dan membawa makanan untuk semua anggota koloninya serta membangun sarang. Ketika sarangnya terganggu ? Mereka membawa semut-semut muda dengan giginya yang kuat dan memindahkannya ke tempat aman. Pada kondisi tertentu mereka juga dapat meletakkan telur ke tempat yang lebih aman, seperti ratu semut.

C. Siklus Perkembangbiakan Semut Rangrang

"Larva & Pupa"


Tahap pertumbuhan semut dimulai dari telur menjadi larva, pupa, kemudian semut dewasa. Telur berukuran sangat kecil, kira-kira 0.5 mm x 1 mm dan berbentuk elips, berwarna putih.. Sedang Larva mempunyai kulit yang halus, putih seperti susu, tidak berkaki dan tidak bersayap, sudah terbentuk mata dan mulut. Selanjutnya Pupa menyerupai semut dewasa namun tidak aktif dan berwarna putih. Selanjutnya Pupa akan menjadi semut yang berubah warna sesuai dengan kastanya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah berapa lama siklus perkembangbiakan semut rangrang tersebut? Berapa umur semut rangrang?

Dari sejak Ratu Semut kimpoi, sayap Ratu Semut akan gugur dan setelah sayap Ratu Semut gugur, selama 5-10 hari, Ratu semut akan bertelur. Perkembangan telur selanjutnya sangat tergantung dari suhu lingkungan. Pada suhu 30°C, telur akan berubah menjadi Larva dalam jangka waktu sekitar 8 hari. Selanjutnya Pupa setelah hari ke-17 dan semut pekerja dewasa pertama muncul setelah 28 hari.

Berapa lama umur semut ratu?
Berikut data dari http://en.wikipedia.org/wiki/Queen_ant
Quote:Original Posted By ""

A queen ant is an adult, reproducing female ant in an ant
colony; generally she will be the mother of all the other
ants in that colony. Some female ants do not need to
mate to produce offspring, reproducing through asexual parthenogenesis or cloning, and all of those offspring will be female. Others, like those in the genus Crematogaster, undergo mating in a nuptial flight. Ant offspring develop from larvae specially fed in order to become sexually mature among most species.
Depending on the species, there can be either a single mother queen, or potentially, hundreds of fertile queens in some species. Queen ants have one of the longest life-spans of any known insect – up to 30 years.[1] A queen of Lasius niger was held in captivity by German Entomologist Hermann Appel for 28¾ years; also a a Pogonomyrmex owyheei has a maximum estimated longevity of 30 years in the field.[1]


D. Cara Membangun Sarang

Prajurit semut menarik daun-daun secara bersama-sama, sementara semut lainnya merajut daun-daun tersebut dari dalam dengan menggunakan larva dan giginya sebagai pemintal benang. Larva semut menghasilkan benang-benang sutera halus untuk merajut daun.

E. Makanan Semut Rangrang

"Makanan Semut"

Makanan semut sangat beragam, namun dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu protein dan gula. Tidak seperti semut lainnya, semut rangrang lebih menyukai protein daripada gula. Protein dapat ditemukan pada daging, ikan, ayam, tikus dan serangga.

F. Tempat Ideal Untuk Bersarang

Semut Rangrang mempunyai kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan kondisi lingkungannya. Mereka selalu berusaha mendapatkan makanan dan tempat tinggal dalam kondisi optimal.

Lalu apa kondisi ideal bagi Semut Rangrang untuk bersarang?
1. Sedikit gangguan dari manusia,
2. Cukup Makanan,
3. Tersedia daun cukup lebar namun lentur atau daun kecil tapi banyak,
4. menyukai lingkungan dengan suhu antara 26-34°C dan kelembaban relatif antara 62 sampai 92%.

Di alam sekitar, Semut Rangrang menyukai pohon-pohon yang tinggi seperti pohon kedondong (Spondias dulcis) atau pohon mangga (Mangiferasp.).

G. Manfaat Semut Rangrang

Kajian mengenai peran semut rangrang sebagai pengendali hama telah dimulai pada tahun 304 Masehi di Cina. Pada waktu itu, semut rangrang terbukti mampu mengendalikan hama kutu-kutuan pada tanaman jeruk. Di Indonesia, semut rangrang juga diketahui memangsa beberapa jenis hama, misalnya larva lalat buah dan ulat bulu. Disamping itu, Larva Semut Rangrang (biasa disebut Kroto di Indonesia) juga dijadikan konsumsi manusia dan burung kicauan.



Nah sekarang agan & aganwati semua sudah mempunyai sedikit dasar tentang dunia semut rangrang. Beberapa catatan tentang dunia semut rangrang di atas, mampu menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam hal budidaya semut rangrang. Contohnya : berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk panen kroto?

Selanjutnya akan ane update tentang Budidaya Semut Rangrang. Tungguin ya gan ...

"Klik"
profile-picture
rykenpb memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 218 dari 221
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
07-08-2015 04:47

salken

Izin gabung salam kenal semuanya. Alhamdulilah nyampe juga di ujung baca tred ini dari awal. Baru 179 hari berusaha ternak semut ini. Percobaan ngambil 2 kali dari alam, total ada 4 sarang alam, sekarang jadi 1 toples lagi bertelur. Hampir 80% pengalaman rekan2 di forum ini saya alami. Alhamdulilah banyak ilmu yg didapat buat mengatasi kesalahan2 di kegiatan ini.
Diubah oleh aimsubang2015
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
08-08-2015 21:24
permisi gan mw tanya
klo mw dpt kroto kualitas super gimama cara bersihin krotonya dari sisa² semut yang ada nempel di kroto?
trmksh
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
30-08-2015 01:45
ninggalin jejak dulu ..
Btw nice thread gan .

ane juga budidaya dengan media toples.
bisa dibilang baru sih.
ane dr jkt. salam kenal gan emoticon-Big Grin
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
01-09-2015 08:40
Ternyata ada jg thread ini.. Ane lg persiapan kandang, ane ternak di cimahi. Salam kenal & sukses bwt smuanya..
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
01-09-2015 17:48
salam kenal akhirnya ane beli bibit juga 10 emoticon-Ngakak (S) ane beli bukan buat budidaya ato di jual, hanya galau aja mau pelihara apa jadi buat nambah kegiatan aja di rumah sama ingin tau ama dunia semut emoticon-Ngakak (S)
salam kenal
emoticon-Malu (S)
yuk ramein lagi walau ga ada sepuh yang nubie mau share masalah kroto juga ga masalah :rete5
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
15-09-2015 11:02

pikir 2 kali

buat agan2 mua...bukan dahului kerso.silahkan mencoba berbagai usaha.tapi untuk budidaya kroto.lbh baik g usah.belum ada peternak yang murni menjual kroto.yang ada hanya jualan semut.dan untuk menghasilkan 1 kg.butuh minimal 50 toples sosis.g usah tergiur dengan iming2 omzet jutaan perbulan...pake logika ja.hrga kroto berapa.bisa panen perhari berpa kilo.dan punya semut berapa toples.lihat saja yang sudah tahunan pelihara semut yang fokus hanya menghasilkan kroto.pada rontok dan gagal.belum penyusutan pasca panen dan musim caltu sepeti bulan2 ni
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
24-09-2015 10:20
Quote:Original Posted By srag88
buat agan2 mua...bukan dahului kerso.silahkan mencoba berbagai usaha.tapi untuk budidaya kroto.lbh baik g usah.belum ada peternak yang murni menjual kroto.yang ada hanya jualan semut.dan untuk menghasilkan 1 kg.butuh minimal 50 toples sosis.g usah tergiur dengan iming2 omzet jutaan perbulan...pake logika ja.hrga kroto berapa.bisa panen perhari berpa kilo.dan punya semut berapa toples.lihat saja yang sudah tahunan pelihara semut yang fokus hanya menghasilkan kroto.pada rontok dan gagal.belum penyusutan pasca panen dan musim caltu sepeti bulan2 ni


Kalo menurut saya lebih cocok untuk sekedar hobi & sampingan.toh perawatannya relatif mudah.
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
09-10-2015 23:24
Quote:Original Posted By srag88
buat agan2 mua...bukan dahului kerso.silahkan mencoba berbagai usaha.tapi untuk budidaya kroto.lbh baik g usah.belum ada peternak yang murni menjual kroto.yang ada hanya jualan semut.dan untuk menghasilkan 1 kg.butuh minimal 50 toples sosis.g usah tergiur dengan iming2 omzet jutaan perbulan...pake logika ja.hrga kroto berapa.bisa panen perhari berpa kilo.dan punya semut berapa toples.lihat saja yang sudah tahunan pelihara semut yang fokus hanya menghasilkan kroto.pada rontok dan gagal.belum penyusutan pasca panen dan musim caltu sepeti bulan2 ni


Quote:Original Posted By leorascal


Kalo menurut saya lebih cocok untuk sekedar hobi & sampingan.toh perawatannya relatif mudah.




Betul ...Awalnya saya tertarik dan nyaris mencoba buat farm yg lumayan gede sampai terpikir menyewa tempat. Saya sudah lebih dari setahun posting di thread ini. Di kaskus blom ada yg berhasil di bisnis kroto/telur semut secara konsisten. Semua perternak pasti menjual bibit semut. Jadinya seperti lingkaran setan, yg senior/veteran farm menjual bibit ke newbie. Newbie itu setelah berbulan2 dan bertahun2 akhir sadar klo mo untung ya jualan koloni semutnya, Jadi dia akhirnya jualan bibit juga ke newbie2 baru. Begitu seterusnya.

TS thread inipun kena kasus jual beli bibit rang2. Kabur dan punya utang dengan kaskuser dimari.

Untuk yg mau mencoba ternak rang2, saya sarankan coba agrobisnis lain yg sudah teruji dengan tingkat kompetisi yg rendah seperti ternak kelinci, cacing dan sidat (sidat paling sulit, klo ga kuat modal tahan banting nasibnya bs sperti ternak rang2, jualan bibit/elver tanpa bisa bertahan menjadi sidat siap konsumsi )


Saya requote lagi post saya Juli tahun lalu. Gunakan waktu kalian dengan bijak. Kalo buat hobi dan refreshing gpp "memelihara" rang. Jangan berharap manis di ternak rang2 ini.





Quote:Original Posted By socceripoy
alo gan.. mau diskusi nih. bbrpa waktu lalu sempat terbesit mau terjun di usaha ini. tinggal cari mitra yg punya lahan. nah setelah otak atik, analisa dengan baca artikel maupun buku2 cara ternak kroto, ada jadi pesimis akan prospeknya.

begini hitungan2 idealisnya klo ratunya bertelur rutin :

--Panen telur dalam waktu 21-30 hari :
1 stoples sosis : 50gram kroto
1000 stoples : 50kg kroto

pendapatan : 50kg X Rp. 150.000/kg = Rp. 7.500.000
itu belum laba bersih ya
CMIIW
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1 lemari rak, dengan 4 susun rak = 200stoples ( 1rak memuat 50 stoples)
jadi butuh 5 lemari rak.
Lemari berukuran 1X2 Meter. 5 lemari membutuhkan area 2X5meter, kita anggap saja 3X8 meter , karena membutuhkan space antara lemari .
CMIIW
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
nah anggapan saya, target 1000 stoples itu harus saya capai dalam 18-24 bulan. Dengan catatan, telurnya tidak dipanen tapi dbiakkan terlebih dahulu agar terbentuk koloni2 yg baru. Artinya selama 18-24 bulan tidak ada pemasukan namun keluar duit mulu.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Perbandingan pendapatan telur dengan bibit semut
--Biibit semut 1 stoples sosis : Rp 70.000/6 minggu = Rp11.666/minggu
--Kroto yg dihasilkan 1 stoples sosis (50gr) : Rp7500/4minggu =Rp 1875/minggu


6.2 kali lipat omzetnya

Jomplang banget ya perbedaannya. Oleh karena itu peternak kroto juga menjual bibit semut rang2, dan mengakui bahwa profitnya lebih gede disitu


Nah pertanyaan saya, apakah kaskuser yg sudah sekitar 1.5 th-2thn menggeluti usaha ternak kroto sudah mencapai produsi 50kg/bln? Realistiskah perhitungan saya diatas tentang 2 tahun yg dibutuhkna untuk mencapai kapasitas --> 50kg/bulan?


Bagi yg masi brrpa bulan mencoba atau yg ingin mencoba, kira-kira targetnya produksinya gimana?


Bagi saya usaha sampingan atau usaha yg dkerjakan sepenuh waktu butuh perhitungan dan perencanaan matang. CMIIW



Quote:Original Posted By socceripoy


bagus nih, sejalan dengan pemikiran saya. untuk2 awal2 jadikan ternak semut itu sampingan. Targatkan dalam 1.5-2 tahun itu sudah bisa punya 1000 stoples. Jadi nanti sembari jalan harus mikirin lahan untuk farm tersebut. Kalo ga mao hi-risk, selama perjalanan menuju 1000 stoples, ya jualan bibit biar nutup biaya operasional dengan akibat targetnya jadi molor 2-4 tahun.

Kalo uda sampe 4 tahun belum mencapai 1000 stoples, berarti kita "ga cocok" di bisnis ini. Para suhu2 yg bertahan diatas 3-4 tahun gw jamin minimal uda punya 1000 stoples. Kalo jumlahnya dibawah itu sebutannya hobby memelihara rang2 bukan bisnis... ...........emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By socceripoy


satu lagi kelupaan, 4 tahun itu bukan waktu yg singkat. Jadi hati2 alokasi dana , waktu dan pikiran. Sebenarnya ujian pertama dalam dunia usaha itu 6-12 bulan. Kalo 4 tahun sih terlalu lama. Jadi menurut ane dalam 1 tahun pertama perlu ada evaluasi colony growth nya.



Quote:Original Posted By socceripoy
bntr lagi ane setahun post di thread ini
ada yg sudah sampe 1000 toples atau panen 15 kg/bulan?


0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
13-10-2015 21:31
Quote:Original Posted By socceripoy






Betul ...Awalnya saya tertarik dan nyaris mencoba buat farm yg lumayan gede sampai terpikir menyewa tempat. Saya sudah lebih dari setahun posting di thread ini. Di kaskus blom ada yg berhasil di bisnis kroto/telur semut secara konsisten. Semua perternak pasti menjual bibit semut. Jadinya seperti lingkaran setan, yg senior/veteran farm menjual bibit ke newbie. Newbie itu setelah berbulan2 dan bertahun2 akhir sadar klo mo untung ya jualan koloni semutnya, Jadi dia akhirnya jualan bibit juga ke newbie2 baru. Begitu seterusnya.

TS thread inipun kena kasus jual beli bibit rang2. Kabur dan punya utang dengan kaskuser dimari.

Untuk yg mau mencoba ternak rang2, saya sarankan coba agrobisnis lain yg sudah teruji dengan tingkat kompetisi yg rendah seperti ternak kelinci, cacing dan sidat (sidat paling sulit, klo ga kuat modal tahan banting nasibnya bs sperti ternak rang2, jualan bibit/elver tanpa bisa bertahan menjadi sidat siap konsumsi )


Saya requote lagi post saya Juli tahun lalu. Gunakan waktu kalian dengan bijak. Kalo buat hobi dan refreshing gpp "memelihara" rang. Jangan berharap manis di ternak rang2 ini.




Nnnaaaahh.... setuju ane ama agan diatas. emoticon-Salaman
Dari awal ampe akhir ane baca ko blum ada yang bisa share hasil budidayanya biar bisa menjadi support buat peternak yang lain juga setidaknya ya.. emoticon-Bingung
Apa sudah ada yang bisa menghasilkan 15-20kg per Bulannya emoticon-cystg
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
15-11-2015 14:37
gan ane mau tanya nih di dalam satu toples ane ratunya ada banyak, apakah itu hal yg normal apa tidak ?



trus setiap calon ratu yg keluar dari toples tersebut malah di serang oleh semut prajuritnya apakah itu hal normal jga ??

mohon bantuanya dan apa ada yg ngalamin jga ?
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
16-11-2015 15:58
Quote:Original Posted By socceripoy






Betul ...Awalnya saya tertarik dan nyaris mencoba buat farm yg lumayan gede sampai terpikir menyewa tempat. Saya sudah lebih dari setahun posting di thread ini. Di kaskus blom ada yg berhasil di bisnis kroto/telur semut secara konsisten. Semua perternak pasti menjual bibit semut. Jadinya seperti lingkaran setan, yg senior/veteran farm menjual bibit ke newbie. Newbie itu setelah berbulan2 dan bertahun2 akhir sadar klo mo untung ya jualan koloni semutnya, Jadi dia akhirnya jualan bibit juga ke newbie2 baru. Begitu seterusnya.

TS thread inipun kena kasus jual beli bibit rang2. Kabur dan punya utang dengan kaskuser dimari.

Untuk yg mau mencoba ternak rang2, saya sarankan coba agrobisnis lain yg sudah teruji dengan tingkat kompetisi yg rendah seperti ternak kelinci, cacing dan sidat (sidat paling sulit, klo ga kuat modal tahan banting nasibnya bs sperti ternak rang2, jualan bibit/elver tanpa bisa bertahan menjadi sidat siap konsumsi )


Saya requote lagi post saya Juli tahun lalu. Gunakan waktu kalian dengan bijak. Kalo buat hobi dan refreshing gpp "memelihara" rang. Jangan berharap manis di ternak rang2 ini.


















sama aja gan ternak cacing kayak lingkaran setan, ujungnya cuma jual bibit doang, janji manis beli bibit, klo udah panen, kagak mau terima, bilang stock banyak, banyak banget yg jual kandang, sm cacingnya, mending ternak budidaya yg pasti2 aja ikan lele,nila,mas,gurame, patin, ayam, bebek, yg pasti2 aja dimakan manusia, jd pasti ada yg beli, intinya yg jd makanan manusia aja. klo belut hati2 jg banyak mafia, prospek bagus sih. klo sidat sampe sekarang buat bibitnya itu gak ada yg berhasil kembang biakkan, karena benih sidat klo gak salah diambil dr laut ya, krna sidat bertelur di laut.
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
18-11-2015 16:11
bapak ane gan ngerintis bisnis ini. ga pake beli bibit. langsung dari alam dikumpulin di rak toples bulet. dari nol ampe pada mati ampe sekarang banyak sekitar 20 toples lebih sarang semut. (toples sosis) kira2 4 bulan dari nol. terus menerus mencari semut di alam dan dijinakkan ke rak di rumah. targetan dia 10kg panen per hari. jadi berapa banyak tuh toples yang dibutuhin ane juga ga ngerti deh. target penjualan ga muluk2. langsung ke tukang burung/ tukan pakan burung. negosiasi bawa barangnya dulu baru di nego. kalo bagus pasti dikasi harga bagus. selama ini kroto datangnya dari jawa sana. kejauhan jadi pada ga seger pas nyampe tangerang.

Mohon doa nya ya agan2 KOROTO LOVERS. biar bisnis babeh lancar.
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
19-11-2015 13:36
Quote:Original Posted By nditama
bapak ane gan ngerintis bisnis ini. ga pake beli bibit. langsung dari alam dikumpulin di rak toples bulet. dari nol ampe pada mati ampe sekarang banyak sekitar 20 toples lebih sarang semut. (toples sosis) kira2 4 bulan dari nol. terus menerus mencari semut di alam dan dijinakkan ke rak di rumah. targetan dia 10kg panen per hari. jadi berapa banyak tuh toples yang dibutuhin ane juga ga ngerti deh. target penjualan ga muluk2. langsung ke tukang burung/ tukan pakan burung. negosiasi bawa barangnya dulu baru di nego. kalo bagus pasti dikasi harga bagus. selama ini kroto datangnya dari jawa sana. kejauhan jadi pada ga seger pas nyampe tangerang.

Mohon doa nya ya agan2 KOROTO LOVERS. biar bisnis babeh lancar.


aamiin,,, ane doakan semoga lancar & terus berkembang Gan emoticon-Malu (S)

Lha TS nya masa jualan bibit semut rangrangnya per toples 75 ribu..? emoticon-Bingung (S)

mending beli ke penjual lain bisa dapat harga 35ribuan per toples emoticon-Malu (S) emoticon-Blue Guy Peace

..... emoticon-Ngacir
Diubah oleh bosnya.kaskus
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
20-11-2015 10:32
gabung dlu ah,, soalnya ane tertarik emoticon-Big Grin
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
21-11-2015 15:15

izin gabung nubie

gabung jg agan2
btw ada yg ternak daerah karawang ga ya?
spa tau ada yg jual bibit daerah karawang. tq
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
03-01-2016 17:35
Izin mantau gan.. Ane baru 1 bulan punya rangrang 2 toples... Y untuk sekarang msh di kmbangin n mantau siklusnya ...
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
07-01-2016 14:36
waaah bagus niiih. ane juga mau budidaya semut rang rang gaaan. mungkin bulan depan sudah siaaap. emoticon-Shakehand2 lanjut kaaaan ane pantengin
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
07-01-2016 16:04
coba agan agan buka krotobond serch aja di google nanti ketemu. pengembang nya tinggal di daerah bogor. mohon maaf cuma info aja emoticon-Shakehand2
1 0
1
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
15-01-2016 07:25
Strees kali gan semut nya, bisa juga di karenakan habitat nya yang kurang cocok
0 0
0
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
15-01-2016 07:53
apa ada yg mau bayarin ratu semut ane, ane sebelum nya coba usaha kroto dari 6 toples sampe udh 29 toples, trus makin ksni malah turun drastis, pada mati..
sayang, ratu nya masih ada dua.
ga pke kirim2 ya, ane d jaksel
0 0
0
Halaman 218 dari 221
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia