News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2771
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56862293529a456a278b4568/rambut-guru-sd-dicukur-ortu-gara-gara-mencukur-anaknya-ini-akhir-ceritanya
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya Jakarta - Gara-gara siswanya berambut gondrong, sang guru memberi hukuman disiplin dengan mencukur rambut siswa itu. Tapi
Lapor Hansip
01-01-2016 13:54

Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya

Past Hot Thread
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya


Jakarta - Gara-gara siswanya berambut gondrong, sang guru memberi hukuman disiplin dengan mencukur rambut siswa itu. Tapi niat baik sang guru ditanggapi sebaliknya, orang tua siswa tidak terima dan menggunduli balik sang guru. Bagaimana akhir kasus ini?

Kasus bermula saat guru honorer SDN Penjalin Kidul V, Majalengka, Jawa Barat, Aop Saopudin melakukan razia rambut gondrong di kelas III pada 19 Maret 2012. Dalam razia itu, didapati 4 siswa yang berambut gondrong yaitu AN, M, MR dan THS.

Mendapati rambut gondrong ini, Aop lalu melakukan tindakan disiplin dengan memotong rambut THS ala kadarnya sehingga gundul tidak beraturan. Sepulang sekolah, THS menceritakan hukuman disiplin itu ke orang tuanya, Iwan Himawan. Atas laporan itu, Iwan tidak terima dan mendatangi sekolahan. Iwan marah-marah dan mengancam balik Aop. Sang guru lalu dicukur balik rambutnya sebagai balasan. Tidak hanya sampai di situ. Iwan juga mempolisikan Aop. Mau tidak mau, pahlawan tanpa tanda jasa itu harus berurusan dengan kepolisian dan jaksa.

Atas laporan ini, Aop dan rekan-rekannya tidak terima dan melaporkan balik Iwan. Dua kubu ini lalu berseteru di pengadilan.

Bedanya, Aop dikenakan pasal berlapis yaitu pasal 77 huruf a UU Perlindungan Anak tentang perbuatan diskriminasi terhadap anak, selain dijerat dengan pasal 80 ayat 1 UU yang sama. Dan yang terakhir, Aop dijerat pasal 335 ayat 1 KUHP tentang Perbuatan Tidak Menyenangkan.

Atas tuntutan itu, pada 2 Mei 2013 Pengadilan Negeri (PN) Majalengka menjatuhkan hukuman percobaan. Yaitu dalam waktu 6 bulan setelah vonis jika tidak mengulangi perbuatan pidana, maka tidak dipenjara. Tapi jika berbuat pidana, maka langsung dipenjara selama 3 bulan. Vonis ini lalu dikuatkan Pengadilan Tinggi (PT) Bandung pada 31 Juli 2013.

Atas vonis itu, Aop dan jaksa lalu sama-sama mengajukan kasasi. Dalam putusannya, MA membebaskan Aop dari semua dakwaan dan menyatakan apa yang dilakukan Aop tidak melanggar hukum apa pun.

Tiga hakim agung yaitu Dr Salman Luthan dengan anggota Dr Syarifuddin dan Dr Margono menyatakan Aop sebagai guru mempunyai tugas untuk mendisiplinkan siswa yang rambutnya sudah panjang/gondrong untuk menertibkan para siswa. Apa yang dilakukan terdakwa adalah sudah menjadi tugasnya dan bukan merupakan suatu tindak pidana dan terdakwa tidak dapat dijatuhi pidana atas perbuatan/tindakannya tersebut karena bertujuan untuk mendidik agar menjadi murid yang baik dan berdisiplin.


Lalu bagaimana dengan Iwan? Kasus itu juga berlanjut ke meja pengadilan. Jaksa menjerat Iwan dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan karena telah mengancam dan menggunduli sang guru.

Pada 31 Oktober 2012, Pengadilan Negeri (PN) Majalengka lalu menjatuhkan hukuman kepada Iwan dengan hukuman percobaan. Iwan dilarang berbuat pidana selama 6 bulan, jika masih berbuat dalam tempo tersebut maka dipidana 3 bulan.

Putusan ini lalu diperberat di tingkat banding. Pada 29 Januari 2013, Pengadilan Tinggi (PT) Bandung memerintahkan jaksa untuk menjebloskan Iwan ke penjara selama 3 bulan.

Iwan tidak terima dan mengajukan kasasi. Tapi karena UU menyatakan pasal yang ancamannya kurang dari 1 tahun tidak bisa dikasasi, maka permohonan kasasi Iwan tidak diterima.

"Tidak menerima permohonan kasasi," putus MA yang dikutip dari wesbitenya, Jumat (1/1/2016). Majelis yang mengadili sama dengan yang mengadili Aop. (asp/tor)

Sumber:http://m.detik.com/news/berita/3108939/rambut-guru-sd-dicukur-ortu-gara-gara-mencukur-anaknya-ini-akhir-ceritanya

Gw dua kali dicukur rambut sampe acak acakan gak jelas ame guru,
Sekali waktu SMP karena emang gondrong
Sekali lagi waktu SMA karena di cat biru
Reaksi ortu gw cuman ngakak doang.

Nah andaikan anak2 lu ntar ngalamin kejadian yg sama lu pade mau ngapain?

Ikutin ngamuk kayak yg diatas? Ngakak?
Atau mending nyekolahin anak ke sekolah swasta kelas atas yg gak peduli penampilan rambut anak?

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 87 dari 139
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 18:57
jir itu ortu nya songong amat, emoticon-Cape d... (S)
sekali-kali orang kayak gitu harus dikasih pelajaran. emoticon-Mad (S)
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 18:57
ane mah udah biasa dicukur, sepatu disita hinggga pulang nyeker emoticon-Hammer (S) dipukul (dipukul kayak orang berantem) sampe bibir ane sobek emoticon-Hammer (S) dicari polkis sampai kesekolah dan dipanggil pake toa emoticon-Hammer (S) emoticon-Cape d... (S) tapi ortu ane cuek bebek, kecuali yang dipukul ortu ane sampe ngamuk ke sekolah emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) tapi ngga sampai meja hijau..

fyi ane sekolahnya di papua emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh st.phenk
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 18:58
Quote:Original Posted By kinnikumann
Wajar aja sih emang guru nya aja salah, menegur ga harus semena mena, orang tua mana yang bisa terima??itu anak ngelahirin biaya nya pake duit, ngurus biaya dll jg mahal, sekolah pun pake duit ga gratis jd baru jd guru honorer aja udah bertingkah macem kepsek..!!pecat aja tuh guru ga berkeprimanusiaan..!!

Bego dipiara. Kambing dipiara bisa gemuk
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 18:59
bedanya sekarang dan dulu, sekarang diomelin guru lapor ortu, ortu nya ngebelain. dulu diomelin guru lapor ortu, ditambahin ortu pas nyampe rumah. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 18:59
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
anak dari dulu sampe sekarang sama lah, jaman dulu nakal jaman sekarang juga pada nakal. jaman dulu kalo dihukum guru juga bilang orang tua, sama
yg beda adalah respon orang tua, jaman sekarang saking gak becusnya didik n manjain anak ya jadi gitu.


Setuju sama agan ini.
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:00
Quote:Original Posted By oostindie
Sekolah di luar negri ga di liat model rambut lu kyk gmn, yg penting lu pny otak buat ngikutin pelajaran jg uda cukup

Itu tandanya guru ga ada kerjaan

Pindah aja keluar negeri.
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:00
orang tua yang aneh -_-
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:00
hahaha hebat juga orang tuanya, berani banget, pengen ngelindungin tapi ujung"nya kena ampasnya hahaha
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:01
ane selaku orang yang ga pernah absen kena razia sd-sma, klo ane di razianya model gitu, ane jelas marah lah emoticon-Ngakak

tp dr kasus diatas, klo gondrongnya gondrong alay sih yaudah terima aja emoticon-Ngakak

klo ane gondrong bkn buat gaya, emg nyaman + klo pendek muka ane bulet emoticon-Nohope

ane kira kayanya tu orangtua sampai ambil tindak gitu kayanya ada alasannya deh, ane gabisa bilang orangtuanya ga becus ataupun baik, secara kronologisnya kurang detail emoticon-Blue Guy Peace
Diubah oleh anti.pertamax
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:02
Ortu nya lebay, yang naikin masalah kaya gini ke pengadilan juga bego
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:02
pas sd gue belom prnah kena razia rambut emoticon-Cool

pas smp masih bisa kabur dari razia rambut emoticon-Ngakak

pas smk razia rambutnya malah dateng ke kelas kelas --

pas pulang malah di ketawain ama ortu emoticon-Ngakak
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:02
Quote:Original Posted By benzerix666



linknya please.
kalau kaya gt ngapa yg ditindak pidana akhirnya malah si penggugat pertama.emoticon-Ngakak

http://www.memobee.com/ga-terima-ana...-2413-eij.html maaf ini berita yg benar,ane salah baca berita tadi,maaf yah gan,kalau kejadiannya kaya gini ya pantes si ortu yg salah emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh zycopat
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:03
Quote:Original Posted By xrm
Harusnya semua ortu spt ini, tunjukin tuh sygnya ma anak, gedenya pasti sadar...



srius gan emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:03
Gue juga paling males ngedenger kata "Razia rambut" emoticon-Najis sebenernya wajar aja sih anak/remaja gondrong,kan dia emang pengen kelihatan keren dimata lawan jenisnya. Kalo dilarang rambut panjang (buat remaja) berarti ngelarang buat suka sama lawan jenis emoticon-Ngakak
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:04
terlalu di manjain emoticon-Ngakak (S)
anak sekarang tuh emoticon-Ngakak (S)
dulu gw smp kena sekali
stm gw kena ampir 4x dicukur ampe pitak2
emak gw mah ngomelin aja emoticon-Ngakak (S)
dan gw cuman bisa ngedumel kalo kena cukur gitu soalnya yg nyukur gw gurunya rambutnye kagak pendek :shutup
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:05
ane dulu pas sekolah sering banget kena razia rambut, awalnya kesel sih dipotong sama guru, tapi setelah itu biasa aja kok, dan reaksi ortu ane ya juga biasa biasa aja
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:05
kalo gw sih dukung gurunya bray,
lebay ortu nya ga ngerti arti pendidikan dan hukuman,
atau mungkin ortunya dulu korban dari hukuman guru nya, trus bales dendam nya sekarang ??
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:05
Guru yg mendidik, ortu nya mungkin preman gan. Kalo nggak, rambutnya gondrong juga pakai tengtop tu bapaknya. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:06
gw ga takut sm guru karna gurunya murid jg ~ Indra Frimawan emoticon-Ngakak
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 19:06
Orang tua tolol menular ke anaknya
0 0
0
Halaman 87 dari 139
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia