News
Batal
KATEGORI
link has been copied
2771
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56862293529a456a278b4568/rambut-guru-sd-dicukur-ortu-gara-gara-mencukur-anaknya-ini-akhir-ceritanya
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya Jakarta - Gara-gara siswanya berambut gondrong, sang guru memberi hukuman disiplin dengan mencukur rambut siswa itu. Tapi
Lapor Hansip
01-01-2016 13:54

Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya

Past Hot Thread
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya


Jakarta - Gara-gara siswanya berambut gondrong, sang guru memberi hukuman disiplin dengan mencukur rambut siswa itu. Tapi niat baik sang guru ditanggapi sebaliknya, orang tua siswa tidak terima dan menggunduli balik sang guru. Bagaimana akhir kasus ini?

Kasus bermula saat guru honorer SDN Penjalin Kidul V, Majalengka, Jawa Barat, Aop Saopudin melakukan razia rambut gondrong di kelas III pada 19 Maret 2012. Dalam razia itu, didapati 4 siswa yang berambut gondrong yaitu AN, M, MR dan THS.

Mendapati rambut gondrong ini, Aop lalu melakukan tindakan disiplin dengan memotong rambut THS ala kadarnya sehingga gundul tidak beraturan. Sepulang sekolah, THS menceritakan hukuman disiplin itu ke orang tuanya, Iwan Himawan. Atas laporan itu, Iwan tidak terima dan mendatangi sekolahan. Iwan marah-marah dan mengancam balik Aop. Sang guru lalu dicukur balik rambutnya sebagai balasan. Tidak hanya sampai di situ. Iwan juga mempolisikan Aop. Mau tidak mau, pahlawan tanpa tanda jasa itu harus berurusan dengan kepolisian dan jaksa.

Atas laporan ini, Aop dan rekan-rekannya tidak terima dan melaporkan balik Iwan. Dua kubu ini lalu berseteru di pengadilan.

Bedanya, Aop dikenakan pasal berlapis yaitu pasal 77 huruf a UU Perlindungan Anak tentang perbuatan diskriminasi terhadap anak, selain dijerat dengan pasal 80 ayat 1 UU yang sama. Dan yang terakhir, Aop dijerat pasal 335 ayat 1 KUHP tentang Perbuatan Tidak Menyenangkan.

Atas tuntutan itu, pada 2 Mei 2013 Pengadilan Negeri (PN) Majalengka menjatuhkan hukuman percobaan. Yaitu dalam waktu 6 bulan setelah vonis jika tidak mengulangi perbuatan pidana, maka tidak dipenjara. Tapi jika berbuat pidana, maka langsung dipenjara selama 3 bulan. Vonis ini lalu dikuatkan Pengadilan Tinggi (PT) Bandung pada 31 Juli 2013.

Atas vonis itu, Aop dan jaksa lalu sama-sama mengajukan kasasi. Dalam putusannya, MA membebaskan Aop dari semua dakwaan dan menyatakan apa yang dilakukan Aop tidak melanggar hukum apa pun.

Tiga hakim agung yaitu Dr Salman Luthan dengan anggota Dr Syarifuddin dan Dr Margono menyatakan Aop sebagai guru mempunyai tugas untuk mendisiplinkan siswa yang rambutnya sudah panjang/gondrong untuk menertibkan para siswa. Apa yang dilakukan terdakwa adalah sudah menjadi tugasnya dan bukan merupakan suatu tindak pidana dan terdakwa tidak dapat dijatuhi pidana atas perbuatan/tindakannya tersebut karena bertujuan untuk mendidik agar menjadi murid yang baik dan berdisiplin.


Lalu bagaimana dengan Iwan? Kasus itu juga berlanjut ke meja pengadilan. Jaksa menjerat Iwan dengan pasal perbuatan tidak menyenangkan karena telah mengancam dan menggunduli sang guru.

Pada 31 Oktober 2012, Pengadilan Negeri (PN) Majalengka lalu menjatuhkan hukuman kepada Iwan dengan hukuman percobaan. Iwan dilarang berbuat pidana selama 6 bulan, jika masih berbuat dalam tempo tersebut maka dipidana 3 bulan.

Putusan ini lalu diperberat di tingkat banding. Pada 29 Januari 2013, Pengadilan Tinggi (PT) Bandung memerintahkan jaksa untuk menjebloskan Iwan ke penjara selama 3 bulan.

Iwan tidak terima dan mengajukan kasasi. Tapi karena UU menyatakan pasal yang ancamannya kurang dari 1 tahun tidak bisa dikasasi, maka permohonan kasasi Iwan tidak diterima.

"Tidak menerima permohonan kasasi," putus MA yang dikutip dari wesbitenya, Jumat (1/1/2016). Majelis yang mengadili sama dengan yang mengadili Aop. (asp/tor)

Sumber:http://m.detik.com/news/berita/3108939/rambut-guru-sd-dicukur-ortu-gara-gara-mencukur-anaknya-ini-akhir-ceritanya

Gw dua kali dicukur rambut sampe acak acakan gak jelas ame guru,
Sekali waktu SMP karena emang gondrong
Sekali lagi waktu SMA karena di cat biru
Reaksi ortu gw cuman ngakak doang.

Nah andaikan anak2 lu ntar ngalamin kejadian yg sama lu pade mau ngapain?

Ikutin ngamuk kayak yg diatas? Ngakak?
Atau mending nyekolahin anak ke sekolah swasta kelas atas yg gak peduli penampilan rambut anak?

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 39 dari 139
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:52
baguslah kalau begitu emoticon-Shakehand2
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:53
aop dan iwan sebaiknya membuka usaha sampingan potong rambut
emoticon-Ngakak
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:53
kalau sekolah gak mau ada aturan.. biaya kudu gede man, preman emoticon-Cool
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:53
haduhhh indonesaaa susah susah di ajari bener malah ngelunjak
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:53
waktu gua SMP gua pernah dicukur guru tak beraturan, pas diliat bokap "kenapa rambut kamu ?" tanya nahan tawa..
DICUKUR MAMA DISEKOLAH PAAAA emoticon-Frown
gak karuan dah ketawa bokap emoticon-Frown
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:54
wkw asli ngakak, jadi inget dulu waktu sd, gara-gara ane sama temen ane gabisa ngapalin surat pendek waktu pelajaran pai, ane sama temen ane kena getok pake penggaris besi emoticon-Frown mending kalo pake sisi yang gepeng, lah ini pake sisinya penggaris yang tajem itu emoticon-Frown jadi ngebekas garis merah di kepala, sakit banget emoticon-Frown emoticon-Frown tapi waktu istirahat malah pada ngakak saling nunjukin bekas di kepala nya ke temen-temen ane emoticon-Big Grin
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:54
Quote:Original Posted By kinnikumann
Wajar aja sih emang guru nya aja salah, menegur ga harus semena mena, orang tua mana yang bisa terima??itu anak ngelahirin biaya nya pake duit, ngurus biaya dll jg mahal, sekolah pun pake duit ga gratis jd baru jd guru honorer aja udah bertingkah macem kepsek..!!pecat aja tuh guru ga berkeprimanusiaan..!!



setuju ane sama agan ini emoticon-Shakehand2
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:55
Quote:Original Posted By veradux
gak pernah kena mslh di sekolah gw dri SD sampe SMK rambut gak pernah kena cukur
ya bukan krna disiplin atau apa, gw emang gak mau di potong sembarangan, emang guru goblok klo cukur tuh yang rapih yang bener, klo perlu kasih 15 ribu buat tuh anak potong rambut, emang sekolah indon emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

If you don't like a rule, just follow it! Reach on the top and change the rule




lo ngelucu ?
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:55
waseeek ikut motong dong pak :v sampe dibawa ke pidana ikk
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:56
biasanya sih di sekolah negeri sudah ada peraturan tertulis, biasanya dikasih buku tata tertib setelah anak diterima di sekolah (setelah pendaftaran tentunya), nah kemungkinan si ortu lebay ini ga bacain buku tata tertib ke anaknya, karena ga tau tata tertibnya jadi si ortu ini main emosi aja, sukur aja deh kalau dipenjara 3 bulan, biar jadi pelajaran bagi ortu-ortu baru,. emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:56
Quote:Original Posted By veradux
gak pernah kena mslh di sekolah gw dri SD sampe SMK rambut gak pernah kena cukur
ya bukan krna disiplin atau apa, gw emang gak mau di potong sembarangan, emang guru goblok klo cukur tuh yang rapih yang bener, klo perlu kasih 15 ribu buat tuh anak potong rambut, emang sekolah indon emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

If you don't like a rule, just follow it! Reach on the top and change the rule



setuju ane gan emoticon-Shakehand2
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:56
Quote:Original Posted By bagusneutron007




lo ngelucu ?


ha...ha... terguncang lo ? emoticon-Malu (S)
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:56
Kalo ane dari smp sampe smk langganan di pangkas guru, rambut ane cepet gondrong padahal ga pake apa apa emoticon-Ngakak

0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:57
terlalu memanjakan anak itu gan, kalo anaknya udah kerja, terus dipecat apa bapaknya bakal ngomelin bos anaknya? hehe
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:57
Adek ane cewe, di sekolah pas berantem sama temennya yg cowok. Pulang pulang nangis ngadu ke bokap, malah dimarahin, kena tabok lagi.

Gue, yg pernah kena dicukur guru, nyampe rumah malah ditabokin bokap, langsung disuruh ke tukang cukur + jajan gue yg dipotong seminggu.

Dan keuntungannya adalag, gue besar sebagai orang yg paham konsekuensi dan menaati aturan (biar aman).

Ortu alay doang yg ngelapor pulisi gegara kesalahan anaknya. emoticon-Cool
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:57
Quote:Original Posted By brentie


Gw dulu sekolah, sampe sekarang, gak pernah tau ada aturan tertulis bahwa rambut harus "pendek". Seperti yang gw bilang diatas, yang ada cuman peraturan lisan dari beberapa guru yang sok2 suka ngatur, sok sibuk, ngurusin hal2 gak penting macem ini. Dan kalopun emang ada peraturan tertulisnya, seharusnya memang ditiadakan peraturan gak penting macem ini. Ibaratnya kayak peraturan2 gak penting yang ada di kota ujung barat indonesia. emoticon-Big Grin Untungnya peraturan itu cuman ada disana tok. Kalo peraturan dablek di sekolah mengenai rambut ini menyebar di seluruh indonesia sepertinya. emoticon-Big Grin



Queuing alias Antri juga enggak ada aturan tertulisnya, jadi besok jangan ngantri ya...

Peraturannya memang tidak penting, tapi cara anda dalam menyikapinya yang menentukan hidup anda ke depannya.
Sama seperti nilai ujian, sama sekali enggak penting kok dalam kehidupan. Oom Bob Sadino tetep aja bisa kaya walaupun nilai di sekolahnya nggak bagus bagus amat. Bill Gates malah putus kuliah. Tapi cara mereka menyikapinya yang menentukan kehidupan mereka selanjutnya..

Like I told you, if you don't want to follow any particular rules, find some place which never applied ones.... Gitu aja kok repot.
Diubah oleh sasrabirawa
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:58
aduh guru kampungan emang susah deh.. makanya sekolahin anak di sekolah yg bonafit lah, jangan yang gurunya sok disiplin padahal kelar ngajar main gaplek di warung
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:58
begitu emang wajah orang tua jaman sekarang,revolusi mental bro..
anak dapet nilai jelek bukan anak yg ditegur malah gurunya diomelin
dulu gw cerita kalo gw dihukum ama guru malah gw yg dimarahin ama ortu gw
jaman emang udah gila
Diubah oleh udelunta
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:58
Quote:Original Posted By shara..
oh jadi gitu.. mental gedenya suka kekerasan jg itu bikinan sekolah dong?, gara2 disekolah dulu sering dikerasin.
kekerasan di kampus pas ospek dimaklum, kekerasan di sekolah dibiarin?. ini mental yg terdidik dari jaman dulu udah mengakar yg mesti diubah. kalau sekiranya si murid ga bisa dididik, panggil orang tuanya, serahkan ke orang tuanya, lagipula mana ada orang tua yg rela anaknya diperlakukan semena-mena. kalau si orang tua ga mau ikut aturan sekolah, suruh cari sekolahan lain. jgn rusak nama sekolah oleh oknum2 guru sok jagoan. peraturan dibuat untuk dipatuhi, kalau melanggar ada sanksi, tapi sanksi jg ada aturan.



itu kasusnya cm potong rambut loh? dimana tindak kekerasannya???
apa iya si anak ga taat peraturan dikit panggil ortu? trus fungsi guru apa klo gitu? ngajar mapel doank?
ngga bisa sesimpel itu jg kali. lu kira cari sekolahan ga pake duit. lu blm ngerasain susahnya cari duit kali yak.

*ini nih salah satu tipe2 anak manja..
0 0
0
Rambut Guru SD Dicukur Ortu Gara-gara Mencukur Anaknya, Ini Akhir Ceritanya
02-01-2016 10:58
Quote:Original Posted By aljealje
saya kalo dihukum guru, gak berani lapor ortu emoticon-Malu (S)


Ya kagak lah gan, kita kalo ngadu ke ortu malah ditambahin emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 39 dari 139
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia