News
Batal
KATEGORI
link has been copied
162
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5683cde656e6af242a8b4569/bbm-batal-turun-tanggal-5-ini-alasannya
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said membuka peluang diundurnya penurunan harga BBM jenis Premium dan Solar jika dasar hukum dan segala mekanisme teknis pungutan dana ketahanan energi (DKE) belum rampung hingga 5 Januari 2016 mendatang. “5 Januari bisa kita undur. Kan harga minyak itu katanya enggak boleh diserahkan ke pasar semata-mata. Kalau dianggap lebih baik diundur untuk
Lapor Hansip
30-12-2015 19:28

BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.

Quote:Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said membuka peluang diundurnya penurunan harga BBM jenis Premium dan Solar jika dasar hukum dan segala mekanisme teknis pungutan dana ketahanan energi (DKE) belum rampung hingga 5 Januari 2016 mendatang.

5 Januari bisa kita undur. Kan harga minyak itu katanya enggak boleh diserahkan ke pasar semata-mata. Kalau dianggap lebih baik diundur untuk menyelaraskan semua, ya bisa saja. Tapi kalau aturannya sudah siap ya nanti kita jalankan,” kata Sudirman di Jakarta, Selasa (29/12).

Sudirman menegaskan, pemerintah saat ini sedang mematangkan mekanisme pungutan dan payung hukum pungutan tersebut. “Besok baru mau dibahas sama Menko Perekonomian,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, pungutan dana ketahanan energi tidak hanya berasal dari selisih harga BBM dengan harga keekonomian yang lebih rendah. Akan tetapi juga bisa berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Tapi sebetulnya sumbernya macam- macam bisa dari APBN atau misalnya tahun depan harga minyak rendah, kita sudah mengalokasikan subsidi solar itu Rp1.000 per liter. Dan itu dianggap tidak perlu, jadi itu bisa dipindahkan. Atau bahkan pungutan kepada Badan usaha khusus yang memang bisa diatur,” kata dia.


Sumber

Alasannya: Aturan untuk malak rakyat belum rampung.

Kalau harga minyak dunia naik, gak butuh waktu lama, langsung naik.

Jadi untuk menaikan dan menurunkan harga BBM, aturan yang dipakai beda-beda toh. Baru tau saya. emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By intel.
Quote:Original Posted By glavo


nganu gan...

katanya demi infrastruktur

emoticon-Najis (S)


Dan bikin kilang gan.. katanya.
Siaran Pers ESDM: PAKET EKONOMI VIII (Bidang Ketahanan Energi)


Masalahnya disini adalah :

#1. Harga minyak dunia sudah turun sekitar 30% lebih dari asumsi APBNP2015 dan harga minyak dunia saat itu.
Artinya harga BBM sudah seharusnya turun sekitar min. Rp.2.000 (kalau pemerintah konsisten untuk evaluasi harga minyak setiap 3 bulan).

#2. Untuk bikin kilang, diambil dari setiap liter BBM yang dibeli masyarakat, jadi istilah ESDM "dipungut" (mungkin setiap bulan). Disinilah "dapur" korupsinya gan. Potensi untuk dikorup sangat besar. Ceritanya, ini jauh dari jangkauan penegak hukum, masih ranah persero (auditor negara akan kesulitan karena berkutat dan dibuat berbeli-belit dengan aturan-aturan internal persero), karena sangat teknis menemukan kejahatannya, waktu auditnya kan tahunan sementara prakteknya setiap hari. Bayangkan konsumsi BBM dalam negeri kita 1,6 juta barrel per hari (1 barrel = 100 liter lebih), kalikan saja 1 bulan berapa liter, kalikan berapa rupiah nanti yang akan dipalak, akan ketemu potensi uang rakyat yang akan dikorup sama koruptor-2 itu. Kalau pembuatan kilang lewat APBN mudah pengawasannya (audit) gan. Jadi lebih bagus kan kalau dipalak langsung gan.. Ngono loh gan..

Kita dorong anggaran pembangunan kilang lewat APBN. Tidak dipungut langsung.


Quote:
Mengapa besaran pengambilan ini disebut Pungutan.
Karena setiap rupiah dari penjualan produk Pertamina adalah uang rakyat.
Pendapatan penjualan, pengganti biaya subsidi dari pemerintah, imbalan jasa pemasaran, usaha jasa, dan sumber-sumber pendapatan usaha lainnya setelah dikurangi Biaya-Biaya adalah Keuntungan (Laba) yang seharusnya masuk ke kas negara.

Untuk alasan Ketahanan Energi sekalipun, penggunaan uang rakyat harus melalui persetujuan DPR. Pembiayaan Program-Program dalam rangka Ketahanan Energi harus melalui perencanaan, pembiayaan, dan persetujuan DPR RI. Maka satu-satunya mekanisme yang tepat adalah melalui APBN.

Pemaksaan gagasan Ketahanan Energi (berupa pembangunan kilang, dll) tanpa persetujuan DPR (program dan pembiayaan melalui mekanisme APBN) adalah bentuk kesewenang-wenangan penguasa, jika tidak ingin dikatakan membangun lahan korupsi.


Quote:

emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-I Love Kaskus (S) TOLAK GAGASAN KETAHANAN ENERGI TANPA MELALUI MEKANISME APBN emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Diubah oleh intel.
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 9
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:31
eeaaa....
joko sang pahlawan, berhasil menyelamatkan 200 perak emoticon-Recommended Seller
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:32
emoticon-Ngakak 1 tahun yg sia2
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:33
sudah kuduga emoticon-Big Grin
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:33
Buseeet... Demi legalnya pemalakan, penurunan harga bbm sampe diundur.

Dan kalo masih belum legal juga, tuh harga bbm gak kan turun2 yak?

Btw kangen gw sama menteri penerangan nastak yg haqqul yaqin ada payung hukum pemalakan ketahanan energi
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:34
nurunin gk smp gopek aja berat amat

emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:34
Jangan2 memang turun tapi pungutan ketahanan energinya yang naek emoticon-Ngakak
Minyak dunia turun kaga ikut turun tapi minyak dunia naik langsung buru2 naik.
Katanya ikut harga pasar.

Negara dagelan
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:37
Ada Kemenkumham, ada MA, ada KY, masak faktor hukum masih ada juga celah untuk dipermasalahkan lawan politik pemerintahan Jokowi???
0 0
0
Post ini ditandai sebagai spam
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:39
Plinplan bener eh.. emoticon-Traveller
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:40
“5 Januari bisa kita undur. Kan harga minyak itu katanya enggak boleh diserahkan ke pasar semata-mata



luar biasa junjungan panastak
kalau harga lagi rendah keluar kata2 ga boleh diserahkan ke pasar
nanti harga tinggi beda lagi kayaknya

0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:42
ciaaaa ha ha ha2emoticon-Big Grinemoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
tertawalah sebelum tertawa kena pajak
Diubah oleh anwariyah
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:44
paling ga jadi turun
emoticon-Ngakak
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:48
harus sesuai prosedur

kumpulin ip nya mbah
emoticon-Cool
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:52
Quote:Original Posted By inibapakbudiya
emoticon-Ngakak 1 tahun yg sia2


wa wa wa wa wa wa wa 32 + 10 tahun yang penuh kesia-siaan emoticon-DP
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:52
emang gak perlu diturunin
300 gak bisa beli gorengan emoticon-Big Grin
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:57
iki opo toh?
bikin bingung saja.. emoticon-Bingung (S)
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 19:59
buset dah emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 20:00
kelanjotan emoticon-Mewek emoticon-Mewek
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 20:00
Opo maneh iki?
0 0
0
BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.
30-12-2015 20:03
Quote:Original Posted By intel.


Sumber

Alasannya: Aturan untuk malak rakyat belum rampung.

Kalau harga minyak dunia naik, gak butuh waktu lama, langsung naik.

Jadi untuk menaikan dan menurunkan harga BBM, aturan yang dipakai beda-beda toh. Baru tau saya. emoticon-Big Grin



BBM Batal Turun Tanggal 5: Ini Alasannya.

0 0
0
Halaman 1 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia