Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
44
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56821c3cd675d422288b4569/harga-diri
harga diri seringkali menjadi alasan seseorang dari menghalangi dirinya dari melakukan sesuatu. beberapa alasan memang logis, tapi beberapa lainnya terkesan mengada2, dan tidak pada tempatnya. jadi memang ada baiknya kita beri kejelasan tentang apa itu harga diri, apa keutamaannya, kapan harus menggunakannya dan melindunginya dari hal2 negatif. saya sendiri menganggap harga diri adalah "harga
Lapor Hansip
29-12-2015 12:38

Harga diri?

harga diri seringkali menjadi alasan seseorang dari menghalangi dirinya dari melakukan sesuatu. beberapa alasan memang logis, tapi beberapa lainnya terkesan mengada2, dan tidak pada tempatnya. jadi memang ada baiknya kita beri kejelasan tentang apa itu harga diri, apa keutamaannya, kapan harus menggunakannya dan melindunginya dari hal2 negatif.

saya sendiri menganggap harga diri adalah "harga dari diri". benar2 secara kata2nya, seberapa berharga kita sebagai manusia. orang yang punya harga diri tinggi semestinya adalah orang yang memiliki manfaat yang besar bagi lingkungannya, pekerjaannya, pergaulannya dan lainnya. pengertian yang terkesan naif tapi menurut saya lebih baik begitu, ketimbang penuh kiasan dan subjektivitas. apalagi jika dijadikan alasan untuk tidak menerima sebuah kebaikan.

harga diri secara literal ini menurut saya lebih bisa dipegang ketimbang secara kiasan. jika memang seseorang bermanfaat pada lingkungannya, maka harga dirinya tidak akan bisa diinjak2 orang lain hanya dengan hinaan. tidak ada rasa ketakutan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat, karena itu justru meningkatkan harga diri kita. mungkin kita akan merasa tertekan saat kita dihina orang lain, tapi percayalah bahwa hinaan itu tidak akan mengurangi manfaat itu.

begitu juga saat beban hidup kita diambil alih orang lain. hanya karena pekerjaan ataupun tugas kita diambil alih orang lain, tidak berarti manfaat kita berkurang. karena sifat pengambilalihan ini bisa jadi hanya bantuan, supaya beban kita berkurang, dan kita bisa fokus memberi manfaat sesuai yang kita mampu. bukankah kita dianjurkan saling bantu membantu? apakah membantu meringankan beban seseorang adalah menghinanya, sementara bantuan juga merupakan manfaat ubtuk orang lain? bukankah membiarkan seseorang membantu kita juga berarti kita memberi jalan bagi seseorang untuk mengangkat harga dirinya? bukankah menerima bantuan juga berarti kita membantu seseorang supaya bisa membantu kita?

maka penolakan tethadap niat baik seseorang dengan dasar "harga diri" sepertinya menjadi tidak relevan. itu bukan lagi harga diri, itu adalah produk ego yang mengatakan bahwa kita bisa menyelesaikannya tanpa bantuan orang lain sama sekali, yang mana bertentangan dengan sifat sosialnya manusia. penolakan itu adalah kesombongan tanpa dasar, hanyalah keengganan kita untuk menerima kebaikan orang lain.

maka janganlah kita menolak kebaikan orang lain dengan alasan yang lemah seperti harga diri. memang ada kekuatiran bahwa kita akan berhutang budi atau apalah, tapi bukanlah kita selalu berhutang budi pada setiap pihak yang menyalurkan sebutir nasi ke mulut kita? bantuan adalah kemudahan bagi kita, supaya kita bisa memenuhi hal2 yang sebelumnya tidak bisa kita penuhi, sehingga kita bisa fokus pada tugas lainnya.

jadi janganlah utarakan alasan harga diri saat kita merasa enggan menerima sebuah kebaikan, karena sesungguhnya saat itu kita sedang berperilaku sombong. janganlah kita berpikir harga diri kita terinjak2 saat kita dihina, karena manfaat kita tidak akan berkurang karena hinaan itu.



mohom maaf atas thread kilatnya, insyaallah nanti malam diperbaiki lagi..
profile-picture
anasabila memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Harga diri?
29-12-2015 16:34
Quote:Original Posted By desmodesci


Hmmm... konteksnya kan menolak bantuan kl secara cuma2.... harus ada timbal balik baik berupa tenaga atau pemikiran atau bantuan tersebut akan ditolak.

Nah itu termasuk kesombongan atau harga diri yah..??

Kl balas budi kan apabila kita mengembalikan pertolongan org lain di waktu yg berbeda. Contoh : hari ini si A membantu si B yg sedang kesulitan finasial. 1 tahun kemudian si B ganti membantu si A saat keluarga si A sedang dalam kesulitan. Itu balas budi.

Ditunggu pemikiran dan jawaban dr sepuh nih emoticon-Smilie


Uhmmm... kayaknya masuk harga diri. Kalo kesombongan kayaknya lebih ga mau dibantu karena merasa bisa sendiri atau merasa yg membantu itu di bawah dirinya.
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 17:22
hmm
klo standarnya begitu, gw akuin gw sombong,
disekitar gw, banyak banget yg pengen bantu gw,
bantu ini bantu itu,
hampir semua gw tolak,
bahkan mungkin kadang gw jadi kesel sama mereka emoticon-Cape d... (S)

namun yg terpikirkan oleh gw,
gw "nyaman" kok dg kondisi gw.
salah kah dg pernyataan itu?
jadi saat ini gw ga butuh sebuah bantuan


atau hal lain yg jadi terpikirkan oleh gw.
sebenarnya gw sendiri pun ga tau pengen di tolongnya seperti apa.
mungkin yg sering terjadi
ada yg perlu dibantu ga?*teman2
butuh duit tambahan ga* kalau ortu lagi telpon

dan memang, gw bisa mengatasi kondisi gw.
klo kurang duit ya berhemat~
klo ga selesai kerjaan yaa terima dimarahin emoticon-Hammer (S)


daaaan entah ada hubungannya atau tidak,

gw pun jadi ga peka sama orang2 yang butuh bantuan
kecuali yg secara terang2an minta pertolongan gw
dan yaa mungkin salah satunya, lewat h2h ini gw bisa membantu sebisa gw org2 yg secara terus terang mengatakan "butuh bantuan"


mungkin itu dulu, ntar malam gw perpanjangemoticon-Ngakak (S) emoticon-Big Grin *serius masih banyak ini di pikiran emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 18:41
Quote:Original Posted By desmodesci


Kan intinya menolak karena tidak mau menerima bantuan secara cuma2 om...

Itu masuk harga diri atau kesombongan yah..?

Klo ngeliatnya dr sisi manusia sebagai mahluk sosial, gk mw nerima bantuan org lain namanya kebodohan. Emgnya klo nanti mati bisa kita jalan ke kuburan sendiri?
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 18:48
whai pria: pekerjaanmu adalah harga dirimu emoticon-Ngacir
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 19:24
Quote:Original Posted By jb.1904
Sudut pandang yang menarik. emoticon-Matabelo

Aku sering menolak dengan alasan "harga diri" karena alasan yang sama, yaitu menghargai diri sendiri.

Apakah itu satu hal yang bodoh?


jika kita mampu, kita tidak perlu menerimanya saat kita ditawari bantuan. itu menghargai diri sendiri. tapi jika kita tidak mampu, sedang memaksakan diri diluar kemampuan kita, maka menolaknya justru berarti tidak menghargai diri sendiri. itu menurut saya sih ya..

Quote:Original Posted By rorrie
ane sering menolak bantuan karena ane merasa gak enak sama mereka. Kek berasa ngrepotin dia emoticon-Hammer


klasik, "takut merepotkan orang lain". saya kira jika seseorang menawarkan bantuan berarti siap untuk direpotkan, atau memang dalam situasi mampu untuk membantu kita..

Quote:Original Posted By topana
harga diri dan gengsi itu sama atau enggak sih om?
btw gw suka dengan tulisan hubungan antara harga diri dengan kemanfaatan.


harga diri itu kadar manfaat kita pada orang lain. dan jika kita orang yang punya sifat sombong, maka kesombongan + harga diri = gengsi. merasa lebih dari orang lain, lalu menampik sebuah tawaran. atau merasa terhina saat ditawari bantuan dari orang yang lebih dari kita, itu sudah disusupi perasaan iri dengki. semoga Allah menjauhkan diri kita dari sifat2 tercela ini.

Quote:Original Posted By desmodesci
Hmmmm... cara pandang yg menarik

Kl menolak bantuan yg diberikan cuma2... tp bantuan akan diterima dengan syarat tidak cuma2 artinya bs dengan balas dengan tenaga atau pikiran..... itu masuk harga diri bukan yah...??

Contoh di atas termasuk harga diri atau ego yah..? Atau hanya bentuk kesombongan belaka..??


saya kira tidak masalah, ini bukti bahwa agan ingin membalas kebaikan orang lain. tapi mari kita jaga niat baik seseorang yang ingin membantu tanpa pamrih dengan menyimpan niat ingin membalasnya itu dalam hati saja. kalau tidak, pihak yang membantu akan mengharapkan balasan yang kita janjikan itu nantinya.. jatuhnya bukan ke amalan lagi, melainkan ke jual beli atau utang piutang.

jadi bukan ego maupun kesombongan, kalau menurut saya.

Quote:Original Posted By causechooser
sepuh emoticon-Frown
iya om kta shrsny brsha jgn sok2an pda apapun emoticon-Smilie
btw hrga dri ane jga mw trima cndol kok dn gk nolak emoticon-Big Grin


ntar bantuannya saya kirimkan ya emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By sella91
ciee pengantin baru langsung dapet inspirasi cieeee
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

selamat yah emoticon-Kimpoi


alhamdulillah banyak perubahan positif sejak nikah ini.. rina selalu memberikan ketenangan hati dan pikiran. emoticon-Peluk

Quote:Original Posted By artwing
... membuatku terdiam ._.


mari bicara gan..

Quote:Original Posted By camen_rider
langsung melek mata ane gan emoticon-Mewek


thread jangan disetel jadi alarm dong gan..

Quote:Original Posted By mozz.elle
lebih mengarah k gengsi ya
biasa lah orang jaman skg apalagi yg medium-high emoticon-Big Grin


ya, gengsi.. harga diri yang dikotori kesombongan..
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 19:36
Quote:Original Posted By DJ Kuahh
jika kita mampu, kita tidak perlu menerimanya saat kita ditawari bantuan. itu menghargai diri sendiri. tapi jika kita tidak mampu, sedang memaksakan diri diluar kemampuan kita, maka menolaknya justru berarti tidak menghargai diri sendiri. itu menurut saya sih ya..


True, ketika pada situasi di luar kemampuan, gak da salahnya untuk menerima uluran tangan orang lain.

tapi situasi di luar kemampuan pun sebenernya bisa dihindari tanpa harus mengorbankan yang namanya harga diri.
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 19:40
perspektif yang menarik. setuju sih, apalagi kadang orang gampang kesulut karena di pancing oleh hinaan yang sebenernya kalo di abaikan gaada ruginya. toh tong kosong nyaring bunyinya
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 19:52
Quote:Original Posted By archaengela
Selalu bagus thread-nya om ini. Selamat atas pernikahannya ya Om emoticon-Big Grin


terima kasih ya.. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By desmodesci
Hmmm... konteksnya kan menolak bantuan kl secara cuma2.... harus ada timbal balik baik berupa tenaga atau pemikiran atau bantuan tersebut akan ditolak.

Nah itu termasuk kesombongan atau harga diri yah..??

Kl balas budi kan apabila kita mengembalikan pertolongan org lain di waktu yg berbeda. Contoh : hari ini si A membantu si B yg sedang kesulitan finasial. 1 tahun kemudian si B ganti membantu si A saat keluarga si A sedang dalam kesulitan. Itu balas budi.

Ditunggu pemikiran dan jawaban dr sepuh nih emoticon-Smilie


keharusan itu sendiri sih tidak ada.. jangan kita bebani diri dengan hal2 yang tidak ada. jangan kita berhutang jika orang yang memberikan pada kita ikhlas. dan berhutang sendiri adalah ha?us dihindari sebisa mungkin kan..

ini alasannya saya tidak suka dengan konsep hutang budi. hilang keikhlasannya, dan tidak jelas hitungannya.

Quote:Original Posted By vhesckot_1601
keren nih artikelnya emoticon-Wow

boleh ane print gak om? emoticon-Add Friend (S)


masih perlu revisi sana sini om.. lagipula dibanding artikel di koran masih kalah jauh lah.
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 20:02
harga diri dan sombong beda lho
sama kayak
rendah hati oke
rendah diri no
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 20:07
Quote:Original Posted By nanletsbegin
hmm
klo standarnya begitu, gw akuin gw sombong,
disekitar gw, banyak banget yg pengen bantu gw,
bantu ini bantu itu,
hampir semua gw tolak,
bahkan mungkin kadang gw jadi kesel sama mereka emoticon-Cape d... (S)

namun yg terpikirkan oleh gw,
gw "nyaman" kok dg kondisi gw.
salah kah dg pernyataan itu?
jadi saat ini gw ga butuh sebuah bantuan


atau hal lain yg jadi terpikirkan oleh gw.
sebenarnya gw sendiri pun ga tau pengen di tolongnya seperti apa.
mungkin yg sering terjadi
ada yg perlu dibantu ga?*teman2
butuh duit tambahan ga* kalau ortu lagi telpon

dan memang, gw bisa mengatasi kondisi gw.
klo kurang duit ya berhemat~
klo ga selesai kerjaan yaa terima dimarahin emoticon-Hammer (S)


daaaan entah ada hubungannya atau tidak,

gw pun jadi ga peka sama orang2 yang butuh bantuan
kecuali yg secara terang2an minta pertolongan gw
dan yaa mungkin salah satunya, lewat h2h ini gw bisa membantu sebisa gw org2 yg secara terus terang mengatakan "butuh bantuan"


mungkin itu dulu, ntar malam gw perpanjangemoticon-Ngakak (S) emoticon-Big Grin *serius masih banyak ini di pikiran emoticon-Hammer (S)


ya kalau kita masih bisa sendiri, tidak ada salahnya ditolak. itu pribadi yang mandiri. asal tidak malu untuk mencari bantuan disaat kemampuan kita sudah mencapai batasnya pada suatu perkara. intinya agan belum pada posisi dimana agan wajib menerima sebuah bantuan, jadi saya pikir masih aman. penolakan ini bagus dan tidak ada hubungan dengan gengsi.

dan masalah kurang peka gitu sih, saya kira itu bawaan ya. analoginya radar agan kurang sensitif, itu saja. saya juga punya ketidakpekaan untuk beberapa hal lainnya, dan itu wajar. setidaknya semangat agan untuk membantu sesama tidak pudar..

dan

Quote:Original Posted By onlyone.yellowc
whai pria: pekerjaanmu adalah harga dirimu emoticon-Ngacir


ya, itu salah satunya. seberapa besar manfaat yang bisa kita berikan dengan pekerjaan kita itu?

Quote:Original Posted By jb.1904
True, ketika pada situasi di luar kemampuan, gak da salahnya untuk menerima uluran tangan orang lain.

tapi situasi di luar kemampuan pun sebenernya bisa dihindari tanpa harus mengorbankan yang namanya harga diri.


jika ditilik lagi dari pengertian harga diri secara bahasa tadi, saya pikir itu pun tidak berhubungan dengan harga diri. harga diri akan terinjak2 saat kita mampu tapi mengabaikan fakta itu, dan mengemis bantuan pada orang lain. dengan kata lain menjadi manja. dan itu adalah menurunkan kadar manfaat kita pada orang lain.

mengenai penolakan, baik untuk menantang diri kok. tapi kita harus pertimbangkan, apa yang akan terjadi seandainya kita gagal. siapa saja yang akan kena imbasnya. jika kegagalan kita karena memaksakan diri tanpa menerima bantuan hanya betefek pada diri kita sendiri sih ga masalah.. tapi jika ada hajat hidup seseorang termasuk di dalamnya, maka kita sudah berperilaku egois..

Quote:Original Posted By joshkev
perspektif yang menarik. setuju sih, apalagi kadang orang gampang kesulut karena di pancing oleh hinaan yang sebenernya kalo di abaikan gaada ruginya. toh tong kosong nyaring bunyinya


selama hinaan itu 100% ga bener ya emoticon-Big Grin kadang kita merasa kita dihina padahal itu hanya kritik yanh diaampaikan dengan tidak baik. artinya masih ada benarnya. ambillah hikmah dari semua hal negatif yang terjadi di sekeliling kita..
0 0
0
Harga diri?
30-12-2015 09:00
Quote:Original Posted By DJ Kuahh


ya, gengsi.. harga diri yang dikotori kesombongan..


sebenarnya gw gak suka ama orang sejenis ini
mungkin emank dari awal dia berasal dari kelas medium-high
suka ngeremehin yg d bawahnya dan belum pernah melihat apalagi merasakan kondisi d bawahnya
kehidupan serba hedonist
dan mungkin orang2 semacem ini jarang buat nengok k bawah
karena selalu meliat k atas atau yg selevel emoticon-Big Grin

sbenarnya orang yg bisa ngerasain nikmat uda d puncak kesuksesan secara keseluruhan
ialah dia orang2 yang pernah berjuang dari bawahnya
dari gak enaknya

jadi in the end bakal metik manis buahnya emoticon-Smilie
0 0
0
Harga diri?
30-12-2015 09:24
Quote:Original Posted By mozz.elle


sebenarnya gw gak suka ama orang sejenis ini
mungkin emank dari awal dia berasal dari kelas medium-high
suka ngeremehin yg d bawahnya dan belum pernah melihat apalagi merasakan kondisi d bawahnya
kehidupan serba hedonist
dan mungkin orang2 semacem ini jarang buat nengok k bawah
karena selalu meliat k atas atau yg selevel emoticon-Big Grin

sbenarnya orang yg bisa ngerasain nikmat uda d puncak kesuksesan secara keseluruhan
ialah dia orang2 yang pernah berjuang dari bawahnya
dari gak enaknya


jadi in the end bakal metik manis buahnya emoticon-Smilie


memangnya klo org gak pernah ngerasa susah ekonomi terus jadi belagu, gede gengsi or whatever sebutan u ?

suka lucu sama org2 yg nganggep klo dr awalnya gak ngerasa susah trs hedon... hedon buat org susah blom tentu hedon buat yg punya loh...bisa aja ya krena emg mampu ya sudah dia mampu beli yg dia beli atau ya dia lakuin aja tanpa berasa berat.
Mungkin buat org susah kliatannya hedon...tp bukan hedon itu tp ngiri.... bisa toh jd punya pikiran seperti itu karna u jg punya pikiran seperti yg u tulis.

justru ya asal u tau biasa yg belagu itu yg susah....kebanyakan gengsi sok punya harga diri setinggi langit, sok berasa punya gak butuh bantuan.... buat dirinya terlihat famous dan hidup wah banget utk apa? justru sikap kaya gitu yg akan buat dirinya jd blunder utk hidupnya.

Bold : Pencapaian itu gak ada batasnya nona emoticon-Big Grin...u salah klo mikir nikmat kesuksesan itu cuma bisa didapt dr bawah...
Dari posisi apapun juga nikmat kesuksesan itu gak ada liamitnya. sederhana cara berpikirnya, u start dr nol sampe 5 buat u itu sukses. org lain start dr 5 sampe 10 belom tentu puas.
0 0
0
Harga diri?
30-12-2015 09:34
Quote:Original Posted By sturmgewerh44


memangnya klo org gak pernah ngerasa susah ekonomi terus jadi belagu, gede gengsi or whatever sebutan u ?

suka lucu sama org2 yg nganggep klo dr awalnya gak ngerasa susah trs hedon... hedon buat org susah blom tentu hedon buat yg punya loh...bisa aja ya krena emg mampu ya sudah dia mampu beli yg dia beli atau ya dia lakuin aja tanpa berasa berat.
Mungkin buat org susah kliatannya hedon...tp bukan hedon itu tp ngiri.... bisa toh jd punya pikiran seperti itu karna u jg punya pikiran seperti yg u tulis.

justru ya asal u tau biasa yg belagu itu yg susah....kebanyakan gengsi sok punya harga diri setinggi langit, sok berasa punya gak butuh bantuan.... buat dirinya terlihat famous dan hidup wah banget utk apa? justru sikap kaya gitu yg akan buat dirinya jd blunder utk hidupnya.

Bold : Pencapaian itu gak ada batasnya nona emoticon-Big Grin...u salah klo mikir nikmat kesuksesan itu cuma bisa didapt dr bawah...
Dari posisi apapun juga nikmat kesuksesan itu gak ada liamitnya. sederhana cara berpikirnya, u start dr nol sampe 5 buat u itu sukses. org lain start dr 5 sampe 10 belom tentu puas.


ok terserah itu kan pandangan lu emoticon-Smilie
semua orang punya persepsi beda
cuma yg gw tulis itu dr apa yg kebanyakan

pada dasarnya kesuksesan juga no limit
tapi tergantung diri sendiri kembali sampai limit berapa itu mau dcapai
manusia kan ga pernah puas dg apa yg sudah didapat

klo ada yg belagu kea ente maksud, sbenarnya ga semua orang juga begitu emoticon-Smilie
dan gak perlu berpikir negatif sirik atau semacamnya
orang2 seperti itu memiliki cara sendiri bagaimana enjoy dg hidupnya

0 0
0
Harga diri?
30-12-2015 10:12
Quote:Original Posted By mozz.elle


ok terserah itu kan pandangan lu emoticon-Smilie
semua orang punya persepsi beda
cuma yg gw tulis itu dr apa yg kebanyakan

pada dasarnya kesuksesan juga no limit
tapi tergantung diri sendiri kembali sampai limit berapa itu mau dcapai
manusia kan ga pernah puas dg apa yg sudah didapat

klo ada yg belagu kea ente maksud, sbenarnya ga semua orang juga begitu emoticon-Smilie
dan gak perlu berpikir negatif sirik atau semacamnya
orang2 seperti itu memiliki cara sendiri bagaimana enjoy dg hidupnya



tetot...u menggeneralisasi klo nulis gitu. secara ilmiah, never speculate on the reason before a very carefully analysis.

bold: bukannya u yg mikir klo org punya itu hedon emoticon-Big Grin...itu dah negatif loh emoticon-Big Grin

red: short advice....carefull with self claim and rated urself...blunder nanti klo u ngerasa diri u di level yg gak sebenernya belom tercapai. positive attitude is good tp jgn jumawa. work smart in silence and let ur success be your noise.... not a self claim emoticon-Smilie
0 0
0
Harga diri?
30-12-2015 10:17
Quote:Original Posted By sturmgewerh44


tetot...u menggeneralisasi klo nulis gitu. secara ilmiah, never speculate on the reason before a very carefully analysis.

bold: bukannya u yg mikir klo org punya itu hedon emoticon-Big Grin...itu dah negatif loh emoticon-Big Grin

red: short advice....carefull with self claim and rated urself...blunder nanti klo u ngerasa diri u di level yg gak sebenernya belom tercapai. positive attitude is good tp jgn jumawa. work smart in silence and let ur success be your noise.... not a self claim emoticon-Smilie


gw tau om pasclon ini beranggapan lain karena lu emank gak pernah tau apa yg dirasakan oleh mereka yg berasal dari bawah
jadi lu beranggapan di lain sisi aja emoticon-Smilie

makasih uda warning tapi gw tau bener posisi gw saat ini coz gw yg ngerasain n jalanin emoticon-Big Grin

ane juga ga ngerasa jumawa sejauh ini emoticon-Big Grin



0 0
0
Harga diri?
30-12-2015 10:20
keren gan... kadang mang susah mengartikan harga diri itu sbnernya apa dan aplikasi yang tepatnya gmana
0 0
0
Harga diri?
30-12-2015 10:49
emoticon-Wow keren om kayaknya ane belom nyampe berat uyy nyimak aja lah emoticon-Ngacir
0 0
0
Harga diri?
30-12-2015 10:59
kesimpulan ane; dengan menghargai bantuan orang lain akan membuat orang itu memiliki harga diri karena dia menunjukkan manfaatnya bagi sekitar. hal tsb berlaku juga kalo subyeknya dibalik, saat bgmana kita mencoba membantu orang lain. emoticon-Belo
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh sella91
Harga diri?
30-12-2015 12:42
Quote:Original Posted By DJ Kuahh
jika kita mampu, kita tidak perlu menerimanya saat kita ditawari bantuan. itu menghargai diri sendiri. tapi jika kita tidak mampu, sedang memaksakan diri diluar kemampuan kita, maka menolaknya justru berarti tidak menghargai diri sendiri. itu menurut saya sih ya..



klasik, "takut merepotkan orang lain". saya kira jika seseorang menawarkan bantuan berarti siap untuk direpotkan, atau memang dalam situasi mampu untuk membantu kita..



harga diri itu kadar manfaat kita pada orang lain. dan jika kita orang yang punya sifat sombong, maka kesombongan + harga diri = gengsi. merasa lebih dari orang lain, lalu menampik sebuah tawaran. atau merasa terhina saat ditawari bantuan dari orang yang lebih dari kita, itu sudah disusupi perasaan iri dengki. semoga Allah menjauhkan diri kita dari sifat2 tercela ini.



saya kira tidak masalah, ini bukti bahwa agan ingin membalas kebaikan orang lain. tapi mari kita jaga niat baik seseorang yang ingin membantu tanpa pamrih dengan menyimpan niat ingin membalasnya itu dalam hati saja. kalau tidak, pihak yang membantu akan mengharapkan balasan yang kita janjikan itu nantinya.. jatuhnya bukan ke amalan lagi, melainkan ke jual beli atau utang piutang.

jadi bukan ego maupun kesombongan, kalau menurut saya.



ntar bantuannya saya kirimkan ya emoticon-Ngakak



alhamdulillah banyak perubahan positif sejak nikah ini.. rina selalu memberikan ketenangan hati dan pikiran. emoticon-Peluk



mari bicara gan..



thread jangan disetel jadi alarm dong gan..



ya, gengsi.. harga diri yang dikotori kesombongan..



ok om ane tnggu bntuannya emoticon-Frown
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
misteri-gunung-kemukus
Stories from the Heart
sakti-wirajati
Stories from the Heart
elang-mataram
Stories from the Heart
si-anak-yang-kebingungan
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
cinta-putri-khodam-mirah-delima
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia