Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
45
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/563336d231e2e616348b4569/belajar-mengenal-musang-sebagai-hewan-peliharaan
]hai sobat kaskus kali ini ane mau kasih penjelasan tentang musang sebagai hewan peliharaan bukan hewan liar sobat pastinya tau dong musang itu apa yuk langsung saja ke topik pertama kita harus mengenal beberapa jenis musang sebelum mengadopsinya sebagai pets ini dia beberapa jenis musang yang biasa di jadikan hewan peliharaan 1. Musang pandan Terdapat banyak varian seperti musang pandang “leuci
Lapor Hansip
30-10-2015 16:22

Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan

[size="4"]hai sobat kaskus kali ini ane mau kasih penjelasan tentang musang sebagai hewan peliharaan bukan hewan liar
sobat pastinya tau dong musang itu apa
yuk langsung saja ke topik

pertama kita harus mengenal beberapa jenis musang sebelum mengadopsinya sebagai pets


ini dia beberapa jenis musang yang biasa di jadikan hewan peliharaan

1. Musang pandan
Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan
Terdapat banyak varian seperti musang pandang “leucistic” hidung hitam dan hidung merah, varian kelabu, serta varian hitam. Panjang tubuh musang ini mencapai 90cm, mulai dari kepala hingga ekor. bobot badannya mencapai 2 – 5 kg.
Tubuh musang padan yaang umum ditemui dan didominasi oleh warna cokelat kelabu dengan ekor berwarna cokelat kehitaman. Pada bagian punggungnya, terdapat pola garis gelap berjumlah 3 – 5 garis putus-putus. Sementara itu, musang pandan “leucistic” berwarna putih polos dengan hidung berwarna merah atau hitam. Ada pula musang pandan yang warna tubuhnya hitam polos.

2. Musang bulan
Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan
Ciri khas musang bulan alias little civert adalah bentuk wajahnya yang lebih lebar dibandingkan dengan musang lainnya. Warna tubuhnya didominasi oleh warna hitam dengan ujung ekor bercorak putih.
Beberapa Hobiis meyakini bahwa tingkat kecerdasan Viverricula malaccensis ini lebih tinggi dibandingkan dengan jenis musang lainnya. Manfaatnya, lebih mudah untuk melatih musang bulan untuk menjadi klangenan yang jinak

3. Musang rase
Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan.
Musang dengan nama latin Viverricula indica ini lebih dikenal memiliki aroma tubuh yang khas. Tubuhnya didominasi warna cokelat kemerahan dengan garis cokelat atau agak kemerahan mulai dari ujung kepala hingga pangkal ekor. Namun, ada juga musanvg rase yang berwarna abu-abu kekuningan. Mata dan telinga berwarna hitam. Panjang tubuhnya mencapai 61 cm, sedangkan ekornya saja bisa mencapai ukuran 43 cm .

4. Musang akar
Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan
Musang ini memiliki nama lain yang bervariasi. sebut saja small-toothed palm civet dan three-striped palm civet. Hewan dengan nama ilmiah Arctogalidia trivirgata ini beratnya 2,4kg dengan panjang tubuh 53cm serta panjang ekor 58 cm.
Musang akar memiliki rambur pendek yang umumnya berwarna cokelat, sedangkan kepalanya berwarna abu-abu gelap cokelat. Moncong berwarna cokelat dengan garis putih putih memanjang dari hidung ke dahi. Tubuh bagian belakang memiliki tiga garis-garis cokelat yang berbeda di sepanjang tubuh. Hanya musang betina yang memiliki kelenjar perineum, yaitu didekat vulva.

Periode kebuntingan musang akar mencapai 45 hari dengan jumlah anak yang lahir mencapai tiga ekor. Anak musang akan mulai membuka mata pada umur 11 hari dan disapih pada umur dua bulan. Musang akar dapat melahirkan anak dengan frekuensi dua kali dalam setahun.


selanjutnya ini cara memelihara musang dengan baik agar jinak dan nurut seperti hewan peliharaan lainya

1. Mengenali karakternya dg baik....
Kondisi fisik dan psikis simusang...
Pola makan, selera makan, porsi makan dan minum.
Melihat bentuk kotoran, dan respon terhadap kita, orang lain dan kepada hewan lain......

Hal ini akan mengarahkkan kita, orang2 disekitar kita dan hewan lain untuk tidak menjadi korban.
Terutama mengenali tanda2 birahi bagi pejantan.
Perubahan prilakunya akan sangat terlihat....

2. Penyediaan tempat tinggal.
Dilepas bebas dirumah, dikandang atau dirantai akan mempengaruhi karakter si musang.
Jangan sampai dia mangkir ke rumah tetangga menghajar kucing atau burung dara tetangga......

3. Penjagaan karakter.
Pemberian pakan daging mentah akan memicu karakter alami si musang....Biarpun dia dipelihara dari kecil...

Pemanguran diwajibkan untuk bener2 memberikan jaminan bagi kita dan lingkungan kita bahwa musang kitaaman....menghindari resiko terburuk jari anakkita remuk oleh gigitan musang dewasa yg sedang birahi atau marah.
Disarankan pemberian kakanan yg memenuhi kebutuhan nutrisinya...kalsium terutama, agar musang kuta tidak rapuh tulang karena kegemukan.
Joging disarankan agar terbiasa dg keramaian dan menyehatkan musang dan pemiliknya...sekaligus menarik perhatian lingkungan.

Selanjutnya jangan percaya tahayul kalo pemilik musang adalah kebal terhadap gigitan.....

Masalah karakter banyak muncul saat usia musang dewasa kelamin.....

Selanjutnya biar dilanjutkan sodara ML yg lain......
Semoga bermanfaat dan tidak ada yg lebih paham soal musang selain kita sendiri.....karena kitalah yg memeliharanya.....

dan ini resiko memelihara musang...!!
Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan

Resiko memelihara musang bisa saya katakan lebih besar karena beberapa hal. Jika anda tidak sanggup dengan salahsatu dari resiko memelihara musang berikut, akan lebih baik jika anda tidak memeliharanya. Apa saja yang harus diketahui sebelum memelihara musang? Nah berikut adalah beberapa resiko memelihara musang:
memelihara musang berarti siap digigit.
Resiko memelihara musang yang pertama adalah siap digigit. Pada dasarnya, musang adalah jenis hewan buas. Dia memiliki taring tajam yang tidak segan dia gunakan untuk mengoyak kulit anda. Mengoyak? Ya. Musang tidak hanya menggigit, dia akan mengoyak dan merobek daging yang ia gigit. Tentu ini berkenaan dengan insting alaminya. Maka sejinak apapun musang, akan ada saatnya dimana ia akan menjadi buas dan tidak segan untuk mengigit dan melukai anda. Saat anda mengadopsi seekor musang, maka anda setuju dengan resiko digigit dan dilukai oleh si musang nantinya.
memelihara musang berarti siap membersihkan kandangnya dan memandikannya secara rutin.
Resiko memelihara musang yang kedua adalah anda setuju untuk membersihkan kandangnya dan memandikannya secara rutin. Musang bukan hewan yang bisa diliarkan begitu saja. Dia membutuhkan kandang yang lumayan besar untuk tempat tinggalnya. Memang, ada beberapa kasus dimana musang sudah bisa diliarkan (free room) di dalam dan di luar rumah, namun tentu untuk bisa diliarkan seperti itu tentu butuh waktu yang tidak sebentar. Si musang harus sepenuhnya percaya kepada anda hingga dia tidak perlu lagi 'minggat' saat dilepaskan. Back to topic. Seperti halnya dalam memelihara hewan lain, membersihkan kandang musang erat kaitannya dengan kesehatan musang. Tak jarang, kondisi kandang yang kotor akan membuat bulu musang rontok serta iritasi di kulitnya akibat bakteri dan kutu karena kebersihan kandang kurang terjaga. Memelihara musang berarti setuju untuk membersihkan kandang musang secara rutin, minimal 2 hari sekali. Selain membersihkan kandangnya, musang juga wajib dimandikan minimal 3 hari sekali. Sama halnya dengan membersihkan kandangnya, memandikan musang erat kaitannya dengan kesehatan si musang. Cara memandikan musang bisa dilihat di artikel cara memandikan musang.


Baca juga: Mengobati Musang Keracunan Secara Alami
memelihara musang berarti siap dengan aroma yang ditimbulkan dari kandang dan badan si musang.
Hampir semua jenis musang memiliki kelenjar bau yang unik di tubuhnya. Musang pandan misalnya. Dia memiliki kelenjar bau yang mirip dengan aroma pandan. Lain lagi dengan musang biul (javan ferret badger), baunya agak mirip seperti aroma ban terbakar. Begitu juga dengan jenis musang lain, ia memiliki aroma yang berbeda-beda. Memelihara musang berarti siap dengan aroma yang ditinggalkan si musang dimana-mana, baik di dalam maupun di ruangan, baik di udara ataupun di benda-benda tempat ia menggesek-gesekkan badannya. Dan patut saya tekankan, intensitas aroma musang meningkat saat ia memasuki masa kimpoi, terutama bagi musang jantan.

Akhir-akhir ini, banyak sekali musang yang tersia-sia hanya karena si 'mantan adopter' hanya melihat kelucuan si musang saat liputan di televisi. Mereka lalu membeli musang, dan akhirnya tahu dengan resiko-resiko di atas. Semoga artikel

sekian dan hanya ini yang bisa saya sampaikan jika berkenan silakan di shareemoticon-Jempol dan di beri rate emoticon-Rate 5 Star

kaskuser yyang baik selalu meninggalkan jejak coment[/size]
profile-picture
profile-picture
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan
20-12-2015 08:59
Musang umur 3 bln an d ksh makan apa ya
0 0
0
Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan
18-05-2017 16:12
sore kaka-kaka semua
Mau nanya, siapa tau ada yg berkenan membantu
Saya punya musang rase umur sekitar 3-4bulan
Waktu hari sabtu kakinya tiba-tiba pincang, mungkin karena pas kamis saya mandiin trus dia sedikit keseleo, nah sampe selasa udah rada mendingan, pas kemarin saya jemur di dalem kandang (atasnya kebuka) dia tiba-tiba loncat karena karakter masih jumpy kalau denger suara keras.
Dari situ kakinya jadi parah lagi trus ga nafsu makan. Hari ini dia muntah dan mencret
kira-kira garagara apa ya, cara pengobatannya gimana ?
Makasih ya kaka-kaka sebelumnya
0 0
0
Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan
18-05-2017 16:28
Ane lebih suka uler buat jadiin peliharaan drumah breh emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan
18-05-2017 16:34
enakan miara tuyul ganemoticon-Wkwkwk
0 0
0
Belajar Mengenal Musang Sebagai Hewan Peliharaan
31-03-2020 17:54
musang bulan lucu banget, gua dah lama pengen melihara tapi takut wkwk
profile-picture
ombengindah memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia