- Beranda
- The Lounge
Birokrasi, Kenapa Harus dibikin Ribet?
...
TS
opini.id
Birokrasi, Kenapa Harus dibikin Ribet?
BIROKRASI DI INDONESIA: HARUSNYA BISA
GAMPANG TAPI DIBIKIN RIBET GAN
GAMPANG TAPI DIBIKIN RIBET GAN
Quote:
Buat agan-agan yang udah dewasa pasti sering nih urus ini-itu di kantor pemerintahan.
Masih sering ngerasa dipersulit nggak sih gan?
Di thread ini ane bakal ngebahas ciri-ciri pelayanan publik di kantor pemerintah gan.
Ane nggak menutup mata kok gan kalo pelayanan publik sekarang udah lebih baik.
Cuma kita harus akui di beberapa tempat, praktik minus ini masih terjadi.
Jadi harapan ane, semoga aja thread ini sampe ke pejabat-pejabat pemerintah
sehingga mereka mau benahi pelayanan publik mereka.
Amiiiinnnn.
Ini dia gan ciri-ciri kalo kita lagi ada urusan ke kantor pemerintahan.
Quote:
1. Gak jadi-jadi dengan berbagai alasan
Sumber foto
Ini nih yang agan-agan pasti rasain kalo lagi berurusan sama kantor pemerintahan.
Contoh paling nyata kalo lagi urus KTP di Kelurahan gan.
Misalkan agan dateng siang nih sekitar jam 2. Besar kemungkinan tuh gan,
agan kagak dilayanin dengan alasan “masih istirahat siang mas…”, atau nggak alasan yang lain,
“udah kesiangan mas. tanggung udah mau pulang, besok balik lagi aja…”
Laahhh enak bener kayak kita gak punya kesibukan laen gan disuruh balik besok lagi.
Lagian jam 2 kan masih waktu kerja pakkk.
Sumber foto
Ini nih yang agan-agan pasti rasain kalo lagi berurusan sama kantor pemerintahan.
Contoh paling nyata kalo lagi urus KTP di Kelurahan gan.
Misalkan agan dateng siang nih sekitar jam 2. Besar kemungkinan tuh gan,
agan kagak dilayanin dengan alasan “masih istirahat siang mas…”, atau nggak alasan yang lain,
“udah kesiangan mas. tanggung udah mau pulang, besok balik lagi aja…”
Laahhh enak bener kayak kita gak punya kesibukan laen gan disuruh balik besok lagi.
Lagian jam 2 kan masih waktu kerja pakkk.
Quote:
2. Diping-pong
Sumber foto
Kalo yang ini bener-bener ngeselin gan. Kita dioper-oper alias diping-pong ke sana kemari.
Kita disuruh ke meja satu abis itu ke satunya lagi, trus ke satunya lagi dan ke satunya lagi.
Gitu aja terus sampe mimin beruban
Kalo lagi diping-pong gini ane sering ngerasa mereka nggak tau jobdesk
masing-masing gan. Jadi aja dah karena nggak mau pusing kita dilempar ke orang laen
supaya mereka nggak ribet. Bahkan ane pernah gan lagi urus KTP di Kelurahan,
ane diping-pong disuruh ke kecamatan!
Buseh dah ping-pongnya gak tanggung-tanggung udah beda tempat.
Sumber foto
Kalo yang ini bener-bener ngeselin gan. Kita dioper-oper alias diping-pong ke sana kemari.
Kita disuruh ke meja satu abis itu ke satunya lagi, trus ke satunya lagi dan ke satunya lagi.
Gitu aja terus sampe mimin beruban
Kalo lagi diping-pong gini ane sering ngerasa mereka nggak tau jobdesk
masing-masing gan. Jadi aja dah karena nggak mau pusing kita dilempar ke orang laen
supaya mereka nggak ribet. Bahkan ane pernah gan lagi urus KTP di Kelurahan,
ane diping-pong disuruh ke kecamatan!
Buseh dah ping-pongnya gak tanggung-tanggung udah beda tempat.
Quote:
3. Bolak-Balik Dokumen kurang
Sumber foto
Nah, ini juga penyakit lama kantor pemerintahan nih gan. Setiap kita dateng mau urus sesuatu,
sambutan awalnya bisa jadi “dokumen anu mana??”. Secara pribadi sih ane gak masalah
kalo balik lagi terus ambil kekurangan dokumen. Namanya juga ane yang salah kan ye kan?
Cuma yang jadi masalah di kantor pemerintahan tuh nggak pernah dijembrengin
secara lengkap syarat-syarat apa yang harus kita bawa.
Padahal kan itu informasi publik yah. Kita harus aktif sendiri gan tanya-tanya
syarat apa yang perlu kita bawa, jadi perlu bolak-balik sih.
Tentunya hal itu akan memakan waktu juga buat kita-kita yang sibuk ini
Nih, gan agan juga bisa cerita pengalaman agan yang pernah minta
data-data informasi publik ke kantor pemerintahan di link ini.
Quote:
4. Menunggu tiada akhir
Sumber foto
Kalo ini udah pasti pernah dialamin agan-agan pas ngurus sesuatu di kantor pemerintahan.
Kita disuruh nunggu gak jelas sampe kapan gan!
Ane paham sih banyak dokumen yang harus diperiksa sama petugas
sehingga butuh waktu buat nunggu.
Cuma yang ane bingung ini kan udah jadi penyakit lama.
Masa nggak ada pembenahan sih dari dulu? Sekarang kan udah jaman online yah.
Harusnya kalo kantor pemerintahan bisa adopsi teknologi ini pasti semua bisa serba cepat,
nggak membuat masyarakat nunggu lama lagi.
Coba cek link inigan, kepolisian udah bikin sistem online buat urus SIM.
Kabar baik nih! Yang pernah urus SIM online bisa ceritain pengalaman agan di situ.
Quote:
5. Uang berbicara
Sumber foto
Ini dia gannnn ciri khas utama birokrasi Indonesia. Semua bisa beres kalo ada pelicinnya alias uang.
Jatohnya pungutan liar (pungli) nih gan. Ane dulu pernah urus SKCK di kepolisian gan.
Setelah ngeprin tuh surat yang emang cuma SELEMBAR, polisinya bilang “Rp 50 ribu mas buat biaya ngeprin…”.
Wkwkwkwk antara kesel dan pengen ketawa gan.
Ngeprin apaan coba Rp 50 ribu? Di kang fotokopi deket kampus2
mah ngeprin Rp 50 ribu udah bisa dapet skripsi gan!
Kayaknya pak polisinya harus cari alasan yang lebih tepat, misalkan buat bayar listrik komputer *lah
Nih buat yang pernah nyogok pas urus SIM, blak-blakan aja di sini.
Quote:
Sekian gan unek-unek ane soal birokrasi Indonesia.
Kalo agan-agan mau nambahin sesuai pengalaman pribadi komeng aja di bawah.
Sebagai bentuk rasa cinta kita ke Indonesia supaya pelayanan publik di negara ini jauh lebih baik.
ADA VIDEO PARODI NIH GAN SOAL RIBETNYA BIROKRASI.
Kalo petugas kantor pemerintahan masih
kayak video di atas sih udah kebangetan bangett
Diubah oleh opini.id 10-12-2015 03:56
0
79.9K
Kutip
668
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.5KThread•88.8KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya