IsoLaserGun
TS
IsoLaserGun
Waktunya Meninggalkan PC Gaming dan Beralih ke Console?
Terima kasih kepada pihak kaskus karena telah menjadikan thread ini HT & HTOTM emoticon-Big Grin

Spoiler for BUKTI HT:




Pasti banyak diantara kalian bingung memilih antara PC atau Console sebagai mesin gaming, atau mungkin beberapa fanboys kukuh dengan pendiriannya kalau mesin miliknya sekarang adalah yang terbaik tanpa bisa dibantah, eitsss... jangan dulu, karena bisa saja artikel dari dua jurnalis game dari tech in asia games ini mengubah pendirian kalian untuk tetap di mesin yang sekarang. Harap dibaca sampai tuntas ya sebelum komen, jangan sampai diskusi menjadi tidak nyambung cuma karena agan malas baca sampai selesai.


Waktunya Saya Meninggalkan PC Gaming dan Beralih ke Console
oleh: Mohammad Fahmi

Quote:


SUMBER:Waktunya Meninggalkan PC Gaming dan Beralih ke Console



Saatnya Pengguna PC untuk Pindah ke Console
oleh: Audi Eka Prasetyo

Quote:


SUMBER:Saatnya Beralih dari PC ke Console




FAQ (Frequently Asked Question)


1. Gan, PC kan multifungsi, bisa buat nonton, denger lagu, browsing, dan bisa buat kerja juga?

Quote:


Saya pribadi saat ini menggunakan laptop jadul tahun 2007 warisan dari saudara saya untuk bekerja. Selain hemat listrik, laptop juga mudah dibawa kemanapun. Apalagi menurut beberapa ahli PC dan laptop penjualannya terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun karena smartphone dan tablet PC yang hampir bisa menggantikan fungsi utama PC. Jadi untuk saat ini PC dengan daya listrik besar sudah bukan prioritas utama, kecuali jika pekerjaan anda adalah seorang programmer atau desainer yang butuh PC spek tinggi, sisanya tentu adalah PC yang dikhususkan untuk gaming.


2. Game-game console juga ada di PC gan, contohnya Dark Souls, Batman Arkham Night, Final Fantasy XIII?

Quote:


Ya, memang beberapa game console ada di PC tapi karena game tersebut awalnya dibuat khusus untuk console, saat diporting ke PC ternyata mendapatkan hasil porting yang buruk seperti PES 2016, Batman Arkham Night, Dark Souls, dll, beberapa juga membutuhkan spesifikasi minimum yang tinggi bahkan tidak masuk akal. Ditambah lagi beberapa game porting muncul cukup lama di PC seperti Grand Theft Auto 5 yang membutuhkan waktu setahun sebelum muncul di PC, atau yang paling parah FInal Fantasy XIII yang membutuhkan waktu 5 tahun sebelum ada versi PC-nya.


3. PC enak gan bisa diganti-ganti sesuka hati, console mana bisa?

Quote:


Memang PC bisa diganti-ganti sesuka hati tapi semua pergantian itu harus diganti dengan biaya yang cukup mahal. Harga GTX 970 yang penulis tech in asia games gunakan sekarang berada di harga Rp.4.800.000, itu baru GTX 970-nya saja lho. Pengalaman pribadi saya punya Xbox 360 yang rilis tahun 2005, berarti sudah berumur 10 tahun, dan saat ini saya masih bisa menikmati game baru Rise of Tomb Raider yang bahkan di PC belum rilis (gosipnya sih tahun depan).


4. Grafik PC is the best gan, PC MASTER RACE!

Quote:


Memang sesuai dengan harganya yang mahal, grafik PC adalah yang terbaik. Tapi saat kita sudah larut dalam cerita dan gameplay di gamenya, perbedaan grafik sudah bukan menjadi masalah besar, kita harus menchek dengan teliti baru terlihat perbedaan, intinya kita tetap bisa menikmati grafik game yang bagus, tidak perlu yang maksimal. Selain itu buat apa grafik maksimal jika tidak lancar karena hasil porting developer yang asal-asalan yang justru sangat mengurangi kenikmatan bermain.


5. Game-game exclusive-nya gimana gan?

Kalau masalah game, ini kembali ke selera.

Menurut saya pribadi PC menonjol exclusive-nya dalam game Real Time Strategy (RTS) seperti DOTA, Starcraft, dan lain-lain, kemudian game simulation yaitu The Sims (versi console kurang bagus), Sim City, Roller Coaster Tycoon, dll. Jangan lupakan juga game RPG semacam Torchlight 2 dan beberapa game lain yang serupa yang masih eksklusif PC (Diablo 3 sudah ada di console dengan kualitas sangat baik), dan ehem game hentai bisa dibilang PC jagonya, selain itu beberapa orang lebih suka bermain game FPS di PC tapi ini lebih ke faktor kebiasaan. Sedangkan console lebih ke game-game fighting seperti Tekken, Soul Callibur, Guilty Gear, RPG Jepang seperti Tales, Final Fantasy (time exclusive PS), dll, action adventure seperti Bayonetta, God of War, Ninja Gaiden, Uncharted, The Last of Us. Intinya kalau anda suka RTS dan simulation pilihan terbaik adalah PC, jika suka game fighting, action adventure, dan RPG Jepang pilihannya adalah console. Ini tentunya di luar game multiplatform yang ada di keduanya dan masalah game porting.


6. Gan, PC kan bisa ROM emulator, bisa main PS2 loh di PC!

ROM emulator itu ilegal gan, jangan membanggakan sesuatu yang ilegal, malu gan. Lagipula sekarang kan zamannya PS4, PS2 kan sudah mati karena sudah berumur 15 tahun (rilis tahun 2000). Buat nostalgia oke lah tapi tetap itu ilegal loh gan kalau di luar negeri bisa kena pasal dan tidak menghargai developer game yang sudah susah payah membuat game.


7. Kelebihan PC yang lain gimana gan?

Ya, kelebihan PC adalah Steam Sale dan Humble Bundle, selain itu mod-nya itu loh yang buat sebagian orang bikin betah dan merasa lebih spesial, apalagi buat orang yang suka utak-atik hardware dan software.


8. Jangan lupa agan TS, kelebihan paling hebat PC adalah bisa game bajakan, murah abis gan!! PS4 sama Xbox One mana bisa?!! All Hail to Bajakan!!

Saat ini memang PS4 dan Xbox One BELUM bisa memainkan game bajakan walau beberapa hacker sedang berusaha untuk membajaknya. Cuma kembali lagi pengalaman maksimal dari sebuah game itu didapat dari yang original, bajakan ya tau sendiri suka ada masalah, ga bisa online, ga bisa ini, ga bisa itu, dibatasi oleh developer yang tidak suka anda "mencuri" game mereka setelah mereka susah payah banting tulang. Kita juga harus menghargai developer yang sudah kerja keras membuat game. Seperti kata:

Quote:


9. Jadi menurut TS mana yang lebih baik?

Saat ini TS lebih memilih console tapi bukan berarti console lebih baik. Tidak ada yang lebih baik, semuanya hanya masalah pilihan dan selera. Semua kembali ke tangan anda masing-masing. Tapi jika anda kaya raya dan punya sangat banyak waktu, maka anda harus punya PC dan semua console yang ada, mainkan semua gamenya tanpa ada yang terlewat hahahaha....


Terima kasih untuk semua yang sudah baca thread ini sampai habis.

No Fanboys, No War, Just for Fun! Because Gaming is for Fun!

Komentar Kaskuser Klik Di Sini
Diubah oleh IsoLaserGun 29-01-2016 11:48
anasabila4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
167.4K
1.8K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.