Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
373
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/565a70c0de2cf2ca0d8b4575/memperjelas-kekeliuran-buruh
Halo semua sebelumnya mohon maaf bila judul thread saya menghina salah seorang kaskuser Disini saya akan menjelaskan mengapa buruh sekarang bisa dikatakan egois dan seenaknya Perkenalkan, saya adalah seorang mahasiswa jurusan S1 Akuntansi di salah satu perguruan tinggi di Bandung Di sini saya melihat dan khawatir akan kelakuan buruh yang makin semena mena terhadap perekonomian negara kita Pertama
Lapor Hansip
29-11-2015 10:28

Memperjelas Kekeliuran Buruh

Halo semua

sebelumnya mohon maaf bila judul thread saya menghina salah seorang kaskuser
Disini saya akan menjelaskan mengapa buruh sekarang bisa dikatakan egois dan seenaknya

Perkenalkan, saya adalah seorang mahasiswa jurusan S1 Akuntansi di salah satu perguruan tinggi di Bandung
Di sini saya melihat dan khawatir akan kelakuan buruh yang makin semena mena terhadap perekonomian negara kita

Pertama saya akan menjelaskan rumus sederhana bagaimana sebuah perusahaan menetapkan harga pokok produksi (HPP) suatu produk dalam akuntansi biaya, budgeting, dan manajemen keuangan

dalam menetukan HPP, terdapat 3 faktor yang menentukan yaitu
*Bahan Baku
sudah jelaslah
*Tenaga Kerja Langsung
Gaji pegawai yang membuat produk tersebut
*Overhead Pabrik
Kelistrikan, biaya perawatan mesin, dll yang mempengaruhi jalannya produksi suatu produk

nih rumusnya bro
Memperjelas Kekeliuran Buruh

Lalu apa hubungannya??
Bayangkan, bila buruh menuntut kenaikan gaji kepada perusahaan??
Okelah bila perusahaan menyanggupi akibat perusahaan lagi maju majunya dan keadaan ekonomi lagi kondusif, tapi bagimana bila tidak??
Maka bila gaji dinaikkan akan menyebabkan harga poko produksi produk tersebut juga ikut naik, alhasil untuk mencegah hal ini agar produk perusahaan dapat tetap bersaing dan tetap terjual sehingga profit tetap terjaga, perusahaan harus mengurangi salah satu biaya, biaya apakah itu??
Bahan baku?? bisa jadi tapi akan mengurangi kualitas produk, sehingga agak tidak mungkin
Overhead?? Gak akan, soalnya biasanya anggaran tetap
Akhirnya Tenaga Kerja Langsung, atau Pegawai
sehingga yang terjadi adalah PHK buruh demi menjaga harga produk agar tetap dapat bersaing

Bisa dilihat alurnya
Memperjelas Kekeliuran Buruh

Q: Tapi kan buruh adalah manusia juga, buruh juga berhak sejahtera!

Baik, buruh juga berha sejahtera, tapi siap siap anda di PHK dan anda tidak dapat protes karena bukan anda pemilik perusahaan

Q: TANPA BURUH, PERUSAHAAN TIDAK AKAN BISA!!

Bisa kok selama ada yang mau kerja untuk perusahaan, alhasil mereka akan menerima buruh luar negeri negara tetangga yang notabennya mau dibayar murah, apalagi buruh mainland China, apalagi kita akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimana sekat batas ekonomi anatar negara ASEAN mulai dibebaskan

Q: BERARTI PERUSAHAAN PERUSAHAAN ITU TIDAKLAH NASIONALIS!

Perlu anda ketahui, Indonesia bukanlah Jepang yang uang warganya sendiri dapat menopang fundamental ekonomi negara sendiri, Indonesia adalah enagara Investasi. Industri yang ada di negara kita kebanyakan berupa hasil investasi luar negeri, Investasi itulah yang memberikan anda pekerjaan, bial mereka tidak senag dengan kelakuan buruh disini dan kebijkan ekonomi dsini, maka mereka dapat memindahkan usahanya ke negara lain, ke negara yang iklikm ekonominya lebih baik

gua jelasin deh di gambaran di bawah ini

Memperjelas Kekeliuran Buruh

Q: KITA DEMO BUKAN MAIN MAIN BUNG!! KITA MEMPERJUANGKAN NASIB KITA

Justru yang lu pade perjuangkan konyol, nonton bisokop, ganti kipas angin sebulan sekali, kurangi jam kerja biar dapat gebetan, biar dapat ngelunasin motor ninja lu
Liat dong buruh yang lebih parah dari kita, liat tuh yang terjadi di Bangladesh, India, China
apakah mereka dapat nuntut ghaknya, gak bisa karna gak terlalu babas kebebsan berpendapat disana.
lu mustinya syukur bisa kerja di Indonesia
perlakuan gak adil lu bisa ngadu ke serikat buruh, LSM, YLBH dan demo
tapi yang lu perjuangkan konyol!!
Alhasil investor kabur deh, yang ada dollar ikut pergi juag, akhirnya dollar naik
klo gak seneng jadi buruh, jangan jadi buruh
klo gak mau jadi buruh jangan jadi lulusan SMA
klo lu mau beli ini itu, NABUNG

Gua yang mahasiswa aja nabung dari hasil kiriman bokap sebulan, dapat dah, beli motor vixion, cash!
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 19
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 14:09
Quote:Original Posted By mufiapyscho

klo gak mau jadi buruh jangan jadi lulusan SMA
klo lu mau beli ini itu, NABUNG


kalau mau beli ini itu menabung, ane setuju.
kalau gak mau jadi buruh, jangan jadi lulusan SMA. agan orang berpendidikan tapi gak dipikir dulu omongannya. segitukah kualitas mahasiswa sekarang?anak akuntansi ya?hmmm...
apa mahasiswa sekarang cuma buat nyari kertas buat modal cari kerja?
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 14:20
Mental buruh,kalo usahanya hanya minta naik gaji,, srlamanya ttp jd buruh,,hak bakal ada kemajuan dlm hidupnya,, krn kenaikan gaji gak terbukti mensejahterakan buruh,, buktinya buruh tiap tahun minta naik gaji,, krn ini skala nasional,bs menyebabkan inflasi,, buruh rugi,, yg untung adlah tukang kompornya.. Maklum,, buruhh kan gampang dikompori,, trs saweran.. Yg untung yg atas.. emoticon-Big Grin
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 14:48
Quote:Original Posted By rere0191


lah kok oot ?? Yg kalian permasalahkan kan demo buruh trus kalian fokus ke permintaan kenaikan gaji pdhl banyak point lain ttg keluhan buruh yg menurut buruh lebih penting kyk penghapusan outsourching tp agan ga bahas ..
toh sekarang umr dah ditentuin emang buruh masih demo gitu ?? Kan ngga, mereka legowo kok sm hasil putusan pemerintah ..
apa yg salah sih dgn hak menyuarakan pendapat ?? Toh diterima atau ngga kan mau ga mau harus diterima jd apa yg harus diributkan ??

gan, jadi buruh ga gampang. Mungkin pendidikan mereka hanya setara SMA tp tanggung jawab dan resiko pekerjaan mereka gede.
mesin pabrik, alat berat dan bahan kimia itu bukan mainan loh. Sekarang ente bs blg ada bpjs dr perusahaan tp klo udah ga jd karyawan apa msh bs dipake smntra bpjs pemerintah msh carut marut ..
paparan kimia itu baru kerasa pas udah tua loh gan, apa perusahaan mau tau ?? Ngga. Mereka anggap itu resiko pekerjaan ..
pendidikan sarjana atau ijazah aspal buat jd PNS msh bisa dibeli pke waktu sama uang tp nyawa ??

hadeuh, perasaan dah w jelasin deh klo skrg perusahaan itu klo buat 'operator' ga liat dr bagus ngga nya gawe tp tiap tahun pasti ada pengeluaran buruh klo ga akhir tahun ya pas mau lebaran biiar diganti buruh baru, alasannya ya biar buruj lama ga diangkat jd buruh tetap sama menghindari pembayaran THR..
maksimal kontrak buruh tuh 2 tahun gan klo di pabrik ..
main2 sama buruh di pabrik lah biar tau,.


demo soal yg lain terserah, soal gaji no fuck off, apa yg diributkan? kalo demo gak ganggu jalan mah BODO AMAT

TANGGUNG JAWAB GEDE? GEDE? pikir lagi gan
gedean mana tanggung jawabnya sama yg sekelas manajer? resiko dia gak gede IYA, tapi tau gak pengorbanan dia untuk bisa jadi manajer atau yg lainnya, korban waktu, uang, dll.
lagian besaran gaji gak tergantung sama resiko yg dihadapi, coba pikir CEO resikonya apa sih? tapi gajinya tinggi, karena TANGGUNG JAWAB terhadap kelangsungan perusahaan. kalo sesuai resiko mah CEO gajinya + tunjangannya dikit dong? lucu

kalian terpapar kimia minta asuransi, ya silahkan.
stop melebar ke tuntutan yg lain deh, ane emang maunya fokus ke gaji, yg lain mah silahkan.
Jadi bisa gak buruh diem jgn minta naik gaji mulu? sekarang udah ada peraturan yg menetapkan naiknya gaji tiap tahun kan? kok itu malah di demo ga abis pikir.

bagus enggaknya gak ngaruh? tetep dipecat? 2 tahun ya? kalo tau gitu ya pertama: jangan nikah dulu
kedua: hidup serba HEMAT(JANGAN nonton bioskop tiap bulan, JANGAN sok2an trip ke luar kota, JANGAN nyicil motor baru, JANGAN nongkrong cafe tiap minggu, JANGAN gayaan mabok, kalo bisa kayak anak kos2an bagus)
ketiga: Nabung
Keempat: cobalah buka warung atau apa

gak selamanya mau jadi buruh juga kan? yowis

dan agan nanya kenapa cuma masalah minta naik gaji yg di protes? YA SOALNYA ITU YG DIPIKIR MASYARAKAT BURUH ITU GAK TAU DIRI YG LAIN OKE AJA MAKANYA GAK DIPROTES

pernah baca buruh minta 3,7jt(entah daerah mana) pengusaha ngancem gaji segitu yg bisa jadi buruh ya yang S1, kalo kejadian KALIAN MAU APA? HAHAHA
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 14:51
Quote:Original Posted By kamujahat21
Mahasiswa vs buruh


Buruh naik gaji
Harga naik
Mahasiswa cekak

Super sekali emoticon-Ngakak


wkwkwkwk

kamujahat makin ngespam emoticon-Ngakak
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 14:54
Jepang kok bisa ya ekonominya di topang sama warganya sendiri? Beda ya sama indonesia..
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:01
Quote:Original Posted By kamujahat21
Mahasiswa vs buruh


Buruh naik gaji
Harga naik
Mahasiswa cekak

Super sekali emoticon-Ngakak


gak kecewa dengan ente gan. komentar ente emang super. sedap. cetar membahana. hah. emoticon-Ngakak
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:30
Quote:Original Posted By stephenlukas


wkwkwkwk

kamujahat makin ngespam emoticon-Ngakak


Maksud anda?
Fitnah aja
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:31
Quote:Original Posted By subs45
Mental buruh,kalo usahanya hanya minta naik gaji,, srlamanya ttp jd buruh,,hak bakal ada kemajuan dlm hidupnya,, krn kenaikan gaji gak terbukti mensejahterakan buruh,, buktinya buruh tiap tahun minta naik gaji,, krn ini skala nasional,bs menyebabkan inflasi,, buruh rugi,, yg untung adlah tukang kompornya.. Maklum,, buruhh kan gampang dikompori,, trs saweran.. Yg untung yg atas.. emoticon-Big Grin

Yg untung bantak serikat buruh gan emoticon-DP
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:37
Quote:Original Posted By kamujahat21


Maksud anda?
Fitnah aja


wkwkwkw justkidding gan

ane kangen nih emoticon-Betty
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:40
Profesi buruh jangan dijadikan cita-cita atau impian, tapi dijadikan batu loncatan untuk profesi kedepan yang lebih baik. alangkah lebih baiknya sedikit banyak mengurangi biaya hidup dan selalu mencari sampingan lainnya, minimal punya usaha kecil-kecilan

Dengan punya usaha kecil-kecilan apapun bentuknya, maka mental enterpreneur akan terbentuk dan semakin besar untuk pandangan keluar dari zona nyaman sebagai pekerja.

Buang pandangan yang selamanya anda-anda akan selamanya hidup nyaman dengan bekerja kepada orang lain

Ane juga sebagai pekerja ga selamanya penghasilan dari gaji dan gaji saja...ane buka kebun sayur dan buah-buahan sendiri, ternak kambing dan ayam sendiri, saat ini lagi mendalami trading secara intens

Dan tolong di ingat untuk agan-agan semua, untuk sukses tidak hanya harus dari 1 keran pendapatan. untuk sukses perlu waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

"Kerajaan Majapahit yang besar tidak dibangun dalam waktu yang singkat"
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:42
Quote:Original Posted By rere0191


Namanya buruh ya mau pabrik, staff, pagawai toko semua yg bekerja pada orang lain ya namanya buruh gan...
Sekarang mah bergantung seberapa hoki dan kuat koneksi kita gan, mau kerja lo bagus juga klo pas ada pengurangan dan lo kebetulan masuk list yg klo di perusahaan tempat gue gawe urutan dibuang tuh karyawan kontrak dulu trus single baru klo kepaksa ya karyawan tetap ya ujungnya dibuang juga ..

Nabung mah pasti gan tapi buruh juga punya prediksi gan dan perusahaan juga ga bakalan mecat buruh sembarangan kecuali abis kontrak atau pailit dan buruh yang demo tuh biasanya tau keadaan perusahaannya gimana, klo lagi diambang pailit mana mungkin mereka berani ikut demo ..

hadeuh hari gini masih ngandelin title, tuh liat PNS sama anggota dewan yg terhormat title nya tinggi2 tapi mentalnya jauh dibawah anak TK. ane juga punya temen gawe lulusan S1 tapi bahasa inggris aja ngga ngerti, begonya kebangetan dah 4 tahun masih aja jadi karyawan kontrak tapi ada OB lulusan SMA yg otaknya encer trus akhirnya diangkat jadi staff finance dan sekarang udah karyawan tetap emoticon-Cape d... (S)

jgn jadiin pendidikan tinggi alasan u bisa kerja ga bener tapi gaji gede lah, lo mau anak-anak penerus kita mentalnya begitu semua ??


trs gmn ente menanggapi tentang sekelompok manusia yg hari gini masih ngandalin demo emoticon-Ngakak (S)
kyknya sih golongan yg ente bangga2 sama aja kelakuannya kyk PNS / anggota dewan / temen ente lulusan S1.
naik gaji yes, produktivitas kerja no emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:45
semoga para buruh bisa menyimak dan mengerti dngn penjelasan trsbt
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:47
Quote:Original Posted By kamujahat21
Mahasiswa vs buruh


Buruh naik gaji
Harga naik
Mahasiswa cekak

Super sekali emoticon-Ngakak


demo mahasiswa gand , biar naik gaji mahasiswa wkwkkwkw
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:48
bantu emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) dulu ijin nyimak yaa
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:58
Quote:Original Posted By mammoth46


demo mahasiswa gand , biar naik gaji mahasiswa wkwkkwkw


Demo mahasiswa rusuh mulu apalagi HMI

Gimana nih emoticon-Marah
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 15:59
Quote:Original Posted By stephenlukas


wkwkwkw justkidding gan

ane kangen nih emoticon-Betty


Kangen tapi nyelekit banget emoticon-Mad
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 16:04
trit super dari seorang mahasiswa, ntar juga tamat ujung2 nya jadi buruh juga lu tong di pabrik emoticon-Ngakak
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 16:09
kalo sistemnya buruh bagi hasil dari pendapatan kan mayan juga tuhhh.. contoh
golongan a . sampai target digaji : 5.000.000 gak sampai target 4.000.000
golongan b . sampai target digaji : 6.000.000 gak sampai terget 5.000.000

masalahya, pihak manajemen yang suceng itu susah dicari kalo main bagi hasil

bisa juga gini gan...
tiap bulan gaji naik Rp 10.000,- atau Rp 20.000,- x 3000 karyawan
Balik lagi ke manajemen yang bagi hasil yang kaya gini gak bakal terwujud hahaha

gua buruh .. tapi mikirin system apa yang bagus untuk buruh kedepannya..
makan hati gan nunggu pertahun naik gaji di-PHP-in... jujur dilampung gak rusuh untuk buruhnya.. karena yang penjagaan bukan popolis tapi bang begal emoticon-Ngakak (S) (canda gan)
Diubah oleh dickyriawann
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 18:26
Quote:Original Posted By rere0191


lah kok oot ?? Yg kalian permasalahkan kan demo buruh trus kalian fokus ke permintaan kenaikan gaji pdhl banyak point lain ttg keluhan buruh yg menurut buruh lebih penting kyk penghapusan outsourching tp agan ga bahas ..
toh sekarang umr dah ditentuin emang buruh masih demo gitu ?? Kan ngga, mereka legowo kok sm hasil putusan pemerintah ..
apa yg salah sih dgn hak menyuarakan pendapat ?? Toh diterima atau ngga kan mau ga mau harus diterima jd apa yg harus diributkan ??

gan, jadi buruh ga gampang. Mungkin pendidikan mereka hanya setara SMA tp tanggung jawab dan resiko pekerjaan mereka gede.
mesin pabrik, alat berat dan bahan kimia itu bukan mainan loh. Sekarang ente bs blg ada bpjs dr perusahaan tp klo udah ga jd karyawan apa msh bs dipake smntra bpjs pemerintah msh carut marut ..
paparan kimia itu baru kerasa pas udah tua loh gan, apa perusahaan mau tau ?? Ngga. Mereka anggap itu resiko pekerjaan ..
pendidikan sarjana atau ijazah aspal buat jd PNS msh bisa dibeli pke waktu sama uang tp nyawa ??

hadeuh, perasaan dah w jelasin deh klo skrg perusahaan itu klo buat 'operator' ga liat dr bagus ngga nya gawe tp tiap tahun pasti ada pengeluaran buruh klo ga akhir tahun ya pas mau lebaran biiar diganti buruh baru, alasannya ya biar buruj lama ga diangkat jd buruh tetap sama menghindari pembayaran THR..
maksimal kontrak buruh tuh 2 tahun gan klo di pabrik ..
main2 sama buruh di pabrik lah biar tau,.


Sya cm mw komen soal faktor resiko, gan pekerjaan apa c skrg yg gak pnya faktor resiko? Jadi mi/manajer investasi aja salah langkah, kerugiannya bisa jutaan hingga miliaran mungkin
Sya pny tman perawat yg bekerja di rs jakarta dan cm digaji 2jt tanpa embel2 tunjangan dll. Paparan penyakit yg mreka trima sama ato bahkan lbh besar drpd buruh.
Lagipula kl memang risiko, tuntut perusahaan ato pabrik menyediakan apd (alat perlindungan diri) yg layak, bukan menuntut kenaikan gaji.
0 0
0
Memperjelas Kekeliuran Buruh
03-12-2015 19:01
Quote:Original Posted By seven.aboe
PKI masa kini ya itu buruh2 goblok yg pada demo emoticon-Takut

tetep make prinsip sama rata sama rasa

pengennya pendapatan ga jauh beda ama pegawai kantoran S1 emoticon-Ngakak

Justru ente yg goblok. Pegawai kantoran juga buruh goblok. Mentang2 kerja di kantor ga mau disebut buruh. Belum tentu yg kerja bukan di kantor lebih goblok dari lu. S1 juga belum tentu pinter. Jangan2 ijazah beli lagi.
0 0
0
Halaman 11 dari 19
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia