Automotive
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
5176
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013090604/tips-merawat-dan-memperindah-cat-motor-kita---part-2
Musim hujan sudah datang,saatnya ngerawat keindahan cat motor kita. Motor udah keren,aksesoris udah komplit,Mesin udah kenceng,Cat ok banget... Gimana cara ngerawatnya ya... ? Ini ada beberapa tips untuk merawat bahkan menyempurnakan cat motor kita. emang agak ribet kelihatannya, cuman percaya deh... hasilnya bakal bikin ketagihan. pinginnya jadi yang paling kinclong terus... so here we goes... Wa
Lapor Hansip
14-02-2012 19:16

Tips merawat dan memperindah cat motor kita

Musim hujan sudah datang,saatnya ngerawat keindahan cat motor kita.
Motor udah keren,aksesoris udah komplit,Mesin udah kenceng,Cat ok banget...
Gimana cara ngerawatnya ya... ?

Ini ada beberapa tips untuk merawat bahkan menyempurnakan cat motor kita.
emang agak ribet kelihatannya, cuman percaya deh... hasilnya bakal bikin ketagihan. pinginnya jadi yang paling kinclong terus...

so here we goes...

Washing/mencuci :
salah satu faktor yang paling besar dalam menimbulkan baret halus (swirl mark) adalah kesalahan saat mencuci, jadi jangan anggap remeh step ini, oke berikut alat dan step-stepnya:

-Sabun,
Shampoo mobil/motor adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek,sabun cuci baju)untuk mencuci bagian body, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motor kita, mahal dikit gak papa... yang penting jangka panjangnya cat motor kita bakal terjaga terus. untuk bagian lain (shock,ban,mesin,dan bagian lain yg bukan merupakan bagian dari cat utama) boleh saja menggunakan sabun detergent untuk membersihkannya.



-Applicator (media untuk mencuci)

applicator


Gunakan applicator yang lembut dan tidak membuat cat baret. sebagai contoh gunakan salah satu jenis applicator ini: grout sponge,sea sponge,wash mitt,lambs wool, Jangan gunakan busa jok atau busa lainnya yang berpori kasar dan kecil. karena jenis busa ini cenderung kasar dan menahan pasir (bukan memerangkap pasir di dalamnya),cari yang porinya besar-besar sehingga kemungkinan untuk menimbulkan baret halus (swirl mark) akan terhindar, karena pasir yg tertinggal di body akan terperangkap di dalam pori applicator.

-2 system bucket, siapkan dua buah ember. Yang satu berisi shampoo yg sudah tercampur air, dan yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.

Mulai basah-basahan yuks :

Semprot dengan air seluruh bagian motor, sampai kalian yakin klo kotoran dan debu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampoo yg ada di ember 1, dimulai dari bagian atas dulu, dan ingat sebelom pindah ke bagian yang lain masukkan dulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, goyang2kan applicatornya hingga sisa kotoran dan shampoo turun, baru ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah benar2 bersih.

semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabun hilang dan benar-benar bersih.

Saatnya ngeringin :

Untuk ngeringin paling bagus sih pake Microfiber Waffle weaf drying towell, cuman saya akuin emang mahal. so what can we do about it ? setidaknya gunain lap Chamois yang bagus, keringkan sampai ke bagian celah2 motor. dan usahakan supaya lap tersebut terus dibilas, sehingga tetap bersih. jangan tinggalkan bercak air sedikitpun, karena bercak air yg tertinggal berpotensi untuk menciptakan bekas noda air (water spot)nantinya, dan ampun dahhhh... itu susah bgt ngilanginnya klo udah bertahan lama.

Detailing process (acara poles memoles):

Biasanya kita kan asal langsung poles aja tuh motor, sebenernya ada loh step2nya, dan klo diikutin... motor yang butek bisa balik seger lagi tuh hehehehehe,

1.Claying,

clay


Tujuannya untuk mengangkat kotoran2 yg udah lama banget nempel di body motor kita, seperti bekas aspal,bekas kotoran yg me"ngerak",dll. Tujuan utamanya ialah menyegarkan dan menghaluskan kembali cat motor kita. Kapan sih kita bisa tahu klo kita butuh men'clay' motor kita?
Coba deh raba dengan tangan kita (atau bisa juga kita masukan tangan kita ke dalam kantong plastik dan coba raba body motor kita dengan tangan yang sudah terbungkus plastik tersebut), klo kerasa kasar... nah berarti motor kita butuh nih treatment ini.
Clay ini bentuknya mirip kaya lilin yang buat mainan anak2 itu. Caranya,gosok clay ini disekujur cat motor dengan dilubrikasikan dulu menggunakan quik detailer (nanti kita bahas lagi apa sih quick detailer/QD).
gosok secara merata, lalu lap dengan menggunakan lap Microfiber/MF yang berkualitas.
Coba deh raba lagi.... wuih niscaya kayak pantat bayi tuh alusnya cat motor kita hahahaha.

2.Cleaning,

paint cleaner


Tujuannya untuk menghilangkan bekas noda/wax terdahulu,meminimalkan/menghilangkan baret halus (swirl mark) yang ada.

3.Polishing,

polish


langkah ini bertujuan untuk menghidupkan kembali warna cat kita. jangankan motor lama, motor yang baru keluar dari pabrik aja pasti ada cacatnya. nah... polishing adalah caranya. motor saya kebetulan masih tergolong baru, begitu melewati tahap ini hasilnya keliatan sekali berbeda... sampai2 orang dealernya aja nanya, di cat lagi ya pak motornya? hahahahahaha....

4.Waxing/protection/sealent

LSP


nah pasti udah pada kenal sama tahap ini...? tahap ini yang biasa kita kenal dengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV di cat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi. produk mana yang bikin paling kinclong ?
cari yang terdapat kandungan pure carnaubanya (dibuat dari bahan alam), cuman biasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sinar matahari. klo mau yg awet kinclongnya ? cari yang berbahan sintesis (biasa dikenal dengan Sealent product), basisnya dari bahan2 kimia sehingga lebih tahan terhadap cuaca. cuman untuk kinclongnya sih lebih
ok yg pure carnauba.
Applicator foam


5.Maintaining,

QD


Nah... semua proses tersebut dapat bertahan lebih lama lagi hasilnya klo kita rawat. Gimana sih cara ngerawatnya? bisa dengan waxing motor 2 minggu sekali, klo mau lebih bagus lagi bisa juga disemprotkan quik detailer setiap kita abis nyuci, step ini yang paling sering saya lakukan untuk mempertahankan hasil dari semuanya.

Klo semua step ini dilakukan dengan benar, hasilnya bakal RUARRRR...BIASA! cat akan terlihat lebih Deep, wetlook ,dan slick setiap harinya.

yang perlu diingat dari semua proses ini adalah :

-Jangan pernah mencampur campur produk ini dalam satu applicator pad. jadi buat cleaning applicatornya sendiri,buat polishing sendiri,buat waxing juga sendiri. lapnya juga gitu.. harus sendiri-sendiri.
-Gunakan lap yang terbuat dari bahan Microfiber, emang sih agak mahal... cuman yakin deh hasilnya bakal lebih bagus, gak bikin baret, dan lebih tahan lama karena bisa dicuci berkali kali.

ok segitu dulu ya....
klo ada yang mau nambahin atau bertanya.. mari kita bahas rame rame...

Dan seperti biasa apa yang dilakukan senior2 saya di kaskus....

GAK NOLAK KLO DIKASIH IJO IJO GAN... hehehe

thank u

best regards

achu




*UPDATE*

Tambahan biar lebih jelas lagi masalah polishing

apaan sih polish itu...?

Polish itu adalah produk yang mengandung unsur mengikis atau abrasive,
cara kerja polish yaitu dengan mengambil sedikit lapisan permukaan cat, untuk tujuan memperbaiki atau menghaluskan permukaan yang terdapat defect tersebut.

bentuk dari produk polish bisa cream,pasta,atau lotion.
klasifikasi polish dibagi berdasarkan kemampuan daya kikisnya terhadap permukaan cat.
jadi ada kelas light cut,medium cut, dan heavy cut.

semua kelas itu diperuntukan untuk keperluan spesifik kerja masing masing, apakah untuk tujuan memperbaiki atau tujuan menyempurnakan.

Selain itu jangan lupa juga, polish dibagi lagi menjadi 2 jenis aplikasi penggunaan.
Apakah itu untuk digunakan dengan tangan, atau digunakan dengan mesin.
INGAT! jangan sampai salah memilih.

ok sekarang kita masuk ke jenis jenis polish,
cuman ini yang saya tau aja ya...
klo ada yang mau menambahkan monggo silahkeun

Compound :
Biasa disebut dengan cutting compound atau rubbing compound, kegunaannya untuk menghilangkan defect yang diakibatkan oleh oksidasi berat atau scratch.

Polish :
Produk yang merupakan hasil perpaduan dari berbagai macam kandungan kimia, yang bertujuan unutk menghilangkan oksidasi ringan (bintik air),swirl mark (baret Halus), atau pun swirl mark yang timbul akibat dari pemakaian mesin poles.

Glaze :
Polishing produk yang sifatnya sangat ringan sekali, hampir tidak ada kemampuan unutk mengikis... diperuntukkan untuk mengembalikan kilauan permukaan cat dengan cara memberikan nutrisi khusus, glaze inilah yang sebenarnya membuat permukaan cat menjadi lebih berkilau. tapi perlu diingat... glaze tidak mempunyai kemampuan untuk memberikan proteksi terhadap sinar matahari atau cuaca.

Paint cleaner/pre-wax cleaner :
Produk yang mengandung bahan kimia yang bertujuan untuk membersihkan sisa wax terdahulu, juga dapat digunakan sebagai penghilang kotoran yang tidak bisa hilang hanya dengan cara dicuci saja.

Gimana sih cara melakukan proses polishing yang baik:

- Jangan pernah mencampur adukan berbagai macam jenis polish di dalam satu kain yang sama. dengan kata lain... satu kain hanya digunakan untuk satu jenis polish begitu selanjutnya.

-Usahakan menggunakan tehnik yang paling ringan terlebih dahulu,
dicoba dengan memakai tangan saja di bagian yang perlu di polish , bila hal tersebut tidak berhasil... baru kita bisa beralih dengan menggunakan mesin detailing (dual action atau rotary buffer)

-Bekerjalah di lingkungan kerja yang cukup ventilasi udara, penerangan yang cukup, dan yang pasti jangan pernah bekerja di bawah sinar matahari langsung...
1
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
kendaraan-roda-2
Kendaraan Roda 2
2K Anggota • 19K Threads
Halaman 250 dari 260
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
02-12-2015 08:03
Quote:Original Posted By motoro 54
Halo kakak sekalian ... Udah lama gak nongol,
Baru mau mulai main detailing lagi nih, btw yang punya lapak buat jualan Detailing Product siapa ya ?
Boleh minta infonya kakak kakak sekalian, Thank u

"Desmosimini"


Motor guanteng emoticon-Embarrassment Helmnya guanteng jugak emoticon-Big Grin
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
02-12-2015 16:30
Quote:Original Posted By velvetbliss


mantep nih karya JDM... emoticon-Big Grin
bikin mupeng aja emoticon-Big Grin
kalo ane beli di dustcap


Thank u om ... gue ceki ceki dulu ya

Quote:Original Posted By obetkarebet


Motor guanteng emoticon-Embarrassment Helmnya guanteng jugak emoticon-Big Grin


Sayangnya yang punya kurang ganteng om hahahaha ...

0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
06-12-2015 07:39
Quote:Original Posted By motoro 54


Thank u om ... gue ceki ceki dulu ya



Sayangnya yang punya kurang ganteng om hahahaha ...



Mau nanya nih suhu, sblmnya mhon maaf jika mindset sy kurang populer d kalangan detailer
Intinya budget sy cekak hu emoticon-Big Grin
Dasarnya males cuci motor, tp akhir2 ini mulai rajin dan mau mulai bkin kinclong mtor
Tp balik lg k awal, duit cekak
Dari step2 d pejwan kl ane pke salah satu step yg plg ngefek berarti lngsung polish aja kan hu?
Produk yg murah tp g bkin cat tipis apa aja y?
Molesnya ditekan ringan aja kan ya?
Mkasih banyak huuu buat ilmunya emoticon-shakehand
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
06-12-2015 12:27
Quote:Original Posted By 1of1000


Mau nanya nih suhu, sblmnya mhon maaf jika mindset sy kurang populer d kalangan detailer
Intinya budget sy cekak hu emoticon-Big Grin
Dasarnya males cuci motor, tp akhir2 ini mulai rajin dan mau mulai bkin kinclong mtor
Tp balik lg k awal, duit cekak
Dari step2 d pejwan kl ane pke salah satu step yg plg ngefek berarti lngsung polish aja kan hu?
Produk yg murah tp g bkin cat tipis apa aja y?
Molesnya ditekan ringan aja kan ya?
Mkasih banyak huuu buat ilmunya emoticon-shakehand


beli eceran aja bro...
cari di fjb, search 'eceran detailing'
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
08-12-2015 16:05
Absen ah ...

Habis detailing pagi, jam 10 foto foto .... jam 2 udah diguyur hujan hahahaha ...

"A"


"A"


"A"


"A"


"A"


"A"


"A"


Amunisi :

- Meg's Ultimate Compound
- Meg's Ultimate Polish
- Meg's Light Wax
- SmartWax Smart Sealent
- Meg's Hyper Dressing
- Kit Black Magic tire foam

Masih lumayan keliatan orange peelnya, mungkin next bakal masuk ke tahap wet sanding.
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
15-12-2015 12:06
salam juragan.. newbi mau tanya boleh ya..

kalo motor baru itu enaknya kan lgs dirawat waxing nih. nah rekomendasi wax nya apa yah gan ? untuk level standar atau supermarket yang gampang nyari nya semisal kit,sanpolly,3m, turtle wax(turtlewax nyarinya dmn ya?)
nah berghubung body motor itu plastik takut beda ama wax buat mobil.
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
18-12-2015 15:34
Quote:Original Posted By SaguhJaya team
salam juragan.. newbi mau tanya boleh ya..

kalo motor baru itu enaknya kan lgs dirawat waxing nih. nah rekomendasi wax nya apa yah gan ? untuk level standar atau supermarket yang gampang nyari nya semisal kit,sanpolly,3m, turtle wax(turtlewax nyarinya dmn ya?)
nah berghubung body motor itu plastik takut beda ama wax buat mobil.


Sebenarnya sih semua jenis wax umumnya aman untuk permukaan clear coat. Kalo mau yg level entry level ya bisa pakai turtle wax. Kalau mau yang simple cari yang typenya all in one semacam cleaner wax gitu. Turtle wax saya rasa mudah kok cari di supermarket besar macam carrefour gitu. Atau kalo mau yang pasti main ke ace hardware aja. Buat masukan juga, perhatikan cara mencuci motornya, 60% timbul baret halus/swirlmark akibat dari cara mencuci yang kurang tepat.


0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
24-12-2015 01:00
Gan ane niat mau repaint motor. Warna asli sesuai stnk+bpkb MERAH. Tapi ane mau repaint warna merah maroon. Apa stnk+bpkb juga harus dirubah keterangan warnanya atau gakusah sama2 merah gan? Barangkali ada yg bisa bantu.
Terimakasih sebelumnya
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
24-12-2015 19:34
Quote:Original Posted By arief.13
Gan ane niat mau repaint motor. Warna asli sesuai stnk+bpkb MERAH. Tapi ane mau repaint warna merah maroon. Apa stnk+bpkb juga harus dirubah keterangan warnanya atau gakusah sama2 merah gan? Barangkali ada yg bisa bantu.
Terimakasih sebelumnya


Selagi warna dasarnya masih merah, gak ada masalah kok mas... Kecuali merah muda alias pink ya... Motor saya aslinya merah maroon, saya cat jadi signal red. Gak ada masalah kok.

0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
24-12-2015 19:39
Setelah sekian lama...
Akhirnya berani invest di alat juga, lama lama malu juga minjem terus sama temen hehehe...

Rupes Dual Action Polisher, spec khusus untuk motor dan panel body mobil yang kecil kecil.

Kemampuan untuk mengkoreksi defect pada cat terbukti sangat baik, swirl mark dan water spot gampang banget dihilangkan menggunakan mesin ini.

Berbeda dengan penggunaan mesin rotary yang perlu waktu dan skill khusus untuk menguasai alat tersebut. Mesin DA lebih jinak untuk dikuasai dan yang pasti gak bikin deg degan takut cat jadi botak dan terbakar

Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
30-12-2015 14:29
Quote:Original Posted By motoro 54
Setelah sekian lama...
Akhirnya berani invest di alat juga, lama lama malu juga minjem terus sama temen hehehe...

Rupes Dual Action Polisher, spec khusus untuk motor dan panel body mobil yang kecil kecil.

Kemampuan untuk mengkoreksi defect pada cat terbukti sangat baik, swirl mark dan water spot gampang banget dihilangkan menggunakan mesin ini.

Berbeda dengan penggunaan mesin rotary yang perlu waktu dan skill khusus untuk menguasai alat tersebut. Mesin DA lebih jinak untuk dikuasai dan yang pasti gak bikin deg degan takut cat jadi botak dan terbakar

Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2


Berapa duit tuh om? Berapa wat? emoticon-Big Grin
megs hyperdressing itu utk apa aja si penggunaannya?
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
30-12-2015 18:55
Permisi... mau konsultasi, untuk cover knalpot byson, ujung nya kan dari plastik warna hitam, untuk membersihkan dari noda bekas cat yang nempel ke cover tersebut, pakai apa ya?

Pas mundur pelan, kesenggol sama pagar rumah, jadi cat pagar nempel di cover knalpot tsb.

Soalnya kalo pake ammo yang biasa buat body motor, takutnya malah bekas residu putih-putih nempel semua.

emoticon-Smilie
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
01-01-2016 21:00
Mau minta saran nih kalo Wax yang bagus dgn harga ekonomis apa ya? Saya sudah coba Kit Merah sama Biru overall ya standar lumayan lah.
Lumayan sering wax motor ane soalnya, biar kalo cuci enak cpt bersih. Kalo bisa jgn yg mahal soalnya lmyn sering wax sebulan bisa 1-2x.
Ke depan rncana mau bli meguiar's M205 buat polish2 swirl dikit2 yg pasti jarang banget ke dpn, makana cari paste wax yg ekonomis hasil memuaskan kalo bisa tahan lama wkwkwwk...
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
05-01-2016 15:17
Quote:Original Posted By obetkarebet


Berapa duit tuh om? Berapa wat? emoticon-Big Grin
megs hyperdressing itu utk apa aja si penggunaannya?


400 Watt, Total paketnya kena 5,6 jt.
Megs Hyperdressing untuk bagian trim atau plastik yang tidak terlapisi oleh cat.

Quote:Original Posted By ALKUR
Permisi... mau konsultasi, untuk cover knalpot byson, ujung nya kan dari plastik warna hitam, untuk membersihkan dari noda bekas cat yang nempel ke cover tersebut, pakai apa ya?

Pas mundur pelan, kesenggol sama pagar rumah, jadi cat pagar nempel di cover knalpot tsb.

Soalnya kalo pake ammo yang biasa buat body motor, takutnya malah bekas residu putih-putih nempel semua.

emoticon-Smilie


kalau diraba berasa ada legok gak om ?
sudah coba di sikat pelan pelan pakai Silicone oil ? Atau coba dilap pakai kain yg sudah disemprot WD40 sebelumnya.

Quote:Original Posted By andre_jagal
Mau minta saran nih kalo Wax yang bagus dgn harga ekonomis apa ya? Saya sudah coba Kit Merah sama Biru overall ya standar lumayan lah.
Lumayan sering wax motor ane soalnya, biar kalo cuci enak cpt bersih. Kalo bisa jgn yg mahal soalnya lmyn sering wax sebulan bisa 1-2x.
Ke depan rncana mau bli meguiar's M205 buat polish2 swirl dikit2 yg pasti jarang banget ke dpn, makana cari paste wax yg ekonomis hasil memuaskan kalo bisa tahan lama wkwkwwk...


Turtle Wax OK sih ...
Cat nya metalik apa solid ?
Type wax ada yg sudah khusus dibuat untuk kriteria jenis cat tertentu, Solid atau Metalik, Terang atau Gelap.

0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
05-01-2016 18:31
Quote:Original Posted By andre_jagal
Mau minta saran nih kalo Wax yang bagus dgn harga ekonomis apa ya? Saya sudah coba Kit Merah sama Biru overall ya standar lumayan lah.
Lumayan sering wax motor ane soalnya, biar kalo cuci enak cpt bersih. Kalo bisa jgn yg mahal soalnya lmyn sering wax sebulan bisa 1-2x.
Ke depan rncana mau bli meguiar's M205 buat polish2 swirl dikit2 yg pasti jarang banget ke dpn, makana cari paste wax yg ekonomis hasil memuaskan kalo bisa tahan lama wkwkwwk...


Halo gan,

Agan suka wax yg murah,paste,dan bisa sering dipakai ya? kayaknya cocok meguiars m26 atau s100 gan. Seingat saya harganya antara 30-40 rebu (beli eceran) dan untuk motor kira kira bisa 6 bulan up dah itu. Untuk seller eceran banyak dikaskus, selamat mencoba gan.
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
06-01-2016 12:58
permisi gan,nubie ikutan gabung emoticon-Big Grin
mau tanya2 nih..
sebelum tanya ijin share motor ane emoticon-Big Grin
red one


itu cat 5 blnan hasil repaint...ane ngebersihinnya cuman dicuci pake sun**ght+silicon merk k*t...1bln sekali ane poles aja pake odol k*t yg warna kuning plus chrome pake a*tos*l
untuk lap2 cuman kanebo sama kain microfiber aja emoticon-Big Grin

menurut agan dimari apa pengaplikasian ane udah bener?kalo salah mhn bimbingannya emoticon-Big Grin
trus yg perlu saya rubah/saya tambahin buat ngerawat cat tunggangan ane ini?
kalo bisa minta rekomen yg harga bersahabat aja deh emoticon-Big Grin
maaf kalo banyak tanya dan belepotan emoticon-Big Grin
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
07-01-2016 14:58
Gan motor ane dah setaun , klo ane liat bnyak bekas goresan halus kemungkinan besar ane kira pasti hasil dari pencucian motor gan.. Tahap buat ngilangin nya itu gmn ya gan biar ilang goresan nya gtu ? Dan klo kita udah ilangin apakah hasil nya permanen ato pas di cuci akan nimbul lagi goresan lama gan ?
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
07-01-2016 15:31
gan ane pke tutle wax - carnuba car wax paste pas kering ane lap pke kain microfiber masih ada sisa2 pastenya ya d body cara ngilanginya pke apa ya gan cz ane cuci tetep masih ada thu pastenya .. sampe skrng ane ilangin dengan gosok pke kuku ane gan baru bisa ilang ...
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
07-01-2016 16:05
Quote:Original Posted By motoro 54


kalau diraba berasa ada legok gak om ?
sudah coba di sikat pelan pelan pakai Silicone oil ? Atau coba dilap pakai kain yg sudah disemprot WD40 sebelumnya.



Nggak ada yang legok bro... cuma ya itu ada noda cat yang nempel
silicone oil? misalnya merek apa ya? saya gak perna pakai silicone oil soalnya

Coba saya pake WD40 dulu

thanks emoticon-Big Grin
0 0
0
Tips merawat dan memperindah cat motor kita - Part 2
08-01-2016 08:37
Quote:Original Posted By monalisavario
permisi gan,nubie ikutan gabung emoticon-Big Grin
mau tanya2 nih..
sebelum tanya ijin share motor ane emoticon-Big Grin
red one


itu cat 5 blnan hasil repaint...ane ngebersihinnya cuman dicuci pake sun**ght+silicon merk k*t...1bln sekali ane poles aja pake odol k*t yg warna kuning plus chrome pake a*tos*l
untuk lap2 cuman kanebo sama kain microfiber aja emoticon-Big Grin

menurut agan dimari apa pengaplikasian ane udah bener?kalo salah mhn bimbingannya emoticon-Big Grin
trus yg perlu saya rubah/saya tambahin buat ngerawat cat tunggangan ane ini?
kalo bisa minta rekomen yg harga bersahabat aja deh emoticon-Big Grin
maaf kalo banyak tanya dan belepotan emoticon-Big Grin
emoticon-Shakehand2


Emang sun**ght ga ngerusak cat broh ?
0 0
0
Halaman 250 dari 260
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia