Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
879
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/565a8086582b2e8a1b8b4577/kenapa-banyak-yang-sinis-buruh-minta-naik-gaji-untung-perusahaan-triliunan-lho-gan
Sebelumnya saya bukan demo atau tidak setuju mengenai gaji saya sekarang, tetapi menurut saya, ada yang menarik untuk dibahas... Banyak yang sinis dengan buruh yang minta kenaikan upah Padahal, Banyak dari perusahaan mereka yang tidak mengenal masa kerja..gaji 0 tahun masa kerja sampai 35 tahun masa kerja adalah sama Bayangkan kalau gaji abdi negara sama dari 0 tahun sampai pensiun sama? Bayangkan
Lapor Hansip
29-11-2015 11:35

Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan

Sebelumnya saya bukan demo atau tidak setuju mengenai gaji saya sekarang,


tetapi menurut saya,
ada yang menarik untuk dibahas...


Banyak yang sinis dengan buruh yang minta kenaikan upah


Padahal,
Banyak dari perusahaan mereka yang tidak mengenal masa kerja..gaji 0 tahun masa kerja sampai 35 tahun masa kerja adalah sama

Bayangkan kalau gaji abdi negara sama dari 0 tahun sampai pensiun sama?

Bayangkan kalau gaji 3 jutaan, penempatan kerja jauh? Ninggalin keluarga..

Apa cukup?

Yang sya heran juga, banyak yang mengancam tutup dan PHK

Untung mereka yang pegawainya ribuan,
Per tahun untung bersihnya bisa puluhan, ratusan milyar, bahkan triliun rupiah

Ingat untung bersih,
buka laba kotor



Kemana untung bersih yang ratusan milyar dan triliunan tadi lari? Ke bank luar negeri...

Dan orang usaha di indonesia kena bunga mahal..karena bank di indonesia kulakannya mahal karena agar mampu menarik dana dari luar bank di indo menggunakan iming2 deposito mahal..

Lingkaran setan...


Bagaimana menurut juragan?

Apakah ketika seorang buruh dengan UMR yang 3 jutaan,
sudah cukup dengan istri dan anak?

Mengapa perusahaan ketika untung bersih banyak,
tidak memberi bonus dan upah yang layak?




Kalau kita perhatikan,
Banyak orang yang usaha, untug banyak, tetapi kesejahteraan pegawainya kurang..

Banyak perusahaan yang go publik maupun privat,
Untungnya banyak,
Turnover pegawai tinggi karena hak tidak seimbang dengan kewajiban..

Banyak pemilik usaha berpikir, kalau tidak mau kerja disini, masih banyak yang mau kerja disini..

Banyak juga yang diupah tidak sesuai..

Padahal, sesuatu yang kuat adalah piramida yang bawahnya kuat, yang pucuknya di atas yang bawah lebar, bukan yang posisi pucuknya di bawah dan yang lebar di atas

Dan pada akhirnya ketika ada krisis keuangan dan krisis-krisis yang lainnya datang, semua itu sebenarnya krisis kemanusiaan,

Beberapa terlalu rakus dan tamak..

Idealnya, ketika pengusaha baik yang untungnya banyak, sebagian persen dari profit dibagikan ke pegawai paling bawah,

Okelah gaji kecil, tetapi ketika perusahaan untung banyak, sebagian dari profit tersebut dibagikan ke pegawainya...

Yang menarik adalah, ketika orang baik tidak mau usaha dan makmur,
Maka orang yang tidak baik akan usaha dan makmur...

Ketika orang baik tidak maju, maka yang tidak baik akan maju...

Menurut saya posisi diam, sepertinya juga bagian dari yang salah...


****

kalau kita melihat sebuah perusahaan, mesti kita melihat dari profitnya dari laporan laba rugi (income statement)

menurut saya, seharusnya ada sebuah indikator baru mengenai perusahaan atau usaha itu baik atau tidak,
yaitu general hapiness statement (laporan kebahagiaan secara umum)

yang mana, perusahaan tersebut tidak hanya dilihat dari profit saja, tetapi seberapa besar kebahagiaan yang diakibatkan usaha tersebut terhadap stakeholdernya, seperti pegawai, konsumen, pemilik, lingkungan sekitar, pajaknya dan sebagainya...

karena perusahaan atau usaha yang yang hanya mementingkan profit, cepat lambat akan membawa krisis..entah krisis keuangan atau krisis kemanusiaan..



pemberian upah UMR perlu melihat untung bersih perusahaan tersebut

semisal perusahaan yang minim untung bersih tahun tersebut diatas 10 Triliun,
maka perlu memberi UMR semisal 2x - 3x UMR saat ini

semisal perusahaan yang minim untung bersih tahun tersebut diatas 1 Triliun,
maka perlu memberi UMR semisal 1x - 2x UMR saat ini

semisal perusahaan yang minim untung bersih tahun tersebut diatas 100 M - 1 Triliun,
maka perlu memberi UMR semisal 1x UMR saat ini

dan juga Usaha yang UKM,
UMR nya mungkin juga lebih fleksibel,

dan bonus itu juga penting

artinya untuk menimbulkan daya beli gan,
kalau yang untungnya ratusan Milyar dan Triliunan,
tetapi memberi gaji pas-pasan,
itu uangnya ditaruh ke luar negeri gan,

nda muter buat perekonomian indonesia,







Komentar dari yang kurang memiliki perasaan gan





Quote:Original Posted By J4M!3
Dimana logikanya lo maksa orang buat ngegaji lo? Berasa gaji kecil ya pindah kerja, koq malah maksa suruh ngegaji gede
Mau gaji gede ngelamarnya jgn buruh, ngelamar jadi manager, direktur, dijamin gaji lo gede
Ga keterima ngelamar manager salahin diri lo sendiri napa goblok
Miskin koq nyalahin orang



Quote:
Artikel Saya yang lain gan:


Cara Meningkatkan IPK dari 2 Koma, menjadi 3 Koma

Mengenal Macam-Macam Kredit di Bank [Jangan Sampai Ketipu Bunga Yg Katanya Murah Gan]

Cara Agar Mahasiswa Bisa Liburan ke Singapura n KL dengan Uang Sendiri




Quote:
Thread Saya yang lain gan:

Thread - Thread di Kaskus
Diubah oleh leeshemin
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 22 dari 45
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 20:42
kritis pls

klo duit msh ad sisa, investasiin buat ente sendiri. tingkatin tuh kualitas ente, ikutin seminar,kursus, bahkan pendidikan formal
klo gaji kurang, jgn betah jadi buruh, emang pekerjaan di dunia ini cuma buruh ? coba lamar yg lain yg ngasi gaji gede emoticon-Big Grin
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 20:42
yaudah TS nya bikin perusahaan karyawannya ntar di gaji minimal 5 juta/bulan emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S)
Diubah oleh doamia13
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 20:48
Lha, jadi buruh mau gaji naik kalo untung perusahaan naik? Sekolah lagi sono, biar pinteran dikit jadi marketing atau manager marketing sekalian,. baru gaji naik klo penjualan perusahaan naik.

Itung profit perusahaan ga sesimple itu, loe kira cm bayar gaji buruh doang pengerluarannya?

Knp byk yg protes ga mau gaji buruh naik? krn efeknya cukup domino, upah buruh naik, perusahaan jg naikin ongkos produksi. hasilnya barang2 sampe ke konsumen naik. yg rugi bukan buruh aja, tp yg lain jg kena imbasnya krn kenaikan harga, termasuk emak ente klo beli barang jd ikutan mahal, nanti minta2 duit lg ke ente, trus ente demo lagi minta naik gaji lagi krn gaji kurang.

Kalo sekarang ente jadi buruh dan ngerasa kurang. resign aja, jadi wirausaha. coba deh gaji karyawan. nanti klo dagangan ente laris, gaji karyawan ente digandain aja sesuai profit.



0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 20:49
Yg salah adalah tata perekonomian Indonesia. Inflasi terlalu tinggi
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 20:56
lo kira kira juga tong, ga puas di gaji segitu ya keluar, triliunan juga buruh bukan sndiri, byk.. biaya lain juga. emoticon-Ngakak
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 20:59
ts nya bikin perusahaan aja sana....nanti ane yg jadi buruhnya...
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 21:08
Lagian kan untung perusahaan dibalikin lagi ke modal, balik ke biaya ekspansi dll.
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 21:10
bikin perusahaan sendiri aja bos, uda syukur ada yg mau gaji dipikir se simpel itu pengeluaran uang perusahaan.
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 21:16
yang punya perusahaan pengusaha apa buruh? Trus ente tanya untung perusahaan dibawa kemana? itu perusahaan berdirinya hasil sumbangan bersama awalnya? Terserah pengusaha duit ya duit dia sendiri dari usahanya bikin perusahaan yang ngabisin duit nggak sedikit, belum lagi bayar pajak, penambahan alat oprasional, bayar utang di bank (kalo waktu bikin perusahaannya pinjem modal di bank). Kalo gaya hidup buruh pengen kayak owner perusahaan, kenapa gak bikin perusahaan sendiri? yang bikin susah orang banyak sebenernya cara demonya buruh yang nutup jalur lalu lintas umum, kalo yang lewat kendaraan darurat kayak pemadam kebakaran sama ambulance gmn?
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 21:23
jangan cuma liat dari profit pengusaha sama gaji buruh. coba kiat dari efek domino kenaikan umr. ya kalo perusahan high profit yang kaya kata ente bisa survive bayangin perusahaan menengah yg low profit harus nanggung biaya upah segitu bisa koleps. upah tinggi juga bisa mempengaruhi mindset masyarakat (buat apa sekolah tinggi2 tmatan smp jadi buruh pabrik aja upahnya bisa 3 juta sama lembur bisa sampe 7 juta lebih / buat apa wirausaha kalo jadi buruh aja udah bisa banyak uang). coba lo bandingin upah buruh sama gaji pns (pp no.34 tahun 2014) gede mana?
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 21:26
wah, agan ada data perusahaan untung bersihnya triliunan dari mana?

nanti saya sampaikan ke orang pajak biar buat nambah2 pemasukan negara

pajak itu ngitungnya 1% dari keuntungan kotor lhoo

ge pajaknya berapa sendiri itu perusahaan ?
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 21:28
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan2764
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 21:37
mau lihat TS bikin usaha sendiri untung ampe triliunan emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 21:44
Kalo itungan ente baru buruhnya belom pegawai atasnya sampe direktur kalo buruh digaji segitu atasnya lebih lagi. Untung milyaran ya bisa lenyap, belom bagi2 ke investor perusahaan. Perusahaan untung milyaran pasti perlu modal milyaran juga banyak investor. Belom kalo pada kabur ke china atau negara asean lain yang upah buruhnya lebih murah perusahaan besar bisa bangkrut kalo investor narik dana mereka

Itu kalo perusahaan besar kalo perusahaan kecil harus ikutin umr yang naik terus gimana gak bakal bangkrut. Bikin perusahaan modalnya makin gede orang jadi gamau usaha karena gaji buruhnya kegedean. Lapangan kerja makin sedikit perekonomian lambat.

Ane gak sinis cuma dampaknya ya bakal ke mereka2 juga mungkin pandangan mereka kurang jauh karena emang harus mikirin keluarga mereka dan ngerasa gaji mereka gak cukup
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 21:48
Ane numpang nimbrung ya gan...

Kita lakukan pembuktian terbalik aja ya gan...Menurut jalan pikiran ane, ngga semudah dan segampang itu gan..Ok fine perusahaan untung gede.Tapi apakah agan ngga liat, gimana manajemen memutar otak pagi,siang,sore,malem bahkan kadang sampe jauh dari keluarga biar perusahaan itu bisa menghasilkan untung gede supaya semua bawahannya tetep bisa kerja,makan dan mengidupi keluarganya?

Memang salah ya, seorang pemilik perusahaan yang mempertaruhkan nama baiknya,harta,pikiran dan waktunya menikmati hasil jerih payahnya?Beli super car, rumah mewah,barang mewah, liburan mewah. Salah kah?

Sorry to say, apakah buruh sampe mikirin bosnya kalo bangkrut gimana? Saya yakin pasti jawabannya ENGGA dan kebanyakan mereka akan jawab dengan enteng. ITU RESIKO, BURUH TINGGAL CARI KERJA LAIN. Sementara sang pengusaha?? Duduk di kursi sambil puter otak bayar kewajibannya dia kepada semua pihak. Siapa

Kalau buruh mau GAJI GEDE, naikin produktifitas,skill, ilmu mereka. Jangan bisanya ngerengek minta naek upah terus. Baek2 semua buruh diganti robot mau jadi apa? DIem dirumah? Ujung2nya demo ke pemerintah minta penanggulangan pengangguran.

Kalo menurut ane, para buruh suruh ngaca. Sudah pantes belom mereka di gaji gede??? Ane yg udah kerja 5 taun aja belom punya nja 250, sementara buruh yg katanya GAJI KECIL udah ada yg punya (Ane liat di social media,ada demo buruh yg bawa **nja 250). Bukannya ane ngga mampu, mampu aja beli nyicil. Tapi kembali lagi, APAKAH SUDAH PERLU ANE BELI MOTOR ITU?? Untuk gaya dan gengsi??? Makan tuh gaya dan gengsi.. Banyak orang berduit ngga ada serinya, berpenampilan sederhana dan biasa.

Sorry ya gan kalo kasar...Itu aja sih pendapat ane...Hehehehe
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 21:56
TSnya TOL*L
kalo merasa kurang ya resign, cari kerjaan lain
ngakak ane bacanya emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 22:15
sebenarnya pernyataan ts ini t*lol dan TIDAK layak untuk di debatin karena sangat tidak berkualitas.
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 22:17
gan itu yang profit nya triliunan perusahaan apa ? kalo perushaan jenis padat karya itu selain rentan krisis profitnya g sebesar itu !
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 22:19
wah ane no comment, bukan buruh soalnya. emoticon-Embarrassment
0 0
0
Kenapa banyak yang sinis buruh minta naik gaji? untung perusahaan TRILIUNAN lho gan
30-11-2015 22:20
Thread tandingan di thread sebelah nih....
0 0
0
Halaman 22 dari 45
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia