Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
281
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56499cc61854f71e2e8b4569/diskusi-exhaust-knalpot-dari-a-z
Kasi video suara knalpot dulu biar konsen Hasil tweaking lokal : POST 1 Disini kita mengupas tuntas masalah exhaust dari A ampe Z basa basi dulu pengenalan Exhaust System :) Exhaust System , Bagian-bagian Exhaust / Knalpot Knalpot pada kendaraan bermesin secara umum dibagi dari : 1. Header, downpipe atau manifold 2. Resonator, 3. Muffler, Dan keseluruhan bagian tersebut dihubungkan oleh Piping. Pa
Lapor Hansip
16-11-2015 16:07

[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z

Kasi video suara knalpot dulu biar konsen
Hasil tweaking lokal :





POST 1
Disini kita mengupas tuntas masalah exhaust dari A ampe Z


basa basi dulu pengenalan Exhaust System emoticon-Smilie
Exhaust System , Bagian-bagian Exhaust / Knalpot

[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
Knalpot pada kendaraan bermesin secara umum dibagi dari :

1. Header, downpipe atau manifold
2. Resonator,
3. Muffler,

Dan keseluruhan bagian tersebut dihubungkan oleh Piping.
Pada kebanyakan mobil modern, ditambahkan Catalytic Converter (cc), untuk meredam emisi gas buang agar tidak terlepas secara bebas ke atmosfir. Tujuannya demi terjaganya kebersihan udara yang dihirup makhluk hidup. Biasa ditempatkan setelah header, downpipe atau manifold.


[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z

1. Header , ialah bagian. pertama exhaust yang berhubungan langsung dengan mesin. Fungsinya menerima pembuangan pertama dari tiap silinder untuk disalurkan menjadi satu kepada bagian selanjutnya. Bila mesin memiliki 4 silinder, maka jumlah pipa header akan berjumlah 4 pipa, yang akhirnya akan menjadi 1 sebelum masuk ke bagian selanjutnya, yaitu resonator ataupun catalytic converter.
Yang tentunya dihubungkan oleh piping.
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
2. Resonator, ialah bagian yang berada setelah header ataupun catalytic converter, yang berfungsi sesuai namanya, meresonansi suara dari gas buang yang Cumiakan telinga karena berbenturan dengan atmosfir
Resonator
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
3. Muffler, ialah bagian yang meneruskan fungsi resonator dalam meredam suara. Sesuai namanya, Muffler atau peredam
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z

Penjelasan detail bagiannya dilanjutkan pada post selanjutnya


POST 2
Nah, Intro diatas pengenalan exhaust biar sesuai syarat udah.
Trit ini tujuannya
1. nyambung dr sumbangsih temen2 sesama modifikator lokal yg udah bikin trit edukasi tentang exhaust, ane cuma sekedar bantu ngelengkapin.
2. Kalo kita orang indonesia juga bisa koq jabanin produk2 luar. Asal semua sesuai dengan desain yang semestinya, yaitu scientific, mengikuti hukum physic.
3. Dan juga berbagi ilmu yang udah ane dapet, krn dengan berbagi ane pun bakal malah dapat tambahan ilmu lagi. Bener kan emoticon-Smilie

Beberapa tips tips knalpot / exhaust yg sudah ada sangatlah membantu buat para otomania Indonesia dalam memodifikasi knalpot mobil/motor nya. Ane disini cuma ngelengkapin dengan perhitungan yang lebih detail supaya lebih tau "How To"Nya. Dengan mengetahui secara saintifik apa yang terjadi pada system 4 stroke engine dan dinamikan gas yang keluar masuk melewatinya. Maka qt bs memiliki dasar yang kuat buat memodifikasi Exhaust System kendaraan kita.

Nah gimana Perhitungan Ultimate dari sebuah exhaust system? Mari kita jembreng disini
Eh, btw Kenapa disebut ultimate? Karena inilah sebenernya dasar dari pergerakan aliran udara dari 4 stroke engine, yang sesuai dengan hukum alam/ hukum fisika. Sebetulnya bagi ane ini justru malah ilmu dasar dari Exhaust dan 4 Stroke Engine.
Terserah kita mau gak percaya mau tolak mau bilang bullshit, tapi this is how it works.
Sama seperti kita bilang "Saya gak percaya teori Newton, Gravity is Bullshit. Gw bisa melayang diudara krn gw gak percaya teori Fisika Newton".
See ? emoticon-Smilie


POST 3
Exhaust Header Design

Semua hal dalam permesinan termasuk knalpot/exhaust , adalah scientific, eksak! Tidak bisa menggunakan sekedar, feeling, dugaan, atauoun teori umum yang tidak berlandaskan ilmiah sains. Kalaupun ada yang mendisain knalpot/exhaust yang tidak menggunakan proses perhitungan ilmiah dan hasilnya “bagus” , pastilah itu kebetulan atau telah melewati trial and error yang lumayan menghabiskan waktu dan biaya. Tentunya kita tidak mau kan mobil atau motor kita menjadi kelinci percobaan?

Nah, sebuah Header, Karena fungsinya yang bertanggung jawab menerima gas sisa pembakaran pertama kali, langsung dari mesin. maka Disain sebuah header sangat krusial . Panjang, diameter, sudut tekukan dan konfigurasi kolektor (421/41, etc) sangat berpengaruh terhadap karakter mesin dsn tenaga yang dihasilkannya. Tidak bisa sembarang ukuran.
Karakter mesin yang mempengaruhi desain sebuah header ialah, kapasitas (cc) dan powerband atau rentang tenaga yang menghasilkan tenaga optimal dalam satuan RPM (rotasi per menit). Kita tidak bisa menggunakan spec header untuk mesin 1000cc dipasang pada mesin 1800cc. Atau header mesin spec offroad low rpm pada mesin drsg rpm tinggi.

Panjang,
Panjang pipa primer (runner) sebuah header menentukan efek scavenging dari kerja mesin pada RPM dimana kita inginkan terjadinya area powerband optimum. Scavengging ialah proses dimana terjadi pantulan dari gelombang tekanan (presure wave) gas buang yang mengalir sepanjang pipa primer header (runner) hingga memasuki area kolektor.
Penentuan panjang runner tersebut sangat penting, orang bule bilangnya resonance tuning, tujuannya agar presure wave tersebut menghasilkan efek penyedotan/kevakuman tepat dimulut klep exhaust pada saat klep intake sedang terbuka saat overlapping yang terjadi pada proses siklus pengisapan selanjutnya. Parameternya dipengaruhi oleh RPM powerband, dan juga durasi bukaan klep exhaus
- Semakin panjang runner, semakin ideal untuk tenaga di low rpm.
- Semakin pendek runner, semakin ideal untuk tenaga di high rpm.
(tulalit khann, dengan teori2 umum yang “pendek buat street, panjang buat drag” emoticon-Big Grin , pasti banyak yang salah KAPRAH emoticon-Big Grin )

[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
Diameter,

Diameter pipa primer menentukan kecepatan aliran udara yang optimal pada area powerband yang kita inginkan. Simple rule of thumbnya : pada saat puncak horsepower terjadi, kecepatan aliran udara gas buang exhaust haru berada pada kisaran 220-300ft/ second. Dalam rumus dibawah di ambil konstanta 250ft/sec atau 76.2

- Bila kecepatannya terlalu rendah (kegedean diameter), efek yg dirasakan ialah torsi mesin yang loyo, atau “ngempos” dan juga boros.
- Bila kecepatannya terlalu tinggi (kekecilan diameter), efek yg dirasakan ialah power mesin seperti tertahan. Bakal boros juga! Karena banyak residu pembakaran yang tidak terbuang sempurna.

[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z

Sudut dan tekukan,
Sudut dan tekukan dari pipa header juga berpengaruh bagi performa exhaust. Gas buang merupakan fluida gas, dan fluida mengalir sempurna pada aliran yang laminer juga streamlie. Singkatnya, fluida suka pada jalur yang steady, pasti, tidak PHP. emoticon-Big Grin
- Jadi bilamana jalurnya lebih banyak lurus, ya bikin jumlah sudutnya seminimum mungkin dan dominan lurusnya.
- Namun bila jalurnya harus berbelok, ya bikin sudut berputar yang halus dan kontinyu.
- Tidak lurus, belok, lurus lagi, lantas belok, lantas lurus lagi.
Yang begini fluida akan kesulitan untuk mengalir. Tapi terkadang ruang mesin yang terbatas memang memaksa engineer untuk mengkompensasi keinginan fluida
Nah satu lagi, jenis proses penekukan pipa untuk exhaust biasa diketahui ada dua,
1. Tekukan biasa (yang biasanya jadi kempot),
Mandrell Bend (tekukan yang tidak kempot, biasa digunakan untuk High Grade Exhaust yang harganya pake dolar, macam DC-Sports dsb).
2. Ada pula yang menggunakan segmented elbow untuk menghindari kempot tersebut. So pasti Mandrell Bent ialah yang terbaik, tapi apakah jaminan mandrell bent lebih baik daripada tekukan biasa? Belum tentu.

Konfigurasi dan Kolektor,
Nah, pada mesin 4 silinder umumnya diketahui ada dua macam konfigurasi Header, 4-1 dan 421. Secara awam diketahui 4-1 Memiliki karakter yang baik buat putaran atas, sedangkan 421 putaran menengahnya yang strong.
1. 41, konfigurasinya bermula dari 4 pipa header/runner yang bergabung langsung menjadi 1 di kolektor. Simple but powerfull buat melepas debit udara yang terjadi pada RPM tinggi. Rumus perhitungan diatas langsung aplikatif bagi header 41.
2. 421, konfigurasi 4 pipa pipa runner primer pertama bergabung ke pipa kedua yang disebut secondary runner, disini menjadi sebuah kolektor yang berjumlah dua buah, pipa silinder 4 dengan silinder 1 bergabung menjadi satu kolektor, pipa silinder 2 dan 3 bergabung menjadi satu kolektor lagi. Dan selanjutnya 2 pipa secondary runner tersebut bergabung lagi di kolektor terakhir. Total ada 3 Kolektor yang terlihat seperti huruf Y. Makanya diluar sana disebut sebagai TRI-Y headers. Rumus perhitungan diatas dapat menjadi acuan untuk 421, untuk diameter inlet primer dan keseluruhan panjang runner (primarry + secondary) namun lebih detailnya lagi akan kita bahas pada kemudian hari.

Lho 421 kolektornya sampai 3 biji? Buat apa? Nah, kita ketahui tadi diatas, ada sebuah proses yang dinamakan proses scavenging, yang mana proses scavenging itu terjadi saat Pressure Wave memantul di kolektor, yang menghasilkan kevakuman yang baik bagi pembilasan sisa gas residu. Alhasil torsi semakin baik. Nahh, dengan adanya 3 kolektor Y tersebut, maka desain 421 akan memiliki efek scavenging yang sangat baik bagi torsi yang terjadi pada low dan mid rpm dibanding dengan 1 buah kolektor saja pada system 41. Jelas khaannn?
Nah selanjutnya ialah diameter kolektor, kolektor yang dimaksud disini ialah final kolektor yang menggabungkan seluruh pipa header menjadi satu. Seperti kita ketahui diatas, semua ini tentang flow dan air speed. Debit mencukupi dan air speed ideal, tidak turbulen, tidak pula lack of velocity
Prinsipnya idem sama runner / pipe diameter
- Bila kecepatannya terlalu rendah (kegedean diameter), efek yg dirasakan ialah torsi mesin yang loyo, atau “ngempos” dan juga boros.
- Bila kecepatannya terlalu tinggi (kekecilan diameter), efek yg dirasakan ialah power mesin seperti tertahan. Bakal boros juga! Karena banyak residu pembakaran yang tidak terbuang sempurna.
diameter kolektor

[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
Downpipe.
Nahh, satu lagi. “Koq mobil-mobil sekarang jarang yang pakai header? Gantinya namanya Downpipe?”. Sebenarnya, downpipe itu adalah bagian dari header yang mana primarry pipenya menyatu langsung pada cylinder head. So downpipe berfungsi sebagai Secondary Runner dan juga sekaligus Kolektor. Jadi desain perhitungan seperti header tetap berlaku, tapi fokus lebih pada desain kolektor yang akan kita bahas lebih detail dilain waktu.

BAB II berisi landasan teori, BAB III berisi Aplikasi rumus. Gak rugi deh downloadnya, isinya menyeluruh tentang mesin 4 tak, dan teradapat cara membuat mesin 1300cc NA 205HP emoticon-Smilie
Rumus-rumus diatas dicari di internet manapun gak akan ketemu, (sok pinter? bukan bro!) Karena yang beredar diinternet (Graham Bell, Jim Mcfarland, Bisimoto, Michael Delaney, etc) ialah rumus singkat bagi engineer motorsports, yang aplikatif dan ga mau pusing. Sedangkan rumus saya disini ialah rumus yang dituntut oleh Dosen saya sewaktu melakukan Skripsi atas hasil karya saya Civic Nouva yang menjadi juara nasional dari 2001-2003, beliau-beliau ini menuntut saya untuk menjabarkan secara detail , njlimet, dan puyeng. Bukan diminta shortcut rumus matengnya doank. Makanya saya bagi2 disini biar ikut ngerasain puyeng bareng emoticon-Big Grin . Dab perhitungan praktisi motorsports dunia tersebut dengan rumus penelitian ilmiah skripsi saya ending ketemunya bakal mirip emoticon-Smilie , tapi cuma penjabarannya saja dalam skripsi saya lebih detail (dan puyeng). Tapi worthed buat yang ingin berbagi diskusi pembelajaran. Dan ga usah takut bakal menyesatkan, karena sudah disahkan koq oleh para Guru besar universitas, dan juga terbukti juga donk di ajang Balap , “RACE PROVEN” emoticon-Smilie))))
Oh ya, artikel diatas baru opening tentang disain header, untuk lebih lengkapnya lanjut kemari : More Advance on Header Design


POST 4
Resonator dan Muffler Design

[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
Resonator adalah bagian setelah header yang berfungsi sebagai peredam suara. Ya, memang fungsinya hanya penghalus suara. Tapi, bilamana dimensi dari resonator tersebut asal-asalan. Hasilnya pun akan merugikan bagi mesin kendaraan, boros dan tenaga loyo, terkadang malah suara malah menggelegar macam angkot, bukannya teredam dengan manis seperti suara sports car.
Kriteria Resonator yang baik ialah :
- Mampu meredam suara yang baik (ini sebenarnya masalah selera, tapi yang jelas gak mau suara kayak angkot knalpot bocor kan emoticon-Big Grin ).
- Tidak restrictive, atau mampu mengalirkan debit udara sebesar yang dikeluarkan mesin, satuannya CFM. Oleh karena itu, kita harus bisa tahu atau paling tidak memperhitungkan estimasi debit udara yang dikeluarkan oleh mesin mobil kita. Namun tidak pula bisa menggunakan Resonator ber inlet sebesar-besarnya demi debit besar, karena akan terjadi Lack of Velocity atau aliran udara yang kecepatannya terlalu rendah. “Bigger CFM Not Always Better“. Dibawah ini ada perhitungan singkat untuk estimasi debit udara yang keluar dari mesin kita, dan juga tabel estimasi sebagai panduan singkat untuk memilih inlet dari sebuah resonator smooth perforated.
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
Oppsss,, salah, maksudnya rumus dan tabel pendekatan dibawah ini :
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z

Tabel Debit Udara Dari Berbagai Ukuran Inlet Resonator & Muffler Freeflow

Ukuran Inlet Debit ( CFM )

Mufler Freeflow 1 ½ Inch 200 CFM
Mufler Freeflow 1 ¾ Inch 315 CFM
Muffler Freeflow 2 Inch 500 CFM
Muffler Freeflow 2 ¼ Inch 625 CFM
Muffler Freeflow 2 ½ Inch 800 CFM
Muffler Freeflow 2 ¾ Inch 1030 CFM
Muffler Freeflow 3 Inch 1215 CFM
Tabel (pendekatan) From : PerformanceTrends, Inc.

Nb : Rumus diatas adalah pendekatan singkat, konstantanya menggunakan asumsi Volumetric Efficiency dari mesin yang digunakan sebesar 100%. Tiap kondisi mesin berbeda berbeda (Pnp, non Pnp, Stock Cam, Big Cam), volumetrik effisiensinya berbeda pula. Jadi rumus ini hanya pendekatan singkat yang bisa dijabarkan pada artikel ini, karena penjabaran mengenai parameter penentu volumetric effisiensi sangat banyak dan akan mencakup keseluruhan dari parameter yang bekerja dalam mesin 4 tak, dan akan keluar dari pembahasan exhaust. Namun bagi yang ingin mempelajari silahkan klik disini : http://www.4shared.com/rar/9CFL8MBSb.../skripsi.html?

- Kalau perlu dapat bekerja sebagai anti reversion. Karena letaknya ditengah, perjalanan gas buang masih panjang, dari sisa perjalanan sampai ke muffler dan lalu ke area open atmoshpere banyak sekali kemungkinan terjadinya restriction yang menimbulkan backpressure yang besar. Oleh karena itu dapat fitur antireversion digunakan untuk mengantisipasi backpressure, hal ini sangat membantu terutama mobil bertransmisi automatic yang membutuhkan torsi besar pada putaran mesin rendah
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
Antireversion

Nah, bentuk antireversion pun tidak hanya seperti yang ada pada gambar diatas. Wujudnya dapat berupa-rupa. Tapi memiliki fungsi yang sama, yaitu “Membuat lancarnya aliran flow searah dengan pembuangan, namun memiliki fitur yang dapat menahan tekanan negatif yang balik menuju ruang bakar“. Hayoooo, sudah di cek belum pemasangan resonator racing pada kendaraan qt?? Banyak lho yang salah kaprah malah memasangnya dengan cara terbalik, tenaga mesin jadi loyo, dan sudah pasti boros emoticon-Smilie

Muffler Design
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z

Muffler yang baik harus dapat mengalirkan debit gas buang secara optimum namun mampu meredam Presure Wave dengan optimum. Aliran gas buang dan Pressure wave adalah hal yang berbeda. Dimana aliran gas buang memiliki Debit/Flow yang harus selancar mungkin terbuang ke atmosphere, sedangkan pressure wave adalah gelombang tekanan yang mana bila berbenturan langsung dengan atmoshpere akan menimbulkan suara tumburan yang keras, inilah yang menghasilkan suara pekak.
Kebanyakan orang salah kaprah dalam melakukan peredaman suara dengan menggunakan hal yang malah mereduksi kemampuan mengalirnya Flow tersebut. Inilah yang membuat power mesin serasa loyo dan boros, karena flow yang tertahan membuat C02 yang seharusnya terbuang pada atmosphere malah tertahan dalam ruang bakar yang seharusnya hanya berisi Oksigen. Ada pula yang ingin mengatasa loyo nya mesin tersebut dengan membuat muffler yang mampu mengalirkan Flow sebesar besarnya, namun lupa bahwa Flow yang jauh melebihi kebutuhan mesin bisa jadi memiliki area yang terlalu besar dan menghasilkan Air Velocity yang rendah dan lemah, alhasil torsi berkurang dan juga boros.
Dibawah ini adalah salah satu contoh muffler straight thru atau dikenal dengan muffler freeflow terdapat tiga bagian yang perlu diketahui.
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z

Inner pipe ialah jalur dimana aliran gas buang mengalir didalamnya. Yang didalamnya terdapat lubang lubang kecil (perforated). Penentuan diameter inlet pipe dan perforated tersebut sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan dan juga karakteristik suara yang dihasilkan. Diameter inlet yang terlalu kecil dapat membuat mesin susah untuk melepaskan debit gas buang kepada atmosphere bebas, namun diameter yang terlalu besar sebaliknya dapat mengurangi kecepatan aliran udara yang mengarah keluar. Kurang lebih seperti pada perhitungan debit pada resonator di post sebelumnya.

Nah perforated pada bagian Inlet pipe bila memiliki jarak yang renggang maka jumlahnya akan sedikit, dan hal ini membuat efek peredaman suara menjadi berkurang, namun dapat menyalurkan pembuangan dengan lebih baik. Sebaliknya, bila jaraknya rapat dan jumlahnya menjadi lebih banyak, peredaman suara dapat terjadi secara lebih optimum, namun penyaluran pembuangan menjadi berkurang. Diameter perforated tadi pun memiliki karakter tersendiri, bila terlalu besar diameter perforated tadi, aliran gas buang menjadi turbulen, hal ini tidak baik bagi proses lancarnya proses pembuangan. Sebaliknya diameter perforated yang kecil laminer dapat menghasilkan aliran gas buang yang laminer, semakin kecil semakin laminer, menjadikan lancarny proses pembuangan, namun proses peredaman menjadi berkurang.

Sound insulation chamber ialah ruang tempat bahan peredam suara berada. Disinal diserapnya suara pekak dari gas buang yang keluar. Semakin besar volume chamber semakin baik pula peredaman suaranya. Peredaman suara dibantu juga oleh glasswool yang terdapat pada Sound insulation chamber. Material glasswool yang baik harus tahan terhadap panas, karena glasswool berhadapan langsung dengan panas gas buang dari mesin, dan proses pengisian glasswool pun dapat mempengaruhi tenaga mesin lho! Koq bisa? Ya, karena glasswool yang terlalu longgar pada area yang bersentuhan langsung dengan inlet pipe dapat membuat lolosnya Exhaust Flow secara berlebihan kedalam chamber, ini pula yang membuat Flow turbulen. Glasswool seharusnya memiliki kerapatan tinggi pada bagian yang bersentuhan dengan inlet pipe, agar mencegah terjadinya aliran/Flow yang turbulen tadi. Dan memiliki kerapatan lebih rendah pada bagian yang mengarah pada housing agar meredam pressure wave yang membawa suara. Itulah kenapa salah satu produsen jepang (HKS atau Apexi, saya lupa) sampai menggunakan mesin macam pemintal benang untuk proses pemasangan glasswolnya.

KELANJUTAN BERIKUTNYA
Diubah oleh ordexhaust
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 15
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
18-11-2015 20:07
udah page dua aja
kasih hiburan lagi emoticon-Smilie



Diubah oleh ordexhaust
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
18-11-2015 20:08
Quote:Original Posted By agung211207
Mantap om ilmunya di share buat orang banyak dan semoga barokah serta bermanfaat.



sama sama gan, semoga barokah jg buat agan dan kita semua
terimakasih
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
18-11-2015 20:13
Quote:Original Posted By elextricy


Spek mobilnya doank yg 3.1 gan..mainnya kan bisa di kelas lain



Kalo drag pastinya agan mau power maximum di higher rpm ya,
Buang kolong gan, kalo ga mikirin berisik dan torsi low buat stop n go harian.

Nah, jarak antara kolektor hider dengan resonator/muffler dikolong mobil itu kalo bisa +- sama dengan panjang pipa primer header.
Jadi kasi jarak 70-80cm tuh panjang pipa
dr header ke resonator kolongnya gan
Diubah oleh charlie luciano
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
19-11-2015 10:33
test,,


barusan maintenis ya kaskus?
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
19-11-2015 10:40
Quote:Original Posted By charlie luciano
[QUOTE=q246;564b5aab582b2e423c8b4575]

downpipenya jg udah custom gan?

250hp ya gan, enak bener tuh harian body innova segitu.

sebenernya udah cukup itu 2.5" Stainless, s/d 290-300 hp 2.5" itu masih capable.
mungkin di muffler ori nya itu bottlenecknya bro, kan dalemnya sekat2 muter depan belakang, dan inletny muffler innova ga sampe 2.5" , tp 2.25" setau ane.

Baiknya sih muffler straight trhu gan, yg 2.5" juga.
Tp ini masalah preferensi suara sih emoticon-Smilie , anw mbl turbo diesel pake straight thru jg ga berisik2 amat menurut ane emoticon-Big Grin hehe.

mungkin agan bisa gain 20-25 hp lg dari muffler straight thru. dan spooling yang lebih cepat. insyaAllah EGT juga menurun, karena tumpukan panas gas buang gak tertahan di saluran exhaust emoticon-Smilie

oh ya, WMI (water meth injection) jg membantu gan , sorry OOT dr exhaust emoticon-Big Grin



gan, rencana sih mufflernya mau dituker pake scott cm scottnya yg ukuran apa panjang brp ane gak tau, takut salah pasang nanti terlalu free flow grafik torsi sm HP acak2an
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
19-11-2015 12:28
Quote:Original Posted By charlie luciano
Outlander matic memang butuh mid low torque, tanpa mengorbankan higher rpmnya, bahkan ikut naik di rpm atasnya
ane sering buatin gan pake konfigurasi 421
Primernya yg 4, pake pipa inlet 40mm, sepanjang +-30cm
Secondarynya yg 2, pipa inlet 47mm (2") +-40cm
Kolektor ikut diameter pipa standart outlander aja.
Bahan cukup pake mildsteel biasa, gak perlu stainless

[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
https://www.facebook.com/ord.exhaust...43622685839577
Kurang lebih dimensinya bakal kayak foto diatas gan. 421 long runner (umumnya katalist udah ke bypass).

Sory ane biasa nyebut dalam satuan Mili Meter, kalo pake Inch mleset deviasinya bisa jauh kalo di header. Ukur pake penggaris/ sigmat gan pas pilih pipa.


Piping ga usah di ganti gan. Pake std aja.

Katalis kalo masih ada di bypass, tp seharusnya udah terlewat katalis tuh kalo header total lenght 70cm +-
Muffler dan reson pake inlet 2", jgn lebih dari 2" (47mm inlet).

Itu ane sering buat, alhasil bbm konsumsi lebih irit, karena torsi dah kuat dari bawah, gas colek dikit mobil dah laju, jd bukaan throttle ga perlu ngoyo gede2.


maturnuwun gan, semoga sukses modifikasi outlandernya






trims banget gan atas masukannya
kalo header 421 seperti yang digambar diatas biar ga getar setelah dipasang, baiknya ditambah fleksibel pipe atau ada cara lain?kalau pakai fleksibel ditambah dibagian mananya ya?
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
19-11-2015 13:23
Quote:Original Posted By viscera


trims banget gan atas masukannya
kalo header 421 seperti yang digambar diatas biar ga getar setelah dipasang, baiknya ditambah fleksibel pipe atau ada cara lain?kalau pakai fleksibel ditambah dibagian mananya ya?


ya betul gan dengan flexible
flexible agan pasang persis setelah kolektor header
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
19-11-2015 13:32
Quote:Original Posted By q246
[quote=charlie luciano;564c75a754c07afd198b4567]


gan, rencana sih mufflernya mau dituker pake scott cm scottnya yg ukuran apa panjang brp ane gak tau, takut salah pasang nanti terlalu free flow grafik torsi sm HP acak2an


Scott yang ada ulirnya ya bro?
Kalo menurut ane sih jangan pake reson yg sistem ulir bro.
Karena mobil agan turbo, bakal turbulance disitu yang bikin backpressure gede, backpressure gede = EGT tinggi.


Lebih baik pake yg polos perforated kaya gini , dia gak turbulen dan peredamannya lebih baik drpd reson model ulir.
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
https://www.facebook.com/ord.exhaust...43622172506295

Tapi kita main di airspeednya, pake inlet rata sama piping , yaitu inlet tabung 2,5". Panjang tabung +-30-35cm.]
Banyak koq di toko2 knalpot yg size segitu bahan stainless


Kalo normally aspirated gapapa agan pake yg ada ulirnya,
dan pengalaman ane, sistem model ulir yang kaya scott, suaranya kaya petir gan kuping sakit emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Tp masalah suara sih itu preferensi masing2 emoticon-Smilie
Diubah oleh charlie luciano
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
19-11-2015 15:25
Quote:Original Posted By charlie luciano
[QUOTE=q246;564d44bc5074103d6e8b4589]

Scott yang ada ulirnya ya bro?
Kalo menurut ane sih jangan pake reson yg sistem ulir bro.
Karena mobil agan turbo, bakal turbulance disitu yang bikin backpressure gede, backpressure gede = EGT tinggi.


Lebih baik pake yg polos perforated kaya gini , dia gak turbulen dan peredamannya lebih baik drpd reson model ulir.
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
https://www.facebook.com/ord.exhaust...43622172506295

Tapi kita main di airspeednya, pake inlet rata sama piping , yaitu inlet tabung 2,5". Panjang tabung +-30-35cm.]
Banyak koq di toko2 knalpot yg size segitu bahan stainless


Kalo normally aspirated gapapa agan pake yg ada ulirnya,
dan pengalaman ane, sistem model ulir yang kaya scott, suaranya kaya petir gan kuping sakit emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Tp masalah suara sih itu preferensi masing2 emoticon-Smilie



suara sih gak masalah gan,paling kayak trukemoticon-Ngakak, itu byk yg jual ya gan tabung kyak spek yg agan sebut atau musti custom build
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
19-11-2015 21:35
Quote:Original Posted By q246
[quote=charlie luciano;564d6cf45a5163fe648b4568]


suara sih gak masalah gan,paling kayak trukemoticon-Ngakak, itu byk yg jual ya gan tabung kyak spek yg agan sebut atau musti custom build

Banyak yg jual gan..tpi perhatikan design dalam nya bener2, sama inlet nya.
Diubah oleh ordexhaust
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
20-11-2015 10:23
Quote:Original Posted By ordexhaust
[QUOTE=q246;564d87601854f7a8398b456b]
Banyak yg jual gan..tpi perhatikan design dalam nya bener2, sama inlet nya.



kira2 tabungnya kisaran brpan gan harganya...trs ane musti pilih panjangnya yg mana antara 30-35cm gan
Diubah oleh q246
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
20-11-2015 17:35
Quote:Original Posted By q246
[quote=ordexhaust;564dde2aa09a3922248b456a]


kira2 tabungnya kisaran brpan gan harganya...trs ane musti pilih panjangnya yg mana antara 30-35cm gan


Kalau harga jangan dimari gan..diomelin mimin kita ntar gan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Diubah oleh ordexhaust
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
20-11-2015 21:29
Langsung aja add pin bb nya bro, atau pm langsung..
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
21-11-2015 11:03
ADa yang tertarik bahas downpipe ?

Ane baru bahas sedikit dipost bagian header

Secara mobil mobil sekarang pada make downpipe semua emoticon-Smilie
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
21-11-2015 11:27
Quote:Original Posted By ordexhaust
[QUOTE=q246;564e9248a2c06e57318b4584]

Kalau harga jangan dimari gan..diomelin mimin kita ntar gan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin



iya sori ganemoticon-Ngakak, jd panjangnya pake yg brp gan,30,31,32,33,34 apa 35 gan
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
22-11-2015 13:41
mantap penjelesanya gan emoticon-Smilie
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
22-11-2015 20:53
Quote:Original Posted By q246
[quote=ordexhaust;564ef76d925233fd5c8b456f]


iya sori ganemoticon-Ngakak, jd panjangnya pake yg brp gan,30,31,32,33,34 apa 35 gan


hehehe
siap gan

35cm gan kalo itungan ane biasa bikin custom buat turbo diesel emoticon-Smilie
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
22-11-2015 20:54
Quote:Original Posted By gabanstore
mantap penjelesanya gan emoticon-Smilie


tengkyu gan

monggo sharing bersama emoticon-shakehand
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
22-11-2015 21:28
Quote:Original Posted By charlie luciano
ADa yang tertarik bahas downpipe ?

Ane baru bahas sedikit dipost bagian header

Secara mobil mobil sekarang pada make downpipe semua emoticon-Smilie


Iyaa gaann..bahas downpipe donk. Sapa tau ane tar ganti mobil all new jazz. Perhitungannya harusnya mirip sama kyk kolektor ya? Tapi bukannya lebih kompleks lgi? Secara kita ga bisa ubah2 panjang "header/exhaust manifold" dari yg bawaan. Tuning utk power band nya gmana itu?
0 0
0
[DISKUSI] Exhaust knalpot dari A-Z
24-11-2015 23:32
Quote:Original Posted By elextricy


Iyaa gaann..bahas downpipe donk. Sapa tau ane tar ganti mobil all new jazz. Perhitungannya harusnya mirip sama kyk kolektor ya? Tapi bukannya lebih kompleks lgi? Secara kita ga bisa ubah2 panjang "header/exhaust manifold" dari yg bawaan. Tuning utk power band nya gmana itu?


ok siap gan, ane siapin artikel khusus downpipe ya ASAP
0 0
0
Halaman 2 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia