rebleeding
TS
rebleeding
[Ecek-ecek] Perbandingan Gaji Dokter Seluruh Dunia dan Indonesia
Jakarta Di negara maju seperti Amerika Serikat, menjadi dokter bukan hanya kebanggaan tapi juga profesi yang menjanjikan. Tak heran bila disana, dokter justru menjadi salah satu profesi yang memiliki gaji tertinggi.

Melihat sekolah kedokteran begitu mahal dan sistem kerja mereka yang menolong setiap keluarga, dokter kerap dianggap mulia namun jarang dihargai.

Penasaran dengan imbalan para dokter, Liputan6.com membandingkan gaji dokter di seluruh dunia dengan Indonesia seperti dikutip Healthcare-salaries, berikut ini:

1. AS

Ternyata dokter-dokter di Amerika memiliki gaji paling tinggi diantara negara lain di dunia. Rata-rata gaji untuk dokter umum saja mencapai 186.044 dolar atau sekitar Rp 2,2 (kurs: Rp 12 ribu) miliar per tahun. Sedangkan untuk gaji spesialis 339.738 dolar atau sekitar Rp 4,1 miliar per tahun. Total gaji ini juga bisa lebih tinggi apabila dokter berpraktek di RS Swasta.

2. Inggris

Di Inggris, gaji rata-rata dokter keluarga 75.500 pound sterling atau sekitar Rp 1,4 miliar per tahun. Yang menarik, selain gaji dihitung per jam pada umumnya, gaji juga dihitung berdasarkan usia. Semakin tua seorang dokter misalnya 40-50 tahun upahnya bisa mencapai Rp 1 triliun

3. India

Tak ketinggalan seperti di negara Barat, Asia punya India yang berani memberikan gaji tinggi pada dokternya. Payscale mencatat, gaji rata-rata dokter India mencapai 424.999 rupee atau sekitar Rp 84 juta per tahun. Yang menarik di India, gaji itu belum termasuk komisi dan bonus dari berbagai bidang. Selain itu pengalaman dan usia juga mempengaruhi gaji.

4. Jepang

Hampir sama seperti di negara Barat, Jepang juga menggaji dokternya standar dunia atau 761.000 yen atau sekitar Rp 87 juta per tahun. Namun mengingat biaya hidup di Jepang tinggi, tarif dokter ini masih terbilang rendah karena mereka kerja 40 jam seminggu.

5. Cina

Berbeda dengan negara lain, di Cina gaji rata-rata seornag dokter hanya 3.000 Yuan atau sekitar Rp 5,9 juta per bulan. Namun bila sudah berpengalaman, dokter bisa digaji hingga 10.000 Yuan atau sekitar Rp 19 juta per bulan.

6. Indonesia

Bagaimana di Tanah Air? PayScale mencatat, gaji rata-rata dokter di Indonesia masih tergolong rendah yaitu Rp 58 juta per tahun. Bila dihitung-hitung, gaji dokter per bulan hanya Rp 4,8 juta. Anggota IDI Profesor Zubairi Djoerban bahkan pernah mengatakan, dokter baru hanya digaji Rp 2 juta hingga Rp 3 juta rupiah per bulan.KERE

Malah kalo di Indo, layanan kesehatan biayanya serendah-rendahnya, itu malah banyak dukungan emoticon-Gila
Yang dipromosikan layanan kesehatan murah, tp tidak berorientasi pada tenaga kesehatan, ya kacau programnya emoticon-Big Grin
Dokter gajinya bersaing dengan buruh, kalah dari supir busway emoticon-Big Grin
Bayar murah bahkan gretongan, tp layanan minta sekelas premium emoticon-fuck
Diubah oleh rebleeding 12-11-2015 14:58
0
36.4K
171
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.