sistemikAvatar border
TS
sistemik
Nilai Pelayanan Publik DKI C, Begini Saran Yuddy Chrisnandi untuk Ahok
Jakarta - Pelayanan publik di DKI mendapat nilai C. Lalu apa saran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi atas hal ini?

"DKI masih C, nilainya 59 sekian. Saya ingin DKI jadi B, ada waktu mengejar itu. Bagaimana mulai dari perencanaan sampai outcome, ada ketersambungan," ucap Yuddy dalam 'Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik Menuju One Agency-One Innovation' di Ruang Pola Blok G, Balai Kota DKI, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, lurah, camat dan Wali kota se-DKI turut hadir dalam acara itu. Yuddy menyebut nilai DKI kalah dengan Yogyakarta yang mendapat nilai A dan Jawa Timur yang mendapat nilai B+.

Yuddy menuturkan, DKI memiliki slogan '5 Tertib' yaitu tertib sampah, hunian, lalu lintas, demo dan PKL. Slogan itu bisa direalisasikan untuk meningkatkan pelayanan publik dengan pengawasan yang baik. Sebab indikator dari pelayanan publik yakni kepuasan masyarakat.

Salah satu upayanya, Yuddy menyarankan agar DKI belajar dari beberapa kota di luar negeri terutama yang berhasil menciptakan 'green smart city'. Salah satunya Singapura yang menurutnya penduduk di sana sangat tertib seperti buang sampah atau berlalu lintas.

"Di sini orang tak mau antre, tak mau buang sampah di tempatnya, (perang) klakson di jalan. Belum dua jam ke Singapura, kita jadi tertib. Mau buang sampah takut, main klakson atau serobot takut. Kenapa demikian, karena sistemnya dibuat sedemikian rupa. Saya yakin dengan gubernur sekarang bisa ciptakan sistem ini," paparnya.

Singapura yang sudah baik pun kata Yuddy, belum termasuk dalam kota terbaik di dunia. Kota yang lebih baik dalam pelayanan adalah Melbourne dan Finlandia.

"Saran saya pelajari, beberapa kepala dinas dari studi banding ke Saudi, bisa izin Pak Gubernur lihat Melbourne, Finlandia bagaimana ciptakan kota hijau cerdas (green smart city)," saran Yuddy disambut tepuk tangan kecil pejabat DKI yang hadir.

Ahok yang sedang duduk di depan forum, terlihat heran ada pejabat DKI yang sumringah disarankan kunjungan ke Australia dan Finlandia. Sambil menunjuk ke beberapa pejabat, Ahok geleng-geleng sambil tertawa kecil.

"Memang Jakarta (salah satu) kota terpadat di dunia. Ini tidak mudah, saya sadari ini pekerjaan besar. Tapi dengan semangat saya yakin DKI akan jadi role models nasional dan akan jadi kota yang baik di dunia," kata Yuddy.
(miq/nwy)

Sumur http://news.detik.com/berita/3063019...ndi-untuk-ahok

Ga apa-apa deh ga penting, yang penting ANTI KORUPSIemoticon-Malu (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Ini yang ga bener ANAK BUAH nya, yg ga bisa KERJAemoticon-Malu (S)
Diubah oleh sistemik 05-11-2015 08:06
0
11.5K
190
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.