Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1316
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56338255c0cb17bf2c8b4568/konsep-relativitas-jodoh-yang-perlu-kamu-tahu-sebelum-terlambat-patah-hati
makasih buat mimin dan momod serta para kaskuser semuanya. semoga thread ini emang berguna buat agan sista semuanya :( ~ WELCOME TO MY THREAD ~ Maaf kalo thread ini kepanjangan. Ane harap agan
Lapor Hansip
30-10-2015 21:44

Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati

Past Hot Thread
HT ke-6


~ WELCOME TO MY THREAD ~


Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati


Maaf kalo thread ini kepanjangan. Ane harap agan bersedia ngeluangin waktu buat baca thread ini sampe titik terakhir. emoticon-Smilie
Ide ane bikin thread ini berawal dari realita-realita yang sering ane lihat,denger, baik yang langsung maupun dari berita. Apalagi di forum-forum chat, tiap kali ngebahas JODOH, tanggapannya pasti rame banget (di kaskus kayaknya juga gitu). emoticon-Big Grin
Buat gambaran awal, ngerasa familiar nggak sama kasus-kasus kayak gini:

Quote:
1) Pacaran 8 tahun, kedapetan selingkuh, putus, dan nikah sama orang lain?

2) Pacaran lama, yang cewek hamil, siap nggak siap kemudian terpaksa nikah.

3) Waktu remaja diem-diem saling suka, nggak sempet pacaran, tapi pas udah gede malah bisa ketemu terus nikah.

4) Dijodohin ortu sejak lama, dipaksa nerima, akhirnya jodoh pilihan ortunya yang dipilih buat dinikahin.

5) Trauma karena disakitin pacar, lantas milih hidup melajang sampe tua karena tidak lagi percaya sama cinta



* * *


Sebelum ngebahas lebih jauh soal konsep relativitas jodoh ada baiknya agan pahamin dulu konsep "kebebasan berkehendak/kebebasan memilih." Belakangan ane sering mikir kalo kehidupan yang kita jalani pada hakikatnya cuma kumpulan pilihan. Setiap detik yang kita lalui hanya berisikan pilihan yang harus kita pilih untuk kita jalani. Dan segala sesuatu yang terjadi di masa depan adalah hasil/akumulasi dari keputusan-keputusan yang kita ambil kita saat ini. Simpelnya:

Quote:
Masa depanmu ditentukan sejak kamu memutuskan untuk MEMILIH.


Contoh konkrit aja agan saat ini MILIH ngeluangin waktu buat baca thread ane. Dengan demikian agan udah nyingkirin puluhan pilihan pekerjaan lain yang bisa agan lakuin sekarang. Bisa aja agan milih buka thread lain sekarang, atau milih buat ngegame online, milih buat baca buku, milih buat nongkrong sama temen, atau milih buat ngerjain skripsi. Semua pilihan yang agan ambil punya resiko dan kausalitasnya dengan kejadian di masa depan. Sejak agan mutusin buat baca thread ane, masa depan agan pun telah ditentukan.

Katakanlah saat ini agan milih buat baca thread ane. Berjam-jam kemudian agan masih aja ngaskus, sampe lupa waktu. Skripsi agan jadi terlantar. Malamnya agan baru ngebut ngelembur skripsi yang masih revisi sana sini. Saking capeknya agan ngelembur, agan kesiangan datang ke kampus. Sampai kampus buru-buru langsung nyari dosen pembimbing. Apesnya, dosen agan baru aja pergi dari kampus 10 menit yang lalu karena mau dinas ke luar kota. Skripsi agan pun ngaret lagi. emoticon-Frown
Di posisi kayak gitu, agan mungkin cuma bisa nyesel: “Coba kalo gue ngerjain skripsi lebih awal... Coba kalo gue nggak milih buat baca thread sialan ini, bisa aja gue bangun lebih pagi. Terus ketemu dosen gue!” emoticon-Mad (S)

Konsepsi kebebasan memilih emang kompleks gan karena ada ratusan, ribuan, sampai jutaan kemungkinan yang menghampiri agan setiap detiknya. (cuma Tuhan yang kuasa mengaturnya) emoticon-Embarrassment
Di bawah ini ane bikinin sedikit ilustrasinya:

Quote:
~ ilustrasi "KEBEBASAN MEMILIH" ~

Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati


Nah pada ilustrasi di atas, terlihat kalo agan punya 5 pilihan: ke warteg, baca buku, ngaskus, hangout, atau ke masjid. Tugas agan cuma memilih salah satu yang mau dikerjakan TANPA PERNAH TAHU apa yang bakal menimpa agan selanjutnya. Sekarang yang agan pilih ngaskus. Kalo agan milih hangout, ke warteg, ato pilihan lain selain ngaskus, saat ini agan nggak bakal nemu thread ane. Dan ketika sekarang agan milih buat ngaskus, agan nggak tahu apa yang bakal menimpa agan setelah baca thread sialan tentang relativitas jodoh ini emoticon-Big Grin



* * *


Quote:
Lalu apa hubungannya kebebasan memilih sama konsep RELATIVITAS JODOH?



Ane contohin lagi deh biar nggak bingung emoticon-Smilie
Quote:Misal agan cowok. Sepanjang hidup agan pasti udah ketemu ribuan cewek kan? Di antara sekian banyak cewek itu agan pasti pernah naksir sama salah satunya. Katakanlah waktu SMA agan naksir sama temen sekelas, Bunga namanya. Agan ambil pilihan buat nembak Bunga. Sayangnya agan ditolak. Agan sedih, tapi agan kemudian move on. emoticon-Ngacir

Pas kuliah, agan ketemu Cindy (temen sekampus beda fakultas). Agan dan Cindy ngerasa cocok, kemudian jadian. Hubungan agan sama Cindy awet. Sampai lulus kuliah kalian berdua masih jalan juga.

Sayangnya, setelah lulus kuliah, agan dan Cindy harus LDR-an karena Cindy kerja ke luar kota. Tiba-tiba waktu lagi ngantri tiket di bioskop, agan nggak sengaja ketemu Bunga. Agan pun terlibat obrolan lagi dengan Bunga. Waktu itu Bunga udah nggak kayak Bunga yang dulu pernah nolak agan. Singkatnya agan naksir lagi sama Bunga (yang emang lebih cantik emoticon-Genit dan tajir dibanding Cindy). Dengan alasan gak betah LDR-an, agan pun nekat mutusin Cindy, kemudian jadian sama Bunga.

Tapi, setahun kemudian, Bunga minta putus karena ortunya nggak ngerestuin (nyeseg tuh!). Agan pun pengen balikan sama Cindy. Pas agan ngehubungin Cindy, agan kaget karena ternyata Cindy udah nikah sama cowok lain. Akhirnya agan pulang ke rumah. Ngunci diri di kamar, agan nangis2 sambil nonton film 500 Days of Summer. emoticon-Berduka (S)


Quote:
~ ilustrasi "RELATIVITAS JODOH" ~

Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati


Perhatiin ilustrasi di atas. Seandainya agan milih buat setia nunggu Cindy, boleh jadi nasib agan nggak bakal kayak gitu. Kalo saja agan bisa ngintip masa depan (sisi kanan pada gambar ilustrasi), boleh jadi agan akan ngelihat diri agan bareng Cindy di pelaminan. Agan pun hidup bahagia sama Cindy. Itu nasib agan kalo agan MILIH buat setia sama Cindy. Tapi karena agan milih buat mutusin Cindy dan lari sama Bunga, maka masa depan yang agan dapet ya itu…agan diputusin Bunga plus nggak bisa balikan lagi sama Cindy. #doubleCOMBO! emoticon-Ngakak (S)
Di sisi lain ada juga sih kemungkinan agan berjodoh sama Wulan. Tapi sejak awal agan NGGAK MEMILIH buat jalan sama Wulan. Jadilah agan dapet double combo gitu. It is your own fault, dude! emoticon-Frown



Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati


Sekarang coba lihat realita di sekitar agan. Ada orang yang udah bertahun-tahun pacaran, tapi akhirnya MEMILIH putus dan nikah sama orang lain. Ada juga yang baru kenalan beberapa bulan, tapi udah bisa berlanjut ke pelaminan. Ada juga orang yang nggak pernah kenal sebelumnya, cuma dikenalin ortu, spik2 bentar terus nikah.

Di sini ane bisa katakan kalo jodoh itu punya yang namanya RELATIVITAS. Jodoh tidak akan ketemu sampai agan memutuskan untuk MEMILIH di antara pilihan yang telah Tuhan beri. Sebelumnya, yang agan punya saat ini cuma KEBEBASAN MEMILIH tanpa pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Quote:
Boleh jadi Tuhan hanya menyediakan jalan-jalannya buat nemuin jodoh agan, tapi agan sendirilah yang memutuskan mau lewat jalan manadan mau memilih siapa.


Jadi logikanya kalau agan ingin dapat yang terbaik seharusnya MENDEKATLAH kepada-NYA. Karena hanya Dia-lah tempat kita seharusnya bergantung. Bukan sebaliknya, grasak-grusuk ngegombalin anak gadis orang, pedekate sana sini, sampai melanggar banyak norma dan batasan yang telah Tuhan tetapkan dengan pelukan, ciuman, pegang-pegangan mesra atau malah ML (Duh Gusti….) emoticon-Frown
Gimana mau dapet jodoh terbaik kalo cara menjemputnya aja udah bikin murka Tuhan (THINK AGAIN!!!)

* * *


Jadi singkatnya, ane sengaja maparin konsep RELATIVITAS JODOH buat self-reminder sekaligus renungan agar kita mawas diri ketika menjatuhkan pilihan untuk mencintai siapa dan berkomitmen pada siapa. Jangan salahkan Tuhan jika di masa mendatang kita bernasib buruk. Berkacalah pada diri sendiri terlebih dahulu. Boleh jadi nasib buruk itu adalah buah dari kesalahan kita dalam MEMILIH dan mengambil keputusan di masa lalu!

Jodoh pun begitu. Ketika agan sudah menetapkan untuk MEMILIH maka sejak saat itulah agan membuka lembaran masa depan baru yang telah Tuhan siapkan (lihat ilustrasi Relativitas Jodoh di atas). Jangan salahkan pasangan jika doi ternyata lebih sering bikin agan jengkel daripada bikin betah di rumah. Itu pilihan yang udah agan pilih! Salah sendiri agan nggak MILIH nikah sama anak Pak Haji yang diem-diem suka sama agan (misalnya). emoticon-Big Grin

Quote:
Terus gimana dong biar ane nggak salah pilih jodoh?


Sejauh yang ane baca/ambil dari buku,novel, internet, dll, ane nggak bisa nyaranin agan buat PACARAN. Apalagi kalo pacarannya di umur-umur ketika agan masih jauh dari NIKAH. Resikonya terlalu gede gan. Nggak cuma resiko dari gedenya nafsu agan yang bisa mengakibatkan kehamilan di luar nikah, tapi juga resiko patah hati dan fitnah yang bisa terjadi di kemudian hari ketika agan sudah menikah kelak!

Quote:
Fitnah yang gimana nih maksudnya?


Mulai sekarang agan harus tahu kalau yang namanya cinta/ketertarikan pada lawan jenis bisa datang berkali-kali. Boleh jadi agan adalah cowok ke-sekian yang mampir ke kehidupan doi, bukan yang pertama. Bahkan ketika agan sudah menikah pun, perasaan cinta masih bisa muncul, entah itu cinta pada rekan kerja, bini tetangga, ato malah keponakannya yang baru ABG. emoticon-Embarrassment Makanya jangan heran kalo sekarang marak kasus perselingkuhan. Kenapa? Karena sejak awal pondasi komitmen yang dibangun tidak cukup kuat. Apalagi kalo pondasi komitmen hubungan itu atas dasar nafsu doang. emoticon-Cape d... (S)

Di sinilah pentingnya KOMITMEN gan. Ngomongin cinta tanpa bahas komitmen untuk serius ya sama aja bohong! Kalo agan udah berkomitmen, agan pasti serius nikahin itu gebetan agan! Jangan lama-lama diPHPin. Kasian tuh. Dan dengan komitmen yang benar, agan bisa milih buat jatuh cinta lagi, pada orang yang sama, pada 'dia' yang udah jadi pasangan sah agan. Contohnya lihat aja pasangan yang pernikahannya awet puluhan tahun sampe bareng-bareng jadi kakek-nenek. Mungkin salah satu di antara mereka pernah jatuh cinta lagi sama lelaki/wanita lain semasa muda dulu. Tapi ketika mereka nikah mereka mati-matian jaga komitmen itu dengan MEMILIH tetap jatuh cinta pada pasangannya sendiri. emoticon-Kiss (S)

Sementara mereka yang nggak paham arti komitmen ini malah membiarkan perasaan cinta itu merusak komitmen pernikahan dan berakhir dengan tragedi perselingkuhan sampai perceraian. emoticon-Frown Sampai di sini agan jadi tahu kan alasan kenapa banyak pasangan muda yang kimpoi cerai dengan mudahnya. Menurut ane hal itu lebih dikarenakan kelabilan mereka dalam menjaga komitmen ini gan. Nah, komitmen kuat seperti pasangan yang pernikahannya awet susah didapetin kalo agan milih buat pacaran. Karena ya itu tadi, perasaan cinta bisa muncul kapan saja, pada siapa saja. Yang nikah aja bisa cerai, apalagi yang baru pacaran. Itulah kenapa di thread ini ANE NGGAK NYARANIN AGAN BUAT PACARAN!

Quote:
Terus gue harus ngapain sekarang?



Mungkin ada baiknya agan perbaikin diri dulu, belajar yang bener, kuliah yang bener, persiapin diri jadi kepala keluarga/ibu yang baik. Nggak harus nunggu bertahun-tahun buat persiapan. Minimal agan punya kerjaan tetap, punya kemampuan menafkahi keluarga, bisalah eksekusi ngomong ke anak gadis orang buat nikah. Kalo agan ngerasa belum cukup kenal dengan gebetan agan, ya agan bisa cari info dari kerabat atau orang-orang terdekat gebetan. Sukur-sukur kalo gebetan agan adalah tetangga atau malah mantan temen agan waktu sekolah/kuliah dulu. Jadi agan bisa langsung akrab.
Dengan iringan doa yang tulus ikhlas, kesadaran untuk tidak melanggar batas agama, serta niat mencari jodoh terbaik, semoga urusan agan dimudahkan. emoticon-Angel

Quote:

Buat yang saat ini ngerasa udah nemuin tambatan hatinya, semoga lekas diberi kemampuan untuk segera menikah agar tidak menimbulkan fitnah dan prasangka yang tidak-tidak. Semoga memang orang itulah yang akan menggenapkan separuh agamamu dan rela membersamaimu dalam hubungan yang dicatat negara dan direstui agama. emoticon-Kiss (S)

Dan buat yang masih harap-harap cemas menunggu, atau buat yang masih memendam perasaannya, semoga Tuhan 'berbaik hati' mempersatukan kamu dengan 'dia' yang namanya sering kamu selipkan dalam doa-doamu. emoticon-Smilie


- F . I . N -


Sekian thread dari ane. Ane berharap banget agan-agan berkenan berbagi pengalamannya tentang urusan jodoh dan relativitasnya ini. Terutama agan-agan yang udah nikah duluan. Ane tunggu share cerita pahit manisnya ketemu jodoh sampe gimana menjalani hari-hari setelah nikah bersama jodoh pilihan agan. emoticon-Smilie


sumber


emoticon-I Love Indonesia (S)Baca juga thread ane yang lain gan emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:



Komentar-Komentar dari Kaskuser
Diubah oleh benjoel36
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 20 dari 67
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 12:49
owh gitu yah emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 12:49
nais trit gan emoticon-Cendol (S)
nambah pengetahuan ane soal konsep jodoh
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 12:54
Jodoh? Masih lama gan😄
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 12:55
doain ane gan lgi siap siap jemput jodoh di masa depan
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 12:59
Punya pacar banyak gan,
Kalo besoknya nikah baru putusin satu2. emoticon-Ngakak
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:03
Quote:Original Posted By Tikitakaa
ane dr jaman kuliah udah niat nikahin pacar ane gan..pacar pertama ane..smpe akhirnya putus ga disetujuin ortu..dr situ ane susah move on..sampe akhirnya ane pacaran terus2an smpe skrg punya mantan smp jumlahnya 8 orang..tp semuanya ane seriusin ane niatin nikah tp ujung2nya gagal semua dgn alesan berbeda2..dan skrg ane punya pacar tp ane blm yakin sm doi buat ane nikahin..intinya MENCINTAI ITU TAKDIR..MENIKAH ITU PILIHAN..tp ga ada gt namanya cinta sejati..karena keseringan move on ane jd takut nikah gan..


Keknya kita senasib gan.. emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:03
nice thread gan..
memang kok di zaman anta bantrah ini solusi paling manjur adalah kembali mengikuti anjuran Nabi..
taaruf ->nadzor -> khitbah -> akad...emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:04
ane sekarang malah makin benci sama mantan ane gan. bukan krn dia nikah sama orang lain. tapi dia tetap terlihat "mengagungkan" yg namanya pacaran. tapi ane setelah putus benar-benar gak pacaran. fokus belajar dan nyari kerja biar jadi pria yg menjanjikan.
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:06
Wah penting nih emoticon-Malu (S)
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:07
Nomor 2 ane banget nih
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:07
Nice trit, ijin bookmark
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:08
tritnya bagus emoticon-thumbsup
utk yg masih single/cari2 jodoh

tp menurut pandangan ane sih sebenernya trit kaya gini cuma jadi pembelaan buat org2 yg udah putus/patah hati emoticon-Ngakak (S)
niatnya sih bagus, biar move on.. tp sepengalaman ane obat patah hati itu ya org yg bikin patah hati itu sendiri emoticon-Thinking
toh jodoh ada di tangan Tuhan, kita cuma bisa berusaha.. klo misalnya jodoh agan ternyata cewek yg bikin patah hati/putus sama agan gimana? apa pilihan agan?
*ambil pait2 nya aja gan emoticon-Malu (S)

cek kolor gan, ane kecretin tuh emoticon-Betty (S)
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:09
pilihan ya Gan.... Ane milih buat nga pacaran konsekuensi nya apa ya nanti
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:09
ngena bner gan..
ane termasuk kategori yg ke 5 gan
patah hati trus gk percaya lagi ama cinta
ane sejak d putusin ampe skrg masih jomblo
sering deket ama cwek tapi merasa trauma nnti diputusin gan

yg TS blng ada bner jga
coba dlu ane gak ngejar2 mantan ane slma bbrpa tahun dari smp ampe sma, mungkin ane skrg gk ngenes gni
wkwkwkwk....
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:10
Jodoh di dompet gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:11
nais trit nih ane juga dulu jalan 2,5 tahun sih berharap bgt endingnya ama mantan ane. well gitulah hidup di tengah jalan putus. Tp ada hikmahnya ane jadi bisa fokus ke yg lain walau kadang nyesek juga klo liat pasangan lain ato diserang Pertanyaan2 mematikan. but Insya Allah ane kuat gan bismillah........ emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:11
JOdoh sii emang di Tangan Tuhan, tapi..
Ada tapi nya loh...
Kita juga harus berusaha buat cari jodoh,, di Al-Quran aja ada. emoticon-Kiss (S)
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:12
cendol sent gan emoticon-Cendol (S)

btw nice thread nih, keren, ane izin copas ya..
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:13
Perempuan diuji pas pasangannya gk punya apa2, sedangkan Laki2 diuji ketika dia punya semuanya
0 0
0
Konsep “RELATIVITAS JODOH” yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Terlambat Patah Hati
31-10-2015 13:15
nice thread..
0 0
0
Halaman 20 dari 67
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia