DJ KuahhAvatar border
TS
DJ Kuahh
Antisipasi dan Ikhlas
Assalamu'alaikum, wr. wb.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya membahas tentang Antisipasi, Ikhlas, dan hubungan keduanya..



ANTISIPASI


antisipasi/an·ti·si·pa·si/ |n| |1| perhitungan tentang hal-hal yang akan (belum) terjadi; bayangan; ramalan; |2| penyesuaian mental terhadap peristiwa yang akan terjadi; |3| Lingperubahan bunyi oleh alat ucap yang menyediakan posisi yang diperlukan untuk menghasilkan bunyi berikutnya.

Perhitungan tentang hal-hal yang akan (belum) terjadi. Sangat nyata bahwa antisipasi adalah sebuah sikap hidup yang layak untuk dikembangkan, yang akan membuat kita lebih siap dalam menghadapi berbagai masalah. Dan tentunya juga memberikan kita sebuah keuntungan bahwa kita sudah tahu solusi sebuah masalah, sebelum masalah itu terjadi.

Kendala dari antisipasi adalah :
1. Sangat sulit untuk membiasakannya, terutama bagi orang-orang yang tidak terbiasa berpikir jauh ke depan dan bertindak impulsif (spontan tanpa berpikir panjang).
2. Pada kadar terlalu tinggi, antisipasi menyimbulkan phobia berpanjangan akan terjadinya sesuatu, dan/atau menumbuhkan sifat pesimisme.
3. Masih berkaitan dengan poin 2, akan mematikan pemikiran optimis dan mengurangi keberanian untuk mengambil resiko.
4. Silahkan diisi sendiri..



IKHLAS


ikhlas/ikh·las/ abersih hati; tulus hati: memberi pertolongan dengan --; mereka benar-benar --;

mengikhlaskan/meng·ikh·las·kan/ v memberikan atau menyerahkan dengan tulus hati; merelakan: kami telah ~ kepergiannya; dia ~ tanahnya untuk tempat pembangunan rumah sakit;

Poin pentingnya ada pada merelakan. Menerima terjadinya sesuatu. Disaat kita rela dengan terjadinya sesuatu, kita akan lebih tabah untuk menjalani hidup, karena hidup adalah serangkaian masalah dengan berbagai tingkatan. Beberapa tahun berlalu dan saya masih sering teringat kata "ilmu ikhlas", yang muncul dalam sebuah sinetron religi. Lengkap dengan kebingungan sang protagonis untuk mendapatkan ilmu ikhlas tersebut. Tapi sesuai dengan arti dari kata ikhlas itu sendiri, ilmu ikhlas sederhananya adalah menerima terjadinya sesuatu, meski berat untuk menghadapinya.

Hal-hal yang menyebabkan kurangnya kemampuan seseorang untuk ikhlas :
1. Kurangnya iman, bahwa sesuatu memang sudah ditakdirkan terjadi.
2. Kurangnya bahkan ketiadaan antisipasi pada suatu hal, sehingga seseorang tidak siap saat hasil yang diterimanya bertentangan dengan apa yang diharapkanya.
3. Masih mengacu pada nomor 3, kurangnya antisipasi ini juga membuat seseorang melakukan hal2 yang memperburuk situasi kegagalan.



Dari jabaran di atas, nyatalah bahwa ikhlas dan antisipasi punya keterkaitan yang tidak terpisahkan. Mari kita bahas keterkaitan keduanya, lengkap dengan contoh2 yang mudah2an relevan.

1. Antisipasi terhadap suatu hal, memberi kita kemudahan untuk ikhlas.

Spoiler for Penjabaran:




2. Adanya antisipasi membuat kita menjaga diri dari hal-hal yang memperberat konsekuensi.

Spoiler for Penjabaran:




3. Antisipasi dan Ikhlas menjaga diri kita dari kerusakan.

Spoiler for Penjabaran:




4. Pada akhirnya, Antisipasi ada batasnya. Proteksi terakhir kita adalah Ikhlas.

Spoiler for Penjabaran:




Kembangkanlah keduanya. Antisipasi dan Ikhlas, suatu sinergi yang baik dari akal dan perasaan. Antisipasi tanpa keikhlasan akan memunculkan sifat pesimis dan paranoid. Keikhlasan tanpa antisipasi memunculkan sifat menerima apa adanya, tapi tidak membuat hidup kita menjadi lebih baik. Dan tanpa antisipasi dan keihkhlasan, maka penderitaan selalu membayangi hidup kita..



Sebenarnya masih banyak yang ingin saya tuliskan, tapi saya pikir cukuplah seperti ini dulu. mudah-mudahan bisa membuka pemikiran kita, dan bermanfaat adanya bagi yang membaca maupun penulis sendiri. Revisi dan diskusi menyusul..

Wassalamu'alaikum, wr. wb.
Diubah oleh DJ Kuahh 30-10-2015 04:00
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.6KThread27.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.