barang.kaliAvatar border
TS
barang.kali
[Gak Mungkin diKlaim] Cable Car di Bandung Pakai Teknologi dari Austria


Bandung - Pembangunan cable car di Kota Bandung sudah mulai tahap persiapan. Pihak kontraktor yakni PT Aditya Dharmaputra Persada menggandeng pembuat cable car tersohor di dunia yakni Doppelmayer untuk membantu teknologinya.

Menurut CEO PT Aditya Dharmaputra Persada, Sandjaya Susilo, Doppelmayer yang berasal dari Ausrtria tersebut sudah ratusan tahun membuat cable car di dunia sehingga teknologinya dipercaya.

"Market share-nya sudah 75 persen di seluruh dunia. Instalasinya sudah 140 ribu," ujar Sandjaya usai pertemuan membahas finalisasi Prototipe Cable Car di Bandung Command Center, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (22/10/2015).

Proyek prototipe cable car tersebut akan dibangun sepanjang 800 meter. Melintang dari Jalan Gelap Nyawang hingga Jalan Cihampelas.

"Nilainya kurang lebih 8 juta Euro. Terminalnya yang satu di sebelah selatan Masjid Salman lurus ke Cihampelas, di dekat Ciwalk," jelasnya.

Sandjaya menjelaskan tiang stasiun di Gelap Nyawang berdiri di jalan raya setinggi 20 meter di atas jalan. Sementara di Cihampelas akan dipasang di sekitar lembah Siliwangi setinggi 60 meter.

"Bentuknya monopole dibuat lebar 1,5 meter ke atas makin kecil. Kalau di lembah Siliwangi itu pake lattice tower," bebernya.

Sandjaya mengakui banyak hambatan untuk mewujudkan cable car tersebut. Terutama di Cihampelas, banyak pengusaha yang tidak mendukung pembangunan fasilitas publik tersebut.

"Para owner itu tidak menyadari ini (cable car) bisa menarik pengunjung yang lebih besar. Efeknya multiplayer. Untuk sesuatu yang sifatnya public service ini mereka sulit," ungkapnya.

Untuk percontohan ini, rencananya akan disediakan 50-60 unit. Satu unit kapasitasnya 8-10 orang.

"Kapasitasnya bisa sampai 2.400 orang. Kan jaraknya per 50 meter. Waktu tempuhnya 3 menit. Tapi karena ini masih untuk wisata, akan diperlambat," tandasnya.

Sumber





Animasi kalau sudah jadi :



Susah kalau ngeklaim yang satu ini, enggak sampe kayaknya pemikirannya emoticon-Angkat Beer
0
3.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.