Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
2038
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562301fcd89b09af318b4568/terungkap-skema-utang-bank-yang-selama-ini-dirahasiakan
Alhamdulilah HT , tak lupa ane ucapin terima kasih buat om mimin/momod, agan/sista kaskus yang datang menyimak thread dan mendukung rate dan share dan juga yang mengirimkan ane cendol atau yang belum
Lapor Hansip
18-10-2015 09:20

Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan

Past Hot Thread
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan

Quote:
Alhamdulilah HT , tak lupa ane ucapin terima kasih buat om mimin/momod, agan/sista kaskus yang datang menyimak thread dan mendukung rate dan share dan juga yang mengirimkan ane cendol atau yang belum juga terima kasih banyak banyak semua yah
emoticon-Peluk emoticon-Peluk emoticon-Peluk emoticon-Peluk

Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan

Quote:Ini adalah skema perhitungan di salah satu BANK yang saya pernah ambil kredit disitu. Bank ini tersebar luas diseluruh Indonesia. Kalau saya sebutkan pasti anda tahu. Tapi tidak penting itu bank apa, hampir semua bank sekarang menggunakan skema kredit yang sama. Kalaupun skema kreditnya berbeda, tetap saja ujung-ujungnya ketemunya mirip2, semacam saudara kembarlah. Selain RIBA membuat RAIB harta benda kita, ternyata kita selama ini dibodohi dengan sistem perbankan yang tidak fair.

Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan

Trik-trik perbankan diantaranya adalah:

Quote:
1 . Memberikan iming2 bunga rendah.


"Ini bunga cuma 2% pak."
"Khusus buat bapak karena pelanggan setia, kita kasih bunga ringan hanya 1% pak."
Dan bermacam2 rayuan maut yang luar biasa.

Anda akan berpikir, margin keuntungan saya selama ini khan 20% dari modal, berarti kalau saya pinjam bank, saya nambah penghasilan banyak, karena modal saya + utang = margin nambah banyak. Sementara bunga hanya 1% dari utang. Masak iya misal utang Rp. 75 juta tidak bisa ngasih bunga Rp. 750.000,-. Khan kalau modal saya ditambah Rp. 75 juta, saya akan mendapatkan tambahan penghasilan rata-rata 20% = Rp. 15 juta!!! Wah, bunga Rp. 750.000,- kecil banget.......

Anda lupa, kalau uang Pinjaman itu setiap bulan terus berkurang, itu berarti bulan depannya, bunga yang anda bayar bukan 2% dari pinjaman anda, tetapi sudah membesar. Semakin bulan, bunga yang anda bayar semakin besar. (Lihat pada gambar)

Quote:
2. Tidak mau menjelaskan secara gamblang dan transparan sistem kreditnya. Yang ditekankan, cepat cair.

Karena kebanyakan orang yang utang di bank adalah orang yang terdesak keperluan sehingga yang penting cepat cair, maka bank dengan lihai menghindari menjelaskan skema kreditnya seperti apa. Anda akan berpikir, kalau saya utang Rp. 10 juta selama 10 bulan, maka ketika saya sudah mengangsur selama 5 bulan, maka utang saya hanya tinggal 5 juta.

Padahal itungan anda itu mutlak salah. Kebanyakan bank menggunakan sistem BUNGA MENURUN. Ih, ENAK yah bunganya menurun?? Kata temen saya: ENAK PALA LO PEANG! Hehehehe, saya memaklumi nih, gregetannya kawan saya yang pernah juga seperti saya juga, kena jebakan bank di bank yang sama, sampai habis semua miliknya, bahkan sampai rumahpun sekarang tidak punya.

Apa sih bunga menurun? lihat langsung aja deh di gambar, capek njelasin detil. Intinya skema bunga menurun ini bukan menguntungkan anda, tapi sangat2 merugikan anda.

Ketika anda mau melunasi utang Rp. 10 juta tadi, bisa jadi anda harus membayar Rp. 8.5 juta. Kok bisa? Bukan Rp. 5 juta? Karena skema bunga menurun, denda angsuran 2x kedepan, denda bunga berjalan, denda pinalti, dan administrasi.

Quote:
3. Anda dibuat panik

Biar tidak banyak tanya, dan tidak sempat membaca surat perjanjian kredit, bank biasanya tiba2 saja memanggil anda untuk pergi ke bank, untuk tanda tangan, di waktu2 yang mepet, dan terkesan terburu2. Yang bentar lagi kas tutup, yang notarisnya bentar lagi pergi, dan surat perjanjian kredit itu memiliki kekuatan hukum, tapi anehnya lembaran2 yang begitu banyaknya dengan tulisan kecil2 banget kita tidak diminta untuk membaca sebelumnya. Harusnya karena itu memiliki konsekuensi hukum, kita dikasih 2-3 hari untuk mempelajari dan untuk setuju atau tidak dengan perjanjian tersebut. Begitu tanda tangan, ternyata isinya adalah tali gantung yang siap mengeksekusi kita kapanpun.

Quote:
4. Biaya-biaya dan tabungan

Ketika kita pinjam uang Rp. 75 juta, kita tidak akan benar2 menerima uang Rp. 75 juta. Paling sekira Rp. 70 juta.
Yang pernah saya alami, sbb:
- Kena biaya administrasi bank dan notaris
- Kena biaya provisi (uang jasa kepada bank karena sudah mencairkan pinjaman. Aneh ya, ngasih pinjaman, kasih jasa untuk diri sendiri)
- Untuk 1x cicilan bulan depan (cicilan pertama) sudah ditinggal dibuku tabungan yang akan didebet (sama aja bohong khan)
- Biaya materai yang seabreg
- Ninggali lagi buat tabungan sekian %.
Ah, banyak sekali trik2 perbankan untuk menjebak kita. Kalau ditulis bisa jadi 1 buku sendiri.
Sudahlah, Kita langsung saja pada angka2 di gambar.
Disitu dicontohkan saya meminjam uang ke Bank sebesar: Rp. 75 juta
Jangka waktu: 36 bulan
Uang yang saya terima bersih : Rp. 70 juta
Keuntungan bank: Rp. 54.949.000
Prosentase bunga sesungguhnya: 73.25%
Karena menggunakan sistem bunga menurun, maka cicilan saya sebesar Rp. 3.470.000,- yang dihitung sebagai angsuran pokok hanya Rp. 1.169.000,- sementara bunganya Rp. 2.301.000,-.
Bikin gregetan ga, jadi ternyata sistem bunga menurun itu, BUNGA DIAMBIL LEBIH BESAR DIAWAL2, sehingga pokok cicilan jauh lebih kecil. Ini yang menyebabkan, kalau anda nyicil putus ditengah jalan, bank tidak akan rugi, karena sebagian besar bunga sudah mereka dapatkan. Kalau diteruskan mereka dapat bunga penuh. Bank ga ada kalahnya, kita yang diperas habis2an.

Quote:Utang bank, artinya anda siap bekerja siang malam, berpikir siang malam, peras keringat siang malam, merasa khawatir siang malam, was-was siang malam, dan hasil kerja anda anda serahkan kepada bank, bahkan anda harus mengantre untuk memberikan hasil keringat anda. Bisa jadi, hasil yang anda dapatkan diserahkan semua, sementara anak istri dirumah menangis kekurangan atau bahkan sedang kelaparan.

Sementara Pegawai-pegawai bank, pakai baju rapi, pakai dasi, badan wangi, gaji berjeti2, diruangan ber AC dan santai2 menerima uang dr kita yg pada antri.

Anda masih mau jadi budak?

Jika menurut anda bermanfaat, TOLONG DISHARE agar semakin banyak orang yang selamat dari perbudakan ini. Dengan hanya men-SHARE / membagikan, bisa jadi anda telah menyelamatkan seorang manusia, sebuah keluarga, bahkan mungkin sebuah kumpulan masyarakat

Quote:sekali lagi, banyak pegawai bank di thread ini yang berkomen tentang buruk dan mereka hanya menyingkapi karena tersindir dari kata-kata "Sementara Pegawai-pegawai bank, pakai baju rapi, pakai dasi, badan wangi, gaji berjeti2, diruangan ber AC dan santai2 menerima uang dr kita yg pada antri." <== ini buat yang berpikiran negatif dan mereka juga berkata "kenapa thread begini bisa dijadikan HOT THREAD ? apa thread beginian tidak pantas dijadikan HOT THREAD? ( OK saya jawab sisi positifnya, sekali lagi... ini thread juga ane dapat dari SUMBER, dan ini thread juga pokok pembahasannya tentang besarnya bunga , ingat sekali lagi, ini thread membahas tentang besarnya bunga , nah.. dari besarnya bunga ini ( makanya sebelum meminjam atau yang belum tau soal pinjam meminjam tentang perhitungan bunga, bisa lebih teliti dan bisa berpikir beratus kali lipat sebelum meminjam, jangan nanti ujung2nya kayak thread ini, si peminjam alias si SUMBER malah CURHAT , bener kan ? )

Quote:
OK ini jawaban pribadi ane yah..gan,. 3 tahun bunga 73.25%? wajar kok itu gan, mau 100% juga wajar, dalam 3 tahun duit 70juta ga bisa jadi 200juta bahkan lebih? orang berani meminjam itu semestinya sudah mempunyai target, kalau ga punya target buat apa pinjam gan? mending nganggur, tidur-tiduran hari hari lebih enak piss emoticon-Shakehand2

Quote:
Sampai jumpa di Thread ane selanjutnya Gan/Sista
emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss . Terima kasih sudah mampir emoticon-Shakehand2


Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan

Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
Diubah oleh qingling
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anasabila dan 2 lainnya memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 34 dari 104
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:23
Lebih baik cari pinjaman dari keluarga, kerabat, teman, atau kenalan yang punya kelebihan rezeki & nggak nerapin bunga. Terkadang emang lebih susah prosesnya, tapi jelas lebih aman....
emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By mastertoyota


kenapa yah selalu ada orang kaya gini, trit bahas tentang perhitungan bunga
ini selalu apa2 dikaitkan dengan agama...heran...
salah kamar bung, ini bukan bahas tentang riba, tapi tentang cara perhitungan si bank


Nggak bisa disalahin kok. Soalnya cara perhitungan bank tersebut menggunakan metode yang dianggap riba oleh Islam. Jadi sebenernya Agan di atas nggak OOT juga....
emoticon-Big Grin
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:25
Quote:Original Posted By mastertoyota
kenapa yah selalu ada orang kaya gini, trit bahas tentang perhitungan bunga
ini selalu apa2 dikaitkan dengan agama...heran...
salah kamar bung, ini bukan bahas tentang riba, tapi tentang cara perhitungan si bank


orang yg mabok agama ya kayak gitu gan, segala2 dihubung2in emoticon-Ngakak
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:27
ahahahaa...think smart aja sih gan. Kalau gak mau pusing yah jangan NGUTANG. Gak cuma BANK kok, RENTENIR juga sama. kalau ente mau dapet uang dengan cara mudah yah konsekuensinya begini. BANK cuma fasilitator aja, so it's your choice?
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:27
mnurut ane semua hrs dipandang tdk sekedar dari satu sisi.
Klo hitung2an nya spt itu mungkin ada benarnya, namun jg dilihat dr nilai manfaatnya. tidak semua org pny sumber pendanaan yang pas, cepat dan tepat dikala butuh.
bagi kebanyakan pelaku usaha bermodal minim, mgk pinjaman bank mjd sebuah alternatif utk mengembangkan usahanya. tentunya dengan perhitungan yg matang.
sementara setahu ane (kalau tak salah) dalam hukum islam meminjam bank mau besar dan kecil bunganya (jika disebut sebagai bunga) itu jg riba. namun riba atau tidaknya tergantung akad.
yang terpenting adalah si peminjam sdh mempertimbangkan masak2 baik buruknya dan sanggup. drpd meminjam pada rentenir.

Skrg kite bdoa aja supaya dijauhkan dr hutang dan riba. klo tak butuh jgn coba2 pinjam apalg klo bwt konsumtif
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:27
Thread yang bagus, mudah dimengerti dan sangat bermanfaat.
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:28
Quote:Original Posted By babu-genit
kredit bank = lintah darat !! emoticon-Cape d... (S)


mending bank dari renteinir gan ..
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:28
iya pinjaman seperti ini malah membahayakan ...
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:29
Truz pinjam ke mana emoticon-Bingung
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:29
Quote:Original Posted By blex.z
kalau gua jadi bank, gua gugat nih orang yang bikin treat!
tolol banget jadi orang bikin treat cuma buat jelek2in bank.
Maksudnya bikin thread beginian apa sih ?
Ngajak orang biar jangan pinjam uang di bank ?
trus bunga2 yang lo dapet dari deposito lo di bank itu darimana cuk ??
lo pengen nabung 10 juta trus tarik lagi 10 juta tanpa untung apa2 ?
masukin aja uang lu ke koperasi atau taro di bawah bantal.

lo ngerti dulu definisi bank itu apa ? tugas bank itu apa ?
kredit itu apa ? bunga-nya gimana ? mekanisme pinjam uang itu gimana ? dan lain2 sebagainya.

ngerti aja enggak, malah bikin thread beginian. trus lo tulis pengalaman lo yang buruk di kaskus.
anehnya jadi Hot Thread lagi ?!! Momodnya gimana ini emoticon-Gila

wahai Bos, dimana2 orang yang meminjamkan uang itu, pasti ingin dikembalikan lebih.
memang, pinjam 10 ribu HARUSLAH dikembalikan 10 ribu. pinjam 10 juta pun HARUS dikembalikan 10 juta. begitulah agama mengaturnya.

Masalahnya, waktu pengembaliannya enggak diatur!
Lo mau pinjamin uang ke orang lain 10 juta trus dibalikin lagi 10 juta dalam jangka waktu 5 tahun ?
kan enggak!. uang 10 juta dipinjem temen lebih dari 5 tahun ?? mending gua pake usaha kek, uang makan gua sehari2 kek atau apalah. ATAU ya gua kasih uang 10 juta, tapi lo balikin lebih dari 10 juta. lo balikin 12 juta kek, 13 juta kek. baru gua mau pinjemin!
prinsipnya : pemberi pinjaman uang, mengharapkan adanya keuntungan dari uang yang dia pinjamkan. itulah disebut bunga.

sekarang siapa orang yang mau kasih bunga rendah ? lo punya modal emang buat pinjemin uang ke orang lain ? enggak kan ? disitulah orang 'pinter' mikir.
Dibuatlah Bank! dikumpulin uang orang2 yang nabung (deposito) di Bank untuk diputer biar jadi usaha.
ada yang dipinjamin ke orang lain untuk beli rumah (KPR), untuk beli mobil (kredit kepemilikan mobil), untuk usaha kecil2an sampai usaha gede2an. itu orang pinter !
dari pinjaman itulah bank dapat untung untuk beroperasi sehari-hari.

lo kira bank cuma taro tempat uang lo doang ? tempat jagain uang lo doang ? trus darimana uang operasional untuk jagain uang lo ?
apalagi yang naro uang di bank ada puluhan juta orang. uang segitu banyak gimana jagainnya ?? siapa yang mau jagain gratis ?? keluarga lo ?? kan enggak! makanya ditarik orang jadi pegawai untuk 'jagain' itu uang.
nah sekarang elu, cuma taro uang doang (deposito) di bank, berharap dijagain sama bank gratis ?
lo taro aja di bawa bantal! emoticon-Ngakak (S)

kalau lo bilang bank itu jahat karena lo ditekan, tulisan dibuat kecil2, dan trik2 lain, gua bilang sama lu : BEGOK LO!
udah tahu mereka bikin2 trik, masih aja lo tanda tangan itu kertas.

lo bilang sama bank, gua gak mau tandatangan kertas kalau tulisan kecil. jangan lo tanda tangan kalau lo gak ngerti mekanisme & prosedurnya!

kalau lo tanda tangan, trus lo gak ngerti, kan elu yang bego!

ah udah capek gua nulis buat nyadarin orang begok!

PS: untuk Admin & Moderator.
lain kali pilihlah Hot Thread yang bermanfaat! jangan yang isinya sampah kayak gini!
bikin gua males aja baca HT. lo kira Andrew (bos besar lo) kagak pinjam modal ke bank ?
PIKIRRRRR !!! emoticon-Gila

Betul om, marketing bank pun jelas hati2 nawarin pinjaman ke calon debitur, prosesnya di lapangan pun cukup ribet.
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:29
Saya sangat sependapat dengan ts.
Sekarang sy mengandalkan arisan utk bisa dapat modal
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:29
produk kapitalis selalu merugikan manusia
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:29
Quote:Original Posted By danuhuragi
Wah,jangan nyindir karyawan bank sperti it gan,karyawan bank pn gajinya kecil loh gan,mreka berusaha tampil elit itu krna tuntutan pkerjaan,pdhal brg mreka rata2 kredit jga loh gan



hahahahaha bener bgt gan, ane karyawan bank yg menjajakan kredit kpd masyarakat, tp ane jg terjebak dengan kredit karyawan,mau resign harus lunasi dulu. emoticon-Ngakak
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:30
Trit ini bagus untuk saling diskusi.. semoga TS nya mau memberikan penyajian data yang seimbang.Ane coba menjelaskan 4 hal yang diangkat sama TS:

1.Soal Bunga
ada sesat pikir (fallacy) yg disampaikan TS..karena TS membandingkan antara suku bunga yg ditawarkan dengan fakta suku bunganya. Yang benar 1%-2% itu adalah suku bunga PER BULAN. Tapi TS membandingkan dengan Fakta suku Bunga selama 3 (TIGA) TAHUN yaitu sebesar 70% an sekian (LIHAT DI GAMBAR TABEL YANG DI POST TS). Jelas saja perbandingannya jauh.
Pada uraian contoh gambar tersebut juga TS hanya menyampaikan contoh pinjaman konsumtif, bukan untuk usaha produktif.. Padahal kalau digunakan untuk usaha produktif.. tentu hasilnya akan berbeda. Tentu kalau untuk usaha produktif akan ada penghasilan dari pinjaman yang didapat untuk membayar pokok dan bunga pinjaman. Contoh seperti itu saya lihat di post sama salah satu agan yg komen disini.
Saya sarankan TS memperdalam lagi soal sistem bunga di perbankan konvensional.. ada yg Flat, anuitas, efektif, dll

2. Soal Transparansi
Dugaan saya TS ini posting hanya asal comot dari medsos saja.. bukan dari pengalaman langsung. Karena disemua perbankan.. apalagi TS menyebut Bank besar di Indonesia yang tersebar luas, setiap proses pemberian kredit kepada nasabah.. Nasabah akan diberitahu secara tertulis dan dijelaskan secara lisan oleh petugas bank.. semua hal mengenai kredit.. termasuk besarnya suku bunga, besarnya cicilan setiap bulannya, besarnya porsi pembayaran pokok dan bunga setiap bulannya, soal pinalti pelunasan maju, soal biaya-biaya, dan soal administrasi lainnya.
Silahkan TS coba ajukan pinjaman ke Bank yang TS sebutkan itu.. kalau petugas bank tidak memberikan penjelasan yang jelas.. silahkan PM saya siapa nama petugas yg melayani dan di unit kerja mana. Ini sudah ketentuan dari BI/OJK.. kalau bank tidak melakukan itu bisa kena denda yang gak sedikit.

3. Soal Dibuat Panik
ini semakin terlihat kalau kemungkinan trit ini bukan pengalaman pribadi TS. Dalam setiap proses kredit di bank, seperti yg saya sebutkan di poin 2.. semua dijelaskan baik secara tertulis maupun lisan oleh petugas Bank. Sebelum akad kredit.. Bank akan memberikan surat penawaran tertulis yang biasa disebut Offering Letter.. diisi lengkap tipe, struktur, syarat kredit (plafond, suku bunga, besar angsuran, biaya2, denda pinalti, syarat2 kredit, dll) kompliiittt..pliiiitttt...pliiittttt
dan NASABAH DIBERI WAKTU 14 HARI KERJA untuk membaca dan mempelajari isi surat tersebut.. apabila ada yang tidak setuju maka bisa nego lagi ke bank.. kalau setuju baru lah akad kredit bisa dilaksanakan. Inget gan.. syarat sah nya perjanjian di KUH Perdata salah satunya adalah "Kesepakatan". kalau salah satu gak sepakat ya gak bisa akad kredit gan.

4. Soal Biaya-Biaya
TS sudah menyebutkan soal biaya notaris, dll. Sepertinya tidak usah dijelaskan untuk apa kan biaya2 itu. jelas buat notaris lah. saya disini coba jelaskan mengenai Provisi biasanya tidak lebih dari 1% dari plafond kredit. Untuk apa sih provisi itu? gini gan di BI ada aturan bahwa untuk setiap kredit yang dicairkan, bank wajib mencadangkan dana sebesar 1% dari kredit tersebut.. nah cadangan dana itu istilahnya PPAP atau CKPN (Cadangan Kerugian Penurunan Nilai) ini untuk mitigasi risiko apabila ternyata kreditnya bermasalah. Kalau biaya administrasi itu utk operasional selama proses kredit dan maintanance kredit tersebut sampai lunas, misalkan untuk surat menyurat, transportasi petugas bank utk kunjungan ke nasabah dalam rangka monitoring pemberian kredit, dll.
dan yang perlu diingat gan, setiap biaya2 tersebut harus ada BUKTI SETORNYA! dan dibayarkan ke rekening bank dengan remark biaya. Bukan ke rekening petugas Bank. Kalau ada yang seperti itu laporkan ke BI/OJK gan. kalau yang seperti itu di Bank yang terbesar dan tersebar luas itu agan bisa PM ane.. sebutin nama petugas sama unit kerja nya!

sekian sharing dari ane...
ane gak mau masuk ke pembahasan soal halal dan haram / riba nya gan... ane insyallah muslim tp ilmu ane belum sampe kesana..

Ane hanya mencoba memberikan data dan fakta untuk mengimbangi apa yang disajikan oleh TS. Karena menurut ane seperti yang ane bilang di awal soal bunga.. Trit ini berusaha membangun Sesat Pikir (Fallacy) untuk para pembaca yang males membaca keseluruhan diskusi di trit ini.

kalau TS Fair silahkan posting ane di Page One supaya bisa didiskusikan lg dengan agan2 yg lain

mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan di hati TS dan agan2 ya kontra terhadap penjelasan ane...

terima kasih


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
Diubah oleh alfiesyah
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:30
kalo gak pinjem bank pinjem sama siapa?
sama megatron?
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:30
ya begitulah bank,, dari dulu jga gw gak mau ambil
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:31
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:32
bagaimana dengan skema KPR rumah apakah itu sama ? yang di sebut cicilan flat (tetap)
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:32
alhamdulillah sampe sekarang belum pernah minjam duit ke bank gan...
tapi ane bingung juga yaa di zaman sekarang gan... kalau nggak minjam ke bank dapat modal dr mana? (katanya sih) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:33
susah dah urusan ama bank
mendian urusan ama bang dadangemoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Terungkap! Skema Utang Bank yang Selama Ini Dirahasiakan
19-10-2015 15:33
pengalaman pahit...anak istri terlantar
jauhin deh klo bisa pinjaman bank, klo agan yg muslim mgkn tau itu namanya "RIBA"

emoticon-Takut
0 0
0
Halaman 34 dari 104
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia