• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)

progameraAvatar border
TS
progamera
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)


Terletak di Desa Sembungan, di ketinggian 2.350 meter di atas permukaan laut, Bukit Sikunir tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan yang ingin melihat Panorama Terbitnya matahari berlatar belakang jernihnya langit pegunungan Dieng dan Gunung Sindoro.

Pemandangannya itu emang menakjubkan gan, di tambah panjang track pendaki yang cuman 800 M, cocok untuk segala usia. Sehingga tidak heran wisata di sana tidak pernah sepi dari pengunjung.
Tapi disini ane mau ngebahas PUNGLI yang menimpa ane dan semua pengunjung, pada hari itu. Biasanya perorang di kenakan 5000 rupiah untuk masuk kawasan tersebut, tapi ane di PAKSA secara halus untuk membeli 2 tiket yang hargannya mencapai Rp. 100.000 GILEEEEEEE BENERR !!! emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah

Begini Gan Cerita Lengkapnya :
Jum'at 16 Oktober 2015, ane dan temen temen ane total 6 orang berangkat menuju kawasan wisata Dieng. Kami berangkat jam setengah tujuh malem, menggunakan MObil Pribadi yang ane sewa langsung dari kenalan ane, alias ngrental. emoticon-Ngakak perjalanan dari kota kecil ane Ambarawa, ke Wonosobo lancar sentosa gan. Alhamdullilah tidak ada halangan.
Sesampainya di kota Wonosobo sekitar jam jam 9 ane ama temen temen makan malem dulu, sambil istirahat udad udud sekk emoticon-Big Grin. Kami melanjutkan perjalanan lagi ke Dieng pas jam 10 tepat.

Jalan berkelok kelok tanpa lampu kanan kiri jalan, sementara bahu jalan udah jurang. Yang tambah bikin Mrinding, kaca depan mobil ane berembun gan. Udah pake AC tetep ga ngefek mungkin freon habis kali (resiko rental mobil emoticon-Big Grin) n suhu dingin yg kelewat bates. Tebel banget embun di kaca gan sampai sampai Ane jalan ga berani sampai 40 Km per jam. maklum tanggungan penumpang banyak. Fokus nyetir lihat jalan yg gitu + sibuk ngebersihin embun jadi pengalaman yg menegangkan bgt gan. Tp Alhamdulillah, kami berenam sampai di dieng dengan aman sentosa.

Sampai di Dieng kami langsung menuju ke kawasan wisata gunung sikunir, sekitar jam 11 malem klo ga salah. Saat memasuki desa, yang kononnya merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa itu, Peristiwa PUNGLI !!! itu DIMULAI. Ane di suruh markir mobil sebentar, lalu di haruskan ada perwakilan menuju pos.
Berikut kurang lebih percakapan ane dengan petugas ; ( A=ane P=Petugas)
P : selamat malam, dari mana ini ?
A : Malam pak, saking mbahrowo pak (dari ambarawa)
P : owhhh,... berhubung degan bebarengan adanya festival budaya di Dieng, harga tiket masuk kawasan sikunir naik mas.
A : naik berapa pak ?
P : 50 ribu per orang
A : "FAKKKKKKKKKK" (dalam hati) hla kok malah banget pak biasanya juga 5000 per orang.
P : coba nanti di koordinasikan sama temen temen dulu gimana baiknya. ini soalnya ngepasi pas ada festival mas.
ane langsun menuju temen temen ane, ane jelasin apa yg di minta petugas itu. temen temen ane langsung pada keluar gan, kok bisa tiket begitu mahal. ane dan temen temen akhirnya protes.
P : ya sudah kalo emang kemahalan 25 rb per orang aja juga gpp. nanti akan di kasi sovenir sama sertifikat juga kok mas.
A : yo masih mahal to pak, kami ke sini itu buat naik sikunir, bukan untuk liat festival.
P : ya sudah sekiranya berapa soalnya ini ngepasi acara mas, Demi Allah saya yang paling bijaksana di sini mas.
A : (e alah mau makan dg cara PUNGLI aje bawa bawa nama Allah. na'udzubillah tsuma na'udzubillah, semoga di beri hidayah)
setelah nego agak lama n alot , ngomong kesana kesini, akhirnya ak ambil win win solution. soale kasian, temen temen ane pada ingin istirahat gan.
A : ya udah pak, saya kasi uang 100.000 untuk 6 orang. klo suruh bayar 25 rb per orang mending balek aja saya.
P : ya udah gpp. tapi nanti saya kasi tiket festivalnya cuman 2 orang yaa sama 2 sertifikat.
A : (diem aja ane)
setelah tunggu berapa menit petugas itu nyamperin ane lagi
P : ini mas tiket sama sertifikat. Silahkan mas e dan temen temen melanjutkan perjalanan
A : oke (sambil pasang muka dongkol)
jujur gan ane dan teman teman ga iklas suruh bayar segitu gan, tujuan ane cuman ke sikunir bukan nonton festival. tapi petugas itu dan kawan kawannya menekan ane untuk tetep beli tiket festivalnya. ane pun ga punya pilihan lain lagi.

sampai di parkiran sikunir ane n temen2 langsung istirahat. semua pada tidur di mobil. Sekitar jam jam setengah tiga ane nglilir. hehehe.. lalu ane nongkrong di warung gan. Sambil ngopi n ngrokok ane denger percakapan orang orang. Dan bisa saya simpulkan mayoritas pengunjung Kaget dan menyesalkan PUNGLI itu.
-Biasane 5000 kok iki iso tekan atusan (celetuk salah satu pengunjung). saya juga sama mas di kenakan tarif segitu. wah ga bener iniii...

dan tau gan apa yang bikin ane tambah dan teman teman tambah dongkol ??? emoticon-Marah
ternyata harga yg di patok oleh petugas tadi itu BEDA BEDA. karena ane udah wawancara sebagian pengunjung gan.
- ada yang dari kendal masuk 13 orang 100rb dapet 2 sertifikat
- ada yang dari cilacap 5 orang 50 rb dapet 2 sertifikat
- ada yang dari solo 7 orang 100rb dapet 4 sertifikat.
tetapi ada yang kasihan juga gan. ada yang dikenakan 50rb per orang. sesuai tiket festival.
ini kok bisa si beda beda, hadehhhh TAMBAH KEMOPROK ane gann emoticon-Marah .. tapi udh lah nasi udah jadi bubur. bersyukur aje ane ga kena yg 50rb perorang.

karena ane dan temen temen udah sakit hati, akhirnya kita sepakat untuk tidak menghadiri acara festival. ane langsung aja ke kawah sikidang n candi arjuna. ga tau klo pengunjung yang lain, paling juga sama hahaha. emoticon-Big Grin
tujuan ane kesini itu untuk wisata bukan untuk yg lain

nih ane kasi saran n masukannya kepada pengelola wisata dieng :
yang namanya festival itu dimana mana gratis. mana ada perayaan festival budaya yang bayar. ini malah kaya AJI MUMPUNG. mumpung banyak pengunjung. biaya di bebankan ke pada semua pengunjung, akhirnya beda beda deh tarifnya. jika memang ingin profesional mengadakan sebuah event budaya, sumber pendanaanya kan bisa buat proposal ke gubernur, bupati, walikota, ato cari sponsor ke perusahan perusahaan. jika masih kurang kan ada kas wisata dari dieng sendiri. itu semua kalau tulus dan profesional. Bukan dengan cara ngawur, seperti AJI MUMPUNG !!! jika masih terus spt ini terus menerus tidak ada pembenahan. pengunjung akan malas datang lagi ke sikunir, karena banyaknya MAFIA WISATA !!!
semoga kejadian ini merupakan pertama dan terakhir kalinya. Aminnn....

NB :
- buat kaskuser wonosobo tolong cek, keadaan sebenarnnya ? jika memang ada yang tidak beres mohon di laporkan ke pihak pihak terkait.
- buat kaskuser sejagad raya, sebarkan berita ini. agar mudah di blow up, dan beri tau ke temen temen agar klo ada event di dieng jangan pergi dulu ke sikunir. karena pengelolaan event yg amburadul. cukup saya n pengunjung saat itu yang jadi korban.
- buat orang yang kerja di media,silahkan cek di kawasan dieng langsung.. bagaimana kebenarannya yg terjadi. katanya hari minggu ini jadi hari terakhir event festival budaya tersebut.
- buat yang senasib dengan saya WAJIB komeng gan emoticon-Big Grin hehehehe.
- terima cendol tidak terima bata,, hahaha

Bukti Sertifikat :


Bukti ane n temen temen turun dari sikunir :


UPDATE 19 Oktober 2015 :
- banyak yang komen n ga percaya klo acara ini adalah yg pertama kali. disini saya tekankan bahwa ini memang acara yang baru terselenggara tahun ini. n sudah di klarifikasi oleh salah satu panitianya. lihat Page 10-16. sebelumnya tidak ada acara semacam ini.
saya tidak mempermasalahkan acaranya, tapi hanya pemaksaan itulah yang saya sayangkan. harus nya ane n pengunjung lain di kasi pilihan.

Tanggapan dari salah satu panitia nya :
Quote:

Quote:

Quote:
Polling
0 suara
Bagaimana tanggapan anda dg berita diatas ?
Diubah oleh progamera 19-10-2015 04:45
0
82.9K
702
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.