Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
702
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5622edda14088dfc458b4567/pungli-wisata-gunung-sikunir-dieng-yang-suka-nge-trip-wajib-masuk--pentink
Terletak di Desa Sembungan, di ketinggian 2.350 meter di atas permukaan laut, Bukit Sikunir tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan yang ingin melihat Panorama Terbitnya matahari berlatar bela
Lapor Hansip
18-10-2015 07:54

PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)

Past Hot Thread
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)

Terletak di Desa Sembungan, di ketinggian 2.350 meter di atas permukaan laut, Bukit Sikunir tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan yang ingin melihat Panorama Terbitnya matahari berlatar belakang jernihnya langit pegunungan Dieng dan Gunung Sindoro.

Pemandangannya itu emang menakjubkan gan, di tambah panjang track pendaki yang cuman 800 M, cocok untuk segala usia. Sehingga tidak heran wisata di sana tidak pernah sepi dari pengunjung.
Tapi disini ane mau ngebahas PUNGLI yang menimpa ane dan semua pengunjung, pada hari itu. Biasanya perorang di kenakan 5000 rupiah untuk masuk kawasan tersebut, tapi ane di PAKSA secara halus untuk membeli 2 tiket yang hargannya mencapai Rp. 100.000 GILEEEEEEE BENERR !!! emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah

Begini Gan Cerita Lengkapnya :
Jum'at 16 Oktober 2015, ane dan temen temen ane total 6 orang berangkat menuju kawasan wisata Dieng. Kami berangkat jam setengah tujuh malem, menggunakan MObil Pribadi yang ane sewa langsung dari kenalan ane, alias ngrental. emoticon-Ngakak perjalanan dari kota kecil ane Ambarawa, ke Wonosobo lancar sentosa gan. Alhamdullilah tidak ada halangan.
Sesampainya di kota Wonosobo sekitar jam jam 9 ane ama temen temen makan malem dulu, sambil istirahat udad udud sekk emoticon-Big Grin. Kami melanjutkan perjalanan lagi ke Dieng pas jam 10 tepat.

Jalan berkelok kelok tanpa lampu kanan kiri jalan, sementara bahu jalan udah jurang. Yang tambah bikin Mrinding, kaca depan mobil ane berembun gan. Udah pake AC tetep ga ngefek mungkin freon habis kali (resiko rental mobil emoticon-Big Grin) n suhu dingin yg kelewat bates. Tebel banget embun di kaca gan sampai sampai Ane jalan ga berani sampai 40 Km per jam. maklum tanggungan penumpang banyak. Fokus nyetir lihat jalan yg gitu + sibuk ngebersihin embun jadi pengalaman yg menegangkan bgt gan. Tp Alhamdulillah, kami berenam sampai di dieng dengan aman sentosa.

Sampai di Dieng kami langsung menuju ke kawasan wisata gunung sikunir, sekitar jam 11 malem klo ga salah. Saat memasuki desa, yang kononnya merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa itu, Peristiwa PUNGLI !!! itu DIMULAI. Ane di suruh markir mobil sebentar, lalu di haruskan ada perwakilan menuju pos.
Berikut kurang lebih percakapan ane dengan petugas ; ( A=ane P=Petugas)
P : selamat malam, dari mana ini ?
A : Malam pak, saking mbahrowo pak (dari ambarawa)
P : owhhh,... berhubung degan bebarengan adanya festival budaya di Dieng, harga tiket masuk kawasan sikunir naik mas.
A : naik berapa pak ?
P : 50 ribu per orang
A : "FAKKKKKKKKKK" (dalam hati) hla kok malah banget pak biasanya juga 5000 per orang.
P : coba nanti di koordinasikan sama temen temen dulu gimana baiknya. ini soalnya ngepasi pas ada festival mas.
ane langsun menuju temen temen ane, ane jelasin apa yg di minta petugas itu. temen temen ane langsung pada keluar gan, kok bisa tiket begitu mahal. ane dan temen temen akhirnya protes.
P : ya sudah kalo emang kemahalan 25 rb per orang aja juga gpp. nanti akan di kasi sovenir sama sertifikat juga kok mas.
A : yo masih mahal to pak, kami ke sini itu buat naik sikunir, bukan untuk liat festival.
P : ya sudah sekiranya berapa soalnya ini ngepasi acara mas, Demi Allah saya yang paling bijaksana di sini mas.
A : (e alah mau makan dg cara PUNGLI aje bawa bawa nama Allah. na'udzubillah tsuma na'udzubillah, semoga di beri hidayah)
setelah nego agak lama n alot , ngomong kesana kesini, akhirnya ak ambil win win solution. soale kasian, temen temen ane pada ingin istirahat gan.
A : ya udah pak, saya kasi uang 100.000 untuk 6 orang. klo suruh bayar 25 rb per orang mending balek aja saya.
P : ya udah gpp. tapi nanti saya kasi tiket festivalnya cuman 2 orang yaa sama 2 sertifikat.
A : (diem aja ane)
setelah tunggu berapa menit petugas itu nyamperin ane lagi
P : ini mas tiket sama sertifikat. Silahkan mas e dan temen temen melanjutkan perjalanan
A : oke (sambil pasang muka dongkol)
jujur gan ane dan teman teman ga iklas suruh bayar segitu gan, tujuan ane cuman ke sikunir bukan nonton festival. tapi petugas itu dan kawan kawannya menekan ane untuk tetep beli tiket festivalnya. ane pun ga punya pilihan lain lagi.

sampai di parkiran sikunir ane n temen2 langsung istirahat. semua pada tidur di mobil. Sekitar jam jam setengah tiga ane nglilir. hehehe.. lalu ane nongkrong di warung gan. Sambil ngopi n ngrokok ane denger percakapan orang orang. Dan bisa saya simpulkan mayoritas pengunjung Kaget dan menyesalkan PUNGLI itu.
-Biasane 5000 kok iki iso tekan atusan (celetuk salah satu pengunjung). saya juga sama mas di kenakan tarif segitu. wah ga bener iniii...

dan tau gan apa yang bikin ane tambah dan teman teman tambah dongkol ??? emoticon-Marah
ternyata harga yg di patok oleh petugas tadi itu BEDA BEDA. karena ane udah wawancara sebagian pengunjung gan.
- ada yang dari kendal masuk 13 orang 100rb dapet 2 sertifikat
- ada yang dari cilacap 5 orang 50 rb dapet 2 sertifikat
- ada yang dari solo 7 orang 100rb dapet 4 sertifikat.
tetapi ada yang kasihan juga gan. ada yang dikenakan 50rb per orang. sesuai tiket festival.
ini kok bisa si beda beda, hadehhhh TAMBAH KEMOPROK ane gann emoticon-Marah .. tapi udh lah nasi udah jadi bubur. bersyukur aje ane ga kena yg 50rb perorang.

karena ane dan temen temen udah sakit hati, akhirnya kita sepakat untuk tidak menghadiri acara festival. ane langsung aja ke kawah sikidang n candi arjuna. ga tau klo pengunjung yang lain, paling juga sama hahaha. emoticon-Big Grin
tujuan ane kesini itu untuk wisata bukan untuk yg lain

nih ane kasi saran n masukannya kepada pengelola wisata dieng :
yang namanya festival itu dimana mana gratis. mana ada perayaan festival budaya yang bayar. ini malah kaya AJI MUMPUNG. mumpung banyak pengunjung. biaya di bebankan ke pada semua pengunjung, akhirnya beda beda deh tarifnya. jika memang ingin profesional mengadakan sebuah event budaya, sumber pendanaanya kan bisa buat proposal ke gubernur, bupati, walikota, ato cari sponsor ke perusahan perusahaan. jika masih kurang kan ada kas wisata dari dieng sendiri. itu semua kalau tulus dan profesional. Bukan dengan cara ngawur, seperti AJI MUMPUNG !!! jika masih terus spt ini terus menerus tidak ada pembenahan. pengunjung akan malas datang lagi ke sikunir, karena banyaknya MAFIA WISATA !!!
semoga kejadian ini merupakan pertama dan terakhir kalinya. Aminnn....

NB :
- buat kaskuser wonosobo tolong cek, keadaan sebenarnnya ? jika memang ada yang tidak beres mohon di laporkan ke pihak pihak terkait.
- buat kaskuser sejagad raya, sebarkan berita ini. agar mudah di blow up, dan beri tau ke temen temen agar klo ada event di dieng jangan pergi dulu ke sikunir. karena pengelolaan event yg amburadul. cukup saya n pengunjung saat itu yang jadi korban.
- buat orang yang kerja di media,silahkan cek di kawasan dieng langsung.. bagaimana kebenarannya yg terjadi. katanya hari minggu ini jadi hari terakhir event festival budaya tersebut.
- buat yang senasib dengan saya WAJIB komeng gan emoticon-Big Grin hehehehe.
- terima cendol tidak terima bata,, hahaha

Bukti Sertifikat :
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)

Bukti ane n temen temen turun dari sikunir :
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)

UPDATE 19 Oktober 2015 :
- banyak yang komen n ga percaya klo acara ini adalah yg pertama kali. disini saya tekankan bahwa ini memang acara yang baru terselenggara tahun ini. n sudah di klarifikasi oleh salah satu panitianya. lihat Page 10-16. sebelumnya tidak ada acara semacam ini.
saya tidak mempermasalahkan acaranya, tapi hanya pemaksaan itulah yang saya sayangkan. harus nya ane n pengunjung lain di kasi pilihan.

Tanggapan dari salah satu panitia nya :
Quote:Original Posted By rnista


dan ane panitia gan acara tersebut, acaranya emang pertama x tahun ini, tempatnya di Gunung Pakuwaja parikesit, gunung Prau Patak Banteng, Kalilembu & Dieng, sama di Bukit Sikunir di Sembungan

acaranya resmi gan....

Quote:Original Posted By rnista


ane juga menyayangkan hal itu gan, ane juga udah bilang kan kalo ane gatau kondisi di sikunir kaya apa, soalnya ane pengelolaan di pakuwaja gan...

update : barusan ane nanya ke pengelola GBBD lain, ternyata sikunir juga masuk di peraturan yang 2 opsi tiket, jadi pengunjung yang datang ke sikunir, prau atau pakuwaja harus ditanya mau pilih tiket yang mana
jadi jelas ini adalah pungli

agan TS ane minta maaf kalo mungkin ada kata kata dari ane yang kurang berkenan buat agan TS

Quote:Original Posted By rnista


maaf barusan update, ane barusan nanya sama temen2 GBBD lain, ternyata sikunir ada ospi 2 tiket, reguler sama festival...
ada indikasi yang agan alamin emang pungli

ane minta maaf gan kalo ada salah salah kata bikin agan ga seneng dari tadi ane ngepost di thread agan... emoticon-Mewek

pict nyusul, ane online via pc
Polling
254 Suara
Bagaimana tanggapan anda dg berita diatas ? 
Diubah oleh progamera
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 18 dari 36
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 22:50
ngeri juga ya gan..
makasih gan info na, semoga bisa di tangani sama aparat.
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 22:52
Itulah indonesia gimana mau maju kalo pikiran nya kaya gini laporin aja ke dinas pariwisata kalo perlu ke presiden biar kapok tuh
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 22:52
baiklah kalau begitu gan
aku akan waspada emoticon-army:
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 22:53
Ane baru turun dari Prau tadi siang gan (minggu 18 okt), ane naiknya sabtu sore (tgl 17 0kt )
Sebelum naik ane dapet kabar dari temen kalo katanya tiket naik gunung Prau jadi 50k/org padahal biasanya 10k/org.
Tapi ane tetep nekat gan ke Dieng, dengan opsi kalo tiket bener 50k/org ane gak jadi naik Prau tapi ganti naik Sumbing.
Soalnya ane nganter temen ane yang dari Jakarta, dia pengennya naik Prau kalo gak Sumbing.
Ternyata setelah ane sampai sana tiket masih 10k/org, tetapi ada kendala sore itu.
Jadi para pendaki bisa naik setelah jam 7 malem karena kendala tiket tadi.
Setelah ane tanya-tanya ternyata antara panitia yang ngadain festival sama pihak pengelola pendakian itu gak ada komunikasi.
Pihak pengelola tidak diberi kabar tentang tiket festival yang sebesar 50k itu.
Jadi ada yang naik dengan tiket 50k lewat panitia festival, ada yg masih 10k dari pengelola.
Nah karna kejadian itu, kemarin pihak pengelola bilang kalo tidak memberikan asuransi kepada pendaki dengan tiket 50k, karena tiket itu emang bukan dari mereka (pengelola).
Akhirnya kemarin pembelian tiket dipindah ke pos 1 pendakian bukan di basecamp, tapi sebelumnya harus pesan tiket di basecamp dulu agar bisa dapet tiket+izin naik.
Beruntung kemarin ane dapet tiket 10k/org gan emoticon-Malu (S)
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 22:53
sebagai pribumi dieng saya freehatin sekali
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 22:56
Ane asli wonosobo gan, dan terakhir ane nganterin rombongan temen kampus ke sikunir sama aja ditarikin duit pas di pos, awalnya minta 25rbu per orang bilangnya itu tarif baru masuk dieng, padahal udah pake logat wonosobo tapi masi tetep ditarikin ane, abis nego akhirnya ditentuin bayar 10rbu per orang. Ane kira sih itu mainnya petugas pos aja, yg parahnya sampe skrg dibiarin aja sama pemerintah. Saran ane sih pinter nego aja dan kalo ada temen apa sodara yg bisa bahasa jawa suruh yg negoin. Sengertinya ane yg suka main main harga cuma petugas pos sama yg punya homestay, tapi cukup pinter nego aja pasti bisa diminalisir harganya
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 22:56
Alhamdullilah gan pas ane ke dieng ga kena pungli malahan ane cuma bayar 5000 untuk semua tempat kecuali telaga warna dan bayar parkir
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 22:57
Boleh ikutan?

Kebetulan ane ada rencana ke dieng bulan Januari 2016. Ane pertama kali mau jalan ke sana dan tidak mau mengalami nasib buruk seperti yg lainnya. Pertanyaannya : Ada agenda festival festival atau nikahan dsb di dieng? Kalau ada, ane mau mengundurkan niat ke sana emoticon-Stick Out Tongueeace:

Boleh nggak ya dishare biaya yg harus dikeluarkan selama di dieng. Yg ane tau baru tiket masuk tempat wisata 5rb / orang. Sama kulinernya kalau boleh. Hehe emoticon-I Love Indonesia:

Makasih agan agan sekalian
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 22:57
Quote:Original Posted By progamera

wkwkwkw.. siapp gan. mbahrowo ne ndi ?



Panjang gan.lingkungan ngGrejo Jago.

ojo kapok neng dieng.lebih enak dolan pas hari kerja.sepi (pengalaman kemaren pas cuti).memang kalo dietung2 dieng (banjarnegara dan wonosobo) tmsuk wisata yg agak mahal utk masalah tiket masuk.(ini pengalan kemaren harga pas hari kerja)

1.sikunir (masuk : 5000/org,parkir motor:3000)
2.telaga warna (masuk : 5000/org (kalo ga salah),parkir motor:3000)
3.komplek dieng scr umum (masuk k bioskop dieng playeau theatre dan nonton film : 8000/org)
4.komplek candi arjuna+kawah sikidang (masuk : 10.000/org,parkir motor:3000 x 2 obyek)
5. batu ratapan angin (masuk 10000/orang, tdk bayar parkir cz parkir d dieng plateau teater yg mgnkn pas ga ada yg jaga parkir)
semua tiket resmi.
bisa naek pas hari libur panjang.

*ya variasi selain gedong songo karo sidomukti
Diubah oleh danzdie
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 22:57
yaelah sertifikat buat apaan,, bwt ngelamar kerja, mang laku..
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 23:00
ane mau ke dieng bulan depan. baca thread ente jadi lebih waspada nih. makasih gan.
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 23:01
Quote:Original Posted By Petapetitu
Boleh ikutan?

Kebetulan ane ada rencana ke dieng bulan Januari 2016. Ane pertama kali mau jalan ke sana dan tidak mau mengalami nasib buruk seperti yg lainnya. Pertanyaannya : Ada agenda festival festival atau nikahan dsb di dieng? Kalau ada, ane mau mengundurkan niat ke sana emoticon-Stick Out Tongueeace:

Boleh nggak ya dishare biaya yg harus dikeluarkan selama di dieng. Yg ane tau baru tiket masuk tempat wisata 5rb / orang. Sama kulinernya kalau boleh. Hehe emoticon-I Love Indonesia:

Makasih agan agan sekalian


cm saran.ke dieng lebih enak pas peralihan musim hujan ke kemarau.pemandangan maksimal.kalo november-maret mngkn hujan masih ada.puncak paling bagus d juli agustus.kalo brintung bs dapet pemandangan hamparan embun beku cz suhu udara bisa dibawah nol derajat.IMHO

maslah festival dll ini masalah komunikasi antara pengelola dg konsumen.MUNGKIN pengelola tdk akan menjelaskan detail jika konsumen tdk bertanya jg scr detail.udah ada yg nulis di atas bhw di kasus itu di obyek lain ditanya mengenai "apakh pake tiket festival?kalo tidak maka akan diberi tiket reguler".

jadiiii datanglah ke dieng untuk bersenang senang.
Diubah oleh danzdie
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 23:06
kampung halaman gan jadi kangen
emoticon-Sundul
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 23:09
ngeselin tuh gan kalau masih ada pungli kayak gitu emoticon-Cape d...
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 23:10
bagus gan bagi info pengalaman buat yg blm ksna..
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 23:10

gocap perorang ajigele ,,,
Diubah oleh gikogaza
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 23:13
emoticon-Traveller
Diubah oleh bmtx
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 23:17
waahhh gak benerrr itu
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 23:17
pungli tapi pake bawa2 nama Allah kok ya jadi berkesan cuma buat mainan aja jadinya nama Tuhan. asli ane ga terima. klo ane jadi ts ga bakalan ane mau kasih. bahkan ane marahin tuh orang. emoticon-Cape d...
Diubah oleh Avengers
0 0
0
PUNGLI Wisata Gunung Sikunir Dieng (Yang Suka Nge Trip WAJIB Masuk !!! PENTINK)
18-10-2015 23:23
Quote:Original Posted By bojesnissan
waahhh gak benerrr itu


iya tuh
0 0
0
Halaman 18 dari 36
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia