Jordy1993
TS
Jordy1993
Pemadaman Listrik Lebih dari 12 Jam, Ini Penjelasan GM PLN Suluttenggo
SELASA 13 OKTOBER 2015


TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - PT PLN (Persero) Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, hingga Selasa (13/10) siang ini, masih terus berupaya melakukan penormalan suplai listrik ke tiga sub sistem, yaitu : sub sistem Minahasa, sub sistem Kotamobagu dan sub sistem Gorontalo.

Aliran Listrik Sulut-Go Mengalami Gangguan
Dari rilis yang diterima Tribun Manado, ketiga sub sistem kelistrikan di Sulawesi Utara dan Gorontalo masih dioperasikan secara terpisah (isolated).

Dikatakan GM PLN Suluttenggo, Baringin Nababan khusus untuk sub sistem Minahasa yang meliputi Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Bitung baru pulih pasokan listriknya kurang lebih 60 MW atau 30% dari total beban listrik di sub sistem Minahasa yang mencapai 180 MW.
Seperti diketahui, pada Senin (12/10) sore kemarin, sekitar pukul 16.37 WITA, terjadi listrik padam secara total (Black Out) pada sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo.

Kondisi pembangkit semuanya pada saat terjadinya Black Out berada dalam status normal, hanya saja kehilangan tegangan sehingga belum sepenuhnya dapat memberikan suplai listrik ke sisi gardu induk melalui jaringan transmisi.
Penyebab terjadinya Black Out adalah adanya gangguan transmisi antara Gardu Induk (GI) Lopana dengan GI Kawangkoan. Akibat gangguan tanah (Ground Fault), berdampak cukup besar dan menyebabkan gangguan di sisi transmisi sehingga terjadi listrik padam di seluruh sistem.
PLN memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kondisi ini, dimana menyebabkan ketidaknyamanan di sisi pelanggan.

Diharapkan, mulai Selasa (13/10) sore ini, suplai listrik dari seluruh pembangkit secara bertahap kembali optimal sehingga dapat memasok kembali listrik ke pelanggan normal seperti kondisi sebelum terjadinya Black Out.

Source :
http://manado.tribunnews.com/2015/10...ln-suluttenggo

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
Diubah oleh Jordy1993 13-10-2015 13:24
0
1.7K
17
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.