Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
2213
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/561b564692523351698b4567/tni-aktifkan-bela-negarasemua-wni-di-bawah-50-tahun-wajib-ikut
Bela Negara Wajib untuk Usia 50 Tahun ke Bawah, Berupa Latihan Fisik dan Psikis detikNews Jakarta - Menhan Ryamizard Ryacudu menyampaikan bahwa program bela negara wajib dilakukan bagi warga yang b
Lapor Hansip
12-10-2015 13:42

TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!

Past Hot Thread
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!


Quote:
Bela Negara Wajib untuk Usia 50 Tahun ke Bawah, Berupa Latihan Fisik dan Psikis

detikNews

Jakarta - Menhan Ryamizard Ryacudu menyampaikan bahwa program bela negara wajib dilakukan bagi warga yang berusia 50 tahun ke bawah. Kewajiban ini diamanatkan oleh UU.

"Ini menumbuhkembangkan cinta tanah air, rela berkorban, berupa latihan fisik dan psikis. Batasan umur 50 ke bawah, ini never ending process, sejak PAUD hingga perguruan tinggi," urai Ryamizard dalam jumpa pers di kantornya Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (12/10/2015).

Menurut Ryamizard, semua yang berusia 50 tahun ke bawah wajib ikut. Apapun profesinya mulai dari dosen sampai rektor. Tapi memang intensitas beratnya latihan disesuaikan.

"Ini hak dan kewajiban. UUD pasal 27. Hak dituntut, kewajiban dilaksanakan juga. Demo boleh, tapi negara minta warganya bela negara. Kita lahir dan besar di sini. Hidup bersama, besar bersama," terang dia.

Menurut Ryamizard, bukan karena ada ancaman dari negara tetangga bela negara dilakukan tetapi karena sesuai dengan prinsip rakyat semesta.

"Kita bukan negara agresor, cinta damai. Kalau disinggung kalau perlu perang. Kalau perang, seluruhnya mempertahankan negara ini, itu namanya perang rakyat semesta. Kalau tidak ada bela negara, semestanya sulit," imbuh dia.

"Saya sudah koordinasi dengan Menag dan Dikbud, supaya moral dan budi pekerti sudah ditanamkan," tutup dia.


Siap2 di panggil...emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller

Quote:
Kemhan: Warga Peserta Bela Negara Dilatih di Rindam, Tinggal di Asrama

Senin 12 Oct 2015, 13:03 WIB detikNews

Jakarta - Kemenhan mengumumkan kebijakan program bela negara. Setiap warga negara berusia 50 tahun ke bawah wajib ikut program itu. Nantinya selama satu bulan akan digembleng pelatihan fisik dan psikis di markas tentara.

"Akan ditampung di satuan TNI pendidikan, Rindam atau batalyon. Kerja sama kepala daerah dan TNI setempat. Ditempatkan di asrama," kata Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Laksamana Pertama M Faizal dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (12/10/2015).

Jangan khawatir tentang program pelatihannya. Kemhan sudah membuat secara matang standardisasinya.

"Kami sudah buat standardisasi kurukulum, sudah digodok dan dirapatkan oleh kementerian lainnya. Ini akan dipakai untuk seterusnya di seluruh Indonesia," tegas dia.

"Bentuk pendidikannya, fisik harus siap sehat, kuat, dengan berlatih; psikis adalah mental," tambahnya.

Menurutnya juga aturan bela negara diatur di UU Pertahanan, jadi ada kewajiban bela negara yang dilaksanakan dengan pendidikan dan penyadaran bela negara.

"Kader yang sudah dibentuk harus dibina di organisasi masyarakat kader bela negara, tercatat di Kesbangpol. Mereka tidak akan kemana-mana," tutur dia.


Cocok nih buat alay2, geng motor yg suka balapan liar , pelajar n mahasiswa yg suka tawuran, ormas2, preman2.

Quote:
Aturan ini Jadi Latar Belakang Kemenhan Gelar Program Bela Negara


Jakarta - Kemenhan meluncurkan program bela negara yang menyasar seluruh warga negara. UUD 1945 dan UU No 3 tahun 2002 tentang Pertahanan jadi landasan Kemenhan menjalankan program ini.

"Pokoknya program ini never ending process," kata Direktur Bela Negara Laksamana Pertama M Faisal di Kemenhan, Ruang Bhinneka Tunggal Ika, Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus, Senin (12/10/2015).

Di dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 dijelaskan secara singkat kewajiban warga dalam mempertahankan negara. Hal itu kembali diulang di dalam Pasal 30. Berikut bunyinya:

(Pasal 27 ayat 3) Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

(Pasal 30) Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara

Nah di dalam UU No 3 yang disahkan di era Presiden Megawati Soekarnoputri, dijelaskan lebih banyak soal konsep bela negara di BAB III Penyelenggaraan Pertahanan Negara. Berikut isi lengkapnya:

Pasal 6
Pertahanan negara diselenggarakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan, daya tangkal negara dan bangsa, serta menanggulangi setiap ancaman.

Pasal 7
(1) Pertahanan negara, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6, diselenggarakan oleh pemerintah dan dipersiapkan secara dini dengan sistem pertahanan negara.
(2) Sistem pertahanan negara dalam menghadapi ancaman militer menempatkan Tentara Nasional Indonesia sebagai komponen utama dengan didukung oleh komponen cadangan dan komponen pendukung.
(3) Sistem pertahanan negara dalam menghadapi ancaman nonmiliter menempatkan lembaga pemerintah di luar bidang pertahanan sebagai unsur utama, sesuai dengan bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi dengan didukung oleh unsur-unsur lain dari kekuatan bangsa.

Pasal 8
(1) Komponen cadangan, terdiri atas warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat komponen utama.
(2) Komponen pendukung, terdiri atas warga negara, sumber daya alam, sumberdaya buatan, serta sarana dan prasarana nasional yang secara langsung atau tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan.
(3) Komponen cadangan dan komponen pendukung, sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2), diatur dengan undang-undang.

Pasal 9
(1) Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara.
(2) Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara, sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), diselenggarakan melalui:
a. pendidikan kewarganegaraan;
b. pelatihan dasar kemiliteran secara wajib;
c. pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia secara sukarela atau secara wajib;
dan
d. pengabdian sesuai dengan profesi
(3) Ketentuan mengenai pendidikan kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran secara wajib, dan pengabdian sesuai dengan profesi diatur dengan undang-undang.


INI SAATNYA TUNJUKAN CINTAMU KEPADA NEGERI JANGAN CUMA BISA MENCACI MAKI

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh xonet
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
41.1K Anggota • 905.9K Threads
Halaman 12 dari 112
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:12
Ini mah biar menhan keliatan kerja.. biar kaga kena resupel yak? emoticon-Ngakak

Ane yakin seyakin"nya pasti nasibnya bakal berakhir dengan WACANA. sama halnya WACANA pemindahan ibukota ke tempat lain emoticon-Ngakak

pemerintahan jokower cuma nyari ribut mulu emoticon-DP
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:12
Gak sekalian dijadikan prajurit ? Coba sistem rekrutmen prajurit dirapiin lagi hapus praktek masuk pake nyogok. Pasti banyak pemuda pemudi yang terpanggil buat mengabdi
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:12
Yang kerja kaya ane gimana nih , yang ga ada gaji tetap , ga punya perusahaan ....kalo ikut wajib militer siapa yang cari duit buat anak sama istri....aturan aneh nih, wong edan......
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:12
mau perang sama sapa kitaaaaa? emoticon-army
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:13
Quote:Original Posted By aqzu


wah mantep nih.. bela negara.. emoticon-Big Grin

semoga ga cuma proyekan dari ryamizard aja.. emoticon-Big Grin


semoga bukan untuk pengalihan isu juga, masih inget ane rencana pemerintah yg mau redenominasi rupiah (bener kagak ya tulisannyaemoticon-Hammer (S)) sama mau jadiin indonesia jadi 1 zona waktu. sekarang hilang tuh gaung2 rencanaemoticon-No Hope
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:14
2 hari krmaren bos di kantor ane ikutan wajib militer gtu..cuma 2 hari tapinya....
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:14
Quote:Original Posted By mayavin
Ini mah biar menhan keliatan kerja.. biar kaga kena resupel yak? emoticon-Ngakak

Ane yakin seyakin"nya pasti nasibnya bakal berakhir dengan WACANA. sama halnya WACANA pemindahan ibukota ke tempat lain emoticon-Ngakak

pemerintahan jokower cuma nyari ribut mulu emoticon-DP


wacana hanya sekedar wacana emoticon-No Hope
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:15
mesti ada kebijakan lanjut kayak di rusia, habis wamil ada surat keterangan yg memudahkan kita melamar kerja
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:15
klo kyk latsarmil keren nie, biar jiwa nasionalis dan cinta tanah air generasi penerus bisa tetap terjaga.
biar anak muda kita yg manja n berpikiran instan bisa mengalami perubahan yg baik.

jayalah negeri, jayalah bangsaku INDONESIA!
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:15
Hmmm dengan wajib militer gitu emang bakalan jadi cinta tanah air ya? Ane sih males. Kebanyakan yg kek begitu penyiksaan tapi dinamakan wajib militer emoticon-Hammer (S)
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:16
Quote:Original Posted By ferlipriawan
jangan kita kita aja yg wajib militer ya , pejabat yg pada molor di DPR yg umurnya dibawah 50 juga ya



good idea.
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:16
lbh baik duitnya dipake buat beli alutsista atau meningkatkan kesejahteraan TNI.. laut kt msh byk yg bolong2, byk maling ikan, TNI AL ga bs menjaga kedaulatan krn mslh dana, BBM kurang, alutsista kurang

seandainya ada perang, tentara cadangan cm jd sitting duck.. senjata dan amunisi TNI yg skr aja kurang, gmn mau mempersenjatai seluruh tentara cadangan.. ditambah negara2 agresor "mainannya" sudah missile, nembak dr jauh, yg infantri ga bs ngapa2in
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:17
wajib militer nih...cewe ikutan juga kan emoticon-Big Grin
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:17
wuih apa negara kite mau perang ya gan sampek diwajibin bela negara?emoticon-Takut
ane sejujurnya kagak setuju gan bukannya gak cinta sama negara tapi kalau uda diaplikasiin pasti uda nyimpang dari tujuan awal & gk sesuai kurikulum yg disusun palingan ujung2nya kayak ipdn
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:18
Karena gaada perang jadi gaada kerjaan, yaudah bikin acara aja suruh warga sipil ikutan wamil emoticon-I Love Indonesia

Mungkin bagus kek begini tapi bukan buat sekarang, negara kita ini masih belum layak boros duit buat hal beginian. Ntar kalo pemerintah udah mapan baru deh terserah mau bikin nuklir sekalian tinggal bikin
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:18
wajib militer?
buat nyalurin minat bakat anak2 yang demen tawuran bagus tuh
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:19
Quote:Original Posted By abdoes
Terus yang kerja gmn? TNI mw kasih gaji sesuai dengan kerjaan kita? terus lama latihan gimana? abis latihan kita kerja lagi apa jadi pengangguran? emoticon-Bingung (S)


Kerja lg lah ganemoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:19
Quote:Original Posted By sapson


Ente perhatian banget si ama ava ane
emoticon-Betty


wakakakkaa, gurih liad ava nya :v
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:19
Wah ane sih setuju gan.
Tapi msti diatur benar2, mksdnya yg kerja gmana, hrus matang.
0 0
0
TNI AKTIFKAN BELA NEGARA.SEMUA WNI DI BAWAH 50 TAHUN WAJIB IKUT!!!
12-10-2015 21:19
Ga ada poinnya ...
Diubah oleh ibored73
0 0
0
Halaman 12 dari 112
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia