Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
1832
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004827430/ask-help-me-agantentang-fistula-ani
Apa Yang Dimaksud Dengan Fistula Ani? Fistula Ani adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan kelainan saluran dengan pembukaan internal pada saluran anus yang meluas dan terbuka pada kulit di dekat anus. Akibatnya, permukaan kulit di sekitar anus dapat terlihat sebagai suatu lubang, yang menyebabkan nyeri dan perdarahan seiring dengan pergerakan usus. Gejala lain yang mungkin timbul seperti d
Lapor Hansip
28-07-2010 09:09

Forum Disuksi Untuk Fistula Ani

Apa Yang Dimaksud Dengan Fistula Ani?

Fistula Ani adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan kelainan saluran dengan pembukaan internal pada saluran anus yang meluas dan terbuka pada kulit di dekat anus. Akibatnya, permukaan kulit di sekitar anus dapat terlihat sebagai suatu lubang, yang menyebabkan nyeri dan perdarahan seiring dengan pergerakan usus. Gejala lain yang mungkin timbul seperti demam dan rasa gatal di sekitar anus. Fistula ani kebanyakan merupakan komplikasi dari abses anus, suatu kondisi yang ditandai dengan terkumpulnya nanah dalam anus. Ada dua tipe utama fistula ani: Fistula Intersfingter dan Fistula Transsfingter. Pada fistula intersfingter, saluran yang terinfeksi tersebut melintasi sfingter ani interna (cincin otot polos yang tidak dapat dikendalikan, yang menjaga anus tetap tertutup) dan terbuka pada permukaan kulit di sebelah anus. Pada fistula transsfingter, saluran fistula melewati baik sfingter interna maupun eksterna (cincin otot yang dapat dikendalikan, yang menjaga anus tetap tertutup) dan terbuka pada permukaan kulit di sebelah anus. Meskipun fistula ani bukan merupakan kondisi yang mengancam jiwa, hal ini dapat menyebabkan komplikasi yang memalukan, seperti inkontinensia et alvi, yang akan mengakibatkan hilangnya kemampuan untuk mengontrol buang air besar. Karena fistula ani tidak dapat disembuhkan tanpa perawatan, pembedahan selalu diperlukan untuk menangani kondisi ini.


Apa Saja Gejala-Gejala Fistula Ani?

Tanda dan gejala Fistula Ani yang mungkin timbul:

Darah di dalam tinja
Demam
Gatal-gatal di sekitar anus
Merasakan ketidaknyamanan atau kegelisahan (malaise atau rasa tidak enak badan)
Nanah berbau busuk di sekitar anus
Rasa sakit di sekitar daerah dubur yang memburuk ketika duduk
Rasa sakit selama buang air besar



Apa Yang Menyebabkan Fistula Ani?

Penyebab Fistula Ani adalah:

Bisul di dekat anus
Menderita Abses Anus


Apa Yang Dapat Meningkatkan Resiko Fistula Ani?


Risiko terjangkit Fistula Ani meningkat bila Anda:

Adalah seorang laki-laki
Berusia antara 20 hingga 40 tahun
Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
Sedang menderita Divertikulitis
Sedang menderita Klamidia
Sedang menderita Kolitis Ulseratif
Sedang menderita Tuberkulosis
Telah didiagnosa mengidap Irritable Bowel Syndrome
Telah didiagnosa mengidap Kanker Rektum
Telah didiagnosa mengidap Penyakit Crohn
Telah didiagnosa mengidap Sifilis


Komplikasi Apa Saja Yang Bisa Disebabkan Oleh Fistula Ani?


Fistula Ani dapat menyebabkan komplikasi sebagai berikutnya:

Dapat menyebabkan kekambuhan atau berulangnya Fistula Ani
Mungkin memiliki resiko yang lebih tinggi untuk Inkontinensia Usus


Bagaimana Cara Untuk Mencegah Fistula Ani?



Fistula Ani dapat dicegah bila Anda:

Hindari seks anal
Jangan memasukkan benda asing ke dalam anus



Perawatan Apa Saja Yang Tersedia Untuk Fistula Ani?

Penanganan dan pengobatan Fistula Ani dapat berbeda tergantung pada kondisi pasien dan penyakit yang dideritanya. Pilihan pengobatan adalah:

Fistulotomi
Lem Fibrin
Ligasi Saluran Fistula Intersphincterik
Ostomi
Penempatan Seton
Sumbat Bioprostetik

(ask) help me agan,tentang fistula ani

sumber tulisan

Ane rubah tritnya untuk informasi, selebihnya share yak
Penulispun sampai saat ini bekum menemui solusi untuk penyakit yang satu ini

ayu semua share biar kita semua sembuh, aamiin
Diubah oleh aufclarunk
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan nona212 memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 38 dari 82
(ask) help me agan,tentang fistula ani
06-10-2015 08:26
Pagi semuanya,singkat cerita saya 2 tahun yg lalu terkena fistula,jalan pun tidak bisa krn benjolnya besar,akhirnya saya ke dokter,dokter menyarankan untuk operasi,mengingat biaya operasi mahal dan kemungkinan kambuh lg ada,saya tdk operasi sampai akhirnya fistula tsb pecah sendiri..setelah pecah hati saya senang sekali krn saya bs berjalan kembali dan rasa sakit tdk ada...saya pikir akan sembuh dgn sendirinya,3 bulan stelah pecah,fistula sy kambuh kembali...saya sampai stress krn itu akhirnya saya ke toko obat,konsultasi dan diberikan pil isinya 3 pil dan disuruh minum selama seminggu...setelah sy mengikuti saran beliau,saya sembuh dr fistula dan sampai skrng tidak kambuh,lubang menutup dan benjolan hilang...untuk bpk dan ibu yg niat mencoba obat saya,bisa sms ke 081296254433, saya skrng menjual obatnya sekalian membantu org yg terkena fistula bisa sembuh tanpa operasi
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
11-10-2015 22:58
Info gan: ati2 buat yg sering makan obat dan antibiotik.. sy baru mengalami.. jd kmaren rencana mau operasi.. pesan tiket ke penang.. ternyata 3 hr setelah pesan tiket.. anu sy gatal.. keesekoan hari memerah seperti luka.. trus 2 hari kemudian luka membesar.. dtng ke 2 doktr kulit kelamin di medan dinyatakn jamuran.. ampun.. kencing rasanya sakit dan malu krn dianggap main perempuan.. tp sy tetap berangkat.. sampe disana konsultasi ke dr.yip di rumah sakit lam hwa ee dan disarankan buat obatin anuny dulu.. ehhh. Ke dokter kulit setelah diperiksa baru ketauan sy gak bisa sembarang makan obat dan luka disebabkan keracunan obat antibiotik fistula.. ciri2 menyerang di bibir, di ucup dan di badan.. pengobatanny pun simple.. hentikan antibiotik dan obatny.. selalu bersihkan pake cairan Na Cl dan dilapisin supratul dan diperban.. alhamdulillah sudah mengering.. oya info disana operasi fistula sekitar RM.4000.. lebih murah di colombia asia yg berkisar 25jt..
Nanti saya share lg ya perkembanganny gimana
Diubah oleh ajiboy99
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
12-10-2015 18:10
malam para sesepuh. ini newbie dan sr mohon info makanan minuman pantangan apakah ada ? apa ada cara untuk mempercepat pengeringan luka dari makanan atau minuman gan ?

Terimakasih
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
14-10-2015 10:58
Quote:Original Posted By wonkjpg
sakitttt ane juga penderita fistul ini gan.....sejak 2006-2007 nah 2007 ane operasi....lumayan hidup normal lg...tp sejak 2012 kambuh dan lebih parah.....setiap 3 hari abses pecah disertai nanah yg bikin meriang.....segala obat anti biotik ane makan plus tiap hari bosan rendeman di air pk....sampai suatu ketika di penghujung 2012 ane coba konsumsi kulit manggis alhamdulillah tidak sampai 1 bulan fistul kempes kering dan benjolan hilang gak berbekas..meskipun jka diraba masih ada sedikit benjolan (diraba dr dalam anus)
itu tidak mengganggu
sampai 5 hari lalu tepatnya tgl 10 september 2015 gejala benjol fistul mulai kambuh.....dan hati ini benjol itu sudah betul2 menyiksa.....ane coba konsumsi lagi kulit manggis sejak 3 hari lalu tp blum ada tanda2 kearah positif.....tp ane coba terus sesuai pengalamn terdahulu..semoga keajaiba terulang dan saya bisa sembuh total......amin...

Jangan maen ke gang anggrek mulu mas...
Tobat...
😁😁😁😁😁😁😁😁😁😁
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
17-10-2015 11:26
ada nggak ya rumah sakit yang mau menjamin operasi sampai sembuh?
Diubah oleh antonhariyono
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
18-10-2015 07:24
Quote:Original Posted By whitelucifer888
malam para sesepuh. ini newbie dan sr mohon info makanan minuman pantangan apakah ada ? apa ada cara untuk mempercepat pengeringan luka dari makanan atau minuman gan ?

Terimakasih


Menurut pengalaman2 yang lain pantangan makan lumayan banyak gan. tapi hampir smuanya pantang yang amis2 kaya telor, seafood, ada yang pantang daging merah, ada juga yang pantang ayam. coba cek halaman2 sebelomnya.
Ane sendiri sebelomnya udh pantang telor, seafood, tapi sekarang pantangannya ditambah jadi pantang ikan juga, jadi saat ini cuma konsumsi ayam kalo daging. gak tau boleh apa gak ya.

Minuman ada yang bilang teh kopi dll, karena bkin sembelit. plus yang pasti hindarin yang manis2, bersoda atau alkohol gan.
ane sendiri sih skrg cuma minum air putih aja.

Agan udh di operasi? atau gimana? kalo mempercepat pengeringan luka, bisa dicoba pian tze huang. tapi obatnya cukup mahal harganya.
kurang lebih 800 ribu, isi 1 tablet 3 gram yang bisa ditumbuk dijadiiin 6 kapsul.
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
18-10-2015 07:25
Quote:Original Posted By antonhariyono
ada nggak ya rumah sakit yang mau menjamin operasi sampai sembuh?


Setau ane si gak ada gan. emoticon-Frown tapi di page2 sebelomnya ada beberapa yang rekomendasi klinik wasir safute tuh. dalam 3 bulan dipantau,
kalo perlu tindakan lagi gak usah bayar lagi. ane sendiri si belom coba.
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
18-10-2015 14:36
ane pernah baca blog ada gan. tapi entah benar atau enggak coba cek ini gan http://ls-newcorner87.blogspot.com/2012/03/penyembuhan-fistula.html?m=1 . ane pernah telpun rs nya tapi ane nggak paham bahasanya.
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
18-10-2015 18:50
Quote:Original Posted By antonhariyono
ane pernah baca blog ada gan. tapi entah benar atau enggak coba cek ini gan http://ls-newcorner87.blogspot.com/2...stula.html?m=1 . ane pernah telpun rs nya tapi ane nggak paham bahasanya.


ud coba pake bahasa inggris gan? jangan2 dia cm bisa pake bahasa mandarin..
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
18-10-2015 20:56
Quote:Original Posted By Wilsun


ud coba pake bahasa inggris gan? jangan2 dia cm bisa pake bahasa mandarin..


bahasa melayu gan. ane nggak lancar pake bahsa inggris gan. haha
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
23-10-2015 07:29
Quote:Original Posted By Wilsun


Setau ane si gak ada gan. emoticon-Frown tapi di page2 sebelomnya ada beberapa yang rekomendasi klinik wasir safute tuh. dalam 3 bulan dipantau,
kalo perlu tindakan lagi gak usah bayar lagi. ane sendiri si belom coba.


Saya juga merekomendasikan klinik tersebut. Alhamdulillah sudah pernah merasakan dan membuktikannya sendiri. Sudah hampir 2 tahun sudah sembuh dan tidak kambuh lagi.
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
23-10-2015 12:47
Halo gan mau sharing nih. emoticon-Frown ane juga penderita fistula ani
Jadi baru kerasa pas bulan april 2015 ada benjolan di deket anus tp baru sempet periksa ke dokter bulan2 juni/juli, dan dr dokter dikasih antibiotik2 gitu. Ane konsumsi sampai hari lebaran, dan itu mengempes benjolannya.
Tp setelah lebaran, obat habis 2 minggu kmudian muncul lagi benjolan, karena ane lg sibuk dikampus gak ane rasa tuh benjolan, sampe2 september kemaren benjolan pecah setelah plng naik motor dr kampus.
Langsung ane periksa lg ke dokter yg sama, dan disuruh x-ray, dari hasil x-ray kta dokter msh gak perlu operasi kareba lubang gak tembus ke daerah lain, dikasih antibiotik2 lg kurang lebih seminggu bekas pecahnya itu udh nutup dan benjolan 90% kempes..dan semenjak pecah hampir tiap seminggu sekali benjolan ada lg trs pecah.. Jadi ane tiap hari pakein betadine + perban sendiri sampai hari ini.
Kalau di Bandung yg recommended dimana ya dokternya ?
Capek ane klo balik ke dokter yg sama, dikasih antibiotik sampe 4 macem. Efeknya bikin mual, lidah pahit, diare.
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
24-10-2015 12:50
Quote:Original Posted By msedypeni


Saya juga merekomendasikan klinik tersebut. Alhamdulillah sudah pernah merasakan dan membuktikannya sendiri. Sudah hampir 2 tahun sudah sembuh dan tidak kambuh lagi.


Wah. Good... Wkt itu kliniknya yg dmn? Sm dktr siapa..
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
24-10-2015 12:55
Quote:Original Posted By Rockkidz
Halo gan mau sharing nih. emoticon-Frown ane juga penderita fistula ani
Jadi baru kerasa pas bulan april 2015 ada benjolan di deket anus tp baru sempet periksa ke dokter bulan2 juni/juli, dan dr dokter dikasih antibiotik2 gitu. Ane konsumsi sampai hari lebaran, dan itu mengempes benjolannya.
Tp setelah lebaran, obat habis 2 minggu kmudian muncul lagi benjolan, karena ane lg sibuk dikampus gak ane rasa tuh benjolan, sampe2 september kemaren benjolan pecah setelah plng naik motor dr kampus.
Langsung ane periksa lg ke dokter yg sama, dan disuruh x-ray, dari hasil x-ray kta dokter msh gak perlu operasi kareba lubang gak tembus ke daerah lain, dikasih antibiotik2 lg kurang lebih seminggu bekas pecahnya itu udh nutup dan benjolan 90% kempes..dan semenjak pecah hampir tiap seminggu sekali benjolan ada lg trs pecah.. Jadi ane tiap hari pakein betadine + perban sendiri sampai hari ini.
Kalau di Bandung yg recommended dimana ya dokternya ?
Capek ane klo balik ke dokter yg sama, dikasih antibiotik sampe 4 macem. Efeknya bikin mual, lidah pahit, diare.


Gan. Dbandung ada tu cabangnya klinik wasir safute..
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
25-10-2015 13:27
Quote:Original Posted By Wilsun


Gan. Dbandung ada tu cabangnya klinik wasir safute..


Wah thanks gan infonya. Agan tau gak kisaran harganya brp klo berobat ksana ?
Ini bukan gan alamatnya ?
Klinik Wasir Bandung
dr rikky/dini
081284825245 / 0856 88 23 704
Komplek Puteraco Gading Regency
Blok A-2 no 8 Soekarno Hatta Bandung
bandung.klinikwasir.com/
Diubah oleh Rockkidz
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
26-10-2015 19:02
Quote:Original Posted By Rockkidz


Wah thanks gan infonya. Agan tau gak kisaran harganya brp klo berobat ksana ?
Ini bukan gan alamatnya ?
Klinik Wasir Bandung
dr rikky/dini
081284825245 / 0856 88 23 704
Komplek Puteraco Gading Regency
Blok A-2 no 8 Soekarno Hatta Bandung
bandung.klinikwasir.com/


Wah gak tau gan. tapi kayanya dibawah 10 jt ya, belom pernah nanya2 harganya c gan..

0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
28-10-2015 23:44
Halo gan, sy baru post di tread ini.

Saat ini yg saya rasakan suka keluar lendir dari dubur saya. Kadang kental dan sering cair. Kadang agak putih ijo dan seringnya bening. Kalau kentut cairan ikut keluar.

Kira-kira ini gejala fistula ya ? Mohon sharingnya, rencana mau periksa dokter ini.
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
29-10-2015 08:37
Quote:Original Posted By kieso2006
Halo gan, sy baru post di tread ini.

Saat ini yg saya rasakan suka keluar lendir dari dubur saya. Kadang kental dan sering cair. Kadang agak putih ijo dan seringnya bening. Kalau kentut cairan ikut keluar.

Kira-kira ini gejala fistula ya ? Mohon sharingnya, rencana mau periksa dokter ini.


Halo gan.. sebelumnya ada riwayat abses atau bisul gan? kalo dari ciri2 nya si itu fistula gan. tapi memang
untuk mastiin sebaiknya cek dokter aja segera gan. oh iya, sebaiknya dokter digestive ya.

0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
30-10-2015 17:21
Agan agan. ada yang udah pernah coba pake prontosan blm? buat bekas luka operasinya?http://www.bbraunusa.com/prontosanwoundcare.html

Update cerita: ane kemarin abis operasi lagi gan. minggu lalu. sekarang masi masa istirahat. lagi browsing2 nemu ini.
kalo ane awalnya abses bulan juli kemaren, trus dioperasi tanggal 20 Juli. kenanya pas lagi lebaran tuh, absesnya bayangin pas gak ada dokter, hari sabtunya ke UGD. katanya ini bisul. tanggal 20 dsuru balik lagi, ane balik divonis abses, langsung tindakan hari itu juga. opname sampe tanggal 22 Juli. pulang, tapi 3 bulan gak sembuh2, sampe akhirnya ane cek ke 3 dokter lain, yang 1 dokter digestive bilang harus observasi dulu lebih lama, dokter ke 2 dokter kulit, dia bilang dia curiga ini fistel, dikasi obat sama salep buat seminggu, kalo gak kering juga berarti itu fistel. tapi waktu itu ane gak tebus obatnya, takut gan.. Hehe.

Bulan lalu cek lagi ke dokter di graha kedoya, dijudge positif fistula. akhirnya ane cek lagi ke malaysia minggu lalu, di judge fistula juga, dan operasi lagi gan..

Jadi total udah 4 bulan bergumul sama sakit ini..

Bener2 repot yah sakit ini, apa2 gak enak, ganggu, gak bisa beraktifitas normal. mood juga jadi down. Tapi tetep semangat yah smuanya.
bersyukur ada forum ini, bisa saling semangatin...
Diubah oleh Wilsun
0 0
0
(ask) help me agan,tentang fistula ani
30-10-2015 21:47
Quote:Original Posted By aufclarunk
Apa Yang Dimaksud Dengan Fistula Ani?

Fistula Ani adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan kelainan saluran dengan pembukaan internal pada saluran anus yang meluas dan terbuka pada kulit di dekat anus. Akibatnya, permukaan kulit di sekitar anus dapat terlihat sebagai suatu lubang, yang menyebabkan nyeri dan perdarahan seiring dengan pergerakan usus. Gejala lain yang mungkin timbul seperti demam dan rasa gatal di sekitar anus. Fistula ani kebanyakan merupakan komplikasi dari abses anus, suatu kondisi yang ditandai dengan terkumpulnya nanah dalam anus. Ada dua tipe utama fistula ani: Fistula Intersfingter dan Fistula Transsfingter. Pada fistula intersfingter, saluran yang terinfeksi tersebut melintasi sfingter ani interna (cincin otot polos yang tidak dapat dikendalikan, yang menjaga anus tetap tertutup) dan terbuka pada permukaan kulit di sebelah anus. Pada fistula transsfingter, saluran fistula melewati baik sfingter interna maupun eksterna (cincin otot yang dapat dikendalikan, yang menjaga anus tetap tertutup) dan terbuka pada permukaan kulit di sebelah anus. Meskipun fistula ani bukan merupakan kondisi yang mengancam jiwa, hal ini dapat menyebabkan komplikasi yang memalukan, seperti inkontinensia et alvi, yang akan mengakibatkan hilangnya kemampuan untuk mengontrol buang air besar. Karena fistula ani tidak dapat disembuhkan tanpa perawatan, pembedahan selalu diperlukan untuk menangani kondisi ini.


Apa Saja Gejala-Gejala Fistula Ani?

Tanda dan gejala Fistula Ani yang mungkin timbul:

Darah di dalam tinja
Demam
Gatal-gatal di sekitar anus
Merasakan ketidaknyamanan atau kegelisahan (malaise atau rasa tidak enak badan)
Nanah berbau busuk di sekitar anus
Rasa sakit di sekitar daerah dubur yang memburuk ketika duduk
Rasa sakit selama buang air besar



Apa Yang Menyebabkan Fistula Ani?

Penyebab Fistula Ani adalah:

Bisul di dekat anus
Menderita Abses Anus


Apa Yang Dapat Meningkatkan Resiko Fistula Ani?


Risiko terjangkit Fistula Ani meningkat bila Anda:

Adalah seorang laki-laki
Berusia antara 20 hingga 40 tahun
Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
Sedang menderita Divertikulitis
Sedang menderita Klamidia
Sedang menderita Kolitis Ulseratif
Sedang menderita Tuberkulosis
Telah didiagnosa mengidap Irritable Bowel Syndrome
Telah didiagnosa mengidap Kanker Rektum
Telah didiagnosa mengidap Penyakit Crohn
Telah didiagnosa mengidap Sifilis


Komplikasi Apa Saja Yang Bisa Disebabkan Oleh Fistula Ani?


Fistula Ani dapat menyebabkan komplikasi sebagai berikutnya:

Dapat menyebabkan kekambuhan atau berulangnya Fistula Ani
Mungkin memiliki resiko yang lebih tinggi untuk Inkontinensia Usus


Bagaimana Cara Untuk Mencegah Fistula Ani?



Fistula Ani dapat dicegah bila Anda:

Hindari seks anal
Jangan memasukkan benda asing ke dalam anus



Perawatan Apa Saja Yang Tersedia Untuk Fistula Ani?

Penanganan dan pengobatan Fistula Ani dapat berbeda tergantung pada kondisi pasien dan penyakit yang dideritanya. Pilihan pengobatan adalah:

Fistulotomi
Lem Fibrin
Ligasi Saluran Fistula Intersphincterik
Ostomi
Penempatan Seton
Sumbat Bioprostetik

(ask) help me agan,tentang fistula ani

sumber tulisan

Ane rubah tritnya untuk informasi, selebihnya share yak
Penulispun sampai saat ini bekum menemui solusi untuk penyakit yang satu ini

ayu semua share biar kita semua sembuh, aamiin



Nerusin Kabar Gembira ke Brother & Sister
Saya sembuh dari fistula tampa operasi
Luka nutup, & saya mejalan kan actifitas seperti normal serpti sedia kala. emoticon-Smilie
Info detail contak saya
No sms
Wa : 081230108108
Tlp : 081230108108
0 0
0
Halaman 38 dari 82
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia