Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
266
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54af2d4a5a5163821c8b4567/siapasih-cak-nun---emha-ainun-najib---intelektual-muslim-asal-jombang
BIOGRAFI CAK NUN / EMHA AINUN NAJIB Lahir Muhammad Ainun Nadjib 27 Mei 1953 (umur 62) Jombang, Jawa Timur, Indonesia Kewarganegaraan Indonesia Nama lain Cak Nun Dikenal karena Tokoh intelektual Islam Pasangan Neneng Suryaningsih (cerai 1985) Novia Kolopaking Anak Sabrang Mowo Damar Panuluh Intro dari saya Cak Nun, Ada beberapa orang menyebutnya Kyainya kyai karena memang pengetahuannya yang sangat
Lapor Hansip
09-01-2015 08:22

Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-

BIOGRAFI CAK NUN / EMHA AINUN NAJIB
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-

Lahir Muhammad Ainun Nadjib
27 Mei 1953 (umur 62)
Jombang, Jawa Timur, Indonesia
Kewarganegaraan Indonesia
Nama lain Cak Nun
Dikenal karena Tokoh intelektual Islam
Pasangan Neneng Suryaningsih (cerai 1985)
Novia Kolopaking
Anak Sabrang Mowo Damar Panuluh


Intro dari saya

Cak Nun, Ada beberapa orang menyebutnya Kyainya kyai karena memang pengetahuannya yang sangat luas dibidang apapun, Kl menurut saya orang yg setara dengan Gusdur dari segi ilmu agama, pengetahuan umum serta makrifat adalah Caknun.


Cak Nun, Dalam setiap ceramahnya selalu mendengung2kan persatuan NU dan Muhammadiyah, dengan guyonan khasnya ingin membuat Nadlatul Muhammadiyah yaitu gabungan NU dan Muhammadiyah emoticon-Big Grin


Cak Nun, Beralian moderat yang tidak condong kpd organisasi apapun, beliau dekat dengan smua golongan islam bahkan dengan non muslim karena sifat keterbukannya dan kearifannya terhadap semua golongan, beliau tidak fanatik mazab.


Cak Nun, dakwah melalui musik yg oleh sebagian kalangan diharamkan, untuk menilainya sebaiknya memakai cara pandang Nabi Khidir bukan cara pandang Nabi Musa, bagi Nabi Musa membunuh adalah haram, tapi khidir boleh membunuh karena dikaruniai ilmu tertentu yang bs mengetahui masa depan dan makrifatullah arti dari sebuah pembunuhan yg dilakukannya yg tidak diketahui oleh Musa, dan bagi Sunni memang banyak ulama yg memperbolehkan musik dengan batasan2 tertentu.


Cak Nun, sejauh dari pengamatan saya terhadap ceramah2nya menggunakan gaya guyon/bercanda serta gaul, beliau tdk mau memakai pakaian ala ustad di stiap ceramahnya, paling2 hanya memakai setelan hem/kaos karena Cak nun tidak ingin dianggap Kyai/Ustad, beliau hanya pgn dianggap orang biasa bahkan beliau tdk pernah menganggap komunitas ceramahnya adalah pengajian dan guru, tetapi hanyalah forum umat islam yang disitu berusaha memecahkan masalah2 yg terjadi pada umat.


Cak Nun, Menurut saya calon presiden masa depan yang bisa diandalkan untuk Indonesia emoticon-Smilie
Cak Nun, Beliau Suami dari artis Novia Kolopaking, serta ayah dari vokalis band Letto.




Cak Nun, terkenal dengan guyonan2nya khasnya yaitu

Beliau menanggapi golongan yg membidahkan salaman setelah sholat

"Salaman bar sholat ra oleh? Jangankan salaman, bar sholat ngiseng wae oleh emoticon-Ngakak"
(Bersalaman habis sholat gk boleh? jangankan salaman, habis sholat boker aja boleh emoticon-Ngakak)

Beliau menanggapi orang2 yg ribut mempermasalahkan posisi telunjuk waktu sholat
"Nek aku setuju sholat ora nganggo nunjukne driji, lha piye wong ra nduwe driji, kowe ki dho ribut masalah driji ora mesakne wong sing ra nduwe driji, podo karo wong ribut bahas soto opo rawon sing enak neng ngarepe wong sing ra iso mangan emoticon-Ngakak"
(Kl saya setuju sholat tdk usah menunjukkan telunjuk, lha wong gak punya jari, kalian ini ribut masalah tlunjuk gak kasihan ama orang2 yg gk punya jari, kalian ini sama aja ama bahas lebih enak mana antara soto dan rawon didepan orang2 yg gk bisa makan emoticon-Ngakak)


Beliau menanggapi orang2 yg suka membidahkan segala hal khususnya salawatan
"Salawatan koq bidah, aku iki yo emoh ngelakoni bidah, tapi kowe kudu ngerti nggone bidah iki nengdi, bidah iku mung berlaku neng ibadah mahdoh sholat, puasa, zakat, haji dst. Nek kabeh bidah trus uripmu arep ngopo, bal-bal2an ra oleh, facebookan ra oleh, numpak motor ra oleh, numpak pesawat ra oleh, mangan soto ra oleh emoticon-Ngakak"
(Salawatan koq bidah, saya ini jg tdk mau berbuat bidah, tapi kalian harus tau penempatannya, bidah itu hanya berlaku utk ibadah mahdoh sholat, puasa, zakat, haji dst. Kl smuanya bidah trs km slama hidup mo ngapain, sepak bola gk boleh, fb an gk boleh, naik motor gk boleh, naik pesawat gk boleh, makan soto gk boleh emoticon-Ngakak)


Beliau menanggapi orang2 yg suka memvonis syirik orang2 yg ziarah kubur
"Syirik kui nggone neng ati, kowe ra iso ngerti wong syirik opo ora, kowe ra nduwe pengetahuan, wong kowe ra ngerti niate wong iku piye, turu neng kuburan koq syirik, lha timbangane turu neng tengah dalan emoticon-Ngakak"
"Jaranan mangan beling koq syirik, nek ono wong atraksi mangan beling iki kowe kei mangan ojo malah disyirik2ne, yo khusnudzon wae wong asline mangan beling ki mergo ra ono sing iso dipangan emoticon-Ngakak "

Syirik itu tempatnya di hati, kamu gk bisa tahu orang syirik atau gak, kamu gk punya pengetahuan, wong kamu gk tahu niatnya seseorang, tidur di kuburan koq syirik, lha daripada tidur di tengah jalan emoticon-Ngakak)
(Makan kaca/beling di kesenian jaranan koq syirik, kl ada yg makan kaca ya kamu kasih makan sana jgn disyirik2kan, ya khusnudzon aja orang aslinya makan beling/kaca itu krn gk ada yg bisa dimakan emoticon-Ngakak)

Wikipedia


Galeri


Kayaknya di FJB ada yg jual videonya lengkap gan
Diubah oleh itnewcomer.com
profile-picture
galeligiro memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
51.7K Anggota • 911.2K Threads
Halaman 7 dari 14
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
11-07-2015 09:22
Best quote cak nun

" opo akdewe dadi sapi nak mlebu kandang sapi ,lak yo ora to "
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
12-07-2015 22:33
Menyebut diri saya muslim saja saya tidak berani, karena itu hak prerogatif Alloh untuk menilai apakah saya masuk kriteria seorang muslim
Cak Nun
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
12-07-2015 22:44
terlalu dalam emoticon-Big Grin
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
12-07-2015 22:46
Quote:Original Posted By ephie90
terlalu dalam emoticon-Big Grin


Mang brape meter gan? Wakakakaka
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
18-07-2015 21:49
Njak kiyai mbeling je,, anggep stand up komedi jowo ae,, rasah serius-serius nanggepi ne,, haha.. emoticon-Big Grin
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
18-07-2015 23:14
Terima kasih TS untuk sharingnya.
menurut pendapat saya pribadi sih mari kita toleransi ke seluruh manusia, klo ada bbrp yg intoleran ya biarin ajalah hehehe.
GW SUKA PLURALISME DI NEGERI INI KARENA MEMBAWA KEDAMAIAN.

untuk masalah bid'ah, jaman Rasulullah jg gada kaskus ko. Yaa utk fans berat wah*bi atau sal*fi bisa ambil simpulan sendiri kn?

Btw gw suka guru modelan cak nun atau gus mus. Keren utk kalangan anak muda di jaman yg udh makin modern gini.

Maaf kalo ada salah kata ah.
gw cuma manusia biasa ko hihihi
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
30-08-2015 22:21
Maaf mau nanya saja...adakah diantara sampeyan ada yang tahu dakwah Gus Miek / Kyai Chamim Djazuli dari Kediri semasa hidupnya
?
Diubah oleh enddels
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
31-08-2015 03:20
Malah ada DC neh
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
11-10-2015 16:52
Allah SWT membuat manusia pasti mengetahui karakter manusia.. untuk mengikuti Rosullullah yang mewasiatkan Al-Qur'an dan Sunnah Rasul... Uwis lah gak usah meneladani yg laen klu ga sejalan dg Qur'an dan hadist
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
11-10-2015 17:16
ide dan jalan pemikiran nya mmg unik gan.. dan sangat tdk cocok dgn kaum yg suka mengkafirkan org lain.. tokoh semacam dia sangat diperlukan di indonesia utk meluruskan ustad2 yg hoby masuk tv.. semoga panjang umur cak...
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
11-10-2015 21:16
suaminya novia kolopaking itu kan?
itu aja yang ane tau
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
18-10-2015 11:03
Semoga beliau selalu di beri kesehatan dan umur panjang amieeen emoticon-Salaman
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
18-10-2015 11:23
Ane termasuk penggemar Cak Nun, secara ane kenal beliau dari Buku2 beliau, dari Markesot bertutur, Arus Bawah, Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai, Gelandangan Di Kampung Sendiri.. Tulisan2 nya objektif, bikin adem, dan yg pasti nya beliau punya wawasan luas dan segudang pengalaman.. Beliau pernah ke Jerman, Belanda, dan mungkin beberapa negara eropa lain termasuk Amerika untuk menambah wawasan nya.
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
30-10-2015 23:23
Memang menarik ceramahnya cak nun emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
01-11-2015 09:14
mnurutku dia orang yg jenius.....
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
01-11-2015 09:16
joooos mmg ini org....pemikirannya kayak gus dur emoticon-Toast
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
01-11-2015 10:11
Saya juga salah satu pengagum beliau.
Kosongin dulu gelasnya kalo mau ke forum apapun. Biar bisa tau mana yg harus diminum. Air bersih apa kotor
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
01-11-2015 10:41
"kalo ada satu piring nasi ada sedikit krikil di dalamnya jangan dibuang se nasi - nasi nya, disisihkan kerikilnya saja"

seperti itu kurang lebih yang ane dengar
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
01-11-2015 11:07
dakwah cak nun kerap nyerempet ke hal2 yg dianggap bid'ah dan syirik bagi org2 yg taat beragama. tp harus ingat, sasaran dakwah cak nun adalah masyarakat awam bahkan islam ktp. klo mereka dikasih ceramah yg isinya ini haram.. itu haram..mereka bakal lari duluan. dakwah cak nun itu bertujuan utk menggugah hati mereka supaya mendapat hidayah sehingga mau menjalankan kewajiban2 agama.

sudah terlalu banyak da'i yg ceramah ttg surga neraka, haram halal.. tp sedikit sekali da'i yg peduli trhdap org awam agama atau islam ktp. jadi, jgn disamakan cara dakwah cak nun dgn dakwah2 lainnya..

intinya cak nun dan da'i2 lainnya tujuannya sama2 mengajak ke surga tp caranya yg beda..
0 0
0
Siapasih Cak nun / Emha Ainun Najib - Intelektual Muslim asal Jombang-
01-11-2015 11:22
bahasa nya enak didengarkan gan. emoticon-Smilie
0 0
0
Halaman 7 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia